Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula  (Read 272727 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #45 on: 28 April 2008, 08:10:04 AM »
judul buku nya apa nyana???
kalau bagus....boleh di ketik kan
biar jadi tread...buddhis bagi pemula

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #46 on: 28 April 2008, 08:43:22 AM »
 _/\_ Buku "Dhamma Vicaya" punyanya Ibu Pandit J.Kaharudin....biasa dipakai sebagai buku pelajaran Agama Buddha di sekolah dan juga universitas....buku yang bagus untuk pemula.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #47 on: 28 April 2008, 09:12:13 AM »
cari dulu ada tak di antara buku ku
tebal dan bagus tak tuh buku??
kalau bagus dan gampang di mengerti enti aku pos kan khusus tread belajar dhamma bagi pemula

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #48 on: 28 April 2008, 06:50:24 PM »
nanya dunk:
1. apa tujuan belajar Dharma?
2. apakah kita umat awam bisa menjadi Buddha karena kita masih dalam lingkup keduniawian?
sementara ini aja pertanyaan nya, mohon pencerahannya  ^:)^
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #49 on: 28 April 2008, 07:43:37 PM »
nanya dunk:
1. apa tujuan belajar Dharma?
2. apakah kita umat awam bisa menjadi Buddha karena kita masih dalam lingkup keduniawian?
sementara ini aja pertanyaan nya, mohon pencerahannya  ^:)^

1. Supaya dari belum tau menjadi tau, dan sesudah tau harus melupakan tau itu sendiri.

2. Bisa, Sang Buddha sudah memberitahukan semua caranya, dan tidak ada rahasia diantara kita.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #50 on: 29 April 2008, 08:21:31 AM »
Quote
1. Supaya dari belum tau menjadi tau, dan sesudah tau harus melupakan tau itu sendiri.

Sesudah tahu harus melupakan tahu itu sendiri? Sesudah sadar harus melupakan sadar itu sendiri?

Gak salah tuh?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #51 on: 29 April 2008, 08:58:51 AM »
Biar gak melekat bos
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #52 on: 29 April 2008, 11:02:36 AM »
nanya dunk:
1. apa tujuan belajar Dharma?
Terkadang manusia diliputi oleh ilusi kehidupan yang sama sekali membuatnya terjebak dan berulang-ulang terlahir. menyadari Dhamma akan membuatnya bijaksana dalam bertindak dan memiliki cinta kasih dalam menepuk orang.
Ilusi Duniawi : Harta,Pembahasan Makhluk Tertinggi,Nafsu dan kita bisa deskripsikan dalam Bentuk Lobha(Keserakahan),Moha(Ketidaktahuan),Dosa(Amarah,Emosi)

Menyadari Dhamma akan membuat kita mengurangi ketiga hal itu dan membuat hidup anda penuh dengan kesederhanaan batin. Setelah menyadari,anda akan memutuskan,ketika anda memutuskan disitulah Nibbana terbentang,karena semua belenggu telah dilepaskan

2. apakah kita umat awam bisa menjadi Buddha karena kita masih dalam lingkup keduniawian?
<oops aku salah baca jadi revisi atas pertanyaannya yah>
jawaban Aye bisa,karena Sang Buddha sudah menjabarkan step by stepnya mulai dari meletakkan Dasa Paramita di lengkapi sila,samdhi,panna. Step-stepnya sudah jelas dan inget tidak pernah ada jalan pintas. Sang Buddha sebelum kehidupan dia sebagai Pangeran Sidhatta telah mengalami tumimbal lahir dan terus menerus hingga ia melengkapi kesempurnaannya.
« Last Edit: 29 April 2008, 11:40:39 AM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #53 on: 29 April 2008, 11:19:35 AM »
Biar gak melekat bos

Biasa dialami oleh puthujjana (umat awam)...kalo tidak mau melekat (Lobha) pasti timbul penolakan (Dosa)....Ini yang harus di manage.... ^:)^

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #54 on: 29 April 2008, 11:31:10 AM »
nanya dunk:
1. apa tujuan belajar Dharma?
2. apakah kita umat awam bisa menjadi Buddha karena kita masih dalam lingkup keduniawian?
sementara ini aja pertanyaan nya, mohon pencerahannya  ^:)^

1. Tujuan saya belajar dhamma adalah Supaya saya bisa mengerti :
* Siapa sesungguhnya diri saya ini?
* Siapa Orang lain itu?
* Kenapa mereka bertingkah laku begitu terhadap objek-objek di sekitarnya?
* Mengapa Saya merespon terhadap objek diluar, sehingga saya tahu kemana saya harus melangkah?

2. Bisa saja...tapi bayarannya mahal...karena harus dengan tumimbal lahir yg berkalpa-kalpa.

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #55 on: 29 April 2008, 02:12:46 PM »
 _/\_
1. terima kasih banyak untuk penjelasannya
2. maksud saya untuk umat awam yang sudah berkeluarga (mempunyai istri dan anak2) apalagi dengan (maaf) kenikmatan duniawi, bukankah akan menjadi belenggu (kemelekatan), bila kemelekatan tidak dihilangkan bukankah tidak akan mencapai pencerahan? kita yang berkeluarga pasti tahu akan susahnya bila meninggalkan anak dan istri...
pada saat anak pangeran siddharta lahir , beliau mengatakan rahula (belenggu, cmiiw) akhirnya beliau meninggalkan keduniawiannya menjadi pertapa
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #56 on: 29 April 2008, 02:16:50 PM »
maksud saya untuk umat awam yang sudah berkeluarga (mempunyai istri dan anak2) apalagi dengan (maaf) kenikmatan duniawi, bukankah akan menjadi belenggu (kemelekatan), bila kemelekatan tidak dihilangkan bukankah tidak akan mencapai pencerahan? kita yang berkeluarga pasti tahu akan susahnya bila meninggalkan anak dan istri...
pada saat anak pangeran siddharta lahir , beliau mengatakan rahula (belenggu, cmiiw) akhirnya beliau meninggalkan keduniawiannya menjadi pertapa


makanya jangan menciptakan belenggu dari awal. umat awam dalam cerita Sang Buddha banyak yang bisa mencapai Arahat Magga, seorang manusia dikehidupan ini bisa mencapai Arahat Magga dalam waktu 7 jam atau 7 bulan atau 7 tahun(serba tujuh).
Ketika umat awam mencapai Arahat Magga,ia harus memakai jubah bhikkhu kalo tidak,ia akan parinibbana dalam kurun waktu 7 hari (maaf saya lupa di Sutra mana,ada umat awam yang menjadi Arahat itu) karena ia tidak akan memiliki kekuatan cukup untuk berjalan sebagai umat perumah tangga lagi. Itulah fungsinya jubah bhikkhu sebagaimana diinstruksikan oleh Sang Buddha.
bila masih bingung mengapa,silahkan bertanya lagi.
« Last Edit: 29 April 2008, 02:18:24 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #57 on: 29 April 2008, 02:28:04 PM »
makanya jangan menciptakan belenggu dari awal. umat awam dalam cerita Sang Buddha banyak yang bisa mencapai Arahat Magga, seorang manusia dikehidupan ini bisa mencapai Arahat Magga dalam waktu 7 jam atau 7 bulan atau 7 tahun(serba tujuh).
Ketika umat awam mencapai Arahat Magga,ia harus memakai jubah bhikkhu kalo tidak,ia akan parinibbana dalam kurun waktu 7 hari (maaf saya lupa di Sutra mana,ada umat awam yang menjadi Arahat itu) karena ia tidak akan memiliki kekuatan cukup untuk berjalan sebagai umat perumah tangga lagi. Itulah fungsinya jubah bhikkhu sebagaimana diinstruksikan oleh Sang Buddha.
bila masih bingung mengapa,silahkan bertanya lagi.


Arahat Magga? kalo begitu sesorang yang ingin mencapai pencerahan harus menjadi bhikku?
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #58 on: 29 April 2008, 02:33:33 PM »
_/\_
1. terima kasih banyak untuk penjelasannya
2. maksud saya untuk umat awam yang sudah berkeluarga (mempunyai istri dan anak2) apalagi dengan (maaf) kenikmatan duniawi, bukankah akan menjadi belenggu (kemelekatan), bila kemelekatan tidak dihilangkan bukankah tidak akan mencapai pencerahan? kita yang berkeluarga pasti tahu akan susahnya bila meninggalkan anak dan istri...
pada saat anak pangeran siddharta lahir , beliau mengatakan rahula (belenggu, cmiiw) akhirnya beliau meninggalkan keduniawiannya menjadi pertapa

Maka itu perlu waktu berkalpa-kalpa untuk mematahkan belenggu itu. Jika kehidupan ini masih terbelenggu...maka kehidupan yg akan datang harus berusaha lagi untuk mematahkan belenggu itu (kalo masih terlahir sbg manusia/umat awam).... dstnya ...bisa sampai berkalpa-kalpa.... ;D

Bro Yong Cheng....Udah baca kisah Sang Buddha sebelum terlahir sebagai Pangeran Sidharta? :-?

 _/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Ngapain Jadi Buddhist? Q & A untuk Pemula
« Reply #59 on: 29 April 2008, 02:36:06 PM »
Arahat Magga? kalo begitu sesorang yang ingin mencapai pencerahan harus menjadi bhikku?

iya, karena tetep aja Patimokkha sila kebhikkuan harus dipakaikan kepadanya dan ini juga yang telah digariskan oleh Sammasambuddha.

Cerita ini ada di Milinda Panha , Pertanyaan Raja Milinda kepada Bhikkhu Nagasena mengenai bila umat perumah tangga mencapai Arahat apakah ia harus memasuki Sangha? saya cari quotenya
« Last Edit: 29 April 2008, 02:49:41 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.