Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kuliah Di China...  (Read 138020 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #90 on: 17 August 2011, 10:54:16 PM »
Saya saat ini kuliah di Xiamen University or 厦大.

Standar biaya hidup di sini lebih mahal drpd Guangzhou (dgn anggapan makanan dan tempat tinggal yg sama), saya tahu karena kakak saya sempat tinggal di GZ selama 2 thn. Kalau sekolah di Xiada, rada susah berhemat karena harga-harga barangnya cenderung menyesuaikan dengan kocek para pelajar asing.


baru tau kalo di Xiada biaya hidupnya mahal. btw di GuangZhou sekarang udah gak murah biaya hidupnya  :(
semenjak Asian games semua barang harganya pada naik n standart kehidupan makin tinggi. gw 1000 rmb aja perbulan aja itu beneran agak susah loh... itu harus tiap hari makan di kantin n gak boleh lebih dr 10 rmb untuk sekali makan. itu blm termasuk listrik ama air ama transport n jalan2 n biaya pulsa. jadi ujung2nya biasa gw perbulan habis 1500 rmb.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline canape-girl

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Sabbe sukhita hontu
Re: Kuliah Di China...
« Reply #91 on: 23 August 2011, 08:01:49 PM »
Wah.. Guangzhou jg dah tambah mahal toh.. Ck.. Lama-lama kul di Chn jg gag bisa dihitung murah nih..

Iyah, saya di Xiamen sini per bulan-nya habis 1500an RMB jg, itu ajah bukan termasuk boros, cuman makan biasa n gag belanja2 yang gag perlu.
Cici saya dulu jg skul di Sun Yat Sen Uni, blj bahasa doang sih.. Dari buku-buku yang dibawa pulang sama cici, menurut saya pengajaran Bahasa Mandarin di sana lebih OK drpd di Xiada sini.. Pokoknya kalo mo blj bahasa mandarin, saya benar2 tidak menyarankan Xiada deh..

Trs yg Jinan Uni itu, klo gag salah 'saudara-an' dengan Jimei Uni (集美华侨大学) di Xiamen krn sistem di kedua Uni itu mirip banget. Istilahnya kayak Shifan Uni-nya Beijing dgn Shifan Uni-nya GZ or Shanghai gt..  :)
logically, 'normal' is relative

Offline vine

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #92 on: 24 August 2011, 09:16:40 PM »
halo teman teman smua. khususnya yang lagi pada kuliah di GZ.. penampakannya dong.. gila, saya disini 2 bulan ketemu orang indonesia itu juga kebetulan skali dua kali doang.. saya tinggal di xian lie nan lu. dan biasa keliling2 disini..  ;D
yang pada stay di dekat tempat tinggal saya, nampak dong, kangen sama orang indo nih.  8)

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #93 on: 26 August 2011, 09:55:19 AM »
walah xian lie nan lu itu kan di yuexiu kan? woo gak jauh2 amat sih hahaha paling 45 menitan kali ya naik bus.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #94 on: 26 August 2011, 03:08:49 PM »
buat Vine & 4nch1, bertemulah kalian dan berikan kepada kami penampakan kalian  ^:)^
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline vine

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #95 on: 31 August 2011, 08:01:39 AM »
ya udah janjian ketemuan aja. haha.. saya usul tempat di..... haizhu guangzhang..
masa ke xian lie nan lu 45 menit? naik mrt keknya cm 15 menitan..

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #96 on: 12 September 2011, 04:41:21 PM »
hahaha, sori2 baru balas sekarang. belakangan agak sibuk.  mo ketemuan boleh2 aja. hahaha tp entar dulu dah tunggu udah mulai sekolah gitu biar saya ada temen jg buat dikenalin wkwkwk. btw kalo ke tempat ente emang harus 30 menitan deh kalo naik bus. kalo naik MRT 15 menit itu cuma perjalanan MRTnya doang. blm pake acara jalan kaki ke metro stationnya wkwkwk. btw vine udah dapet tempat belajar bahasa?
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #97 on: 12 September 2011, 05:11:40 PM »
buat Vine & 4nch1, bertemulah kalian dan berikan kepada kami penampakan kalian  ^:)^
hahaha ini gw kasih penampakan gw dulu lah wkwkwk :D yg sebelah kiri yg pake baju putih itu gw.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #98 on: 12 September 2011, 07:44:16 PM »
hahaha ini gw kasih penampakan gw dulu lah wkwkwk :D yg sebelah kiri yg pake baju putih itu gw.



nice pict penampakannya ;D
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #99 on: 18 September 2011, 10:50:28 AM »
 _/\_
halo semuanya. kemarin jumat gw udah mulai masuk sekolah  ;D gila pendaftarannnya rame banget jadinya gw telat2 aja deh daftarnya biar gak terlalu rame hehehe. sekarang ini udah masuk semester 5  bukunya beneran deh total harganya 300-an RMB  :o karena tahun lalu buku gw harganya cuma 100-200an ya akhirnya tuh semua buku gw fotocopy deh hahahaha :)) totalnya jadi cuma 98 RMB hohoho. sebenarnya dari dulu sekolah jg tau lah kalo beli buku itu pasti mahal. makanya cara paling ampuh adalah fotocopy. harganya bisa ampe cuma 1/3 dari harga asli!!!! hohoho jadi ini salah satu cara menghemat bagi yg ngerasa buku itu gak guna wkwkwkwk.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #100 on: 18 September 2011, 11:44:28 AM »
_/\_
halo semuanya. kemarin jumat gw udah mulai masuk sekolah  ;D gila pendaftarannnya rame banget jadinya gw telat2 aja deh daftarnya biar gak terlalu rame hehehe. sekarang ini udah masuk semester 5  bukunya beneran deh total harganya 300-an RMB  :o karena tahun lalu buku gw harganya cuma 100-200an ya akhirnya tuh semua buku gw fotocopy deh hahahaha :)) totalnya jadi cuma 98 RMB hohoho. sebenarnya dari dulu sekolah jg tau lah kalo beli buku itu pasti mahal. makanya cara paling ampuh adalah fotocopy. harganya bisa ampe cuma 1/3 dari harga asli!!!! hohoho jadi ini salah satu cara menghemat bagi yg ngerasa buku itu gak guna wkwkwkwk.


kuliah yg rajin yah...
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Kuliah Di China...
« Reply #101 on: 18 September 2011, 12:46:53 PM »
Fotocopy ga dianggap pembajakan cc?

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #102 on: 25 September 2011, 10:51:23 AM »
Fotocopy ga dianggap pembajakan cc?
hahaha asal tidak diperjualbelikan seharusnya gak masalah lah hahaha. lagian ini china gituloh dimana barang2 palsu bertebaran wkwkwk.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #103 on: 25 September 2011, 08:16:22 PM »
_/\_
halo semuanya. kemarin jumat gw udah mulai masuk sekolah  ;D gila pendaftarannnya rame banget jadinya gw telat2 aja deh daftarnya biar gak terlalu rame hehehe. sekarang ini udah masuk semester 5  bukunya beneran deh total harganya 300-an RMB  :o karena tahun lalu buku gw harganya cuma 100-200an ya akhirnya tuh semua buku gw fotocopy deh hahahaha :)) totalnya jadi cuma 98 RMB hohoho. sebenarnya dari dulu sekolah jg tau lah kalo beli buku itu pasti mahal. makanya cara paling ampuh adalah fotocopy. harganya bisa ampe cuma 1/3 dari harga asli!!!! hohoho jadi ini salah satu cara menghemat bagi yg ngerasa buku itu gak guna wkwkwkwk.
trik lain.. gratis.. adalah pinjam di perpus..
zaman kuliah dulu.. hidup gw cukup susah.. harus pinter2 irit.. jadi perpus adalah tempat nongkrong yang paling asyik..
- dekati penjaga perpusnya.. kalau udah dikenal baik.. mudah2an bisa bebas nyelonong masuk perpus termasuk masuk ke area "buku2 hanya untuk dosen" >:D
- cari tahu batas maksimal peminjaman buku.. dan akali..
contoh, dulu kampus gw.. batas peminjaman buku max 3 hari. Jadi gw akan meminjam buku kebanyakan pada hari KAMIS ? Kenapa kamis ? 3 hari .. Kamis Jumat Sabtu, sabtu minggu libur.. perpus gak buka.. jadi dibalikin pas Senin.. tanpa denda.. >:D
- ada buku yang hanya boleh dipinjam dosen.. dan mahasiswa gak boleh pinjam.. (biasanya buku hanya 1 biji di perpus)
gunakan trik rayuan dan paksaan halus.. kalau perlu sogokan makanan.. ayolah bu.. pinjemin bu.. butuh banget buuuuuu.. boleh ya.. ibu baik deh dll.. ntar ta traktir gorengan deh.. :)) biasa penjaga perpus gak mau pusing .. udahlah bawalah.. horeeeeeeee :jempol:
- dan dekati dosen.. sering diskusi dan cari tahu buku2 apa aja yang dipake dosen.. >:D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #104 on: 26 September 2011, 01:10:29 PM »
trik lain.. gratis.. adalah pinjam di perpus..
zaman kuliah dulu.. hidup gw cukup susah.. harus pinter2 irit.. jadi perpus adalah tempat nongkrong yang paling asyik..
- dekati penjaga perpusnya.. kalau udah dikenal baik.. mudah2an bisa bebas nyelonong masuk perpus termasuk masuk ke area "buku2 hanya untuk dosen" >:D
- cari tahu batas maksimal peminjaman buku.. dan akali..
contoh, dulu kampus gw.. batas peminjaman buku max 3 hari. Jadi gw akan meminjam buku kebanyakan pada hari KAMIS ? Kenapa kamis ? 3 hari .. Kamis Jumat Sabtu, sabtu minggu libur.. perpus gak buka.. jadi dibalikin pas Senin.. tanpa denda.. >:D
- ada buku yang hanya boleh dipinjam dosen.. dan mahasiswa gak boleh pinjam.. (biasanya buku hanya 1 biji di perpus)
gunakan trik rayuan dan paksaan halus.. kalau perlu sogokan makanan.. ayolah bu.. pinjemin bu.. butuh banget buuuuuu.. boleh ya.. ibu baik deh dll.. ntar ta traktir gorengan deh.. :)) biasa penjaga perpus gak mau pusing .. udahlah bawalah.. horeeeeeeee :jempol:
- dan dekati dosen.. sering diskusi dan cari tahu buku2 apa aja yang dipake dosen.. >:D


kampus mana tuh om, pelit amit cman 3 hari.
dulu kampusku 2 minggu + 2minggu perpanjangan...

awal kuliah, perpus pasti kehabisan buku, buku pada raib
klo mw ngakalin, buat temen 1 grup, buku-nya diputer'in, sampe akhir semester :))
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha