Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Minta Saran  (Read 28757 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Mina_chan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Minta Saran
« on: 26 May 2011, 01:26:12 PM »
Salam kenal semua,

Saya ingin meminta saran bagaimana cara mengajak ortu agar jangan membunuh?
Contohnya beberapa hari ini ortu lagi giat menangkap tikus dirumah....Sdah banyak sekali tikus yang tertangkap (beserta anak-anaknya). tikus yang ditangkap pasti dibunuh....saya sudah berusaha mengatakan jangan dibunuh....kata ortu kalau tidak dibunuh nanti masuk lagi, tikus bisa tau jalan pulang.... dll

Minta sarannya yah..... thx. _/\_

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #1 on: 26 May 2011, 01:38:01 PM »
salam kenal nona mina ;D.

saran tutup semua lubang akses tikus, misalnya lubang angin, tutup dengan kawat baja yang 0,5x0,5 cm, terus lubang saluran air tutup dengan saringan yang dari stainless steel atau bisa juga di tindih dengan batu ketika tidak sedang digunakan, kloset juga selalu ditutup jangan biarkan terbuka, kalo dari plafond, tutup lubangnya dengan lembaran seng ;D.

nah kalo semua akses sudah ditutup, jaga rumahnya biar tetap bersih dan rapi, jangan letakkan barang-barang yang tidak terpakai di lantai, tapi gunakan kotak dan disusun rapi, tempat sampah juga mesti rajin dibersihkan, tiap malam atau sore dibuang ke luar. makanan juga di beri tudung, terus lantai sering di bersihkan dengan karbol ;D.

dengan begitu tikus ngak bakal hadir lagi ;D. dan ngak perlu capek-capek lagi nasihatin ;D.

itu cuma saran aja, saran yang sudah saya buktikan sendiri ;D. sekarang rumah saya bebas tikus ;D.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Minta Saran
« Reply #2 on: 26 May 2011, 01:48:08 PM »
Salam kenal.... _/\_
aku ikut menyimak aja deh.... ;D
« Last Edit: 26 May 2011, 01:51:20 PM by M14ka »

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #3 on: 26 May 2011, 01:54:01 PM »
Salam kenal.... _/\_
aku ikut menyimak aja deh.... ;D

rumah / kos nona yenyen pernah kemasukan tikus? ;D
bagi-bagi sarannya dong ;D

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Minta Saran
« Reply #4 on: 26 May 2011, 01:54:52 PM »
sarannya gampang,.kamu pagi2 bangun lebih pagi dari orang tua mu,..dan diam2 lepaskan tikus2 itu keluar,.kalau ortu kamu sdh tdk mendapati tikus lagi dikurungan,.tentu dia takkan membunuh tikus lagi kan. ;D.lama kelamaan ortu kamu akan menyadarinya hanya waktu yang bisa membuat ortu kamu mengerti..kenalkan ia dhamma.caranya membuat ortu kamu tdk membunuh,.ajari pelan2 akan dhamma,...berikan contoh2 pembunuhan mahkluk hidup,.sering sakit,..pendek umur,..dll,.syaratnya kamu harus menjadi anak yang berbakti kepada ortu kamu dulu baru bisa memberikan nasehat pada ortumu. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Mina_chan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #5 on: 26 May 2011, 01:56:38 PM »
Saya pun bingung tikusnya masuk dari mana... tapi kata mama saya tikusnya lincah sekali bisa naik tangga masuk kamar n sampai lompat ke atas seng... Ampe angpao n berlian yang di laci bisa diambil n di kubur di tanah... akhirnya beli perangkap tikus n tikusnya dibunuh papa. FYI saya gak tinggal dengan ortuku jadi gak bisa melepaskan tikusnya. Apakah benar tikus yang dilepas bisa kembali lagi? (tau jalan pulang?)

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #6 on: 26 May 2011, 01:57:28 PM »
sarannya gampang,.kamu pagi2 bangun lebih pagi dari orang tua mu,..dan diam2 lepaskan tikus2 itu keluar,.kalau ortu kamu sdh tdk mendapati tikus lagi dikurungan,.tentu dia takkan membunuh tikus lagi kan. ;D.lama kelamaan ortu kamu akan menyadarinya hanya waktu yang bisa membuat ortu kamu mengerti..kenalkan ia dhamma.caranya membuat ortu kamu tdk membunuh,.ajari pelan2 akan dhamma,...berikan contoh2 pembunuhan mahkluk hidup,.sering sakit,..pendek umur,..dll,.syaratnya kamu harus menjadi anak yang berbakti kepada ortu kamu dulu baru bisa memberikan nasehat pada ortumu. ;D

kalo bukan pake perangkap tikus tapi pake lem tikus atau bahkan peke racun tikus. gimana lepasinnya om kakao? ;D

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #7 on: 26 May 2011, 02:01:50 PM »
Saya pun bingung tikusnya masuk dari mana... tapi kata mama saya tikusnya lincah sekali bisa naik tangga masuk kamar n sampai lompat ke atas seng... Ampe angpao n berlian yang di laci bisa diambil n di kubur di tanah... akhirnya beli perangkap tikus n tikusnya dibunuh papa. FYI saya gak tinggal dengan ortuku jadi gak bisa melepaskan tikusnya. Apakah benar tikus yang dilepas bisa kembali lagi? (tau jalan pulang?)

tikus memang lincah seperti saya :)).
usahakan pintu selalu tertutup, pasangkan saja per untuk pintu, jadi pintunya bisa menutup sendiri ;D.
selama banyak barang yang menarik perhatian si tikus, pasti dia bakal balik lagi ;D.
jadi sebaiknya barang-barang yang tidak dipakai dijual atau disumbangkan, sedangkan barang-barang penting di simpan di tempat yang aman ;D.
ada cara lama, tikus yang tertanggkap dipasangin kerincingan atau dicat dengan warna yang menyala kemudian dilepaskan, katanya bisa mengusir tikus-tikus yang lainnya :P.

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: Minta Saran
« Reply #8 on: 26 May 2011, 02:03:54 PM »
setauku ada yang jual alat semacam infrasonic yang hanya bisa didengar oleh hewan tp tdk menyakiti manusia coba cari didaerah glodok sekitar atau minimal nitip sama rekan yang keglodok,.cobalah cari alat itu untuk rumah kamu,.tampa harus membunuh,.karena makhluk hidup sekecil apapun,..kita selalu doakan semoga semua makhluk hidup berbahagia. ;D
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #9 on: 26 May 2011, 02:07:52 PM »
setauku ada yang jual alat semacam infrasonic yang hanya bisa didengar oleh hewan tp tdk menyakiti manusia coba cari didaerah glodok sekitar atau minimal nitip sama rekan yang keglodok,.cobalah cari alat itu untuk rumah kamu,.tampa harus membunuh,.karena makhluk hidup sekecil apapun,..kita selalu doakan semoga semua makhluk hidup berbahagia. ;D

harganya berapaan om kakao? ;D
listriknya besar ngak? ;D
ada sekring otomatisnya ngak? ;D
takutnya kalo panas dipasang terus menerus, pas di rumah ngak ada orang tiba-tiba konslet, bisa gawat deh :P.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Minta Saran
« Reply #10 on: 26 May 2011, 02:10:41 PM »
rumah / kos nona yenyen pernah kemasukan tikus? ;D
bagi-bagi sarannya dong ;D
Pernah... dulu dibunuh pake lem tikus...kejam ya... :'(
Duduk menyimak aja deh.... >.<

kalo bukan pake perangkap tikus tapi pake lem tikus atau bahkan peke racun tikus. gimana lepasinnya om kakao? ;D
lem tikus uda gak bisa lepas ya kk?

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #11 on: 26 May 2011, 02:14:00 PM »
Pernah... dulu dibunuh pake lem tikus...kejam ya... :'(
Duduk menyimak aja deh.... >.<
lem tikus uda gak bisa lepas ya kk?

terus sekarang masih ada ngak tikusnya? ;D
kenapa sekarang udah ngak ada lagi? ;D

bisa dilepas sih, tapi jadinya tikusnya nempel sana sini ;D.
tikusnya jadi ngak bisa bergerak bebas lagi dan lama-lama akan mati juga ;D.

Offline Mina_chan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #12 on: 26 May 2011, 02:33:40 PM »
Kakao...Alat yg infrasonik katanya gak mempan, karena tikusnya bisa kebal?
Tikus yang di cat warna warni n dipakein lonceng menarik juga...thx idenya comel....
Berarti lebih baik pakai perangkap tikus dari pada lem tikus ya? Kasian tikusnya nempel sana sini  ^-^
Pdhal dipikir2 tikusnya lucu juga bisa simpan barang di tanah....Gimana caranya menghapus karma buruk membunuh?

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Minta Saran
« Reply #13 on: 26 May 2011, 02:54:18 PM »
harganya berapaan om kakao? ;D
listriknya besar ngak? ;D
ada sekring otomatisnya ngak? ;D
takutnya kalo panas dipasang terus menerus, pas di rumah ngak ada orang tiba-tiba konslet, bisa gawat deh :P.

Kantor kami memakai alat gelombang suara begini, dan sejauh yg saya rasakan, memang tikus nggak mengganggu lagi. Pagi2 nggak ada jejak tikus diatas kaca meja kantor, nggak ada lagi bekas2 gigitan sampah plastik, jug atak terdengar lagi bunyi2an diatas plafon.

Alat ini dibeli kantor di Ace Hardware, buatan USA, pakai listrik kecil saja, dan kami hidupkan hanya saat pulang kantor (Jam 6 sore sd masuk kerja esok paginya). Pada jam kerja, alat ini kami matikan. Alat ini ada beberapa pilihan suara: untuk mamalia besar (tikus, kelelawar, dll), lalu serangga (laba-laba, kecoa), dan serangga kecil (nyamuk, lalat, dll)...

Menurut saya alat ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi gangguan tikus.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #14 on: 26 May 2011, 02:54:55 PM »
Kakao...Alat yg infrasonik katanya gak mempan, karena tikusnya bisa kebal?
Tikus yang di cat warna warni n dipakein lonceng menarik juga...thx idenya comel....
Berarti lebih baik pakai perangkap tikus dari pada lem tikus ya? Kasian tikusnya nempel sana sini  ^-^
Pdhal dipikir2 tikusnya lucu juga bisa simpan barang di tanah....Gimana caranya menghapus karma buruk membunuh?

sama-sama nona mina ;D.
tapi perangkap tikus lebih sering dicuekin sama tikusnya :)).
kalo lem tikus itu biasanya tikusnya ngak sengaja nginjek :P.
karma buruk ngak bisa dihapus ;D, tapi bila kita menimbunnya dengan ratusan ton truk tronton karma baik, maka karma buruk itu kecil kemungkinan akan berbuahnya ;D.
jadi perbanyaklah perbuatan baik, terlebih lagi perbuahan baik yang disertai kebijaksanaan ;D, karena kebijaksanaan akan menuntun kita ke nibbana ;D..