Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Minta Saran  (Read 21176 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Minta Saran
« Reply #15 on: 26 May 2011, 02:55:46 PM »
salam kenal juga,
boleh ikutan ga?

dulu udah pernah dibahas dg alat infra sonik, ada beberapa kali malah, jadi ini mungkin utk kesekian kalinya postingan ttg cara mengusir tikus dg aman.

dari beberapa saran yg dulu kalo ga salah ttg penggunaan infra sonik, juga pake tikus yg dipasang kerincingan, atau di cat warna menyala, dll.

tapi saya ga tahu, cara menggunakan tikus putih ini pernah dibahas atau belum, gimana kalo dicoba. silahkan sis pelihara tikus putih (hamster), lucu sekali dan imut, harganya kalo ga salah Rp.25rb. setiap malam lepaskan bebas, toh semua pintu dikunci jadi dia ga bisa kabur keluar, setiap ada tikus masuk pasti langsung dia usir atau dikejar diajak kelahi, sehingga semua tikus pada kabur. selamat mencoba.

**kebetulan sy ngalami sendiri, ada hamster kabur dari rumah orang masuk kamar kos sy, kok tiap malam dia ngusirin tikus, padahal ga pernah sy kasih malam, sejak itu sy tahu klo dia musuh alami dari tikus biasa.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #16 on: 26 May 2011, 02:58:01 PM »
Kantor kami memakai alat gelombang suara begini, dan sejauh yg saya rasakan, memang tikus nggak mengganggu lagi. Pagi2 nggak ada jejak tikus diatas kaca meja kantor, nggak ada lagi bekas2 gigitan sampah plastik, jug atak terdengar lagi bunyi2an diatas plafon.

Alat ini dibeli kantor di Ace Hardware, buatan USA, pakai listrik kecil saja, dan kami hidupkan hanya saat pulang kantor (Jam 6 sore sd masuk kerja esok paginya). Pada jam kerja, alat ini kami matikan. Alat ini ada beberapa pilihan suara: untuk mamalia besar (tikus, kelelawar, dll), lalu serangga (laba-laba, kecoa), dan serangga kecil (nyamuk, lalat, dll)...

Menurut saya alat ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi gangguan tikus.

::

terima kasih infonya om will ;D.


oh iya kalo yang anti maling dan buaya darat ada ngak yah om wil? :))

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #17 on: 26 May 2011, 03:01:10 PM »
salam kenal juga,
boleh ikutan ga?

dulu udah pernah dibahas dg alat infra sonik, ada beberapa kali malah, jadi ini mungkin utk kesekian kalinya postingan ttg cara mengusir tikus dg aman.

dari beberapa saran yg dulu kalo ga salah ttg penggunaan infra sonik, juga pake tikus yg dipasang kerincingan, atau di cat warna menyala, dll.

tapi saya ga tahu, cara menggunakan tikus putih ini pernah dibahas atau belum, gimana kalo dicoba. silahkan sis pelihara tikus putih (hamster), lucu sekali dan imut, harganya kalo ga salah Rp.25rb. setiap malam lepaskan bebas, toh semua pintu dikunci jadi dia ga bisa kabur keluar, setiap ada tikus masuk pasti langsung dia usir atau dikejar diajak kelahi, sehingga semua tikus pada kabur. selamat mencoba.

**kebetulan sy ngalami sendiri, ada hamster kabur dari rumah orang masuk kamar kos sy, kok tiap malam dia ngusirin tikus, padahal ga pernah sy kasih malam, sejak itu sy tahu klo dia musuh alami dari tikus biasa.

wah terima kasih infonya samaneri ;D.
selain itu bisa pake anjing kancil juga, tapi kemungkinan tikusnya mati sih besar :P.

Offline Mina_chan

  • Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #18 on: 26 May 2011, 03:08:26 PM »
Thx sarannya samaneri pannadevi.... Tapi hamster bukankah lebih kecil n imut dibanding tikus? kata mama saya tikusnya sekitar 20cm induknya...
Lagipula rumah saya ada 3 tingkat.... jadi sptnya susah kalau suru marmut yang jaga...n kasian ntar marmutnya jadi babak belur....Gimana kalo kucing aja yang jagain? Jadi seperti tom n jerry hehe.....

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Minta Saran
« Reply #19 on: 26 May 2011, 03:17:51 PM »
wah terima kasih infonya samaneri ;D.
selain itu bisa pake anjing kancil juga, tapi kemungkinan tikusnya mati sih besar :P.
Thx sarannya samaneri pannadevi.... Tapi hamster bukankah lebih kecil n imut dibanding tikus? kata mama saya tikusnya sekitar 20cm induknya...
Lagipula rumah saya ada 3 tingkat.... jadi sptnya susah kalau suru marmut yang jaga...n kasian ntar marmutnya jadi babak belur....Gimana kalo kucing aja yang jagain? Jadi seperti tom n jerry hehe.....

hehehe....gimana sihhh....katane mo menghindari pembunuhan, kalo tikusnya mati khan sama aja pembunuhan, ya cari hamster yg agak gede deh klo gitu, yang jelas hamster itu musuh alami tikus biasa. ato saran bro William itu malah efektif juga. ada lagi dulu yg kasih saran, ambil satu tikus dipelihara dikasih susu setiap hari ntar rumah akan bebas dari tikus karena tikus akan cerita ke temen2nya klo rumah ini dihuni oleh orang yg baik hati jadi jangan diserang.  ^-^

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #20 on: 26 May 2011, 03:39:10 PM »
kalo hamster yang besar namanya marmut ;D.
besarnya bisa sebesar kucing ;D.

Offline pannadevi

  • Samaneri
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.960
  • Reputasi: 103
  • Gender: Female
Re: Minta Saran
« Reply #21 on: 26 May 2011, 03:42:44 PM »
kalo hamster yang besar namanya marmut ;D.
besarnya bisa sebesar kucing ;D.

yahh...mana mungkin marmut mampu berkelahi ama tikus? ngaco ahhh....

setahu saya marmut itu ya marmut sedang hamster ya hamster....ntar kucing dibilang macan anakan lagi.... ^-^

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #22 on: 26 May 2011, 03:52:19 PM »
yahh...mana mungkin marmut mampu berkelahi ama tikus? ngaco ahhh....

setahu saya marmut itu ya marmut sedang hamster ya hamster....ntar kucing dibilang macan anakan lagi.... ^-^

oh beda yah? ;D
tapi kan masih sama-sama hewan pengerat, sama seperti tikus dan hamster ;D.

Offline Mina_chan

  • Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #23 on: 26 May 2011, 04:17:19 PM »
Thx sarannya samaneri pannadevi.... Tapi hamster bukankah lebih kecil n imut dibanding tikus? kata mama saya tikusnya sekitar 20cm induknya...
Lagipula rumah saya ada 3 tingkat.... jadi sptnya susah kalau suru marmut yang jaga...n kasian ntar marmutnya jadi babak belur....Gimana kalo kucing aja yang jagain? Jadi seperti tom n jerry hehe.....


hehehe....gimana sihhh....katane mo menghindari pembunuhan, kalo tikusnya mati khan sama aja pembunuhan, ya cari hamster yg agak gede deh klo gitu, yang jelas hamster itu musuh alami tikus biasa. ato saran bro William itu malah efektif juga. ada lagi dulu yg kasih saran, ambil satu tikus dipelihara dikasih susu setiap hari ntar rumah akan bebas dari tikus karena tikus akan cerita ke temen2nya klo rumah ini dihuni oleh orang yg baik hati jadi jangan diserang.  ^-^

Klau tikusnya ngajak temannya buat nginap rumah repot juga yah..... ^-^

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Minta Saran
« Reply #24 on: 26 May 2011, 07:31:55 PM »
 [at] wiliamm
Alatnya sudah pernah di praktekan kakakku,cuma efektif beberapa hari aja..lama2 tikusnya kebal..

 [at] samaneri
Ga salah sam..
Perbandingannya seperti anak Tk lawan preman lho..
Dulu aja anak kucing di gigit tikus.

Saran sy,piara kucing,tapi kucing juga bisa buang hajat sembarangan..
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Minta Saran
« Reply #25 on: 26 May 2011, 08:21:34 PM »
tikus memang lincah seperti saya :)).
usahakan pintu selalu tertutup, pasangkan saja per untuk pintu, jadi pintunya bisa menutup sendiri ;D.
selama banyak barang yang menarik perhatian si tikus, pasti dia bakal balik lagi ;D.
jadi sebaiknya barang-barang yang tidak dipakai dijual atau disumbangkan, sedangkan barang-barang penting di simpan di tempat yang aman ;D.
ada cara lama, tikus yang tertanggkap dipasangin kerincingan atau dicat dengan warna yang menyala kemudian dilepaskan, katanya bisa mengusir tikus-tikus yang lainnya :P.
akhirnya jika anda masih tetap bermasalah dengan tikus, silahkan hub. bro comel, saya jamin tikus nya kabur  :)) ^:)^

* saya pernah melihat di rumah customer boss saya yang dulu, rumah dia tidak ada kecoa, tikus dll, setelah ditanya ternyata dia menggunakan pengusir tikus dengan gelombang ULTRASONIC RAT REPELLER
Spoiler: ShowHide
Satu lagi Technologi Jepang yang sudah terpercaya kualitasnya dan tidak diragukan lagi “Alat Pengusir Tikus Ultrasonic”. Alat ini sangat ampuh untuk mengusir kelelawar dan binatang menjijikan lainnya yang dapat sangat mengganggu juga membawa penyakit. Alat ini sangat aman untuk manusia, karena Frekuensi Ultrasonic & Speed pada alat ini dapat diatur sehingga aman - tidak menganggu pendengaran manusia.
Dengan radius 300-400m2, alat ini sangat praktis untuk Anda gunakan di Rumah, Kantor, Pabrik, Toko maupun Gudang atau dimanapun tempat yang banyak sekali tikus atau binatang lain yang berkeliaran. Dengan mengatur speed setiap 1 atau 2 minggu sekali akan sangat efektif sekali sehingga tidak membuat tikus atau binatang lain menjadi kebal (beradaptasi)
Cara Menggunakan :
1. Letakkan atau gantung alat ini disudut ruangan.
2. Putar tombol frekuensi hingga tidak terdengar oleh telinga manusia yaitu antara titik frekuensi 6–7 (frekuensi 20.000 - 25.000 Hz)3. Putar tombol speed untuk mengatur kecepatan detak suara.
- 2 minggu pertama titik ke 1, kemudian
- 2 minggu berikutnya di titik ke 2, 2
- minggu berikutnya di titik ke 3, dan seterusnya.
- Setelah sampai ke titik 7 kembali lagi ke titik
” Dianjurkan untuk selalu mengubah TOMBOL Speed setiap 2 minggu sekali.”
Yang akan terjadi pada Si Tikus :
Minggu 1 : Tikus akan bersembunyi atau kabur karena tidak dapat menahan suara yang sangat mengganggu.
Minggu 2: Jika tikus bersembunyi disarangnya segera keluar dan pergi secara bertahap.
Minggu 3: Tikus tidak akan bersarang lagi karena bukan tempat yang nyaman untuk tinggal.


jadi alat tersebut tidak membunuh, tetapi mengusir tikus sehingga tikus merasa tidak nyaman dalam ruangan itu dan merasa tidak nyaman :)
« Last Edit: 26 May 2011, 08:23:17 PM by wang ai lie »
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline Mina_chan

  • Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 3
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Minta Saran
« Reply #26 on: 27 May 2011, 09:55:27 AM »
akhirnya jika anda masih tetap bermasalah dengan tikus, silahkan hub. bro comel, saya jamin tikus nya kabur  :)) ^:)^

* saya pernah melihat di rumah customer boss saya yang dulu, rumah dia tidak ada kecoa, tikus dll, setelah ditanya ternyata dia menggunakan pengusir tikus dengan gelombang ULTRASONIC RAT REPELLER
Spoiler: ShowHide
Satu lagi Technologi Jepang yang sudah terpercaya kualitasnya dan tidak diragukan lagi “Alat Pengusir Tikus Ultrasonic”. Alat ini sangat ampuh untuk mengusir kelelawar dan binatang menjijikan lainnya yang dapat sangat mengganggu juga membawa penyakit. Alat ini sangat aman untuk manusia, karena Frekuensi Ultrasonic & Speed pada alat ini dapat diatur sehingga aman - tidak menganggu pendengaran manusia.
Dengan radius 300-400m2, alat ini sangat praktis untuk Anda gunakan di Rumah, Kantor, Pabrik, Toko maupun Gudang atau dimanapun tempat yang banyak sekali tikus atau binatang lain yang berkeliaran. Dengan mengatur speed setiap 1 atau 2 minggu sekali akan sangat efektif sekali sehingga tidak membuat tikus atau binatang lain menjadi kebal (beradaptasi)
Cara Menggunakan :
1. Letakkan atau gantung alat ini disudut ruangan.
2. Putar tombol frekuensi hingga tidak terdengar oleh telinga manusia yaitu antara titik frekuensi 6–7 (frekuensi 20.000 - 25.000 Hz)3. Putar tombol speed untuk mengatur kecepatan detak suara.
- 2 minggu pertama titik ke 1, kemudian
- 2 minggu berikutnya di titik ke 2, 2
- minggu berikutnya di titik ke 3, dan seterusnya.
- Setelah sampai ke titik 7 kembali lagi ke titik
” Dianjurkan untuk selalu mengubah TOMBOL Speed setiap 2 minggu sekali.”
Yang akan terjadi pada Si Tikus :
Minggu 1 : Tikus akan bersembunyi atau kabur karena tidak dapat menahan suara yang sangat mengganggu.
Minggu 2: Jika tikus bersembunyi disarangnya segera keluar dan pergi secara bertahap.
Minggu 3: Tikus tidak akan bersarang lagi karena bukan tempat yang nyaman untuk tinggal.


jadi alat tersebut tidak membunuh, tetapi mengusir tikus sehingga tikus merasa tidak nyaman dalam ruangan itu dan merasa tidak nyaman :)

radius segitu kira2 sejauh apa ya? Thanks sarannya.... Ada saran bagaimana cara menyampaikan ke orang tua agar jangan membunuh?

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: Minta Saran
« Reply #27 on: 27 May 2011, 11:27:56 AM »
akhirnya jika anda masih tetap bermasalah dengan tikus, silahkan hub. bro comel, saya jamin tikus nya kabur  :)) ^:)^

wah terima kasih promosinya om wang :)).
tapi maaf saya sudah pensiun :P.

Offline Asia

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Minta Saran
« Reply #28 on: 27 May 2011, 01:17:50 PM »
.... Ada saran bagaimana cara menyampaikan ke orang tua agar jangan membunuh?

Orang tua Mina-chan beragama Buddha? Jika ya, tidak ada salahnya coba diberitahu tentang contoh akibat dari pembunuhan. Misalnya seperti berikut ini:

Spoiler: ShowHide
Quote
1 (1) Kerangka Tulang-belulang
Demikianlah yang kudengar. Pada suatu ketika Sang Bhagavā sedang
berdiam di Rājagaha, di Hutan Bambu, Taman Suaka Tupai. Pada saat
itu Yang Mulia Lakkhaṇa dan Yang Mulia Mahāmoggallāna sedang
berdiam di Puncak Gunung Nasar.343 Kemudian, pada suatu pagi, Yang
Mulia Mahāmoggallāna merapikan jubah, dan membawa mangkuk dan
jubahnya, ia mendekati Yang Mulia Lakkhaṇa dan berkata kepadanya:
“Ayo, Sahabat Lakkhaṇa, kita memasuki Rājagaha untuk menerima
dana makanan.”

“Baiklah, Sahabat,” Yang Mulia Lakkhaṇa menjawab. Kemudian,
ketika ia turun dari Puncak Gunung Nasar, Yang Mulia Mahāmoggallāna
tersenyum di tempat-tempat tertentu 344 (lihat catatan kaki, alasan Beliau tersenyum) Yang Mulia Lakkhaṇa berkata
kepadanya: “Karena alasan apakah, Sahabat Moggallāna, engkau
tersenyum?”

“Ini bukan waktunya untuk pertanyaan itu, Sahabat Lakkhaṇa.
Tanyakan lagi pertanyaan itu kepadaku ketika kita sampai di hadapan
Sang Bhagavā.” [255]

Kemudian, ketika Yang Mulia Lakkhaṇa dan Yang Mulia Mahāmoggallāna telah pergi menerima dana makanan di Rājagaha
dan kembali dari perjalanan itu, setelah makan mereka mendekati
Sang Bhagavā. Setelah memberi hormat kepada Sang Bhagavā, mereka
duduk di satu sisi, dan Yang Mulia Lakkhaṇa berkata kepada Yang
Mulia Mahāmoggallāna: “Di sini, ketika ia menuruni Puncak Gunung
Nasar, Yang Mulia Mahāmoggallāna tersenyum di suatu tempat.
Karena alasan apakah, Sahabat Moggallāna, engkau tersenyum?”

“Di sini, Sahabat, sewaktu menuruni Puncak Gunung Nasar, aku
melihat suatu kerangka tulang-belulang melayang di udara. Burungburung
nasar, gagak, dan elang, mengejarnya, mematuknya di antara
rusuk-rusuknya, menghujamnya, dan mencabik-cabiknya sementara ia
berteriak kesakitan.345 Aku berpikir: ‘Sungguh menakjubkan! Sungguh
mengagumkan! Bahwa ada makhluk seperti itu; bahwa ada kehidupan
dengan bentuk seperti itu!’”346

Kemudian Sang Bhagavā berkata kepada para bhikkhu sebagai
berikut: “Para bhikkhu, ada para siswa yang memiliki penglihatan,
memiliki pengetahuan, dalam hal bahwa siswa itu dapat mengetahui,
melihat, dan menyaksikan pemandangan seperti itu. Di masa lalu, para
bhikkhu, Aku juga melihat makhluk itu, tetapi Aku tidak mengatakan
apa pun tentangnya. Karena jika Aku mengatakannya, orang-orang lain
tidak akan mempercayainya, dan jika mereka tidak mempercayaiKu
maka akan menuntun pada kemalangan dan penderitaan mereka
untuk waktu yang lama.
“Makhluk itu, para bhikkhu, dulunya adalah seorang tukang jagal di
Rājagaha ini. Setelah disiksa di neraka selama bertahun-tahun, selama
ratusan tahun, selama ribuan tahun, selama ratusan ribu tahun sebagai
akibat dari kamma itu. [256] Sebagai akibat sisa dari kamma yang sama
itu, ia mengalami bentuk kehidupan demikian.”347

catatan kaki:
344. Spk: Alasan Moggallāna tersenyum, seperti disebutkan dalam 344.
teks di bawah, adalah bahwa ia melihat sesosok makhluk yang
terlahir kembali di alam hantu yang tubuhnya berupa tulangbelulang.
Setelah melihat kehidupan dengan bentuk demikian,
ia seharusnya berbelas kasihan, mengapa ia tersenyum? Karena
ia merenungkan keberhasilannya dalam mencapai kebebasan
dari kemungkinan terlahir kembali dalam bentuk demikian dan
keberhasilan dalam pengetahuan-Buddha; karena para Buddha
mengajarkan hal-hal demikian melalui pengenalan langsung
Mereka (paccakkhaṃ katvā) dan telah sepenuhnya menembus
unsur fenomena (suppaṭivddhā buddhānaṃ dhammadhātu).


Kisah tersebut saya copy dari e-book Samyutta Nikaya. Banyak contoh lain yang menarik, silakan dibaca kembali untuk lebih lengkapnya. Link-nya di sini:

http://dhammacitta.org/pustaka/ebook/theravada/Samyutta%20Nikaya%202%20-%20Nidana%20Vagga.pdf

Baca di halaman 759.

Saya tekankan di sini bahwa teks tersebut hanyalah salah satu kemungkinan. Bukan berarti seseorang yang membunuh (menjagal, dst), pasti atau mutlak terlahir demikian.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Minta Saran
« Reply #29 on: 27 May 2011, 01:37:37 PM »
Salam kenal semua,

Saya ingin meminta saran bagaimana cara mengajak ortu agar jangan membunuh?
Contohnya beberapa hari ini ortu lagi giat menangkap tikus dirumah....Sdah banyak sekali tikus yang tertangkap (beserta anak-anaknya). tikus yang ditangkap pasti dibunuh....saya sudah berusaha mengatakan jangan dibunuh....kata ortu kalau tidak dibunuh nanti masuk lagi, tikus bisa tau jalan pulang.... dll
Minta sarannya yah..... thx. _/\_

kalau tikus bisa tau jalan pulang, kasih pesangon, suruh pindah rumah...
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan