Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..  (Read 8243 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline canape-girl

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Sabbe sukhita hontu
Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« on: 13 January 2011, 12:12:15 AM »
Halo semua, Namo Buddhaya..
Saya anggota baru, salam kenal.. :)

Belakangan ini saya mengalami suatu masalah yang terus berlarut-larut, mohon saran teman-teman sekalian..

Jadi begini, belakangan saya disakiti oleh beberapa orang teman, salah satunya dulunya sudah saya anggap teman yang sangat baik (saya dan dia dulunya roomie dan ada beberapa housemate jg), sudah seperti cici sendiri, saya sayang sekali sama dia, tapi kemudian dia mulai berprasangka tidak baik pada saya dan mengusir saya (setelah memanas2i housemate lainnya) keluar dari rumah yang kita tinggali bersama.

Awalnya saya tidak merasa marah padanya karena saya menyayangi dia, saya terima2 saja yang penting dia hepi, its ok. Tapi kemudian, lambat laun saya mulai sadar bahwa kalau saya menghargai diri saya, saya seharusnya marah. Dan begitulah, saya mulai marah padanya, nangis bombay karena kecewa diperlakukan seperti itu oleh org yang disayangi dan menghabiskan gulungan tisu tanpa peduli global warming.. Eniwei, saya sudah baik-baik saja sekarang. Terakhir ketemu sama dia pun saya tersenyum pada dia (terjadi secara otomatis).. Tapi saya tidak mau munafik, saya masih tidak menyukai dia, tiap kali teringat apa yang telah dia lakukan pada saya, saya jadi marah lagi, sakit hati lagi. Yang membuat saya takut, dua malam yang lalu, saya mimpi buruk. Saya mimpi bertemu dengannya lagi, bermimpi masih di rumah yang lama, masih merana dan melakukan semua hal di rumah itu, di kamar itu, dengan hati-hati karena takut membuat dia semakin marah. Mimpi dia menyakiti saya lagi, mimpi dia menertawakan dan mengejek saya di hadapan housemate2, kemudian seseorang yang membuat saya takut datang dan mengejar-ngejar saya. Lalu saya bangun dalam kondisi menangis ketakutan.

Saya berasumsi, mimpi ini terjadi karena saya terlalu hanyut dalam perasaan marah (atau mungkinkah benci?) saya pada dia. Saya tidak ingin perasaan yang tidak baik ini menggandoli saya terus apalagi sekarang tampaknya akan menjerumuskan saya, tapiiii saya tidak tahu bagaimana cara mengikisnya.. Mohon saran teman-teman sekalian.. :)
logically, 'normal' is relative

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #1 on: 13 January 2011, 12:29:00 AM »
“Akkocchi maṃ avadhi maṃ ajini maṃ ahāsi me
ye taṃ upanayhanti veraṃ tesaṃ na sammati.

Akkocchi maṃ avadhi maṃ ajini maṃ ahāsi me
ye taṃ na upanayhanti veraṃ tes’ ūpasammati.”

"Ia menghina saya, ia memukul saya,
ia mengalahkan saya, ia merampas milik saya."
Selama seseorang masih menyimpan pikiran seperti itu,
maka kebencian tak akan pernah berakhir.

"Ia menghina saya, ia memukul saya,
ia mengalahkan saya, ia merampas milik saya."
Jika seseorang sudah tidak lagi menyimpan pikiran-pikiran seperti itu,
maka kebencian akan berakhir.

Hari ini sdh membaca nasihat dari Mae Chee Kaew:
"Betapapun kedekatanmu dg seseorang, jangan biarkan ucapanmu ceroboh.
Betapapun frustasinya kamu, jangan biarkan ucapanmu menjadi marah"


[at] canape-girl
anda berdomisili di mana? ... Jakarta?
Kalo anda sempat mao datang dan mendengar ceramah Gede Prama
di Vihara Saddha padma ... kelapa Gading
Tgl 18/1 2011 hari selasa Jam : 18.30 sampe selesai

Topik .... "mengenali kemarahan kita" (kira2 juduknya seperti ini)
Jika berminat .... gw akan cari informasi alamat yg lengkap .....
« Last Edit: 13 January 2011, 12:37:09 AM by Adhitthana »
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Devanampiya

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #2 on: 13 January 2011, 01:00:48 AM »
Vihara Saddha padma ... kelapa Gading dimana nya ?
setau saya cuman ada VTBS dan Vihara Padma Graha.

kl saran saya sih, ikut retret vipassana 10hari, berkesadaran sepanjang hari.
ketika kebencian, kesedihan, ketidakpuasan datang, kenali, ketahui.
muncul, berkembang, padam,     muncul, berkembang, padam
ntar 3K yg anda alami itu akan menciut.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #3 on: 13 January 2011, 09:47:22 AM »
dana dia hadiah yang paling dia suka  ;D

 _/\_
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #4 on: 13 January 2011, 11:30:11 AM »
ketika orang tsb memberi kenangan buruk, kenangan buruk yang keluar hanya 1x
tapi ketika anda memutar "kaset kenangan buruk" itu, maka kenangan buruk yang keluar bisa 10x 100x 1000x tergantung putaran kaset anda.
orang yang memberi kenangan buruk itu mungkin lupa juga.. tapi anda menyakiti diri anda dengan terus mengingatnya.. ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #5 on: 13 January 2011, 11:38:55 AM »
dengan memahami:

bahwa membawa2 perasaan benci/kemarahan, yg rugi adalah diri kita sendiri... pikiran begini akan mengganggu perasaan kita dan jika berlama-lama bisa berimbas pada tubuh fisik kita.

Jika memahami hal tsb, pasti kita akan berusaha menyingkirkan amarah/benci tsb, caranya bisa dengan tidak usah memikirkan dia, atau paling baik: "mengharapkan dia berbahagia dan memahami bahwa pada saat itu, teman kita itu sedang dalam keadaan khilaf/salah. Semua manusia bisa berbuat salah..."

Selanjutnya, waktu adalah penghapus yg terbaik...

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #6 on: 13 January 2011, 11:52:43 AM »
sis canape-girl,

wahhh kasihan ya...  sebatang kara di tempat yg jauh dari ortu maupun saudara....
semoga curhat ini dpt meringankan beban dan kekhawatiran sis....

Quote
.....tapi kemudian dia mulai berprasangka tidak baik pada saya dan mengusir saya

kalau dia salah sangka,... saat nya sis meyakinkannya...
introspeksi diri mungkin ada "gerakan" sis yg membuat dia salah sangka...

atau ada cowok yg dia naksir... malah dekat/lengket/ketarik sama sis....gitu lhooooo

jadi baik2 aja dehhh tanya apa yg bisa sis bantu dia...

ngomong2 sis sama cici itu cantik siapa ?  :)) :))
« Last Edit: 13 January 2011, 12:03:31 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #7 on: 13 January 2011, 01:13:15 PM »
ngomong2 sis sama cici itu cantik siapa ?  :)) :))

:)) parah.. bisa2 nya kepikiran juga
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #8 on: 13 January 2011, 01:32:43 PM »
:)) parah.. bisa2 nya kepikiran juga

utk jelasnya kita nunggu jawaban dari ts (topik stater)

tapi gw yakin bro Forte udah tau jawabannya... hehe he he

dan juga semoga jawabannya tidak memancing kamarahan ya... 8)
« Last Edit: 13 January 2011, 01:35:24 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #9 on: 13 January 2011, 02:58:09 PM »
dengan memahami:

bahwa membawa2 perasaan benci/kemarahan, yg rugi adalah diri kita sendiri... pikiran begini akan mengganggu perasaan kita dan jika berlama-lama bisa berimbas pada tubuh fisik kita.

Jika memahami hal tsb, pasti kita akan berusaha menyingkirkan amarah/benci tsb, caranya bisa dengan tidak usah memikirkan dia, atau paling baik: "mengharapkan dia berbahagia dan memahami bahwa pada saat itu, teman kita itu sedang dalam keadaan khilaf/salah. Semua manusia bisa berbuat salah..."

Selanjutnya, waktu adalah penghapus yg terbaik...

::

setuju!
pakai jurus "badai pasti berlalu"... 8)
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #10 on: 13 January 2011, 04:55:19 PM »
setuju!
pakai jurus "badai pasti berlalu"... 8)

hmmm.... sepertinya punya pengalaman sendiri neh...  :-?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #11 on: 13 January 2011, 06:36:26 PM »
ketika orang tsb memberi kenangan buruk, kenangan buruk yang keluar hanya 1x
tapi ketika anda memutar "kaset kenangan buruk" itu, maka kenangan buruk yang keluar bisa 10x 100x 1000x tergantung putaran kaset anda.
orang yang memberi kenangan buruk itu mungkin lupa juga.. tapi anda menyakiti diri anda dengan terus mengingatnya.. ;D
Nah,kadang tanpa kita mau dan sadari kaset itu berputar dengan sendirinya..
Tanya;apa ini ada hubungan dengan alam bawah sadar?

Quote
Saya tidak ingin
perasaan yang tidak baik ini
menggandoli saya terus apalagi
sekarang tampaknya akan
menjerumuskan saya, tapiiii saya tidak
tahu bagaimana cara mengikisnya..
Mohon saran teman-teman sekalian..
caranya;
1.metta bhavana.pancarkan cinta kasih kepada teman anda,dgn cara mengingat jasa2 kebaikannya
2.mengingat ajaran2 sang buddha tentang kemarahan,cinta kasih bisa cari di dhammpada.
3.baca chicken soup.banyak kisah2 inspiratif mengenai pemaapan

Kalo ga manjur..
Pakai cara vipassana. Menyadari anda memiliki kemarahan,rasa benci..
« Last Edit: 13 January 2011, 06:56:08 PM by Mr.Jhonz »
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline canape-girl

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Sabbe sukhita hontu
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #12 on: 13 January 2011, 10:25:45 PM »
teman-teman semua, tq bgt atas saran-sarannya.. Saya juga merasa 'melupakan' adalah cara yang paling tepat, belkgn saya jg berusaha untuk menyibukkan diri supaya tidak teringat2 :)

utk jwbn pertanyaan si cici dgn saya cantikan mana, saya yakin dgn sangat jawabannya tidak relevan dgn masalah kami, kok.. pertengkaran cewe2 gag melulu soal cowo lho.. dan utk saran memberi si cici hadiah, well, saya tidak ingin memperpanjang ikatan karma saya dengan dia (dan karena itu jugalah saya ingin mengikis perasaan marah saya pada dia)..

sekali lagi terima kasih atas saran2nya
^^
logically, 'normal' is relative

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #13 on: 13 January 2011, 10:31:02 PM »
Vihara Saddha padma ... kelapa Gading dimana nya ?
setau saya cuman ada VTBS dan Vihara Padma Graha.

Anda benar .... yang gw maksud Vihara Padma Graha, kelapa Gading
Thanks koreksinya  _/\_

GRP daaaaah  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline canape-girl

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
  • Sabbe sukhita hontu
Re: Gimana sih cara mengikis kebencian (kemarahan)? Saran dong..
« Reply #14 on: 13 January 2011, 10:33:17 PM »
O, btw, saya sekarang domisili di luar Indonesia, jadi (sangat disayangkan) gag bisa ikut denger ceramah.. :(
logically, 'normal' is relative