Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula  (Read 261830 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #30 on: 15 April 2008, 06:59:37 AM »
Mungkin ini pertanyaan anak kecil, tapi kadang kala kita tidak bisa menjawabnya secara benar dan tepat.
 
"Mr. M dari agama tetangga sangat hebat karena bisa berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain yang jauh hanya 1 malam dan ia utusan tuhan. Dan Mr. J dari agama tetangga lebih hebat lagi karena bisa bangkit dari mati karena ia tuhan sendiri. Lalu, apa hebatnya Sang Buddha?"

Ada yang bisa menjawab sebagai referensi kalau adik atau anak-anak kita bertanya?


Hmm, mungkin kehebatannya yaitu tidak mengandalkan kekuatan dari luar, tapi mengandalkan diri sendiri.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #31 on: 15 April 2008, 08:36:38 AM »
Mungkin ini pertanyaan anak kecil, tapi kadang kala kita tidak bisa menjawabnya secara benar dan tepat.
 
"Mr. M dari agama tetangga sangat hebat karena bisa berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain yang jauh hanya 1 malam dan ia utusan tuhan. Dan Mr. J dari agama tetangga lebih hebat lagi karena bisa bangkit dari mati karena ia tuhan sendiri. Lalu, apa hebatnya Sang Buddha?"

Ada yang bisa menjawab sebagai referensi kalau adik atau anak-anak kita bertanya?


 _/\_ Sang Buddha tidak hebat anakku karena kekuatan supranatural seperti di agama lain hanyalah kekuatan paling kecil dimana Sang Buddha merasa tidak ada gunanya mencari sensasi kepada masyarakat. Sang Buddha hanyalah manusia yang tercerahkan yang dipenuhi dengan cinta kasih dan kebijaksanaan yang mengajarkan manusia untuk mengerti Kebenaran itu seperti apa.
Sang Buddha mengajarkan bahwa suatu saat kamu juga bisa menjadi Buddha ,aku,kamu ,mereka sedangkan di agama lain,kita hanyalah budak anakku,kamu mengerti arti perbudakan anakku?
Sang Buddha mengajarkan bahwa Dhamma yang Ia temukan adalah sebuah Kebenaran yang terdapat tidak hanya ada dalam segala yang Ia Ajarkan namun Dhamma itu ada disekeliling kita,di dalam keseharian kita,pada saat kamu duduk,berdiri,ataupun berjalan,disitulah Dhamma itu menyertai kamu.
Dan juga kita memiliki Siswa Sang Buddha yang mengajarkan hal yang sama mengenai cinta kasih dan kebijaksanaan.
Oleh karena itu,marilah kita berlindung di dalam Buddha,Dhamma,Sangha karena sangat jarang orang bisa terlahir sebagai manusia dan lebih jarang lagi orang memiliki kesempatan mendengarkan Dhamma yang sempurna.  Jadi menurut kamu anakku,lebih hebat mana Sang Buddha atau yang lain? _/\_
« Last Edit: 15 April 2008, 08:41:34 AM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #32 on: 15 April 2008, 09:11:30 AM »
Kalau mereka pindah2 kota 1 malam,Sang Buddha bisa pindah2 kota kurang dari satu detik dan bisa ke kota tuhan .
tuhan itu bisa bangkitin orang mati, tapi sudah bangkit pasti mati lagi kalau Buddha bisa bikin orang ngak mati2 lagi.

Yg paling hebatnya  Buddha bisa buat kamu tidak sakit dan tidak menderita selamanya, bisa bahagia terus. Dan anakku, Buddha itu diatas tuhan, kebahagiaan surga tidak apa2nya.Pokoknya Dia itu super hebat dan tidak pernah menghukum.Coba kalau kamu nakal pasti kamu dihukum tuhan. Kalu Buddha selalu sayang dengan siapa saja, nah kamu pilih mana? pilih disayang apa pilih dihukum?

Dengan demikian si anak akan kagum dulu terhadap Buddha dan bertanya kehebatan-Nya, dan caranya dst. Nah baru masukin pelan2 ajaran Sang Buddha.

 _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #33 on: 15 April 2008, 10:33:33 AM »
:jempol: :jempol: :jempol:

Bapak-bapak yang hebat :jempol:

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline SaddhaMitta

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.327
  • Reputasi: 99
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #34 on: 18 April 2008, 01:36:38 AM »
wah... mantep... mantep...

 :jempol: :jempol: :jempol:

 =D> =D> =D> =D> =D> =D>

Thx banget Ilmunya para senior...  ^:)^ ^:)^
Seperti air sungai Gangga yang mengalir, meluncur, mengarah ke timur,
demikian juga barang siapa yang melakukan dan berbuat banyak didalam Delapan Jalan kebenaran, mengalir, melucur, mengarah ke Nibbana.

(Samyutta Nikaya)

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #35 on: 18 April 2008, 07:30:48 AM »
Quote
Coba kalau kamu nakal pasti kamu dihukum tuhan. Kalu Buddha selalu sayang dengan siapa saja, nah kamu pilih mana? pilih disayang apa pilih dihukum?

hmm...
yang aku ganjelnya itu kalau kamu nakal...kamu tidak di hukum...malah disayang
ini kurang tepat....
karna seorang anak belumtau mana yang tidak baik dan mana yang baik
penting sekali kadang kala kita memberi hukuman tapi bukan dalam bentuk siksaan fisik...

 

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #36 on: 18 April 2008, 08:57:17 AM »
 :)) iya juga ya Sis Evo baru ngeh ama tulisannya kayak berbuat nakal ,Sang Buddhanya tetep sayang,huehehe bro bond mau revisi?

Terkadang hukuman fisik perlu lho soalnya anak2 sekarang wadoeh ampun deh ga kayak dulu yang manis-manis,sekarang punya bahasa-bahasa yang weleh2. di rotan dikit2 lah biar anak-anak juga tahu bahwa nakal itu ada batasnya.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #37 on: 18 April 2008, 09:45:57 AM »
Kalimatnya tidak rancu lha. Kalau kita bilang Sang Buddha tetep sayang pada siapa aja. Si anak akan senang dulu, baru diterangkan bla...bla daripada kata dihukum. Lihat juga kalimat saya dibawahnya sebagai kalimat penjelas berikutnya.Jadi jangan dipengal2 artinya jadi melenceng ;D


Dan bukanlah realita yg ada tentang Sang Buddha bahwa Sang Buddha menghukum seperti agama dogma, lagian yg kita terangkan adalah kelebihan Sang Buddha dgn  yg lainnya khan. Disini yg ingin di kedepankan mendidik dengan cinta kasih. _/\_ ;D

« Last Edit: 18 April 2008, 09:51:09 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #38 on: 18 April 2008, 09:51:14 AM »
 :)) ohohoho jadi dilarang mengutip sepenggal-sepenggal kata yah biar lebih memahami inti,bacalah secara keseluruhan.......ternyata tidak hanya berlaku di pembacaan Sutta tapi juga untuk hal-hal yang awam.  _/\_
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #39 on: 18 April 2008, 10:10:31 AM »
Mungkin ini pertanyaan anak kecil, tapi kadang kala kita tidak bisa menjawabnya secara benar dan tepat.
 
"Mr. M dari agama tetangga sangat hebat karena bisa berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain yang jauh hanya 1 malam dan ia utusan tuhan. Dan Mr. J dari agama tetangga lebih hebat lagi karena bisa bangkit dari mati karena ia tuhan sendiri. Lalu, apa hebatnya Sang Buddha?"

Ada yang bisa menjawab sebagai referensi kalau adik atau anak-anak kita bertanya?


Jujur saja nih,
Aku masih menunggu jawaban 'resmi'nya  ;D

ditunggu bocorannya.... jangan lama2 yah ~o)

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #40 on: 27 April 2008, 09:08:32 AM »
 _/\_<----- koq namaste ga namo buddhaya?
yak, tolong di beritahu
susunan sistematis dalam mempelajari ajaran Buddha,
maksudnya setelah belajar A baru belajar B abis itu di sambung C dst
abis ajaran Buddha kan banyak.
TQ  :D
NOW

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.431
  • Reputasi: 133
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #41 on: 27 April 2008, 10:06:11 AM »
Mungkin ini pertanyaan anak kecil, tapi kadang kala kita tidak bisa menjawabnya secara benar dan tepat.
 
"Mr. M dari agama tetangga sangat hebat karena bisa berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain yang jauh hanya 1 malam dan ia utusan tuhan. Dan Mr. J dari agama tetangga lebih hebat lagi karena bisa bangkit dari mati karena ia tuhan sendiri. Lalu, apa hebatnya Sang Buddha?"

Ada yang bisa menjawab sebagai referensi kalau adik atau anak-anak kita bertanya?

Jawaban buat anak2: ;D

1. Kesaktian separuh badan diliputi api, separuh badan diliputi air
2. Bisa jalan2 ke Surga Tavatimsa dan mengajari dewa-dewi di sana
3. Bisa menjinakkan gajah mabok
4. Cuma jalan2 santai tapi ngga bisa dikejar sama Angulimala yang lari2an
5. Bisa memperdengarkan suaranya hingga ber-juta2 alam semesta (kalo mau)
6. Punya mata dewa, punya telinga dewa, mampu membaca pikiran, dll
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline SaddhaMitta

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.327
  • Reputasi: 99
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #42 on: 27 April 2008, 03:18:57 PM »
Mungkin ini pertanyaan anak kecil, tapi kadang kala kita tidak bisa menjawabnya secara benar dan tepat.
 
"Mr. M dari agama tetangga sangat hebat karena bisa berpindah dari kota yang satu ke kota yang lain yang jauh hanya 1 malam dan ia utusan tuhan. Dan Mr. J dari agama tetangga lebih hebat lagi karena bisa bangkit dari mati karena ia tuhan sendiri. Lalu, apa hebatnya Sang Buddha?"

Ada yang bisa menjawab sebagai referensi kalau adik atau anak-anak kita bertanya?

Jawaban buat anak2: ;D

1. Kesaktian separuh badan diliputi api, separuh badan diliputi air
2. Bisa jalan2 ke Surga Tavatimsa dan mengajari dewa-dewi di sana
3. Bisa menjinakkan gajah mabok
4. Cuma jalan2 santai tapi ngga bisa dikejar sama Angulimala yang lari2an
5. Bisa memperdengarkan suaranya hingga ber-juta2 alam semesta (kalo mau)
6. Punya mata dewa, punya telinga dewa, mampu membaca pikiran, dll

 :jempol: :jempol: :jempol: :jempol:
Seperti air sungai Gangga yang mengalir, meluncur, mengarah ke timur,
demikian juga barang siapa yang melakukan dan berbuat banyak didalam Delapan Jalan kebenaran, mengalir, melucur, mengarah ke Nibbana.

(Samyutta Nikaya)

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #43 on: 28 April 2008, 03:20:51 AM »
_/\_<----- koq namaste ga namo buddhaya?
yak, tolong di beritahu
susunan sistematis dalam mempelajari ajaran Buddha,
maksudnya setelah belajar A baru belajar B abis itu di sambung C dst
abis ajaran Buddha kan banyak.
TQ  :D
_/\_<----- maonya ..mungkin Namo Buddhaya, tapi kepanjangan.......


setuju.........  :))  :))

aku baru belajar jg bingung, mana yg mao dibaca dulu......
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #44 on: 28 April 2008, 08:04:57 AM »
susunan sistematis dalam mempelajari ajaran Buddha,
maksudnya setelah belajar A baru belajar B abis itu di sambung C dst


Buka buku pelajaran agama Buddha dulu ,udah lengkap,kalo ga punya,ntar aku kirimin deh bukunya ke kamu.....tinggal PM,tulis alamat lengkap,bukunya kasih daah...... :))
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.