Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu  (Read 16432 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #15 on: 16 July 2012, 01:37:30 PM »
kalo camping biasa ta udah. tapi embel2 'dhamma' nya itu...
nah itukan udah dijelaskan di post pertama om. :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #16 on: 16 July 2012, 01:53:20 PM »
Jadi ternyata camping ya... bukan cHamping  ::)
Kalo gitu yg gw tulis udah benar donk.  Sayang sudah terlanjur gw hapus  :(

Kalu kemping, boleh dicoba :
- Hiking ke gunung / hutan
- Jurit malam (melatih keberanian, metta, karuna, mudita, upekkha  :whistle: ) dan meditasi.
- Cari jejak dengan pertanyaan2 seputar buddhism.
- dll.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #17 on: 16 July 2012, 02:10:04 PM »
Jadi ternyata camping ya... bukan cHamping  ::)
Kalo gitu yg gw tulis udah benar donk.  Sayang sudah terlanjur gw hapus  :(

Kalu kemping, boleh dicoba :
- Hiking ke gunung / hutan
- Jurit malam (melatih keberanian, metta, karuna, mudita, upekkha  :whistle: ) dan meditasi.
- Cari jejak dengan pertanyaan2 seputar buddhism.
- dll.
bagaimana jurit malam dengan melatih metta, karuna, mudita, upekkha?
jejak siapa nih om? :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #18 on: 16 July 2012, 02:18:23 PM »
bagaimana jurit malam dengan melatih metta, karuna, mudita, upekkha?
jejak siapa nih om? :)
Jurit malam pasti yg ditakuti adalah ketemu hal2 yg menyeramkan.
Nah ini melatih metta karuna mudita upekkha peserta ke sesama peserta, dan ke mahkluk itu (kalau ketemu  ;D ).  Antar sesama peserta akan saling membantu temannya yg ketakutan, yg lilinnya mati (kalo cuma bawa lilin gak boleh bawa senter), melatih upekkha pas misalnya boneka yg digantung panitia dijatuhkan di atas pohon pas peserta lewat,  :)) :)) dll.

Cari jejak, misalnya ada jalan bercabang 3, masing2 diberi nama buddhis, lalu diberi pertanyaan yg membuat peserta memilih satu diantara tiga jalan itu.  Trus ada 3 barang misalnya, pertanyaannya dijawab dengan memilih salah satu barang, dst.  Yang paling banyak benar atau benar mengikuti petunjuk hingga akhir akan menemukan harta karun --> menjadi juara.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #19 on: 16 July 2012, 02:29:38 PM »
Jurit malam pasti yg ditakuti adalah ketemu hal2 yg menyeramkan.
Nah ini melatih metta karuna mudita upekkha peserta ke sesama peserta, dan ke mahkluk itu (kalau ketemu  ;D ).  Antar sesama peserta akan saling membantu temannya yg ketakutan, yg lilinnya mati (kalo cuma bawa lilin gak boleh bawa senter), melatih upekkha pas misalnya boneka yg digantung panitia dijatuhkan di atas pohon pas peserta lewat,  :)) :)) dll.

Cari jejak, misalnya ada jalan bercabang 3, masing2 diberi nama buddhis, lalu diberi pertanyaan yg membuat peserta memilih satu diantara tiga jalan itu.  Trus ada 3 barang misalnya, pertanyaannya dijawab dengan memilih salah satu barang, dst.  Yang paling banyak benar atau benar mengikuti petunjuk hingga akhir akan menemukan harta karun --> menjadi juara.
jadi horor yah. :))
yang cari jejak keknya :jempol:
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #20 on: 16 July 2012, 04:18:08 PM »

kami kira camping-nya bisa keluar dari lokasi.
jadi abaikan saran dari kami

haduh, om inikan lagi kegiatan dhammacamp, kok malah ke panti? :'(
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #21 on: 16 July 2012, 04:25:27 PM »
jadi horor yah. :))
yang cari jejak keknya :jempol:
Yg jurit malam sudah pernah gw alami sendiri, baik sebagai peserta maupun sebagai panitia yg 'ngerjain'   ;D

Sampe bela2in bawa manekin dan rambut palsu sama tali ke lokasi camp trus malam2 pasang sambil nungguin peserta :)) :))

Kalo cari jejak, baru pemikiran belum pernah dilaksanakan.  Kayaknya seru juga apalagi buat anak2 yg jiwa bertualangnya masih tinggi.  :)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #22 on: 16 July 2012, 06:35:09 PM »
Yg jurit malam sudah pernah gw alami sendiri, baik sebagai peserta maupun sebagai panitia yg 'ngerjain'   ;D

Sampe bela2in bawa manekin dan rambut palsu sama tali ke lokasi camp trus malam2 pasang sambil nungguin peserta :)) :))

Kalo cari jejak, baru pemikiran belum pernah dilaksanakan.  Kayaknya seru juga apalagi buat anak2 yg jiwa bertualangnya masih tinggi.  :)
sepertinya teman saya pernah memainkan itu om. ;D
saya baru inget pas om bilang tadi. hehehe..
tapi itu di lingkungan vihara yang banyak miniatur buddhistnya, jadi bisa langsung menuju ke sasaran. hehhee.
tapi gpp juga kali yah, nanti jawabannya bisa di gantikan saja dengan barang lain.
any idea om? :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #23 on: 16 July 2012, 09:06:47 PM »
nah itukan udah dijelaskan di post pertama om. :)
makany pengin liat ;D

Jadi ternyata camping ya... bukan cHamping  ::)
Kalo gitu yg gw tulis udah benar donk.  Sayang sudah terlanjur gw hapus  :(

Kalu kemping, boleh dicoba :
- Hiking ke gunung / hutan
- Jurit malam (melatih keberanian, metta, karuna, mudita, upekkha  :whistle: ) dan meditasi.
- Cari jejak dengan pertanyaan2 seputar buddhism.
- dll.
:jempol:

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #24 on: 16 July 2012, 09:35:05 PM »
makany pengin liat ;D
 :jempol:
bagaimana cara liatnya hayo?? ???
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #25 on: 16 July 2012, 09:39:22 PM »
bagaimana cara liatnya hayo?? ???
tugasnya panitia bikin dokumentasi kan,,, :whistle:

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #26 on: 17 July 2012, 05:57:39 AM »
misalnya nembak zombies

kasihan zombie nya,
wong hidup ndak mati ndak =))
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #27 on: 17 July 2012, 07:49:12 AM »
tugasnya panitia bikin dokumentasi kan,,, :whistle:
iya itukan nanti om, sekarang bantu mikir dulu ide kegiatannya. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #28 on: 17 July 2012, 08:14:01 AM »
hmm apa y... mungkin adu yell2 antar kelompok.
ato mungkin tahan tawa (misal kelompok A mencoba bikin kelompok B ketawa sampe giginya keliatan (;D / :)) / =))
ato paling gampang ya fang shen  :))

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: DhammaChamp untuk siswa-siswi Sekolah Minggu
« Reply #29 on: 17 July 2012, 08:18:52 AM »
hmm apa y... mungkin adu yell2 antar kelompok.
ato mungkin tahan tawa (misal kelompok A mencoba bikin kelompok B ketawa sampe giginya keliatan (;D / :)) / =))
ato paling gampang ya fang shen  :))
:))
fang shen kayaknya sulit deh, membuat barang bawaan semakin banyak. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."