Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Minta Saran  (Read 30947 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Minta Saran
« Reply #30 on: 27 May 2011, 01:39:02 PM »
Salam kenal semua,

Saya ingin meminta saran bagaimana cara mengajak ortu agar jangan membunuh?
Contohnya beberapa hari ini ortu lagi giat menangkap tikus dirumah....Sdah banyak sekali tikus yang tertangkap (beserta anak-anaknya). tikus yang ditangkap pasti dibunuh....saya sudah berusaha mengatakan jangan dibunuh....kata ortu kalau tidak dibunuh nanti masuk lagi, tikus bisa tau jalan pulang.... dll

Minta sarannya yah..... thx. _/\_

Kalau anak saya mau gencet semut, saya kasih tahu... JANGAN... nanti mama-papa-nya semut cari dia... kan kasihan, seperti daddy dan mommy cari kamu...
hehehehehe

Kalau ke orang tua, jadi gimana ya "skenario"-nya  ?

 :))
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #31 on: 27 May 2011, 01:45:11 PM »
Kalau anak saya mau gencet semut, saya kasih tahu... JANGAN... nanti mama-papa-nya semut cari dia... kan kasihan, seperti daddy dan mommy cari kamu...
hehehehehe

Kalau ke orang tua, jadi gimana ya "skenario"-nya  ?

 :))

yah tinggal dibalik aja om ;D.

 JANGAN... nanti anak-anaknya papa dan mama semut cari mereka... kan kasihan, seperti comel dan dilbert cari papa dan mama... waktu nyasar di mall :)).

Offline Mina_chan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #32 on: 27 May 2011, 02:41:02 PM »
Sayangnya ortu saya adalah tipe realistis dan tidak percaya yang begituan... Makanya susah untuk menjelaskan hal2 yang tidak dapat terbukti.... Sayangnya tikus nya beranak pinak, anaknya ada 4 dibunuh juga.... Saya sangat sedih membayangkannya....  Apakah tikus yang dilepaskan memang bisa kembali lagi? Kalau emang fakta itu salah, saya bisa menerangkannya biar orangtua saya mau melepaskan tikus tersebut....Karena sepertinya ortu saya tidak mau repot2 mengecat n memakaikan lonceng...  Apakah fang shen bisa mengurangi karma buruknya? Apakah bisa melimpahkan jasa kepada yang masih hidup? :'(

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #33 on: 27 May 2011, 02:52:34 PM »
Sayangnya ortu saya adalah tipe realistis dan tidak percaya yang begituan... Makanya susah untuk menjelaskan hal2 yang tidak dapat terbukti.... Sayangnya tikus nya beranak pinak, anaknya ada 4 dibunuh juga.... Saya sangat sedih membayangkannya....  Apakah tikus yang dilepaskan memang bisa kembali lagi? Kalau emang fakta itu salah, saya bisa menerangkannya biar orangtua saya mau melepaskan tikus tersebut....Karena sepertinya ortu saya tidak mau repot2 mengecat n memakaikan lonceng...  Apakah fang shen bisa mengurangi karma buruknya? Apakah bisa melimpahkan jasa kepada yang masih hidup? :'(

fangshen itu kan untuk belajar melepas, belajar melepaskan kemelekatan ;D.
kalo kemelekatan sudah benar-benar hilang karma buruk maupun karma baik itu bukan masalah lagi ;D.

tapi kalo fangshen diartikan untuk mengurangi karma buruk, itu akan menyebabkan kemelekatan berbuat baik agar mendapat hadiah ;D, dan kemelekatan akan hanya membuat kita terlahir dan terlahir kembali ;D.

okelah kalo terlahir di alam yang bahagia, tapi kalo terlahir di alam yang menyedihkan? ;D
maka bisa-bisa jadi antipati untuk berbuat baik ;D.

jadi seperti yang saya tulis sebelumnya, lakukanlah kebaikan disertai kebijaksanaan ;D.

melimpahkan jasa pada yang masih hidup tentu saja bisa ;D.

caranya, jadilah panutan bagi yang masih berpandangan salah ;D.

seperti yang saya tulis sebelumnya, selesaikan masalah dari akarnya, yaitu mencegah tikus masuk ke rumah ;D.
nah kalo cuma melakukan 1 kali kerjaan kemudian selesai, maka papanya lain waktu, setiap akan melakukan sesuatu akan mencoba untuk memikirkan akar permasalahannya terlebih dahulu ;D.

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Minta Saran
« Reply #34 on: 27 May 2011, 02:56:49 PM »
 [at]  Mina-chan: coba cari tau, tikus-tikus itu masuk ke rumah, lewat mana? jadi bisa ditutup jalan masuknya.

Btw, orang tua mina-chan menangkap tikusnya pake apa? Kemarin di rumah saya kemasukan tikus 2 ekor, lalu ditangkap pake perangkap (yang pake sistem pemberat, jadi tidak melukai). Lalu setelah itu dilepas agak jauh dari rumah, tikusnya gak balik tuh (kami tutup juga sih jalan masuknya..)

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Minta Saran
« Reply #35 on: 27 May 2011, 02:59:49 PM »
ya! fang shen adalah jalan yang baik ajak fangsen yang bersama group dari vihara agar bisa berkenalan dgn peserta fangshen lain hingga mungkin bertemu senior yang sudah lama fangshen hingga bisa berbagi cerita cerita dan pengalaman.
« Last Edit: 27 May 2011, 03:06:39 PM by daimond »

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Minta Saran
« Reply #36 on: 27 May 2011, 03:03:15 PM »
Tips Cara Mengusir Tikus & Curut Secara Alami Dengan Buah Mengkudu/Pace

source

Tikus adalah mamalia binatang pengerat yang suka tinggal sama kita bangsa manusia. Tikus tidak hanya merugikan karena kelakuannya yang membuat barang-barang rusak, makan makanan kita tanpa izin dan membuat orang yang takut tikus jadi ketakutan. Tetapi juga dapat menyebarkan bibit-bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia seperti leptospirosis, pes, dan lain sebagainya.

Kita bisa mengusir mereka tanpa bantuan obat/bahan kimia, alat elektronik, ahli penanggulangan tikus (pest control), jebakan tikus, dan lain-lain. Cukup dengan buah mengkudu kita bisa membuat tikus tidak betah tinggal di tempat kita dan angkat kaki dengan sukarela. Caranya yaitu dengan memotong-motong buah pace / mengkudu segar yang baunya menyengat, lalu kemudian letakkan potongan-potongan buah pace tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Selamat mencoba semoga berhasil.

Gambar Buah Mengkudu:
« Last Edit: 27 May 2011, 03:21:21 PM by Mayvise »

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Minta Saran
« Reply #37 on: 27 May 2011, 03:18:02 PM »
Selain mengkudu, Buah Bintaro juga bisa.

source

Daun Bintaro bentuknya memanjang, simetris, dan menumpul pada bagian ujung dengan ukuran bervariasi, tetapi rata-rata memiliki panjang 25 cm. Tersusun secara spiral, terkadang berkumpul pada ujung roset.

Buah Bintaro berbentuk bulat dan berwarna hijau pucat dan ketika tua akan berwarna merah. Merupakan buah drupa (buah biji) yang terdiri dari tiga lapisan yaitu epikarp atau eksokarp (kulit bagian terluar buah), mesokarp (lapisan tengah berupa serat seperti sabut kelapa), dan endocarp ( biji yang dilapisi kulit biji atau testa). Walapun berbentuk indah namun buah Bintaro tidak dapat dikonsumsi, karena mengandung zat yang bersifat racun terhadap manusia.

Dinamakan Cerbera karena bijinya dan semua bagian pohonnya mengandung racun yang disebut “cerberin” yaitu racun yang dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia, sehingga mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan asap dari pembakaran kayunya dapat menyebabkan keracunan.

Walaupun beracun, bijinya mengandung minyak yang cukup banyak (54,33%) dan berpotensi digunakan sebagai bahan baku biodiesel dengan melalui proses hidrolisis, ekstrasi dan destilasi.

Buah ini sering dimanfaatkan di kalangan rumah tangga sebagai pengusir tikus. Cukup letakkan buah bintaro yang belum matang (berwarna hijau) di sudut-sudut ruangan yang sering dilalui oleh tikus ataupun di dalam atap rumah.

Gambar Buah Bintaro:
« Last Edit: 27 May 2011, 03:20:52 PM by Mayvise »

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #38 on: 27 May 2011, 03:20:57 PM »
wah melihat buah bintaro, mirip seperti yang ditanam di taman perumahan nih ;D.
gawat mesti di kasih tahu dulu nih anak-anak kecil jangan sampe ada yang nyicipin buahnya :)).

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Minta Saran
« Reply #39 on: 27 May 2011, 05:31:26 PM »
radius segitu kira2 sejauh apa ya? Thanks sarannya.... Ada saran bagaimana cara menyampaikan ke orang tua agar jangan membunuh?

radius 300m2 = dengan luas bangunan 10mx30m (tergantung bentuk bangunan) yang selama ini saya lihat customer boss saya sudah memakai bertahun2 , tapi model alatnya berbeda tidak seperti contoh di atas, jika yang saya contohkan seharga +/- 250.000
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #40 on: 27 May 2011, 05:43:12 PM »
radius 300m2 = dengan luas bangunan 10mx30m (tergantung bentuk bangunan) yang selama ini saya lihat customer boss saya sudah memakai bertahun2 , tapi model alatnya berbeda tidak seperti contoh di atas, jika yang saya contohkan seharga +/- 250.000

300m2 itu secara horisontal atau vertikal atau horisontal dan vertikal om? ;D
contohnya kalo rumah 3 lantai mesti dipakai tiap lantai atau cukup 1 lantai aja? ;D

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Minta Saran
« Reply #41 on: 27 May 2011, 05:48:53 PM »
300m2 itu secara horisontal atau vertikal atau horisontal dan vertikal om? ;D
contohnya kalo rumah 3 lantai mesti dipakai tiap lantai atau cukup 1 lantai aja? ;D

jika luas yang dia maksud itu 300m2 , suara yang keluar adalah menyebar tergantung penempatan posisinya saja , seperti lampu di plafon, dia bisa menerangi luas 300m2 secara. horisontal, vertikal. begitu juga suara CMIIW
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #42 on: 27 May 2011, 05:51:57 PM »
jika luas yang dia maksud itu 300m2 , suara yang keluar adalah menyebar tergantung penempatan posisinya saja , seperti lampu di plafon, dia bisa menerangi luas 300m2 secara. horisontal, vertikal. begitu juga suara CMIIW

tapikan gelombang itu ada 2 jenis, yang longitudinal dan satu lagi.... apa yah :P.
tapi menurut saya sih luas itu 2 dimensi, jadi ngak tercakup sama tingkat atasnya ;D.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Minta Saran
« Reply #43 on: 27 May 2011, 06:28:55 PM »
Salam kenal semua,

Saya ingin meminta saran bagaimana cara mengajak ortu agar jangan membunuh?
Contohnya beberapa hari ini ortu lagi giat menangkap tikus dirumah....Sdah banyak sekali tikus yang tertangkap (beserta anak-anaknya). tikus yang ditangkap pasti dibunuh....saya sudah berusaha mengatakan jangan dibunuh....kata ortu kalau tidak dibunuh nanti masuk lagi, tikus bisa tau jalan pulang.... dll

Minta sarannya yah..... thx. _/\_

bilang johan3000 mau beli rp 10ribu per ekor,
dan setelah itu sis transfer 2X harga tsb pada gw
rasanya pembunuhan gak bakal terjadi deh....
gimana ya?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Minta Saran
« Reply #44 on: 27 May 2011, 08:02:42 PM »
 [at] Maysive
Buah mengkudunya yg mateng atau mentah??
Yg mentah biasanya ga bau,kalo yg mateng baru bau..
*itu juice mengkudu minuman tiap hari mamaku waktu dulu

 [at] tuan wang
Ini alat yg dibeli di kaskus.harganya 45.000
« Last Edit: 27 May 2011, 08:10:03 PM by Mr.Jhonz »
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"