Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula  (Read 253884 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #75 on: 30 April 2008, 12:49:38 PM »
hmmm.... kalo begitu menjadi dewa apakah bisa?

Bisa apa? Bisa tolong di jelaskan?  ^:)^

 _/\_ :lotus:
maksud saya apakah bisa menjadi dewa? maap kosa kata terbalik  ;D

Bisa.....bayarannya juga mahal  ;D....harus sering2 berbuat kebajikan... :)

 _/\_ :lotus:
Ayo mam tarikin goceng2  :P ;D
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #76 on: 30 April 2008, 01:06:36 PM »
hmmm.... kalo begitu menjadi dewa apakah bisa?

Bisa apa? Bisa tolong di jelaskan?  ^:)^

 _/\_ :lotus:
maksud saya apakah bisa menjadi dewa? maap kosa kata terbalik  ;D

Bisa.....bayarannya juga mahal  ;D....harus sering2 berbuat kebajikan... :)

 _/\_ :lotus:
Ayo mam tarikin goceng2  :P ;D

goceng nya buat gua ya  :P
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #77 on: 30 April 2008, 01:12:17 PM »
judul buku nya apa nyana???
kalau bagus....boleh di ketik kan
biar jadi tread...buddhis bagi pemula
yeah hidup EVO  ;D
_/\_<------ mengapa namaste? apa artinya namaste?

namaste = salam hormat kepada anda
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #78 on: 30 April 2008, 01:32:46 PM »
hmmm.... kalo begitu menjadi dewa apakah bisa?

Bisa apa? Bisa tolong di jelaskan?  ^:)^

 _/\_ :lotus:
maksud saya apakah bisa menjadi dewa? maap kosa kata terbalik  ;D

Bisa.....bayarannya juga mahal  ;D....harus sering2 berbuat kebajikan... :)

 _/\_ :lotus:
Ayo mam tarikin goceng2  :P ;D

goceng nya buat gua ya  :P

Wah...tambah Lobha dong... :)) :)) :))

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #79 on: 30 April 2008, 04:53:28 PM »
Quote
.......kalau memang tidak mau membuat kamma buruk sebaiknya jangan mengganggu makhluk lain baik sengaja atau tidak sengaja. kecuali contohnya kamu berjalan dan menginjak semut tanpa kamu ketahui,berarti kamma buruk semut itu berbuah namun kamu juga membuat kamma baru....suatu hari kamu juga akan diinjak tanpa sengaja.

Pakk...mau nanya nih. Apakah hukum kamma sesederhana itu ? Potong ayam akan di balas terpotong. Injak semut akan terbalas keinjak. Misnya kita suka makan ikan, apakah nantinya akan digigit ikan (dimakan ikan) juga ?

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #80 on: 30 April 2008, 05:04:16 PM »
Quote
.......kalau memang tidak mau membuat kamma buruk sebaiknya jangan mengganggu makhluk lain baik sengaja atau tidak sengaja. kecuali contohnya kamu berjalan dan menginjak semut tanpa kamu ketahui,berarti kamma buruk semut itu berbuah namun kamu juga membuat kamma baru....suatu hari kamu juga akan diinjak tanpa sengaja.

Pakk...mau nanya nih. Apakah hukum kamma sesederhana itu ? Potong ayam akan di balas terpotong. Injak semut akan terbalas keinjak. Misnya kita suka makan ikan, apakah nantinya akan digigit ikan (dimakan ikan) juga ?
Quote
.......kalau memang tidak mau membuat kamma buruk sebaiknya jangan mengganggu makhluk lain baik sengaja atau tidak sengaja. kecuali contohnya kamu berjalan dan menginjak semut tanpa kamu ketahui,berarti kamma buruk semut itu berbuah namun kamu juga membuat kamma baru....suatu hari kamu juga akan diinjak tanpa sengaja.

Pakk...mau nanya nih. Apakah hukum kamma sesederhana itu ? Potong ayam akan di balas terpotong. Injak semut akan terbalas keinjak. Misnya kita suka makan ikan, apakah nantinya akan digigit ikan (dimakan ikan) juga ?
enggak
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #81 on: 30 April 2008, 05:16:11 PM »
Hukum Kamma ga sesimple itu...kamma berbuah jg melalui proses...kalo kondisinya pas maka akan berbuah.

Kamma termasuk salah satu Acinteyya ( Yang sulit di jangkau oleh pikiran kita )

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #82 on: 30 April 2008, 05:38:09 PM »
Kalo menginjak semut tanpa sengaja, berarti tidak menanam kamma. Kamma bukanlah perbuatan, tapi niatnya.
Lalu seperti Lily katakan, tidak perlu dicari tahu secara pasti buah dari kamma. Karena buah dari kamma juga bisa 'bertambah dan berkurang', dipengaruhi oleh kamma2 lainnya.

Sekadar Info, Acinteyya ini adalah:
1. Pikiran dari seorang Samma Sambuddha
2. Keadaan mental seseorang dalam Jhana
3. Akibat dari kamma secara pasti
4. Spekulasi tentang semesta
(Anguttara Nikaya, 4.87)

Jika seseorang terlalu banyak memikirkan hal tersebut, maka bisa kena gangguan jiwa.


nyanadhana,

Menurut Dhamma, ditangkap atau tidaknya seseorang karena suatu pembunuhan, belum tentu buah dari hasil kamma itu sendiri. Buktinya banyak juga yang melakukan kejahatan tapi tidak pernah tertangkap. Kadang orang melakukan kejahatan, orang lain yang tidak tahu apa2 yang kena 'getah'-nya.

Memang dikatakan ada kamma tetap berbuah walaupun dia tidak mengetahui. Tetapi 'tidak mengetahui' di sini maksudnya ada yang tidak mengetahui karena memang juga tidak ada niatnya (seperti tanpa sengaja menginjak semut); lalu ada lagi yang tidak mengetahui bahwa membunuh semut itu salah.
Apakah dia tahu atau tidak tahu hukum kamma, selama dia memiliki niat 'membunuh semut' itu, dia tidak akan terlepas dari akibat kamma buruk tersebut. Hal seperti ini juga dijelaskan dalam Milinda Panha.


Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #83 on: 01 May 2008, 03:17:17 AM »
thz atas jawaban ..........  _/\_

mengulang pertanyanku yg no 3,..... maksudnya gini, anak kecil umur 7 thn itu khan lagi demen2nya maen
pistol2an ..... na krn maenin baru apa yg dia liat secara naluri apa aja di tembak... entah benda mati apa hidup, na ke betulan kucing lewat ..ya ditembak, tapi kena matanya...
atas perbuatannya itu apa bisa di sebut akusala kamma? ato ahosi kamma?

memang jalannya buah dari kamma, tidak ada yg tau secara pasti, hanya seorang sammasamBuddha yg benar2 mengetahuNYa. ( mayan nih dr hasil baca2 artikel di Dc mulai pinteran dikit.... hehehe )  ;D

apa artinya anumodana, suvahti houtu , asahava , Chiutao

aku cari2 gak ketemu artinya........


Thz ya..........  _/\_
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #84 on: 01 May 2008, 01:36:17 PM »
nyanadhana,

Menurut Dhamma, ditangkap atau tidaknya seseorang karena suatu pembunuhan, belum tentu buah dari hasil kamma itu sendiri. Buktinya banyak juga yang melakukan kejahatan tapi tidak pernah tertangkap. Kadang orang melakukan kejahatan, orang lain yang tidak tahu apa2 yang kena 'getah'-nya.

Memang dikatakan ada kamma tetap berbuah walaupun dia tidak mengetahui. Tetapi 'tidak mengetahui' di sini maksudnya ada yang tidak mengetahui karena memang juga tidak ada niatnya (seperti tanpa sengaja menginjak semut); lalu ada lagi yang tidak mengetahui bahwa membunuh semut itu salah.
Apakah dia tahu atau tidak tahu hukum kamma, selama dia memiliki niat 'membunuh semut' itu, dia tidak akan terlepas dari akibat kamma buruk tersebut. Hal seperti ini juga dijelaskan dalam Milinda Panha.


Ini sudah ditanyakan ke Bhante Senior kok,jadi aku ga asal komen hanya saja kalau berupa tulisan mungkin akan memiliki keterbatasan......mengenai terinjaknya semut....sebenarnya semut itu mengalami kamma buruknya dan si penginjak juga turut mematangkan buahnya.....mengenai hasil kamma si penginjak tetap akan ada walaupun minor......  ada situasi yang bisa mengkondisikan kamma itu berbuah dan juga lenyap ga berbuah......kalo mau dijelaskan bisa panjang lebar dengan semua penjabaran yang ada._/\_
« Last Edit: 01 May 2008, 01:41:32 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #85 on: 01 May 2008, 01:45:58 PM »
apa artinya anumodana, suvahti houtu , asahava , Chiutao

aku cari2 gak ketemu artinya........


Anumodana = ungkapan terima kasih dari Bhikkhu kepada umatnya...lebih berupa mengembalikan kebaikan dalam bentuk blessing. Bhikkhu akan mengucapkan Anumodana.....sekarang lagi trend umat juga ikut ucapin tanpa tahu artinya yang penting terima kasih sebenarnya artinya tidak segampang itu.
Anumodana

Anumodana (nt.) [fr. anumodati] "according to taste", i.e. satisfaction, thanks, esp. after a meal or after receiving gifts = to say grace or benediction, blessing, thanksgiving. In latter sense with dadāti (give thanks for = loc.), karoti (= Lat. gratias agere)


Chiutao istilah kerennya Maitreya , Pembaptisan,Pendiksaan untuk masuk ke ajran Maitreya.

Asahava ama Suvati Hotu....any recommendation guys???,biasanya ada kalimat penyertanya.asahava itu dapet darimana yah?soalnya di dictionary aku juga ga ada.
« Last Edit: 01 May 2008, 01:49:49 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #86 on: 01 May 2008, 01:58:03 PM »
Seputar kamma :

Pernah ngomong2 santai dengan rekan buddhis di dunia maya. Muncul topik..: bagaimana jika orang yang dicuci otaknya terus melakukan teror bom ? Misnya : kasus bom bali. Kita asumsikan saja Amrozi dkk telah dicuci otaknya.
Dalam kasus ini, korban sedang memperoleh kamma buruk dan amrozi mematangkan kamma buruk korban. Dalam hal ini...amrozi dkk melakukan kamma buruk ato tidak ?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.382
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #87 on: 01 May 2008, 02:04:32 PM »
cuci otak itu kek apa yah ?
apakah voluntarily atao nga sadar ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #88 on: 01 May 2008, 02:51:48 PM »
cuci otak itu kek apa yah ?
apakah voluntarily atao nga sadar ?
Apa itu voluntarily ? ::) ngak sadar gimana?  ::)

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #89 on: 01 May 2008, 02:53:41 PM »
suvati houtu dan sukhi hotu sama tidak?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~