//honeypot demagogic

Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mencapai pencerahan dengan sex?  (Read 117909 times)

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
  • Reputasi: 75
  • Exactly who we are is just enough (C. Underwood)
Re: Mencapai pencerahan dengan sex?
« Reply #165 on: 11 February 2009, 07:24:16 PM »
oh ya,

i pernah baca majalah playboy, yang menampilkan artikel dari Dalai Lama tentang seks,

disitu katanya Dalai Lama kurang lebih seperti ini : Seks adalah untuk memiliki keturunan, sedangkan seks dengan dua lubang yang lain adalah tidak tepat.

nah, bagaimana mungkin bisa memiliki keturunan kalo Seksnya gak orgasme, atau mereka (peserta kamamudra ini) melakukannya dengan lubang yg lain ???

Wah... ya beda dong..... yang Dalai Lama maksud saat itu adalah seks biasa... lain dengan karmamudra.....

Kalau seks yang menghasilkan keturunan ya tentu bukan karmamudra.

Kalau mau yang seks biasa..... baca tuh panduan seks bagi suami istri yang ditulis oleh Lama Gendun Choepel......

_/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline hatRed

• KalyanaMitta
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
« Reply #166 on: 11 February 2009, 07:26:05 PM »
karmamudra apa kamamudra sih?
i'm just a mammal with troubled soul

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #167 on: 11 February 2009, 07:28:26 PM »
karmamudra apa kamamudra sih?

Yang bener Karmamudra dong, artinya "action seal"

La kalau Kamamudra kan artinya jadi melenceng, yaitu jadi "passion lust seal"

_/\_
The Siddha Wanderer
Theravada is my root. This is the body of my practice.... It [Tibetan Buddhism]has given me my Compassion practice. Vajrayana is my thunder, my power. This is the heart of my practice..True wisdom is simple and full of lightness and humor. Zen is my no-self (??). This is the soul of my practice.

Offline hatRed

• KalyanaMitta
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
« Reply #168 on: 11 February 2009, 07:34:55 PM »
ooo.. ;D
i'm just a mammal with troubled soul

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #169 on: 11 February 2009, 07:42:13 PM »
Wah.. ce lily baca dari awal dong..... syarat praktisi yang melakukan karmamudra yaitu sudah tidak memiliki tanha dan kemelekatan lagi.....

Tapi dari tadi saya agak kurang nyaman menggunakan istilah "metode seks" karena ini kesannya merujuk pada Seks Duniawi sebagaimana yang kita ketahui secara umum. Sedangkan Karmamudra bukanlah suatu metode seks seperti yang kita bayangkan.

Jawabannya sebenarnya sudah ada di:
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=219.msg148896#msg148896

dan

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=219.msg148897#msg148897

Bhiksu Nyanabhadra,
maaf saya agak buta soal tantra,pernyataan sex= pencerahan pernah saya baca dalam beberapa artikel,dan dikatakan sebagai tantra tertinggi dimana Padmasambhava mempraktekkannya dengan 5 wanita yang kebetulan adalah pemberian raja.

Ya iya.... Padmasambhava [Guru Rinpoche] tuh bukan Bhante..... Saat memiliki consort beliau adalah seorang yogi.....

Bhante [bhiksu] ya kagak boleh ngelakuin seks, bahkan karmamudra juga kalau bisa dihindari.

Yang Padmasambhava lakukan bukan seks lo, tapi karmamudra.....

Apabila dipandang dari sila kamesumicchacara, maka semua wanita yang menjadi consort Padmasambhava sebenarnya bukanlah para wanita yang tidak pantas disetubuhi...... karena semuanya diberikan secara sah pada Guru Padmasambhava dan semuanya berkomitmen.

_/\_
The Siddha Wanderer

Offline dilbert

• KalyanaMitta
  • Reputasi: 90
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
« Reply #170 on: 11 February 2009, 09:22:01 PM »
A bilang kalau sex itu harus dihindari...

B bilang kalau sex itu bisa untuk pencerahan...

Apa bisa dibilang A = B ?

Nah dari analogi anda aja udah kelihatan keliru

Yang bener nih:
A [Theravada dan Mahayana] bilang kalau sex itu harus dihindari...
B [Vajrayana] juga bilang kalau sex si A itu harus dihindari

Tentang karmamudra, A tidak ngomong apa-apa, karena seks yang dideskripsikan dalam Sutta dan Sutra Mahayana tidak ada yang seperti Karmamudra. Kitab Theravada dan Sutra Mahayana ABSTAIN tentang Karmamudra.

Maka dari itu Karmamudra BUKAN seks seperti yang disebutkan dalam kitab si A.

Analogi anda gak relevan.

_/\_
The Siddha Wanderer

Yang bener nih:

atau

B [Vajrayana] kamamudra (kegiatan seksual) bisa untuk mencapai pencerahan...

dalam hal ini kamamudra adalah kegiatan organ kelamin dua insan yang berbeda bersatu... apakah ini adalah SEX atau bukan ? Atau kegiatan kamamudra itu tidak melibatkan bersatunya organ kelamin ?

NB : Kata si B, Sex si A harus dihindari... apa berarti Sex si B tidak perlu dihindari ?
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline truth lover

• Sahabat
  • Reputasi: 3
« Reply #171 on: 11 February 2009, 10:12:10 PM »
Kutipan dari Highest Yoga Tantra, ajaran esoterik Tantrayana. snow lion publications ithaca, new york USA.

"to proceed from mental isolation to the next level, that of the illusory body, one must switch from imagined to actual consort if one has not done so already."

"because Shakyamuni Buddha accumulated merit for three periods of countless great aeons, he was able to actualize the clear light  without having to attain the impure illusory body, which would have required the use of a consort. This does not mean, however that he became enlightened in his coarse body, nor that he shunned the use of consort on the path. At the end of his lifetime prior to enlightenment, he attained the last of the ten Bodhisatvva grounds (the ten levels of the path of meditation, which immediately precede the path of no more learning, ie, Buddhahood). He was taken to a highest pure land where in his tantric practice he eventually joined to a consort named Hlay-bu-mo Tik-lay-chok-ma or Devi Tilottama (divine daughter whose drop is supreme). He receives instructions and initiations from previous Buddhas, actualised the clear light, the pure illusory body and union, whereupon he became completely enlightened.
« Last Edit: 11 February 2009, 10:13:53 PM by truth lover »
The truth, and nothing but the truth...

Offline dilbert

• KalyanaMitta
« Reply #172 on: 11 February 2009, 10:23:36 PM »
Kutipan dari Highest Yoga Tantra, ajaran esoterik Tantrayana. snow lion publications ithaca, new york USA.

"to proceed from mental isolation to the next level, that of the illusory body, one must switch from imagined to actual consort if one has not done so already."

"because Shakyamuni Buddha accumulated merit for three periods of countless great aeons, he was able to actualize the clear light  without having to attain the impure illusory body, which would have required the use of a consort. This does not mean, however that he became enlightened in his coarse body, nor that he shunned the use of consort on the path. At the end of his lifetime prior to enlightenment, he attained the last of the ten Bodhisatvva grounds (the ten levels of the path of meditation, which immediately precede the path of no more learning, ie, Buddhahood). He was taken to a highest pure land where in his tantric practice he eventually joined to a consort named Hlay-bu-mo Tik-lay-chok-ma or Devi Tilottama (divine daughter whose drop is supreme). He receives instructions and initiations from previous Buddhas, actualised the clear light, the pure illusory body and union, whereupon he became completely enlightened.

if the buddha must receives instructions and initiations from previous Buddhas, How was the first BUDDHA attain the complete enlightment ?

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #173 on: 12 February 2009, 05:49:04 AM »
Yang bener nih:

atau

B [Vajrayana] kamamudra (kegiatan seksual) bisa untuk mencapai pencerahan...

dalam hal ini kamamudra adalah kegiatan organ kelamin dua insan yang berbeda bersatu... apakah ini adalah SEX atau bukan ? Atau kegiatan kamamudra itu tidak melibatkan bersatunya organ kelamin ?

Bagus... analogi anda ini sudah berkembang dari yang sebelumnya.....

Sekali lagi, bukan "kamamudra" tapi "karmamudra".

Bersatunya organ kelamin memang iya, tapi yang menjadi abstain adalah kenikmatan seksual dan orgasme.

Tentu.... kitab si A gak menyebutkan tentang karmamudra bukan??  ^-^ ^-^ Soalnya kitab si A kan selalu membicarakan aktivitas seksual yang diiringi nafsu dan kenikmatan seksual....

NB : Kata si B, Sex si A harus dihindari... apa berarti Sex si B tidak perlu dihindari ?

Tentu saja harus dihindari bagi yang tidak qualified.

_/\_
The Siddha Wanderer

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #174 on: 12 February 2009, 05:54:01 AM »
if the buddha must receives instructions and initiations from previous Buddhas, How was the first BUDDHA attain the complete enlightment ?

Who was the first human? When was my first time in samsara?  :))  :))  :))

_/\_
The Siddha Wanderer

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #175 on: 12 February 2009, 06:06:31 AM »

Penyatuan dengan Devi Tilottama adalah abhiseka ketiga.....

Masih ada lagi abhiseka keempat di mana tindakan Buddha dilakukan dan masuk dalam meditasi vajra.

Bisa minta kutipan yang lengkap tentang paragraf ini?

_/\_
The Siddha Wanderer

Offline coedabgf

• Sahabat Baik
  • Reputasi: -2
« Reply #176 on: 12 February 2009, 07:14:48 AM »
Ujaran berasal dari siapa?
Yang saya bingung atau belum tahu, semua pengajaran ini ada kata siapa (diatas-namakan dari perkataan/ujaran pengajaran siapa)? sedangkan semua yang tercantum dari pengajaran perkataan para Buddha dan Bodhisatva yang dikenal secara umum misal Sakyamuni, Amitabha, Avalokitevara pada sumber-sumber kitab-kitab atau sutta-sutta awal/asal nyata-nyata tidak ada menceritakan pengalaman-pengalaman kejadian itu atau tekhnik-tekhnik seperti itu sedikitpun juga atau bahkan berlawanan dengan standar moral ajaran dan kesaksian tindakan mereka. Bahkan lebih dari hal yang sepele, kalau ada bisa-bisa lebih keras lagi devadatta atau guru-guru lain (termasuk guru meditasi Siddharta awal, 5 pertapa yang menjadi murid awal bahkan yang berlatih dengan cara-cara ekstrim) menyerang/memprotes guru Buddha Sakyamuni atau murid-murid yang lainnya, tapi kayaknya gak ada kisah-kisah itu?!, ujaran siapa?!

« Last Edit: 12 February 2009, 07:21:05 AM by coedabgf »
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline dilbert

• KalyanaMitta
« Reply #177 on: 12 February 2009, 07:27:00 AM »
Ujaran berasal dari siapa?
Yang saya bingung atau belum tahu, semua pengajaran ini ada kata siapa (diatas-namakan dari perkataan/ujaran pengajaran siapa)? sedangkan semua yang tercantum dari pengajaran perkataan para Buddha dan Bodhisatva yang dikenal secara umum misal Sakyamuni, Amitabha, Avalokitevara pada sumber-sumber kitab-kitab atau sutta-sutta awal/asal nyata-nyata tidak ada menceritakan pengalaman-pengalaman kejadian itu atau tekhnik-tekhnik seperti itu sedikitpun juga atau bahkan berlawanan dengan standar moral ajaran dan kesaksian tindakan mereka. Bahkan lebih dari hal yang sepele, kalau ada bisa-bisa lebih keras lagi devadatta atau guru-guru lain (termasuk guru meditasi Siddharta awal, 5 pertapa yang menjadi murid awal bahkan yang berlatih dengan cara-cara ekstrim) menyerang/memprotes guru Buddha Sakyamuni atau murid-murid yang lainnya, tapi kayaknya gak ada kisah-kisah itu?!, ujaran siapa?!

ujaran BUDDHA lho, dalam kitab kitab aliran vajrayana... sebagaimana halnya para mahayanis menyatakan kitab kitab mahayana ujaran BUDDHA, kemudian para  theravadin menyatakan kitab kitab kanon pali juga ujaran BUDDHA... Tapi kalau dilihat lihat kok pada beda beda...

Offline coedabgf

• Sahabat Baik
  • Reputasi: -2
« Reply #178 on: 12 February 2009, 07:48:04 AM »
memang ada ditulis merujuk Buddha sakyamuni mengucapkan menceritakan atau menjelaskan pengajaran, seperti percakapan-percakapan pada sutta-sutta theravada atau mahayana (seperti sutra intan dll).
iKuT NGeRumPI Akh..!

Offline GandalfTheElder

• KalyanaMitta
« Reply #179 on: 12 February 2009, 07:49:59 AM »
memang ada ditulis merujuk Buddha sakyamuni mengucapkan menceritakan atau menjelaskan pengajaran, seperti percakapan-percakapan pada sutta-sutta theravada atau mahayana (seperti sutra intan dll).

Ya iya lah.....

_/\_
The Siddha Wanderer

anything