Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Hati koe di penuhi kebencian  (Read 10591 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #30 on: 01 June 2011, 07:49:46 AM »
kadang2 kalau saya marah, saya mengulang dalam hati:
"semua berhubungan dengan kammanya sendiri,
menerima akibat dari kamma nya sendiri"
terus jadi biarkanlah org itu berhubungan dengan kammanya sendiri
saya juga berhubungan dengan kamma saya sendiri

Terus, pikiran melayang2 berpikir ttg "org" itu, sumber kemarahan
mulai coba memusatkan perhatian ke napas.
muncul lagi pikiran marah nya,
en terus coba balik ke napas,
kadang2 coba memusatkan perhatian ke pekerjaan yg dilakukan
terus kalau sudah marah besar, abis pulang kerja
langsung meditasi satu jam, ha....abis meditasi lebih lega deg

sis landy juga boleh coba mengulang dalam hati " this too will pass "
kemarahan itu juga akan berlalu, mungkin beberapa menit,
beberapa jam, beberapa hari, beberapa minggu
tapi pasti suatu saat akan berlalu.
"this too will pass" sering membantu saya kalau lagi bad mood

semoga sis landy berbahagia
semoga keluarga sis landy berbahagia
semoga org itu berbahagia
semoga semua makhluk berbahagia
« Last Edit: 01 June 2011, 07:55:02 AM by bluppy »

Offline Mr. Robat

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 0
  • mas, knp sih mangil-mangil eike.......!!!
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #31 on: 01 June 2011, 08:47:14 AM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

panggil aja mas gegana/densus88 bwat jinakin bomnnya  :))
kemarilah kemari hei hei sayang.........

Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #32 on: 01 June 2011, 08:54:06 AM »
Orang bodoh menyalahkan orang lain..
Orang pandai menyalahkan dirinya sendiri..
orang bijak tidak menyalahkan siapa-siapa..


Bila memang anda ingin marah, tetapi tidak ingin melukai perasaan orang lain, coba saja tuliskan semua kebun binatang tersebut di atas kertas. tuliskan semua hal yang anda ingin ungkapkan ke orang tersebut. Tuliskan semua kebencian dan kemarahan anda.

Dan bacalah tulisan tersebut. Itulah diri anda yang sedang dipenuhi kemarahan.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #33 on: 01 June 2011, 09:05:34 AM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

Berarti sadar ada "kebencian" berarti sadar kebencian muncul... amat-i, pelan-pelan akan tenggelam...

Kalau saya untuk menghibur diri sendiri ketika akan marah... ingat dengan pepatah
"ANGRY is HURTING YOURSELF for OTHERS FAULTS/MISTAKES" --> menghabiskan energi
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #34 on: 01 June 2011, 09:10:19 AM »
tumben si saceng kagak nimbrung
Samma Vayama

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #35 on: 01 June 2011, 09:12:17 AM »
Kemarahan hanya membakar karma baik anda yg sudah ada dan yang akan datang.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #36 on: 01 June 2011, 02:27:10 PM »
makasih senior saya merasa terbantu ,


ketika saya merasa kepala saya mulai dingin , dengan itikad baik datang menyelesaikan masalah , tapi apa yg saya dapati? perlakuan ala "rimba" n nyeret2 polisi .. dgn bangganya dia berkata "saya hebat pny byk teman polisi , emangnya seperti kau?" ... lalu dgn tidak kalah marahnya saya jg membalas (untuk pertama kalinya) .. " untuk apa punya banyak teman tapi di campakkan suami , pny teman tp tidak punya suami n keluarga harmonis , bnr2 kasian"


sumpah saya belum merasa puas , masih banyak yg mau saya keluarkan .. sebatang besi pun di asah terus menerus bisa menjadi pisau , apa saya masih krg sabar atas semua perlakuan ia pada keluarga saya?

~ benarkah melawan anjing gila harus pake cinta kasih ? , ntr kalau di gigit bisa ikutan kena rabies  :))


Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #37 on: 01 June 2011, 02:39:48 PM »
Jangankan anjing gila, Gajah Mabuk Nalagiri pun ditaklukkan dengan cinta kasih.
« Last Edit: 01 June 2011, 02:43:06 PM by Blacquejacque »

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #38 on: 01 June 2011, 02:45:18 PM »
Jangankan anjing gila, Gajah Mabuk Nalagiri pun ditaklukkan dengan cinta kasih.

oleh siapa?

sanggupkah manusia biasa dgn kebijakan level abal2 seperti aku melakukan hal demikian? 

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #39 on: 01 June 2011, 02:45:55 PM »
benar cc landy. ;D Buddha pernah menjinakan gajah mabuk yang akan menginjaknya sampai mati ;D
masa anjing gila gak bisa ;D

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #40 on: 01 June 2011, 02:50:00 PM »
Saat masih remaja dulu (eits, sekarang juga masih remaja hanya lebih maju beberapa tahun sajalah  ;D), saya juga sangat emosional. Jika marah saya sangat temper, kata2 tajam keluar tak terbendung, juga secara fisik sy sering mencari barang2 untuk dilampiaskan... Saya masih ingat dada saya berdebar2 keras dan muka merah krn darah mengalir keras kali yah? Gejolak itu saya pikirkan lagi timbul, meluap dan sangat tak terbendung.

Sekarang tentu saja saya sama sekali tidak begitu lagi. Berhubung topik ini muncul, saya mulai memikir2 kembali kejadian dulu dan kenapa bisa berubah seperti sekarang. Imo, point2 yg menyebabkan saya bisa tidak temper lagi, terkondisi oleh banyak hal sbb:

1. faktor umur.
Seiring semakin bertambahnya umur, emosi kita juga semakin terkendali dan tidak gampang tersulut.

2. melek Dhamma.
Saya ingat sekali bahwa saat2 peralihan penurunan emosi saya seiring dengan saat2 saya mulai menekuni Ajaran Buddha.

3. Meditasi
Meditasi berkontribusi besar terhadap kesadaran, pengendalian dan pemahaman kita akan reaksi batin kita.

4. Banyak2 membaca buku2 Dhamma

5. Sering2 mengunjungi dan posting di forum Dhammacitta
Ini serius. Dengan sering mengunjungi forum ini, membaca postingan2 semakin mengasah dan me-resetting pikiran2 kita. Pikiran2 kita yg semakin jauh dari Dhamma, akan diarahkan ulang jika kita mengunjungi web2 dan forum yg membahas Dhamma. apalgi jika kita juga ikut memposting, semakin mengkondisikan pikiran kita ke Ajaran Buddha.

6. Waspada terhadap lagu dan film yg ditonton.
Meskipun hobby lagu2 logam, saya terpaksa mengakui bahwa lagu2 yg kita sering dengar sedikit-banyak akan mempengaruhi batin kita. Jika sering2 mendengar lagu2 bingar berisi lirik pemberontakkan (RATM, SEPULTURA, dstnya) maka batin kita akan gampang tersulut oleh hal2 sederhana sekalipun sebaliknya jika sering mendengar lagu2 spiritual semacam KITARO, KARUNESH, dll maka emosi kita cenderung lebih stabil dan tenang.

7. Hal2 lainnya dalah klise: saya semakin kurang minat terhadap makan daging, kopi juga sy kurangi, olah raga juga teratur, tidur cukup, dll yg klise

Apa yg dihsaring teman2 lain juga langkah2 top: hadirkan cinta-kasih, sering2 berdana, meditasi metta, dll... semua langkah2 ini sebenarnya berkontribusi mengkoreksi kecenderungan negatif kita

::
« Last Edit: 01 June 2011, 02:52:31 PM by williamhalim »
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #41 on: 01 June 2011, 02:56:30 PM »
oleh siapa?

sanggupkah manusia biasa dgn kebijakan level abal2 seperti aku melakukan hal demikian?

Dengan seribu tangan, yang masing-masing memegang senjata
Dengan menunggang gajah Girimekkhala,
Mara bersama pasukannya meraung menakutkan
Raja Para Bijaksana menaklukkannya dengan dana dan paramita yang lainnya
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.

Lebih dari Mara yang membuat onar sepanjang malam
Adalah Yakkha Alavaka yang menakutkan, bengis dan congkak
Raja para Bijaksana menaklukkannya, menjinakkan dengan kesabaran
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.

Nalagiri gajah mulia menjadi sangat gila
Sangat kejam bagaikan hutan terbakar, bagai senjata roda atau halilintar
Raja para Bijaksana menaklukkannya dengan kemampuan pikiran sakti yang mengagumkan ( Dalam versi terjemahan lain, dikatakan dengan percikan air cinta kasih )
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.



Bilamana tidak meyakini bahwa kebencian akan berakhir dengan cinta kasih, maka sebijak apapun dirinya tentu tidak akan mampu menaklukkannya dengan cinta kasih.

Saya pribadi tadinya tidak yakin, namun kebetulan sudah menemui beberapa kejadian yang membuktikan bahwa hal tersebut memang mungkin dilakukan. Memang tidak mudah, terlebih bila kita meragukan bahwa diri kita mampu, namun ini kembali ke niat diri kita. Apa yang ingin kita perbuat, ke arah mana kita akan membawa diri kita?

Ingin membalas, silakan saja.. Ingin tidak membalas, silakan saja, Ingin meredam emosi, silakan saja. Ingin masalah ini cepat berlalu, silakan saja...

Semuanya bergantung pada apa yang Landy mau. Landy yang menjalani, semua disini hanya mencoba memberikan saran yang terbaik menurut masing-masing..


Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #42 on: 01 June 2011, 03:09:28 PM »
Ini postingan kk Sunce. Mohon cc renungkan _/\_

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=13637.0

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #43 on: 01 June 2011, 03:19:34 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)
dulu kalau marah aq suka menyakiti diri sendiri,.entah pukul tembok sampai tangan berdarah atau yg lainnya, namun setelah mengenal dhamma,.aq mencoba mengendalikan amarah,..mulai dari diri sendiri,.berjanji pada diri sendiri,.nggak mau marah dan menyakiti diri lagi,.awalnya memang susah,..tapi aq tetap sabar,..waktu memberiku pelajaran,...tp kadang2 suka emosi meledak2,.ketika meledak2,.aq ketempat2 yg nggak aq kenal,..dan menghabiskan waktu disana dg kegitan positif,..kalau nggak aq menjauhi suasana panas yg bikin emosi,..atau tidur2an dideket bedeng 10(bendungan cisadane,..) wuih,..anginnya sejuk dan membawa kedamaian,..aq pernah mengalami klimak amarah itu sampai rasanya mau meledak dan ingin lekas segera selesai,..aq pergi ke warnet, main game yang bunuh2 orang,..trus sampai puas wkwwkwkwkkwkwkw,...kadang jugakalau aq marah, aq tiba2 teringat kuan im hud choo,.aq baca dalam hati namo kuan se im po shat berulang2,.terus berulang,..sampai ku lelah dan tertidur sendiri,.. ;D . buddha dhamma sangha pelindungku,..tp aq percaya dan yakin dg avalokitesvara,.yang akan mendengar doaku.,...trus puter deh lagu DOAKU -By Cici Meici Wijaya  ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #44 on: 01 June 2011, 03:56:53 PM »
Izin nyimak....!!!

Sory...blom bs bantu,sama lg emosian juga....
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**