Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Hati koe di penuhi kebencian  (Read 10553 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Hati koe di penuhi kebencian
« on: 31 May 2011, 08:24:08 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #1 on: 31 May 2011, 08:33:43 PM »
kalo lagi marah sebelum mengeluarkan kata yang bisa menyakiti perasaan orglain coba tahan nafas 10 detik sambil dihitung :)

Ini ada postingan bagus moga bisa membantu

Marah Dalam Kesadaran, Bisakah Kulakukan?!

“Kemarahan dapat menutupi akal budi , dan kemarahan dapat menutupi mata hati. Kemarahan dapat menyebabkan gelap mata. Kemarahan menyebabkan kehilangan kesadaran !”

Ini kalimat - kalimat yang pernah saya baca entah dimana dan kapan .
Siapa yang tidak pernah marah selama hidupnya . Berapa banyak diantara kita setelah meluapkan kemarahannya _ dengan kata-kata kasar dan sumpah serapah yang tanpa sadar dikeluarkan _ kemudian menyesali dan meminta maaf .
Saya pernah mengalami !
Tapi hari ini saya melampiaskan kemarahan dengan tanpa penyesalan
Karena saya melakukannya tanpa dengan emosi karena saya masih bisa tertawa dan tersenyum pada orang yang saya marahi. Dalam kemarahan namun kata-kata yang saya ucapkan saya sadari sepenuhnya .

Karena selama ini, apabila mengalami kemarahan , memang sulit untuk bisa mengendalikan diri . Tahu-tahu terjadi dan menyesalinya kemudian. Tetapi telah ada yang tersakiti .
Mengapa hari ini saya harus marah ?
Karena ada beberapa karyawan yang sudah terlalu kelakuannya dalam menjalankan tugasnya, dan bekerja semaunya. Sehingga ada seorang mandor yang sudah lebih lama bekerja mengatakan pada saya, “Pak, lebih enak urus hewan peliharaan daripada urus orang!”
Saya yakin mandor ini mungkin sudah terlalu lelah hatinya mengurusi anak buahnya yang sulit diurus .

Sebelum mengeluarkan amarah, saya pandangi satu persatu . Saya katakan, sebenarnya saya tidak senang memarahi orang , karena selain dapat menyebabkan sakit hati bagi yang dimarahi , saya sendiri juga akan ikut merasa sakit hati . Bagaimana pun baiknya marah, pasti tidak enak rasanya, karena tidak setiap orang bisa menerima niat baik dibalik kemarahan dan berjiwa besar untuk mengakui kesalahan .
Tapi saya tetap harus marah juga hari ini , karena selama ini dengan kata - kata yang lembut tidak digubris .
Saya jelaskan kesalahan mereka , lalu saya tanyakan , apakah pantas bila saya marah pada mereka dan memberikan surat peringatan ?
Memang , masih ada yang berusaha membela diri namun ada pula yang hanya bisa tertunduk dan berusaha mengambil hati dengan meminta maaf.
Berjanji untuk berubah !

Ternyata , marah pada saat dan keadaan yang tepat dan dengan cara yang benar sungguh memberikan kebaikan dan bermanfaat .
Untuk sebuah kesalahan , memang adakalanya kita harus mengatasinya dengan kemarahan , akan tetapi ada waktunya kitapun harus bisa untuk memaklumi kesalahan .
Tidak setiap kesalahan harus diatasi dengan kemarahan .
Yang terpenting lagi adalah niat dibalik kemarahan yang kita lakukan . Apakah sekedar untuk mengumbar nafsu emosi , arogansi, menghina , atau semata-mata demi kebaikan .
Saya masih ingat sekali sampai saat ini, apakah yang dikatakan bapak ketika beliau marah
“Hari ini saya masih mau marah itu tandanya saya masih mau memperhatikan kalian. Kalau suatu hari, saya tidak marah lagi , baru kalian tahu ! “
Jadi saya bisa merasakan , bahwa rasa marah dari orangtua itu secara sadar dilakukan adalah sebagai bentuk perhatian dan kasih sayang.

Seperti juga ketika alam ini harus menumpahkan kemarahannya dalam bentuk bencana untuk menyadarkan kita. Yang seharusnya tidak kita terima dengan kemarahan pula, tetapi adalah dengan penyadaran .

Semoga kesadaran selalu menaungi , sekalipun pada saat kemarahan itu datang ,
Spoiler: ShowHide
kompasiana
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline itong

  • Teman
  • **
  • Posts: 57
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • itong jg manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #2 on: 31 May 2011, 08:41:20 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

"api dapat dipadamkan dengan air, begitupula kebencian dpt dipadamkan dgn cinta kasih sejati"
permisi ce, jika ce berkenan, ce dpt share apa yg sebenarnnya terjadi?
sori kalo itong slh kt  ^:)^

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #3 on: 31 May 2011, 08:41:44 PM »
persoalan yang tadi sis, sabar sis siapa yang berbuat pasti akan menerima karma, apalagi terhadap orang tua yang harus di hormati dan disayangi, jka sampai menyakiti, membuat menderita maka karma yang akan di terima pasti tidak akan lama lagi

Spoiler: ShowHide
“Mengapa begitu banyak orang di sini takut
Ketika jalan telah diajarkan dengan banyak landasan?[1]
Aku bertanya kepada-Mu, O, Gotama, yang luas dalam kebijaksanaan:
Pada apakah seseorang harus bersandar
Agar tidak takut akan dunia lain?”

“Dengan mengarahkan ucapan dan pikiran yang benar,
Tidak melakukan kejahatan dengan jasmani,
Berdiam di rumah dengan makanan dan minuman sederhana,
Penuh keyakinan, lembut, dermawan, ramah:
Ketika seseorang bersandar pada empat hal ini,
Berdiri kokoh di atas Dhamma,
Seseorang tidak takut akan dunia lain.”[2]

 _/\_
« Last Edit: 31 May 2011, 08:43:29 PM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #4 on: 31 May 2011, 08:48:32 PM »
sabarrr ini saatnya praktek semua ya kamu ketahui akan ajaran buddha. ajaran buddha akan bersinar kalo dipraktekan.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #5 on: 31 May 2011, 08:51:51 PM »
sabarrr ini saatnya praktek semua ya kamu ketahui akan ajaran buddha. ajaran buddha akan bersinar kalo dipraktekan.

(bertanya ala bro johan)
apakah bila bersinar mengunakan listrik, atau senter, atau api?
bagaimana cara menggunakannya?
apakah bisa bertahan lama?
 ;D ^:)^ ^:)^ ^:)^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #6 on: 31 May 2011, 09:08:37 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)
ambil cermin.. dan silakan.. gak perlu menahan diri untuk meledakkan bom tersebut :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #7 on: 31 May 2011, 09:09:59 PM »
ambil cermin.. dan silakan.. gak perlu menahan diri untuk meledakkan bom tersebut :)

waduh bro bisa gosong dong sis landy nya  ^-^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #8 on: 31 May 2011, 09:12:38 PM »
waduh bro bisa gosong dong sis landy nya  ^-^
betul.. kalau lihat bahaya bom meledak kan bisa mengurungkan niat meledakkan
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #9 on: 31 May 2011, 09:14:02 PM »
betul.. kalau lihat bahaya bom meledak kan bisa mengurungkan niat meledakkan
tapi bom nya sebesar apa dulu dong bro forte, kalau cuma pake petasan banting ya paling cuma kaget  :P
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #10 on: 31 May 2011, 09:20:33 PM »
Quote
Khanti paranang tapo titikkhä
Kesabaran adalah cara bertapa yang paling baik.
 
Nibbänang paramang vadanti Buddhä
Sang Buddha bersabda : Nibbanalah yang tertinggi dari segalanya.
 
Na hi pabbajjito pärupaghati
Dia yang masih menyakiti orang lain,
 
 
Samano hoti parang vihethayanto
Sesungguhnya bukanlah seorang pertapa (samana).
 
 
 
 
Sabba Päpassa akaranang
Janganlah berbuat kejahatan
 
Kusalassa upasampadä
Perbanyaklah perbuatan baik
 
Sacitta pariyodapanang
Sucikan hati dan pikiranmu
 
Etang Buddhäna säsanang
Itulah Ajaran semua Buddha
 
Anupavädo anupaghäto
Tidak menghina, tidak menyakiti
 
Pätimokkhe ca samvaro
Mengendalikan diri sesuai dengan tata-tertib.
 
Matannutä ca bhattasming
Makanlah secukupnya
 
Pantanca sayanäsanang
Hidup dengan menyepi.
 
Adhicitte ca äyogo
Dan senantiasalah berpikir luhur
 
Etang Buddhana Sasanang
Itulah Ajaran Semua Buddha.
...

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #11 on: 31 May 2011, 09:32:48 PM »
Sy yg sering bermeditasi saja,masih sulit mengatasi kemarahan(akibat kebencian) :))
Kebencian=>kemarahan ditahan bikin "gondokan",dikeluarkan akan menimbulkan penyesalan,kata rimpoce jadikan "teman"..
Saran sy, sis boleh marah asal jangan merugikan pihak lain dan diri sis sendiri..
Semoga dengan moment ini sis mau mulai berlatih meditasi..

buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #12 on: 31 May 2011, 09:37:25 PM »
weleh ...
Samma Vayama

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #13 on: 31 May 2011, 09:42:19 PM »
Cc landy kemana aja lama gak ketemu... ‎˘Ħiª˚⌣˚Ħiª˚⌣˚Ħiª˘.. Sabar ya cc, ingat tekad cc... Ucapan berasal dari apa yang kita pikirkan.
Kata Mingyur Rinpoche pikiran tu seperti crazy monkey yg  suka bekerja, jd berilah pekerjaan untuknya sehingga kita yg mengendalikan pikiran bkn pikiran yg mengendalikan kita, salah satu cara dengan meditasi. Semoga membantu cc. _/\_

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #14 on: 31 May 2011, 09:45:34 PM »
beda orang, beda pula tipe pengertian

ada yg bisa di kasih tahu lewat kata2.
ada yg bisa di kasih tahu lewa perbuatan.

saran: ya di renungkan,
apa nilai positif dari marah?
dampak setelah marah?

di analisis dari berbagai aspek dan sudut pandang mengenai

diri sendiri
amarah
diri sendiri ketika marah

apa rasanya?
apa enaknya?
apa gunanya?

past-present-future

semoga anda dapat merealisasi kemarahan
Samma Vayama

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #15 on: 31 May 2011, 09:55:23 PM »
kalau lagi benci, terus liat foto landy pasti jadi hilang bencinya  :x
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #16 on: 31 May 2011, 09:59:47 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)


patient is un-beat-able word (Khanti paranam tapo titikha, kesabaran adalah latihan pertapaan tertinggi :) ).
even boddhisata have to be patient to wait fo hundred thousands eons to became samasambuddha. . .

so keep patient, keep in your mind that's all thing is annica, even your emotion :)
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #17 on: 31 May 2011, 10:11:14 PM »
ada beberapa cara melenyapkan kemarahan/kebencian ala aa'tono

1. luapkan kemarahan/kebencian itu sepuas-puasnya, sperti berteriak sekeras-kerasnya/ngomel2, jika perlu sampe mengeluarkan air mata, maka keluarkan saja... setelah itu rasakan kelegaan...

2. menghindar dr permasalahan yg terjadi, cari tempat sepi/tempat dimana kita merasa nyaman, renungi keberadaan marah/benci yg muncul dalam diri kita, perhatikan saja, ntar akan hilang sendiri... hanya timbul dan tenggelam lg...

3. bersikap cuek, berlagu seperti orang bodo, tidak mau tau dengan permasalahan, kemarahan/kebencian yg timbul seperti kita melukis diatas pasir dipinggir laut... ketika tersapu air laut, akan hilang dengan sendirinya...

4. gunakan pepatah tua, loe tampar pipi kiri gue, gue akan kasih tamparan ke pipi kanan loe... :)) dalam kata lain, "membalas" tp cara ini tidak efektif, kadang bs mengurangi (tidak menghilangkan) rasa marah/benci, tapi kadang malah menambah rasa marah/benci menjadi lebih besar...

:))
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #18 on: 31 May 2011, 10:16:32 PM »
wah gimana sis sekarang perasaan nya, suda lega, mendingan atau hilang?

sampai nabe tono turun ke alam cyber demi memaparkan suttanya   :)) ^:)^ , waktu dan tempat kami persilahkan sis  ;D
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #19 on: 31 May 2011, 10:18:52 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

hati koe di penuhi kebahagian :)), karena bisa melihat koko landy OL lagi :P.

tapi kenapa pas OL lagi, batinnya jadi kacau gini? ;D

saya pernah marah juga, marah yang sangat ganas 8), tapi akibat kemarahan saya adalah penderitaan yang hampir saja tidak akan pernah berakhir :)), dan juga harus kehilangan seseorang ;D.

walaupun sebenarnya wajar saja kalo saya marah, karena memang itu adalah kesalahan dia, tapi kemarahan saya itu hanyalah membawa kesia-siaan saja ;D.
 
:'(....... jadi inget lagi  :P.

saya pernah baca, kisah tentang seorang anak yang disuruh memakukan sebuah paku ke pagar kayu bila melakukan hal negatif, kemudian mencabutnya lagi setiap dia melakukan perbuatan yang baik ;D..... yah kira-kira begitu lah, mudah-mudahan nona landy pernah baca ;D.

yah seperti itulah kemarahan, hanya membuat hati menjadi terluka seperti kayu pagar itu yang berlubang karena paku yang dicabut ;D.

jadi pesen saya, lakukanlah kemarahan dengan bijak, jangan sampai kemarahan liar itu menghancurkan nona landy maupun orang lain ;D.

kalo waktu bisa terulang, mungkin saya akan melakukan kemarahan dengan bijak, kemarahan yang diisi dengan ketegasan dan solusi, dibanding hanya kemarahan yang memuaskan rasa emosi kita aja ;D.

ketegasan itu berguna sebagai benang merah, menguasai emosi agar tidak merembet ke permasalahan lainnya selain masalah yang sedang terjadi ;D.

contohnya jangan mengungkit kesalahan yang lalu atau jangan berpikir yang bukan-bukan tentang akibat di masa yang akan datang ;D, cukup memfokuskan keadaan dengan masalah saat ini saja ;D.

solusi itu gunanya untuk mendinginkan suasana ;D, dengan memberikan solusi akan membuat yang bersalah bisa menerima kesalahannya dan akan berusaha memperbaikinya ;D.

dengan sikap menerima kesalahan gitu, maka kemarahan kita sendiri menjadi reda ;D.

jadi nona landy mesti mempraktekkan kedewasaan nona landy, jangan pernah jadi abg labil / ababil lagi :)). oke? ;D

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #20 on: 31 May 2011, 10:23:39 PM »
makasih replay nya all ..


ketika saya posting ini saya sangat sadar , klo hati saya di penuhi kebencian dan kemarahan , .. saya sangat berharap bisa melepas sedikit energi kemarahan saya .

yang saya rasakan , memang tidaklah pantas untuk mempublikasikan masalah keluarga pada umum , semakin saya tahan semakin saya tidak tahan , belum lagi "dia sang sumber kemarahan" tiap saat terus menerus memumpuk kebencian di hati saya.  Dalam kemarahan ni saya sungguh ingin membuka aib dia dari A ampe Z seperti dia memperlakukan keluarga saya.

Mungkn Dia skrg pun sdg di liputi kemarahan dan mengekspresikan diri "ala hutan dan manusia tdk beradab" , klo saya berlaku demikian apalah bedanya saya dengan dia..! saya terus menerus memperingatkan diri utk bersabar

Tapi tau kah rasanya? Sungguh Tak tertahankan , semua udah di pinggir bibir tp harus bersabar .. GRrrrrrrrrrrrrRRRRRRRRR...

niat hati : lgsg ke TKP gampar muka tuh org..  fuih..~ landy oh landy.. 


Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #21 on: 31 May 2011, 10:31:35 PM »
Tapi tau kah rasanya? Sungguh Tak tertahankan , semua udah di pinggir bibir tp harus bersabar .. GRrrrrrrrrrrrrRRRRRRRRR...

niat hati : lgsg ke TKP gampar muka tuh org..  fuih..~ landy oh landy.. 

itu kayaknya mirip saran aa point ke-4, pepatah tua... tentang gamparan maut pipi kiri-pipi kanan =))

 [at] WAL : nabe aa'tono  :hammer:
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #22 on: 31 May 2011, 10:34:12 PM »
saya pernah baca, kisah tentang seorang anak yang disuruh memakukan sebuah paku ke pagar kayu bila melakukan hal negatif, kemudian mencabutnya lagi setiap dia melakukan perbuatan yang baik ;D..... yah kira-kira begitu lah, mudah-mudahan nona landy pernah baca ;D.

yah seperti itulah kemarahan, hanya membuat hati menjadi terluka seperti kayu pagar itu yang berlubang karena paku yang dicabut ;D.


koq kayaknya ga asing ma cerita tersebut ya... bro dapat cerita tersebut di DC ya ? ada link nya ? lupa2 inget...
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #23 on: 31 May 2011, 10:35:58 PM »
sepertinya nona landy baru beli mp4 baru ;D, nah sumpel aja kuping pake itu terus buka volume yang besar ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #24 on: 31 May 2011, 10:38:53 PM »
itu kayaknya mirip saran aa point ke-4, pepatah tua... tentang gamparan maut pipi kiri-pipi kanan =))

 [at] WAL : nabe aa'tono  :hammer:

o0o jadi sutta-tono ke 4 tentang gamparan maut pipi kiri pipi kanan ya nabe , bisa di jelaskan maksudnya?
apakah harus dengan pukulan keras, sedang, pelan, atau benar2 keras?
apa efek dan akibatnya terhadap gamparan maut itu nabe aa'tono , mohon pencerahan kedalam kegelapannya  :)) ^:)^ ^:)^ ^:)^


 [at]  sis landy : keliatannya judul postingan sudah bisa di ubah menjadi "Hati koe di penuhi gembira setelah ol di DC"  :))

« Last Edit: 31 May 2011, 10:40:54 PM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #25 on: 31 May 2011, 10:40:30 PM »
koq kayaknya ga asing ma cerita tersebut ya... bro dapat cerita tersebut di DC ya ? ada link nya ? lupa2 inget...

saya juga lupa pernah baca dimana om tono ;D.
cuma inget sekilas-sekilas aja :P.
mungkin pernah baca di emailnya temen saya sepertinya ;D.

Offline bangun _pw

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: 49
  • Gender: Male
  • ehm..
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #26 on: 31 May 2011, 10:50:44 PM »
ikut nyimak..."lg patah haati jd eneg" "marah2" "benci2"
"semoga semua makhluk hidup berbahagia"

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #27 on: 31 May 2011, 11:04:09 PM »
Jadi maksud cc Landy  .... mao lampiasin amarah ato pengen curhat disini dengan harapan marahnya bisa mereda
tapi besok2 ... gak tau juga ?? :))

 ato cari jalan supaya gak marah lagi n benci dgn 'seseorang' ?

jawabanya yg jelas donk ... jadi aye bisa ngerti getooooo  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #28 on: 31 May 2011, 11:33:08 PM »
Didunia ini tidak ada Orang yg bebas dari Celaan bahkan Hinaan, Apalagi semakin Tinggi posisi Kehidupannya, bak pucuk pohon pastilah yg paling banyak mendapatkan Angin, yg dapat dilakukan hanya Belajar Menerima Celaan & Hinaan dgn Melapangkan Dada & selalu Memaafkan kepada Sang Pelaku. Menanggapi dgn secara Keras bak menabur Duri menentang Angin, pada akhirnya Diri sendiri yg Celaka

*nyontek dr wall Indra Jou Hermawan*, bukan indra pak kumis diforum kita  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Wolvie

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 805
  • Reputasi: 25
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #29 on: 01 June 2011, 02:22:14 AM »
teori mudah, prakteknya memang sulit, apalagi klo urusan marah..

sy pun bgitu..

cuma bisa berdoa semoga Landy bisa lega dan tenang kembali hatinya.

Offline bluppy

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.163
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #30 on: 01 June 2011, 07:49:46 AM »
kadang2 kalau saya marah, saya mengulang dalam hati:
"semua berhubungan dengan kammanya sendiri,
menerima akibat dari kamma nya sendiri"
terus jadi biarkanlah org itu berhubungan dengan kammanya sendiri
saya juga berhubungan dengan kamma saya sendiri

Terus, pikiran melayang2 berpikir ttg "org" itu, sumber kemarahan
mulai coba memusatkan perhatian ke napas.
muncul lagi pikiran marah nya,
en terus coba balik ke napas,
kadang2 coba memusatkan perhatian ke pekerjaan yg dilakukan
terus kalau sudah marah besar, abis pulang kerja
langsung meditasi satu jam, ha....abis meditasi lebih lega deg

sis landy juga boleh coba mengulang dalam hati " this too will pass "
kemarahan itu juga akan berlalu, mungkin beberapa menit,
beberapa jam, beberapa hari, beberapa minggu
tapi pasti suatu saat akan berlalu.
"this too will pass" sering membantu saya kalau lagi bad mood

semoga sis landy berbahagia
semoga keluarga sis landy berbahagia
semoga org itu berbahagia
semoga semua makhluk berbahagia
« Last Edit: 01 June 2011, 07:55:02 AM by bluppy »

Offline Mr. Robat

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 0
  • mas, knp sih mangil-mangil eike.......!!!
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #31 on: 01 June 2011, 08:47:14 AM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

panggil aja mas gegana/densus88 bwat jinakin bomnnya  :))
kemarilah kemari hei hei sayang.........

Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #32 on: 01 June 2011, 08:54:06 AM »
Orang bodoh menyalahkan orang lain..
Orang pandai menyalahkan dirinya sendiri..
orang bijak tidak menyalahkan siapa-siapa..


Bila memang anda ingin marah, tetapi tidak ingin melukai perasaan orang lain, coba saja tuliskan semua kebun binatang tersebut di atas kertas. tuliskan semua hal yang anda ingin ungkapkan ke orang tersebut. Tuliskan semua kebencian dan kemarahan anda.

Dan bacalah tulisan tersebut. Itulah diri anda yang sedang dipenuhi kemarahan.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #33 on: 01 June 2011, 09:05:34 AM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

Berarti sadar ada "kebencian" berarti sadar kebencian muncul... amat-i, pelan-pelan akan tenggelam...

Kalau saya untuk menghibur diri sendiri ketika akan marah... ingat dengan pepatah
"ANGRY is HURTING YOURSELF for OTHERS FAULTS/MISTAKES" --> menghabiskan energi
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #34 on: 01 June 2011, 09:10:19 AM »
tumben si saceng kagak nimbrung
Samma Vayama

Offline DragonHung

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 963
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #35 on: 01 June 2011, 09:12:17 AM »
Kemarahan hanya membakar karma baik anda yg sudah ada dan yang akan datang.
Banyak berharap, banyak kecewa
Sedikit berharap, sedikit kecewa
Tidak berharap, tidak kecewa
Hanya memperhatikan saat ini, maka tiada ratapan dan khayalan

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #36 on: 01 June 2011, 02:27:10 PM »
makasih senior saya merasa terbantu ,


ketika saya merasa kepala saya mulai dingin , dengan itikad baik datang menyelesaikan masalah , tapi apa yg saya dapati? perlakuan ala "rimba" n nyeret2 polisi .. dgn bangganya dia berkata "saya hebat pny byk teman polisi , emangnya seperti kau?" ... lalu dgn tidak kalah marahnya saya jg membalas (untuk pertama kalinya) .. " untuk apa punya banyak teman tapi di campakkan suami , pny teman tp tidak punya suami n keluarga harmonis , bnr2 kasian"


sumpah saya belum merasa puas , masih banyak yg mau saya keluarkan .. sebatang besi pun di asah terus menerus bisa menjadi pisau , apa saya masih krg sabar atas semua perlakuan ia pada keluarga saya?

~ benarkah melawan anjing gila harus pake cinta kasih ? , ntr kalau di gigit bisa ikutan kena rabies  :))


Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #37 on: 01 June 2011, 02:39:48 PM »
Jangankan anjing gila, Gajah Mabuk Nalagiri pun ditaklukkan dengan cinta kasih.
« Last Edit: 01 June 2011, 02:43:06 PM by Blacquejacque »

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #38 on: 01 June 2011, 02:45:18 PM »
Jangankan anjing gila, Gajah Mabuk Nalagiri pun ditaklukkan dengan cinta kasih.

oleh siapa?

sanggupkah manusia biasa dgn kebijakan level abal2 seperti aku melakukan hal demikian? 

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #39 on: 01 June 2011, 02:45:55 PM »
benar cc landy. ;D Buddha pernah menjinakan gajah mabuk yang akan menginjaknya sampai mati ;D
masa anjing gila gak bisa ;D

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #40 on: 01 June 2011, 02:50:00 PM »
Saat masih remaja dulu (eits, sekarang juga masih remaja hanya lebih maju beberapa tahun sajalah  ;D), saya juga sangat emosional. Jika marah saya sangat temper, kata2 tajam keluar tak terbendung, juga secara fisik sy sering mencari barang2 untuk dilampiaskan... Saya masih ingat dada saya berdebar2 keras dan muka merah krn darah mengalir keras kali yah? Gejolak itu saya pikirkan lagi timbul, meluap dan sangat tak terbendung.

Sekarang tentu saja saya sama sekali tidak begitu lagi. Berhubung topik ini muncul, saya mulai memikir2 kembali kejadian dulu dan kenapa bisa berubah seperti sekarang. Imo, point2 yg menyebabkan saya bisa tidak temper lagi, terkondisi oleh banyak hal sbb:

1. faktor umur.
Seiring semakin bertambahnya umur, emosi kita juga semakin terkendali dan tidak gampang tersulut.

2. melek Dhamma.
Saya ingat sekali bahwa saat2 peralihan penurunan emosi saya seiring dengan saat2 saya mulai menekuni Ajaran Buddha.

3. Meditasi
Meditasi berkontribusi besar terhadap kesadaran, pengendalian dan pemahaman kita akan reaksi batin kita.

4. Banyak2 membaca buku2 Dhamma

5. Sering2 mengunjungi dan posting di forum Dhammacitta
Ini serius. Dengan sering mengunjungi forum ini, membaca postingan2 semakin mengasah dan me-resetting pikiran2 kita. Pikiran2 kita yg semakin jauh dari Dhamma, akan diarahkan ulang jika kita mengunjungi web2 dan forum yg membahas Dhamma. apalgi jika kita juga ikut memposting, semakin mengkondisikan pikiran kita ke Ajaran Buddha.

6. Waspada terhadap lagu dan film yg ditonton.
Meskipun hobby lagu2 logam, saya terpaksa mengakui bahwa lagu2 yg kita sering dengar sedikit-banyak akan mempengaruhi batin kita. Jika sering2 mendengar lagu2 bingar berisi lirik pemberontakkan (RATM, SEPULTURA, dstnya) maka batin kita akan gampang tersulut oleh hal2 sederhana sekalipun sebaliknya jika sering mendengar lagu2 spiritual semacam KITARO, KARUNESH, dll maka emosi kita cenderung lebih stabil dan tenang.

7. Hal2 lainnya dalah klise: saya semakin kurang minat terhadap makan daging, kopi juga sy kurangi, olah raga juga teratur, tidur cukup, dll yg klise

Apa yg dihsaring teman2 lain juga langkah2 top: hadirkan cinta-kasih, sering2 berdana, meditasi metta, dll... semua langkah2 ini sebenarnya berkontribusi mengkoreksi kecenderungan negatif kita

::
« Last Edit: 01 June 2011, 02:52:31 PM by williamhalim »
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Blacquejacque

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 229
  • Reputasi: 7
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #41 on: 01 June 2011, 02:56:30 PM »
oleh siapa?

sanggupkah manusia biasa dgn kebijakan level abal2 seperti aku melakukan hal demikian?

Dengan seribu tangan, yang masing-masing memegang senjata
Dengan menunggang gajah Girimekkhala,
Mara bersama pasukannya meraung menakutkan
Raja Para Bijaksana menaklukkannya dengan dana dan paramita yang lainnya
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.

Lebih dari Mara yang membuat onar sepanjang malam
Adalah Yakkha Alavaka yang menakutkan, bengis dan congkak
Raja para Bijaksana menaklukkannya, menjinakkan dengan kesabaran
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.

Nalagiri gajah mulia menjadi sangat gila
Sangat kejam bagaikan hutan terbakar, bagai senjata roda atau halilintar
Raja para Bijaksana menaklukkannya dengan kemampuan pikiran sakti yang mengagumkan ( Dalam versi terjemahan lain, dikatakan dengan percikan air cinta kasih )
Dengan kekuatan ini semoga engkau mendapat kemenangan sempurna.



Bilamana tidak meyakini bahwa kebencian akan berakhir dengan cinta kasih, maka sebijak apapun dirinya tentu tidak akan mampu menaklukkannya dengan cinta kasih.

Saya pribadi tadinya tidak yakin, namun kebetulan sudah menemui beberapa kejadian yang membuktikan bahwa hal tersebut memang mungkin dilakukan. Memang tidak mudah, terlebih bila kita meragukan bahwa diri kita mampu, namun ini kembali ke niat diri kita. Apa yang ingin kita perbuat, ke arah mana kita akan membawa diri kita?

Ingin membalas, silakan saja.. Ingin tidak membalas, silakan saja, Ingin meredam emosi, silakan saja. Ingin masalah ini cepat berlalu, silakan saja...

Semuanya bergantung pada apa yang Landy mau. Landy yang menjalani, semua disini hanya mencoba memberikan saran yang terbaik menurut masing-masing..


Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #42 on: 01 June 2011, 03:09:28 PM »
Ini postingan kk Sunce. Mohon cc renungkan _/\_

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=13637.0

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #43 on: 01 June 2011, 03:19:34 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)
dulu kalau marah aq suka menyakiti diri sendiri,.entah pukul tembok sampai tangan berdarah atau yg lainnya, namun setelah mengenal dhamma,.aq mencoba mengendalikan amarah,..mulai dari diri sendiri,.berjanji pada diri sendiri,.nggak mau marah dan menyakiti diri lagi,.awalnya memang susah,..tapi aq tetap sabar,..waktu memberiku pelajaran,...tp kadang2 suka emosi meledak2,.ketika meledak2,.aq ketempat2 yg nggak aq kenal,..dan menghabiskan waktu disana dg kegitan positif,..kalau nggak aq menjauhi suasana panas yg bikin emosi,..atau tidur2an dideket bedeng 10(bendungan cisadane,..) wuih,..anginnya sejuk dan membawa kedamaian,..aq pernah mengalami klimak amarah itu sampai rasanya mau meledak dan ingin lekas segera selesai,..aq pergi ke warnet, main game yang bunuh2 orang,..trus sampai puas wkwwkwkwkkwkwkw,...kadang jugakalau aq marah, aq tiba2 teringat kuan im hud choo,.aq baca dalam hati namo kuan se im po shat berulang2,.terus berulang,..sampai ku lelah dan tertidur sendiri,.. ;D . buddha dhamma sangha pelindungku,..tp aq percaya dan yakin dg avalokitesvara,.yang akan mendengar doaku.,...trus puter deh lagu DOAKU -By Cici Meici Wijaya  ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Raya Ditthi

  • Sebelumnya: lia.oc
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 165
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #44 on: 01 June 2011, 03:56:53 PM »
Izin nyimak....!!!

Sory...blom bs bantu,sama lg emosian juga....
** semoga semua mahluk hidup berbahagia**

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #45 on: 01 June 2011, 04:37:13 PM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

Kebencian hanya menambah penderitaan anda. Jika anda menyadari penderitaan anda, maka anda akan bisa melepaskannya. Ketika anda melepaskannya maka badan anda akan terasa ringan seolah anda mengeluaran batu yang berat.

Cuba saja anda rasakan ketika kebencian itu tumbuh dalam pikiran anda. Bayangkan orang yang membuat anda marah. Seketika itu juga, batin anda akan terusik, dada sesak dan berdetak cepat. Pikiran anda menjadi mandek dan yang hanya anda pikirkan ucapan orang tersebut yang membuat anda marah.
Apakah ini yang anda inginkan? Kemarahan, kebencian ini? Penderitaan ini?

Renungkanlah kemarahan dan kebencian anda? Kenapa anda benci? Kenapa anda marah? Kenapa anda yang menderita karena ucapan orang lain?

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #46 on: 02 June 2011, 11:25:02 AM »
" untuk apa punya banyak teman tapi di campakkan suami , pny teman tp tidak punya suami n keluarga harmonis , bnr2 kasian"

terus terang saya jadi kaget membaca perkataan nona landy itu ;D.
kalo saya artikan... itu artinya nona landy sudah menikah dan mempunyai keluarga yang harmonis ..... oh.. tidakk.. kalo benar begitu hatiku bisa hancur berkeping-keping jadinya ;D.
benerkah koko landy sudah menikah? ;D.

Quote
sumpah saya belum merasa puas , masih banyak yg mau saya keluarkan .. sebatang besi pun di asah terus menerus bisa menjadi pisau , apa saya masih krg sabar atas semua perlakuan ia pada keluarga saya?

tapi bila terus diasah maka pisau itu hanya tinggal menjadi serbuk besi yang akan segera hilang ditiup angin ;D.
makanya bersabarlah dikit lagi, karena semuanya akan segera berlalu ;D.

Quote
~ benarkah melawan anjing gila harus pake cinta kasih ? , ntr kalau di gigit bisa ikutan kena rabies 

harus pakai cinta kasih, tapi harus pake kebijaksanaan juga dan itu yang lebih penting ;D.
kalo sering denger cerita-cerita dari orang tua, banyak cerita yang menyelesaikan segala sesuatunya dengan kecerdikan dan kebijaksanaan sehingga semuanya bisa berakhir dengan happy ending ;D.
karena tanpa itu semua yang sedang terjadi adalah saling membalas cacian saja ;D.
sekarang saya berani bertaruh, si dia sedang memikirkan cacian yang lebih menyakitkan lagi untuk nona landy karena kemarin nona landy udah berani mencaci dia ;D.
tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #47 on: 02 June 2011, 11:46:39 AM »
terus terang saya jadi kaget membaca perkataan nona landy itu ;D.
kalo saya artikan... itu artinya nona landy sudah menikah dan mempunyai keluarga yang harmonis ..... oh.. tidakk.. kalo benar begitu hatiku bisa hancur berkeping-keping jadinya ;D.
benerkah koko landy sudah menikah? ;D.

keliatan nya belum bro ada yg punya tuh sis landy  ;D , yang di ceritakan sis landy itu adalah ,orang yang sudah mengatakan / mengucapkan  kata fitnah dan kasar terhadap mamah nya sis landy 

Quote
" untuk apa punya banyak teman tapi di campakkan suami , pny teman tp tidak punya suami n keluarga harmonis , bnr2 kasian"

tapi disini saya tidak berwenang menjelaskan permasalahan detail , mohon maaf sis landy jika saya lancang  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #48 on: 02 June 2011, 11:47:52 AM »
sis, kita semua manusia TIDAK ada yg sempurna, dan saya katakan yang sesungguhnya, HIDUP saya mungkin jauuuhhh lebih berat dan hancur dibandingkan sis...

saya udah berumur setengah abad, dg segala badai cobaan hidup sy boong klo sy tidak merasa sedih dan hancur dg semua yg saya alami. tapi sis, mohon coba direnungkan :

"sama2 zat cair, tapi air dan minyak tidak mungkin bersatu"
jikalau sis masih terus berpegangan dg "kebencian" maka itu juga membuat akusala kamma, sehingga memberatkan sis, lebih baik LEPASKAN dan jadilah minyak yang bisa ringan diatas permukaan dibanding air. jadilah orang yg lebih baik dari dia yang MENCEMOOH anda, bila anda masih berkutat dg kebencian itu maka anda SELEVEL dg dia.

sis tidak sendirian, saya juga merupakan salah satunya orang yg menderita, saya turut bersimpati, sis cobalah jadi  pemberi krn posisinya diatas, jadilah PEMBERI cinta kasih. mereka yg masih berkutat dg kebencian akan dibawah anda (sesuai hukum kamma, tidak akan salah alamat, pak posnya kagak bakalan keliru deh).

mettacittena,
« Last Edit: 02 June 2011, 11:49:45 AM by pannadevi »

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #49 on: 02 June 2011, 12:43:14 PM »
keliatan nya belum bro ada yg punya tuh sis landy  ;D , yang di ceritakan sis landy itu adalah ,orang yang sudah mengatakan / mengucapkan  kata fitnah dan kasar terhadap mamah nya sis landy 

tapi disini saya tidak berwenang menjelaskan permasalahan detail , mohon maaf sis landy jika saya lancang  _/\_

yang saya kaget itu ucapannya nona landy om wang ;D.
kalo memang nona landy belom menikah, tidak seharusnya dia berkata begitu, karena dia sendiri belum merasakan susahnya menjalin hubungan berkeluarga ;D, kecuali kalo memang nona landy sudah berkeluarga dan berhasil membentuk keluarga yang bahagia ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #50 on: 02 June 2011, 12:52:45 PM »
yang saya kaget itu ucapannya nona landy om wang ;D.
kalo memang nona landy belom menikah, tidak seharusnya dia berkata begitu, karena dia sendiri belum merasakan susahnya menjalin hubungan berkeluarga ;D, kecuali kalo memang nona landy sudah berkeluarga dan berhasil membentuk keluarga yang bahagia ;D.

kadang kita bisa mengerti kesulitan yang dihadapi dalam rumah tangga dengan melihat/mengamati yang terjadi di sekeliling kita, tanpa harus menjalani terlebih dahulu. sehingga hal2 yang kita pandang kurang baik bisa kita cegah pada kehidupan rumah tangga kita, seperti saya sebelum menikah , pasti mengamati dan memperhatikan kehidupan rumah tangga cici/koko saya sebelumnya .

kehidupan rumah tangga yang bahagia bisa kita bentuk jika kita mempunyai komitmen yang ada pada diri kita, dan kita mau pelajari apa kendala yang sering terjadi pada kehidupan rumah tangga, dengan melihat dan memperhatikan yang sering terjadi pada kehidupan rumah tangga orang lain

tapi ini hanya pendapat saya pribadi ya om  :) _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #51 on: 02 June 2011, 01:02:09 PM »
kadang kita bisa mengerti kesulitan yang dihadapi dalam rumah tangga dengan melihat/mengamati yang terjadi di sekeliling kita, tanpa harus menjalani terlebih dahulu. sehingga hal2 yang kita pandang kurang baik bisa kita cegah pada kehidupan rumah tangga kita, seperti saya sebelum menikah , pasti mengamati dan memperhatikan kehidupan rumah tangga cici/koko saya sebelumnya .

kehidupan rumah tangga yang bahagia bisa kita bentuk jika kita mempunyai komitmen yang ada pada diri kita, dan kita mau pelajari apa kendala yang sering terjadi pada kehidupan rumah tangga, dengan melihat dan memperhatikan yang sering terjadi pada kehidupan rumah tangga orang lain

tapi ini hanya pendapat saya pribadi ya om  :) _/\_

om wang saya mau belajar dong cara mengamati dan memperhatikan kehidupan rumah tangga orang lain ;D.

karena selama ini yang saya dapat adalah perkataan si istri saja, atau perkataan si suami saja, atau perkataan tetangganya saja... tidak pernah saya melihat langsung apa yang sebenarnya terjadi, apa yang sebenarnya dilakukan si suami dan apa yang sebenarnya dilakukan si istri... terutama perbincangan mereka sesaat sebelum tidur =)).

pernah ada sepasang suami istri yang sangat akur, semua orang di sekitarnya mengagumi mereka, tapi pada akhirnya mereka bercerai juga ;D. itulah yang saya maksud belum merasakan kehidupan pernikahan secara langsung ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #52 on: 02 June 2011, 01:07:13 PM »
om wang saya mau belajar dong cara mengamati dan memperhatikan kehidupan rumah tangga orang lain ;D.

karena selama ini yang saya dapat adalah perkataan si istri saja, atau perkataan si suami saja, atau perkataan tetangganya saja... tidak pernah saya melihat langsung apa yang sebenarnya terjadi, apa yang sebenarnya dilakukan si suami dan apa yang sebenarnya dilakukan si istri... terutama perbincangan mereka sesaat sebelum tidur =)).

pernah ada sepasang suami istri yang sangat akur, semua orang di sekitarnya mengagumi mereka, tapi pada akhirnya mereka bercerai juga ;D. itulah yang saya maksud belum merasakan kehidupan pernikahan secara langsung ;D.

itu contohnya bro sudah tunjukin, kenapa orang yang terlihat akur bisa cerai, apa penyebabnya ?, pasti ada alasannya dan tetangga pasti mendengar termasuk kita sendiri, kalau urusan ranjang, saya langsung tanya koko saya , sesama lelaki pasti terbuka. baik hanya perkataan istri saja ataupun suami saja itu merupakan masukan buat kita bro, setidaknya pada saat kita berumah tangga kita akan saling berkomunikasi dengan pasangan, menceritakan yang pernah bro dengar dan mencari solusi nya bersama2 agar tidak terjadi pada keluarga kita, setidaknya kita bisa mencegahnya ;D
« Last Edit: 02 June 2011, 01:08:47 PM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #53 on: 02 June 2011, 01:20:57 PM »
itu contohnya bro sudah tunjukin, kenapa orang yang terlihat akur bisa cerai, apa penyebabnya ?, pasti ada alasannya dan tetangga pasti mendengar termasuk kita sendiri, kalau urusan ranjang, saya langsung tanya koko saya , sesama lelaki pasti terbuka. baik hanya perkataan istri saja ataupun suami saja itu merupakan masukan buat kita bro, setidaknya pada saat kita berumah tangga kita akan saling berkomunikasi dengan pasangan, menceritakan yang pernah bro dengar dan mencari solusi nya bersama2 agar tidak terjadi pada keluarga kita, setidaknya kita bisa mencegahnya ;D

penyebabnya kan tidak ada yang tahu om ;D. kalo ditanya tetangga yang muncul kan cuma jawaban spekulasi aja ;D. jadi gimana cara kita memperhatikannya? terlebih lagi kalo kita tidak kenal pasangan itu ;D.

betul komunikasi memang yang paling penting ;D. bukan cuma suami istri aja, tapi dalam berbisnis komunikasi adalah salah satu faktor yang terpenting ;D. ini bisa jadi saran untuk nona landy untuk mau berlatih komunikasi biar bisa mencegah permasalahan sedini mungkin ;D.

mengenai menikah atau tidak... saya sendiri lebih suka tidak menikah sih om wang ;D.
biar bebas seperti udara ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #54 on: 02 June 2011, 01:49:49 PM »
penyebabnya kan tidak ada yang tahu om ;D. kalo ditanya tetangga yang muncul kan cuma jawaban spekulasi aja ;D. jadi gimana cara kita memperhatikannya? terlebih lagi kalo kita tidak kenal pasangan itu ;D.

betul komunikasi memang yang paling penting ;D. bukan cuma suami istri aja, tapi dalam berbisnis komunikasi adalah salah satu faktor yang terpenting ;D. ini bisa jadi saran untuk nona landy untuk mau berlatih komunikasi biar bisa mencegah permasalahan sedini mungkin ;D.

mengenai menikah atau tidak... saya sendiri lebih suka tidak menikah sih om wang ;D.
biar bebas seperti udara ;D.
banyak spekulasi yang memiliki nilai positif dan negatif, bisa kita ambil untuk kita dan yang bermanfaat bagi kita sebagai masukan, misal kita tanya ke tetangga atau langsung ke si suami " maaf , kenapa bisa berpisah?" jika dia menjawab terus terang menurut versi si suami "ah, istri saya terlalu banyak menuntut, minta ini dan itu , tanpa mau mengerti, tidak memuaskan dalam pelayanan ranjang " mungkin masih banyak lagi yang dia lontarkan, hal tersebut bisa kita ambil sebagai acuan buat kita, dan alangkah baiknya kita komunikasikan terhadap istri cerita tentang suami tersebut, dan bagaimana tanggapan istri kita bisa mengajaknya untuk bertukar pikiran / pendapat agar hal seperti itu tidak terjadi . tapi ada resiko juga untuk kita bro, bisa jadi kita di anggap ingin mencampuri urusan orang lain  :))


rupanya ada calon bhikku lagi di dc  ^-^, semoga ya bro biar bisa kasih pencerahan ke saya  ;D
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #55 on: 02 June 2011, 02:13:25 PM »
banyak spekulasi yang memiliki nilai positif dan negatif, bisa kita ambil untuk kita dan yang bermanfaat bagi kita sebagai masukan, misal kita tanya ke tetangga atau langsung ke si suami " maaf , kenapa bisa berpisah?" jika dia menjawab terus terang menurut versi si suami "ah, istri saya terlalu banyak menuntut, minta ini dan itu , tanpa mau mengerti, tidak memuaskan dalam pelayanan ranjang " mungkin masih banyak lagi yang dia lontarkan, hal tersebut bisa kita ambil sebagai acuan buat kita, dan alangkah baiknya kita komunikasikan terhadap istri cerita tentang suami tersebut, dan bagaimana tanggapan istri kita bisa mengajaknya untuk bertukar pikiran / pendapat agar hal seperti itu tidak terjadi . tapi ada resiko juga untuk kita bro, bisa jadi kita di anggap ingin mencampuri urusan orang lain  :))


rupanya ada calon bhikku lagi di dc  ^-^, semoga ya bro biar bisa kasih pencerahan ke saya  ;D

nah itu dia, kalo cuma ngintip saja sih saya bisa lakukan :P, tapi kalo tanya secara langsung itu bisa gawat, soalnya saya bukan seorang pengacara atau ahli mediasi atau psikiater atau lainnya yang bisa berwenang untuk menanyakan hal-hal yang pribadi ;D.

jadi pasti ada beberapa hal yang menjadi the x-file dalam pernikahan, yang mungkin saja bisa menjangkiti kita kemudian hari ;D.

:)).
hidup jomblo kan bukan monopoli bhikkhu aja om wang ;D.

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #56 on: 02 June 2011, 02:15:16 PM »
nah itu dia, kalo cuma ngintip saja sih saya bisa lakukan :P, tapi kalo tanya secara langsung itu bisa gawat, soalnya saya bukan seorang pengacara atau ahli mediasi atau psikiater atau lainnya yang bisa berwenang untuk menanyakan hal-hal yang pribadi ;D.

jadi pasti ada beberapa hal yang menjadi the x-file dalam pernikahan, yang mungkin saja bisa menjangkiti kita kemudian hari ;D.

:)).
hidup jomblo kan bukan monopoli bhikkhu aja om wang ;D.

eit...siapa tau  niat jadi jomblo malah keterusan milih jadi bhikku , kan bagus  ^-^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #57 on: 02 June 2011, 02:18:07 PM »
eit...siapa tau  niat jadi jomblo malah keterusan milih jadi bhikku , kan bagus  ^-^

semoga saja begitu om wang ;D.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #58 on: 02 June 2011, 10:23:34 PM »
Sometimes... Silence is better than unuseful words... :)

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #59 on: 02 June 2011, 10:28:31 PM »
seharusnya ketika telah menyadari bahwa anda dipenuhi kebencian, pada asat itu kebencian itu lenyap. coba amati

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #60 on: 03 June 2011, 04:56:52 PM »
cc yang sabar yah..  :)
emang g mudah menahan dan mengendalikan amarah, tapi itu bukan berarti g mungkin cc..  :)
cc landy pasti bisa.. pasti bisa...  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #61 on: 03 June 2011, 07:45:14 PM »
saya baru saja membaca cerita yang ditulis oleh Ajahn Brahm..
semoga dapat membantu cc..  :)
dibaca yah cc.. dengan perlahan..  ;D

Hal-hal tidak menyenangkan, seperti duduk di peringkat terbawah di kelas kita, terjadi dalam kehidupan. Hal-hal itu dapat terjadi pada setiap orang. Perbedaan antara orang yang bahagia dan tertekan hanyalah pada bagaimana mereka bereaksi terhadap kemalangan.

Bayangkan anda baru saja mengalami suatu sore yang indah di pantai bersama seorang teman. Ketika anda kembali ke rumah, anda mendapati gundukan pupuk kandang tepat di depan pintu rumah anda. Ada 3 hal untuk diketahui sehubungan dengan gundukan pupuk kandang ini :
1. Anda tidak memesannya. Ini bukan kesalahan anda.
2. Anda merasa habis akal.Tak ada yang melihat siapa yg menimbunnya di situ, jadi anda tak dapat menelpon pelakunya utk menyingkirikannya.
3. Pupuk itu kotor dan semerbak memenuhi seluruh rumah anda. Sungguh tak tertahankan.

Pada perumpamaan ini, gundukan pupuk kandang di depan rumah anda melambangkan pengalaman2 traumatik yg menimpa kita dalam kehidupan. Seperti halnya dg gundukan pupuk kandang itu, ada 3 hal untuk diketahui sehubungan dengan tragedi dalam kehidupan kita.

1. Kita tak memesannya. Kita berkata : “Kenapa saya ?”
2. Kita merasa habis akal. Tak seorangpun, sekalipun teman terbaik kita dapat menyingkirikannya (meski mereka mencoba)
3. Tragedi itu sangat menyakitkan menghancurkan kebahagiaan kita, dan rasa sakit yang ditimbulkannya menghantui sepanjang hidup kita. Sungguh tak tertahankan.

Ada 2 cara merespon timpaan gundukan pupuk kandang itu. Cara pertama adalah membawa kotoran itu ke mana-mana bersama kita. Kita taruh segenggam di saku kita, sebagian di tas kita dan sebagian lagi di baju kita. Kita bahkan juga menaruhnya di celana panjang kita. Kita dapati, ketika kita membawa kotoran itu ke mana-mana, kita kehilangan teman! Bahkan teman2 terbaik pun tampaknya tak begitu senang lagi dekat2 dg kita.

Membawa kotoran ke mana2 adalah perumpamaan untuk keadaan tenggelam dalam depresi, hal-hal negatif, atau amarah. Itu adalah sebuah respon terhadap kemalangan yang lumrah dan dapat dimaklumi. Tetapi kita kehilangan banyak teman, karena lumrah dan dapat dimaklumi pula jika teman2 kita tidak suka berada di samping kita yang selalu merasa depresi. Lagipula, dengan cara ini gundukan kotoran itu sendiri tak menjadi berkurang, tapi baunya malah bertambah busuk.

Untunglah, ada cara kedua. Ketika kita tertimpa gundukan pupuk kandang, kita menghela napas, dan setelah itu mulai bekerja. Ambil gerobak dorong, garu dan sekop. Kita garu kotoran itu ke gerobak dorong, membawanya ke belakang rumah dan menguburnya di kebun kita. Memang ini sulit dan melelahkan, tetapi kita tahu tak ada pilihan lain. Kadang kita hanya mampu mengatasi separuh gerobak saja dalam sehari, namun kita melakukan sesuatu yang menyelesaikan masalah, daripada hanya mengeluh saja dan terbenam dalam depresi. Dari hari ke hari, kita menggaru dan mengubur kotoran itu. Dari hari ke hari gundukannya menjadi semakin berurang. Kadang diperlukan waktu beberapa tahun, namun pagi yang cerah tiba juga ketika gundukan kotoran di depan rumah kita tak berbekas lagi. Selanjutnya, sebuah keajaiban terjadi di belakang rumah kita. Bunga-bunga di kebun kita bermekaran dengan warna-warni memenuhi setiap sudut. Keharuman menyebar sampai ke jalan, sehingga para tetangga bahkan orang lewat pun tersenyum bahagia karenanya. Lalu pohon buah yang tumbuh di sudut tanaman hampir rubuh karena begitu tergelayuti oleh buah-buahnya. Dan buahnya sungguh manis. Anda tak dapat membeli buah seperti itu. Ada begitu banyak buah, bahkan orang2 yg lewat pun dapat ikut menikmati sedapnya rasa buah ajaib itu.

“Mengubur kotoran” adalah perumpamaan untuk menyambut datangnya tragedi sebagai penyubur bagi kehidupan kita. Itu pekerjaan yang harus kita lakukan sendiri, tak ada yang dapat membantu kita. Namun dengan menguburnya di taman hati kita, dari hari ke hari, gundukan rasa sakit itu semakin berkurang. Bisa saja itu membutuhkan beberapa tahun, namun pagi yang cerah akan tiba tatkala kita melihat tak ada lagi rasa sakit di dalam hidup kita dan di dalam hati kita, sebuah keajaiban telah terjadi. Bunga2 kebajikan bermekaran memenuhi seluruh tempat, dan harumnya cinta menyebar sampai jauh, ke para tetangga kita, teman kita, dan bahkan sampai juga ke orang2 yang tidak kita kenal. Lalu pohon kebijaksanaan yang tumbuh di sudut taman hati kita menjadi tergelayut karena saratnya buah pencerahan akan hakikat kehidupan. Kita dapat membagi-bagikan buah2 yang enak itu dengan gratis, bahkan kepada orang2 yang tdk kita kenal, tanpa sengaja merencanakannya.

Ketika kita telah mengenal rasa sakit yang tragis, pelajarilah pelajaran yang diberikannya, dan tumbuhkan taman kita, lalu kita dapat merangkulkan lengan kita dalam tragedi yang dalam dan berkata dengan lembut, “ Aku tahu”. Mereka akan tahu bahwa kita telah paham. Belas kasih dimulai. Kita tunjukkan pada mereka gerobak dorong, garu, sekop dan dorongan semangat tanpa batas. Jika kita belum dapat menumbuh kembangkan taman kita sendiri, semua ini tak dapat kita lakukan.

Barangkali moral dari cerita ini adalah, jika anda ingin melayani dunia, jika anda ingin mengikuti jalan belas kasih, maka bila suatu ketika tragedi terjadi dalam hidup anda, anda dapat berkata, “Cihui ! Aku dapat banyak pupuk untuk taman saya”.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #62 on: 04 June 2011, 10:14:28 PM »
saya baru saja membaca cerita yang ditulis oleh Ajahn Brahm..
semoga dapat membantu cc..  :)
dibaca yah cc.. dengan perlahan..  ;D

Hal-hal tidak menyenangkan, seperti duduk di peringkat terbawah di kelas kita, terjadi dalam kehidupan. Hal-hal itu dapat terjadi pada setiap orang. Perbedaan antara orang yang bahagia dan tertekan hanyalah pada bagaimana mereka bereaksi terhadap kemalangan.

Bayangkan anda baru saja mengalami suatu sore yang indah di pantai bersama seorang teman. Ketika anda kembali ke rumah, anda mendapati gundukan pupuk kandang tepat di depan pintu rumah anda. Ada 3 hal untuk diketahui sehubungan dengan gundukan pupuk kandang ini :
1. Anda tidak memesannya. Ini bukan kesalahan anda.
2. Anda merasa habis akal.Tak ada yang melihat siapa yg menimbunnya di situ, jadi anda tak dapat menelpon pelakunya utk menyingkirikannya.
3. Pupuk itu kotor dan semerbak memenuhi seluruh rumah anda. Sungguh tak tertahankan.

Pada perumpamaan ini, gundukan pupuk kandang di depan rumah anda melambangkan pengalaman2 traumatik yg menimpa kita dalam kehidupan. Seperti halnya dg gundukan pupuk kandang itu, ada 3 hal untuk diketahui sehubungan dengan tragedi dalam kehidupan kita.

1. Kita tak memesannya. Kita berkata : “Kenapa saya ?”
2. Kita merasa habis akal. Tak seorangpun, sekalipun teman terbaik kita dapat menyingkirikannya (meski mereka mencoba)
3. Tragedi itu sangat menyakitkan menghancurkan kebahagiaan kita, dan rasa sakit yang ditimbulkannya menghantui sepanjang hidup kita. Sungguh tak tertahankan.

Ada 2 cara merespon timpaan gundukan pupuk kandang itu. Cara pertama adalah membawa kotoran itu ke mana-mana bersama kita. Kita taruh segenggam di saku kita, sebagian di tas kita dan sebagian lagi di baju kita. Kita bahkan juga menaruhnya di celana panjang kita. Kita dapati, ketika kita membawa kotoran itu ke mana-mana, kita kehilangan teman! Bahkan teman2 terbaik pun tampaknya tak begitu senang lagi dekat2 dg kita.

Membawa kotoran ke mana2 adalah perumpamaan untuk keadaan tenggelam dalam depresi, hal-hal negatif, atau amarah. Itu adalah sebuah respon terhadap kemalangan yang lumrah dan dapat dimaklumi. Tetapi kita kehilangan banyak teman, karena lumrah dan dapat dimaklumi pula jika teman2 kita tidak suka berada di samping kita yang selalu merasa depresi. Lagipula, dengan cara ini gundukan kotoran itu sendiri tak menjadi berkurang, tapi baunya malah bertambah busuk.

Untunglah, ada cara kedua. Ketika kita tertimpa gundukan pupuk kandang, kita menghela napas, dan setelah itu mulai bekerja. Ambil gerobak dorong, garu dan sekop. Kita garu kotoran itu ke gerobak dorong, membawanya ke belakang rumah dan menguburnya di kebun kita. Memang ini sulit dan melelahkan, tetapi kita tahu tak ada pilihan lain. Kadang kita hanya mampu mengatasi separuh gerobak saja dalam sehari, namun kita melakukan sesuatu yang menyelesaikan masalah, daripada hanya mengeluh saja dan terbenam dalam depresi. Dari hari ke hari, kita menggaru dan mengubur kotoran itu. Dari hari ke hari gundukannya menjadi semakin berurang. Kadang diperlukan waktu beberapa tahun, namun pagi yang cerah tiba juga ketika gundukan kotoran di depan rumah kita tak berbekas lagi. Selanjutnya, sebuah keajaiban terjadi di belakang rumah kita. Bunga-bunga di kebun kita bermekaran dengan warna-warni memenuhi setiap sudut. Keharuman menyebar sampai ke jalan, sehingga para tetangga bahkan orang lewat pun tersenyum bahagia karenanya. Lalu pohon buah yang tumbuh di sudut tanaman hampir rubuh karena begitu tergelayuti oleh buah-buahnya. Dan buahnya sungguh manis. Anda tak dapat membeli buah seperti itu. Ada begitu banyak buah, bahkan orang2 yg lewat pun dapat ikut menikmati sedapnya rasa buah ajaib itu.

“Mengubur kotoran” adalah perumpamaan untuk menyambut datangnya tragedi sebagai penyubur bagi kehidupan kita. Itu pekerjaan yang harus kita lakukan sendiri, tak ada yang dapat membantu kita. Namun dengan menguburnya di taman hati kita, dari hari ke hari, gundukan rasa sakit itu semakin berkurang. Bisa saja itu membutuhkan beberapa tahun, namun pagi yang cerah akan tiba tatkala kita melihat tak ada lagi rasa sakit di dalam hidup kita dan di dalam hati kita, sebuah keajaiban telah terjadi. Bunga2 kebajikan bermekaran memenuhi seluruh tempat, dan harumnya cinta menyebar sampai jauh, ke para tetangga kita, teman kita, dan bahkan sampai juga ke orang2 yang tidak kita kenal. Lalu pohon kebijaksanaan yang tumbuh di sudut taman hati kita menjadi tergelayut karena saratnya buah pencerahan akan hakikat kehidupan. Kita dapat membagi-bagikan buah2 yang enak itu dengan gratis, bahkan kepada orang2 yang tdk kita kenal, tanpa sengaja merencanakannya.

Ketika kita telah mengenal rasa sakit yang tragis, pelajarilah pelajaran yang diberikannya, dan tumbuhkan taman kita, lalu kita dapat merangkulkan lengan kita dalam tragedi yang dalam dan berkata dengan lembut, “ Aku tahu”. Mereka akan tahu bahwa kita telah paham. Belas kasih dimulai. Kita tunjukkan pada mereka gerobak dorong, garu, sekop dan dorongan semangat tanpa batas. Jika kita belum dapat menumbuh kembangkan taman kita sendiri, semua ini tak dapat kita lakukan.

Barangkali moral dari cerita ini adalah, jika anda ingin melayani dunia, jika anda ingin mengikuti jalan belas kasih, maka bila suatu ketika tragedi terjadi dalam hidup anda, anda dapat berkata, “Cihui ! Aku dapat banyak pupuk untuk taman saya”.

nice post, kasih bonus dah......wahhh salut deh DD sekarang bijaksana sekali.... :lotus:

iya ya....udah baca cerita ini kok masih lupa juga.....jadi malu nihh....soalnya sy juga merasa kalo sering cerita2 dg kesulitan atau kesedihan sy..... ^-^
« Last Edit: 04 June 2011, 10:16:21 PM by pannadevi »

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #63 on: 04 June 2011, 10:49:31 PM »
nice post, kasih bonus dah......wahhh salut deh DD sekarang bijaksana sekali.... :lotus:

iya ya....udah baca cerita ini kok masih lupa juga.....jadi malu nihh....soalnya sy juga merasa kalo sering cerita2 dg kesulitan atau kesedihan sy..... ^-^
_/\_ makasih cici..
saya cuma kebetulan aja baca tentang cerita itu, saya pikir pas buat dibaca sama cc landy juga..  :)
hehehe..
sebenarnya saya juga sempat lupa tentang cerita ini sih, pas ketemu lagi baru inget..  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #64 on: 04 June 2011, 10:53:52 PM »
_/\_ makasih cici..
saya cuma kebetulan aja baca tentang cerita itu, saya pikir pas buat dibaca sama cc landy juga..  :)
hehehe..
sebenarnya saya juga sempat lupa tentang cerita ini sih, pas ketemu lagi baru inget..  ;D

sama2 DD...

iya nih, sy itu punya bukunya juga, tapi lupa, wkt baca postingan ini jadi keinget lagi. memang kadang perlu diingetkan lagi....itulah gunanya teman, bisa saling mengisi...

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #65 on: 04 June 2011, 11:16:28 PM »
sama2 DD...

iya nih, sy itu punya bukunya juga, tapi lupa, wkt baca postingan ini jadi keinget lagi. memang kadang perlu diingetkan lagi....itulah gunanya teman, bisa saling mengisi...
_/\_
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #66 on: 05 June 2011, 06:48:15 AM »
Hati aku skrg di penuhi oleh kebencian.. ,  pikiran dan hati serta mulut aku seperti menyimpan sebuah BOM nuklir yg siap meledak kapan saja , bila kebencian ini tumpah ruah maka yg keluar adalah kata2 "biadaD" ala hewani *maap*

Aku mencoba sampai batas klimaksnya kesabaran seorang manusia ,

yuk senior beri aku siraman rohani .. biar adem nih otak ~  :)

lebih cepat pakai siraman voucher, discount, free ticket.... makan gratis bareng....

gimana ? setuju ?

boleh tau masalahnya apa ya ? koq jadi marah sampai begitu ? jelasin kronologi kejadiannya dulu yaa :P
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #67 on: 05 June 2011, 07:04:23 AM »
makasih senior saya merasa terbantu ,


ketika saya merasa kepala saya mulai dingin , dengan itikad baik datang menyelesaikan masalah , tapi apa yg saya dapati? perlakuan ala "rimba" n nyeret2 polisi .. dgn bangganya dia berkata "saya hebat pny byk teman polisi , emangnya seperti kau?" ... lalu dgn tidak kalah marahnya saya jg membalas (untuk pertama kalinya) .. " untuk apa punya banyak teman tapi di campakkan suami , pny teman tp tidak punya suami n keluarga harmonis , bnr2 kasian"


sumpah saya belum merasa puas , masih banyak yg mau saya keluarkan .. sebatang besi pun di asah terus menerus bisa menjadi pisau , apa saya masih krg sabar atas semua perlakuan ia pada keluarga saya?

~ benarkah melawan anjing gila harus pake cinta kasih ? , ntr kalau di gigit bisa ikutan kena rabies  :))



kalau "tante" yg kesepian ini mendapat teman pria sejati yg baru...
semoga marah2 ke lingkungannya akan reda...

jadi kalau ada yg bisa ulurkan tangan utk membantu... apa salahnya ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #68 on: 05 June 2011, 09:09:41 AM »
kalau "tante" yg kesepian ini mendapat teman pria sejati yg baru...
semoga marah2 ke lingkungannya akan reda...

jadi kalau ada yg bisa ulurkan tangan utk membantu... apa salahnya ?

hmmm....bro saceng lama ga muncul, tiba2 tebar pesona ama sis Landy....hayooo....

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #69 on: 05 June 2011, 09:31:14 AM »
hmmm....bro saceng lama ga muncul, tiba2 tebar pesona ama sis Landy....hayooo....
supaya hatinya gak dipenuhin kebencian sis.... 

gimana kalau ajak tante join di forum ini ? biar mendptkan berita yg berimbang ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #70 on: 05 June 2011, 09:41:25 AM »
supaya hatinya gak dipenuhin kebencian sis.... 

gimana kalau ajak tante join di forum ini ? biar mendptkan berita yg berimbang ?

husshhh...sembarang...sis landy khan belum tante....masih imut kok...... :-t

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #71 on: 05 June 2011, 09:48:40 AM »
husshhh...sembarang...sis landy khan belum tante....masih imut kok...... :-t

maksudnya tante yg membuat sis landy naik darah itu lhooo
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Hati koe di penuhi kebencian
« Reply #72 on: 06 June 2011, 04:22:55 PM »
cc ini saya dapat satu artikel lagi.. di baca yah...  :)

Memadamkan api kemarahan lewat kearifan Buddhis

by Thich Nhat Hanh

Ketika seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat kita marah, tentu saja kita menderita.

Kita cenderung mengatakan atau melakukan sesuatu kembali untuk membuat orang tersebut menderita juga, dengan harapan bahwa penderitaan kita akan berkurang.

Kita berpikir "Aku ingin menghukum kamu, aku ingin membuat kamu menderita karena kamu telah membuat aku menderita dan ketika aku melihat kamu sangat menderita aku akan merasa lebih baik"

Kenyataan yang sebenarnya adalah, ketika kamu membuat orang lain menderita, dia akan mencoba mencari kelegaan dengan membuat kamu lebih menderita lagi. Hasilnya adalah bertambahnya penderitaan di kedua belah pihak.

Pada saat kamu menjadi marah, kamu cenderung percaya bahwa kesengsaraanmu telah disebabkan oleh orang lain.

Kamu menyalahkan dia atas semua penderitaanmu. Banyak orang lain, yang dihadapkan pada situasi yang sama, tidak akan menjadi marah seperti dirimu. Mereka mendengar kata-2 yang sama, mereka melihat situasi yang sama, namun mereka mampu tetap tenang dan tidak terbawa. Kenapa kamu menjadi marah dengan begitu mudah?

Kamu mungkin begitu mudah marah karena benih kemarahanmu terlalu kuat, dan karena kamu tidak berlatih metode-2 untuk merawat kemarahanmu dengan baik, benih kemarahan itu telah terlalu sering disirami pada masa lalu.

Kita semua punya benih kemarahan dalam kesadaran kita. Tapi dalam diri beberapa orang, benih kemarahan itu lebih besar daripada benih-2 kita yang lain spt:" Cinta kasih" atau "welas asih". Benih kemarahan itu mungkin lebih besar karena kita tidak pernah berlatih pada masa lalu.

Ketika kita mulai mengembangkan energi perhatian penuh kesadaran, pengertian pertama yang akan kita dapatkan adalah bahwa penyebab utama dari penderitaan kita, kesengsaraan kita, bukanlah orang lain - ia adalah benih kemarahan dalam diri kita sendiri.

Pada saat itu kita akan berhenti menuding orang lain sebagai penyebab semua penderitaan. Kita sadar bahwa dia hanyalah suatu penyebab sekunder. Kamu mendapat banyak kelegaan ketika kamu memiliki pengertian ini, dan kamu mulai merasa lebih baik.

Buddha tidak pernah menasehati kita untuk menekan kemarahan kita, beliau mengajarkan kita untuk kembali ke diri sendiri dan merawatnya dengan baik.

Seperti organ-2 kita, kemarahan kita juga merupakan bagian dari diri kita. Ketika kita marah, kita harus kembali pada diri kita sendiri dan merawat kemarahan kita dengan baik. Kita tidak bisa berkata :" Pergilah kemarahan, kamu harus pergi. Aku tidak menginginkanmu"

Ketika kamu sakit perut, kamu tidak berkata "Aku tidak menginginkanmu perut, pergilah" ...TIDAK, kamu merawatnya.

Dengan cara yang sama, kita harus merangkul dan merawat kemarahan kita dengan baik. Kita mengenalinya sebagaimana adanya, merangkulnya, dan tersenyum. Energi yang membantu kita melakukan hal-2 ini adalah perhatian penuh kesadaran, perhatian penuh kesadaran dalam berjalan dan perhatian penuh kesadaran dalam bernapas.

Latihan perhatian penuh kesadaran menghasilkan konsentrasi dan pengertian.

Pengertian adalah hasil dari latihan yang bisa membantu kita untuk memaafkan, untuk mencintai.

Dalam waktu lima belas menit, atau setengah jam, latihan perhatian penuh kesadarn, konsentrasi dan pengertian dapat membebaskan dirimu dari kemarahanmu dan menjadikan kamu seorang yang penuh dengan cinta.

Itu adalah kekuatan dharma, keajaiban dharma.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."