Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?  (Read 12780 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #15 on: 15 December 2010, 03:14:19 PM »
itu karena meditasi dianggap sebagai salah satu kunci dalam menghentikan kamma yg merupakan kamma yg paling mulia.

timbul pertanyaan huu ;D , apakah org yg telah mencapai jhana telah bebas dari rasa sakit? :D/
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline JimyTBH

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 120
  • Reputasi: 2
  • antara Suggati N Duggati (
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #16 on: 15 December 2010, 03:43:03 PM »
bermeditasi pada waktunya, menolong orang lain juga ada saatnya...
jika pada saat sy bermeditasi mendqar teriakan minta tolong, mk sy akan bangkit dari mdtsi dan mendgar suara triakan minta tlg...kcuali dlm meditasi sy tidak terdgar suara apapun.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #17 on: 15 December 2010, 04:03:36 PM »
memang cukup sulit mengangkat masalah ini ke umat awam, terlebih ke orang2 yg bukan buddhist, krn akan menimbulkan salah tanggap, seperti yg dijelaskan Bro Dhanu diatas. Orang2 akan men-cap Ajaran Buddha ego dan kurang cintakasih. Itu krn ukuran yg mereka pakai adalah 'perbuatan yg dilakukan'.

Namun, Bro Kai telah menjelaskan bahwa tujuan utama Buddhism adalah 'akhir dari dukkha'. Perbuatan2 baik -adalah sila- yg tentu saja berguna dalam jalan menuju kesitu. Namun, dengan sila saja tentu tidak cukup. 10 perintah allah juga termasuk sila, namun hanya sebatas itu saja, bahkan jika motivasi-nya salah, tidak akan membawa perubahan yg berarti bagi kemajuan batin.

Perbuatan baik (Sila) samadhi dan panna, adalah satu kesatuan yg diperlukan untuk merealisasi akhir dukkha, namun pada akhirnya penembusan itu sendiri akan dicapai melalui meditasi, seperti yg telah dilalui Sang Buddha.

Mungkin sulit membuktikannya, krn kita sendiri belum menembus akhir dukkha, jadi hanya sebatas ngomong doang, bahwa meditasi-lah yg akan membawa kpd penembusan tsb. Tapi, sebenarnya kita sendiri dpt membuktikan dalam perjalanan ini, bahwa meditasi sungguh berguna dlm menuju hal tsb. Jika kita tidak bermeditasi, kelihatan bahwa sila2 yg kita lakukan akan kendor, panna kita juga akan susut... beda jika kita melakukan meditasi rutin, sila kita akan terjaga, juga panna kita akan terus berkembang.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #18 on: 15 December 2010, 04:11:46 PM »
Ini maksudnya adalah pencapaian jhana dan arupa jhana,  karena menekan kekotoran batin dan membawa seseorang pada kelahiran di alam-alam surga dan brahma... bukan hanya sekedar bermeditasi saja.

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #19 on: 15 December 2010, 04:15:29 PM »
memang cukup sulit mengangkat masalah ini ke umat awam, terlebih ke orang2 yg bukan buddhist, krn akan menimbulkan salah tanggap, seperti yg dijelaskan Bro Dhanu diatas. Orang2 akan men-cap Ajaran Buddha ego dan kurang cintakasih. Itu krn ukuran yg mereka pakai adalah 'perbuatan yg dilakukan'.

Namun, Bro Kai telah menjelaskan bahwa tujuan utama Buddhism adalah 'akhir dari dukkha'. Perbuatan2 baik -adalah sila- yg tentu saja berguna dalam jalan menuju kesitu. Namun, dengan sila saja tentu tidak cukup. 10 perintah allah juga termasuk sila, namun hanya sebatas itu saja, bahkan jika motivasi-nya salah, tidak akan membawa perubahan yg berarti bagi kemajuan batin.

Perbuatan baik (Sila) samadhi dan panna, adalah satu kesatuan yg diperlukan untuk merealisasi akhir dukkha, namun pada akhirnya penembusan itu sendiri akan dicapai melalui meditasi, seperti yg telah dilalui Sang Buddha.

Mungkin sulit membuktikannya, krn kita sendiri belum menembus akhir dukkha, jadi hanya sebatas ngomong doang, bahwa meditasi-lah yg akan membawa kpd penembusan tsb. Tapi, sebenarnya kita sendiri dpt membuktikan dalam perjalanan ini, bahwa meditasi sungguh berguna dlm menuju hal tsb. Jika kita tidak bermeditasi, kelihatan bahwa sila2 yg kita lakukan akan kendor, panna kita juga akan susut... beda jika kita melakukan meditasi rutin, sila kita akan terjaga, juga panna kita akan terus berkembang.

::
Bro WIll bijakk... ;D ;D ;D/
setujuu, meditasi menyadarkan kita akan segala niat kitaa... \;D/\;D/\;D/ sehingga daya upaya benar dapat terlaksanaa...
meditasi adalah menerima apa adanyaa, yg baik maupun yg burukk... ;D ;D ;D setelah kita menerima apa adanya semua hal di dlm diri kita, kita akan merasakan ketenangan yg aaamat sangatt... >U</
itulah meditasi... ;D ;D ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #20 on: 15 December 2010, 04:16:57 PM »
bermeditasi pada waktunya, menolong orang lain juga ada saatnya...
jika pada saat sy bermeditasi mendqar teriakan minta tolong, mk sy akan bangkit dari mdtsi dan mendgar suara triakan minta tlg...kcuali dlm meditasi sy tidak terdgar suara apapun.
pasti bro punya cita2 jadi Bodhisatta.... yaa broo yaa? \:D/\:D/\:D/
sungguh muliaa... \;D/\;D/\;D/ _/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline willian

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 104
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Lakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati.
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #21 on: 15 December 2010, 04:19:01 PM »
Ko indra,
Ya bisa saja.
Namanya jga manusia, gk ada yg smpurna.hehe
Apapun yang sedan kamu lakukan, lakukanlah dengan sepenuh hati. Sebab apapun yang sedang kamu lakukan sekarang, itulah yang akan menentukan masa depanmu. Kita hidup untuk hari ini, bukan dari masa lalu dan bukan untuk masa depan..

Offline Mr. pao

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 792
  • Reputasi: 29
  • KeperibadianMuYanGakuSuka
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #22 on: 15 December 2010, 04:36:56 PM »
Karena perbuatan baik jenis lain memberikan sebatas kebahagiaan dalam lingkaran ketidakpuasan yang tidak ada akhirnya, sementara hasil dari meditasi membawa pada akhir dari ketidakpuasan itu sendiri (nibbana/nirvana).

Jawaban singkat padat dan jelas.  =D> =D> =D>


Mengapa sih dalam beberapa ceramah Dharma yang pernah saya ikuti disebutkan bahwa Karma baik yang dihasilkan dalam Meditasi lebih tinggi nilainya bahkan dari menolong orang dari kematian. Hal ini sering saya dengar tapi selalu tanpa penjelasan logis.
Menolong orang dari kematian karmanya paling tinggi hanya sebatas duniawi, hasil paling tinggi hanya menikmati kebahagiaan di tingkat sorgawi (sorga tingkat 1- 6).
Meditasi bisa membawa manusia ke alam diatas surga (21-31 tingkat alam brahma). Pencapaian alam brahma harus melalui meditasi, kecuali 4 makhluk suci (sotapana, sakadagami,anagami,arahat)
Jika ada yang menampar pipi kananku aku akan segera memberikan pipi kirinya telapak kananku, karena dengan demikian hutang karma kita akan segera selesai ditempat. ;D

Offline Udyata-sahanubhuti

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 112
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #23 on: 15 December 2010, 04:52:42 PM »
 _/\_ Namaste,
Menurut pemahaman saya begini...Selama 2 jam meditasi, selama 2 jam pula saya akan terhindar dari dua kamma buruk yang ditimbulkan oleh ucapan dan perbuatan badan jasmani. seperti ajaran para buddha, tidak berbuat jahat, perbanyak kebajikan, sucikan hati dan pikiran.
tanpa meditasi bagaimana kita bisa sucikan hati dan pikiran?

Saya punya satu ilustrasi:
Misalnya seorang Ajahn Brahm pada waktu beliau muda dulu tidak jadi masuk monastik, dan beliau hanya sibuk dengan menolong orang dan sibuk dengan kehidupan duniawi yang lainnya tanpa melakukan meditasi, pertanyaan saya: Akankah beliau bisa memberikan begitu banyak dana dhamma seperti yang beliau lakukan sekarang?
Benang merahnya adalah: Jika dibandingkan Ajahn Brahm yang ada pada ilustrasi atau beliau yang sekarang sesungguhnya, manakah kamma baik yang lebih tinggi?

 ^:)^
o

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #24 on: 15 December 2010, 04:56:50 PM »
[...]

Namun, Bro Kai telah menjelaskan bahwa tujuan utama Buddhism adalah 'akhir dari dukkha'. Perbuatan2 baik -adalah sila- yg tentu saja berguna dalam jalan menuju kesitu. Namun, dengan sila saja tentu tidak cukup. 10 perintah allah juga termasuk sila, namun hanya sebatas itu saja, bahkan jika motivasi-nya salah, tidak akan membawa perubahan yg berarti bagi kemajuan batin.
[...]
Kutadanta Sutta menceritakan Brahmana Kutadanta yang ingin melakukan perbuatan baik dengan mengorbankan 700 sapi, 700 kerbau, 700 anak sapi, 700 kambing, dan 700 domba dengan tata upacara yang sempurna. Namun Buddha Gotama mengatakan dibanding upacara super 'wah' itu, pemberian dana tetap ke petapa yang memiliki sila baik lebih bermanfaat.
Lebih bermanfaat dari dana tetap kepada sila baik tersebut adalah membangun vihara untuk sangha.
Lebih bermanfaat dari membangun vihara tersebut adalah dengan berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha.
Namun lebih bermanfaat dari berlindung pada Tiratana adalah menjalankan sila itu sendiri.
Dan yang terakhir, lebih bermanfaat dari menjalankan sila adalah menjalankan dhamma, mengembangkan jhana dan menembus kesucian. Tidak ada yang lebih bermanfaat daripada hal ini.

Spoiler: ShowHide
Perhatikan bahwa dibanding membangun vihara, menyatakan diri sebagai Buddhis, masih lebih bermanfaat menjalankan sila.


Offline kuswanto

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 399
  • Reputasi: 16
  • kematian bisa saja menghampiriku hari ini..
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #25 on: 15 December 2010, 06:01:13 PM »
karma.. baik ataupun buruk, tetap saja karma.. alias bensin untuk, yah katakanlah kehidupan yang akan datang lagi.

meditasi buddhist memiliki tujuan utama, yakni mencapai keadaan penyerapan meditatif mendalam atau "Jhana". agar setelah bangun dari jhana kita dapat memiliki samadhi yang kuat untuk merenungi segenap fenomena melalui dhamma dan ketika itu dilakukan rutin pencerahan akan menyusul.
begitu kira2 uraian yang sangat2 sederhananya.

kalau melihat dari judul "Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?", saya pribadi lebih melihat nya sbg.. "Mengapa Meditasi "buddhist" memberikan Karma Baik tertinggi untuk ORANG LAIN bukan diri sendiri?

karena jika kita melaksanakan meditasi buddhist, maka pemikiran mendapatkan suatu "karma baik" sebenarnya sudah tidak lagi ada, dan jika anda benar2 tercerahkan.. ya pasti nya karma baik luar biasa buat orang2 di sekitar anda yang beruntung bisa hidup dengan jodoh karma bertemu dengan seorang arahat  ;D

just my opinion, kl ada yg kurang berkenan, mohon maap harap maklum, pemula.com Y_Y

namo buddhaya

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #26 on: 15 December 2010, 06:25:01 PM »
_/\_ Namaste,
Menurut pemahaman saya begini...Selama 2 jam meditasi, selama 2 jam pula saya akan terhindar dari dua kamma buruk yang ditimbulkan oleh ucapan dan perbuatan badan jasmani. seperti ajaran para buddha, tidak berbuat jahat, perbanyak kebajikan, sucikan hati dan pikiran.
tanpa meditasi bagaimana kita bisa sucikan hati dan pikiran?

Saya punya satu ilustrasi:
Misalnya seorang Ajahn Brahm pada waktu beliau muda dulu tidak jadi masuk monastik, dan beliau hanya sibuk dengan menolong orang dan sibuk dengan kehidupan duniawi yang lainnya tanpa melakukan meditasi, pertanyaan saya: Akankah beliau bisa memberikan begitu banyak dana dhamma seperti yang beliau lakukan sekarang?
Benang merahnya adalah: Jika dibandingkan Ajahn Brahm yang ada pada ilustrasi atau beliau yang sekarang sesungguhnya, manakah kamma baik yang lebih tinggi?

 ^:)^
Bahum Sahassa Mabinimmita sayudhantam...~ :whistle: :whistle: :whistle:
\;D/\;D/\;D/

met kenal GURUU... \;D/\;D/\;D/
Ajari aku lbh byk Dhamma yaa... \;D/\;D/\;D/

:lotus: MAHA JAYA MANGALA GATHA :lotus:

Permata apapun yg terdapat
dalam jagat raya ini
Tiada satu pun yg menyamai Buddha, Dhamma, Sangha Ratana, ^:)^ ^:)^ ^:)^
Semoga Anda sejahtera.\;D/
\;D/\;D/\;D/\;D/\;D/
 
~ARIYADHANA GATHA~

Ia yg yakin pada Sang Tathagata
Kokoh kuat serta tak tergoyahkan
Mempunyai sila yang baik \:D/\:D/\:D/
Disenangi dan dipuji oleh para Ariya

Dia yg yakin pada Sangha,
Teguh, lurus, dan penuh perhatian \:D/\:D/\:D/
Mereka (Sangha) nyatakan : Ia tidak miskin
Dan tdk akan menderita di akhir hidupnya.

Sebab itu, keyakinan, sila
Kepercayaan dan penembusan pada Dhamma
Haruslah dikembangkan oleh orang bijaksana
Dengan selalu ingat pada Buddha Sasana.\;D/\;D/\;D/


tengkyu ya broo yaa sharingannyaa... Anumodana lhoo... ^:)^ \;D/\;D/\;D/
_/\_
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #27 on: 15 December 2010, 09:48:27 PM »
Kutadanta Sutta menceritakan Brahmana Kutadanta yang ingin melakukan perbuatan baik dengan mengorbankan 700 sapi, 700 kerbau, 700 anak sapi, 700 kambing, dan 700 domba dengan tata upacara yang sempurna. Namun Buddha Gotama mengatakan dibanding upacara super 'wah' itu, pemberian dana tetap ke petapa yang memiliki sila baik lebih bermanfaat.
Lebih bermanfaat dari dana tetap kepada sila baik tersebut adalah membangun vihara untuk sangha.
Lebih bermanfaat dari membangun vihara tersebut adalah dengan berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha.
Namun lebih bermanfaat dari berlindung pada Tiratana adalah menjalankan sila itu sendiri.
Dan yang terakhir, lebih bermanfaat dari menjalankan sila adalah menjalankan dhamma, mengembangkan jhana dan menembus kesucian. Tidak ada yang lebih bermanfaat daripada hal ini.

Spoiler: ShowHide
Perhatikan bahwa dibanding membangun vihara, menyatakan diri sebagai Buddhis, masih lebih bermanfaat menjalankan sila.


HIDUP GURUUU!!! Hidup guruu... <:-P <:-P <:-P

Sang Buddhaa... guru kitaa... DhammaNya Maha Muliaa, serta maha sempurnaa, utk sla..ma2nyaa... ;D ;D ;D/
sujudku pada permata termulia Buddha Ratana, Dhamma Ratana, serta Sangha ratanaa... \\;D/\\;D/\\;D/

^:)^ ^:)^ ^:)^ _/\_
karma.. baik ataupun buruk, tetap saja karma.. alias bensin untuk, yah katakanlah kehidupan yang akan datang lagi.

meditasi buddhist memiliki tujuan utama, yakni mencapai keadaan penyerapan meditatif mendalam atau "Jhana". agar setelah bangun dari jhana kita dapat memiliki samadhi yang kuat untuk merenungi segenap fenomena melalui dhamma dan ketika itu dilakukan rutin pencerahan akan menyusul.
begitu kira2 uraian yang sangat2 sederhananya.

kalau melihat dari judul "Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?", saya pribadi lebih melihat nya sbg.. "Mengapa Meditasi "buddhist" memberikan Karma Baik tertinggi untuk ORANG LAIN bukan diri sendiri?

karena jika kita melaksanakan meditasi buddhist, maka pemikiran mendapatkan suatu "karma baik" sebenarnya sudah tidak lagi ada, dan jika anda benar2 tercerahkan.. ya pasti nya karma baik luar biasa buat orang2 di sekitar anda yang beruntung bisa hidup dengan jodoh karma bertemu dengan seorang arahat  ;D

just my opinion, kl ada yg kurang berkenan, mohon maap harap maklum, pemula.com Y_Y

namo buddhaya
Bro pasti seorg meditator, met gabung ya bro yaaa <:-P <:-P <:-P
moga betah dan tetap waspada ama setiap niat batin broo... \\;D/\\;D/\\;D/

tengkyu atas pendapatnya yaa bro yaa... \\;D/\\;D/\\;D/ _/\_
sering2 singgah ke DC yaa... \\;D/\\;D/\\;D/
« Last Edit: 15 December 2010, 09:51:14 PM by Dhamma Sukkha »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Mahadeva

  • Sebelumnya: raynoism
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 602
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #28 on: 16 December 2010, 04:31:23 PM »
pertanyaan di thread ini pernah memang ditanyakan ma teman saya pas telpon beberapa minggu lalu, Dia mengira saya sudah tersesat karena suka hal2 ttg meditasi dan buddhisme..(teman2 saya kan belum buddhis)

teman: "Lho kamu sekarang belajar buddhisme yo?"

saya: "Yoi"

teman: "kalo km sekarang mau pindah ke buddhisme, tunjukin dong dengan banyak berbuat kebajikan, ikut kegiatan sosial, jangan    cuman meditasi di rumah, cuma teori aja tuh kamu, nda ada prakteknya...dsb" (menurut dia buddhisme tu identik ma kegiatan sosial.ha3)

saya: "Ha3...kalo misalnya sekarang aku bantu orang yang kena banjir atau bencana alam, atau kasi makan ke orang lapar tiap hari, berusaha nyembuhin orang dsb..Menurutmu kalo mereka sembuh, kenyang dan lolos dari bencana alam dsb..kira2 mereka akan selamat terus ga? Sehat trus ga? hidup terus?"

teman: "ya ndak lah. mereka tetap akan mati dan menderita lagi"

saya: "tangis kebahagiaan mereka yang lolos dari bencana alam, penyakit dan kelaparan, kok bagi saya bener2 fana ya.....pasti berlalu

      tangis kesedihan mereka pun juga akan berlalu..nda kekal pokoknya
nah saya cari cara supaya mereka tidak menderita lagi..."

teman: "oooo...."   

saya jelasin ke teman saya itu ttg sebab dukkha dan apa hubungane dengan bhavana..he3


Offline Auchan-Vriconella

  • Teman
  • **
  • Posts: 73
  • Reputasi: 4
Re: Mengapa Meditasi memberikan Karma Baik tertinggi?
« Reply #29 on: 04 January 2012, 06:35:49 PM »
Kutadanta Sutta menceritakan Brahmana Kutadanta yang ingin melakukan perbuatan baik dengan mengorbankan 700 sapi, 700 kerbau, 700 anak sapi, 700 kambing, dan 700 domba dengan tata upacara yang sempurna. Namun Buddha Gotama mengatakan dibanding upacara super 'wah' itu, pemberian dana tetap ke petapa yang memiliki sila baik lebih bermanfaat.
Lebih bermanfaat dari dana tetap kepada sila baik tersebut adalah membangun vihara untuk sangha.
Lebih bermanfaat dari membangun vihara tersebut adalah dengan berlindung pada Buddha, Dhamma, dan Sangha.
Namun lebih bermanfaat dari berlindung pada Tiratana adalah menjalankan sila itu sendiri.
Dan yang terakhir, lebih bermanfaat dari menjalankan sila adalah menjalankan dhamma, mengembangkan jhana dan menembus kesucian. Tidak ada yang lebih bermanfaat daripada hal ini.

Spoiler: ShowHide
Perhatikan bahwa dibanding membangun vihara, menyatakan diri sebagai Buddhis, masih lebih bermanfaat menjalankan sila.


keren :D
Agama saya sangat sederhana. Agama saya adalah Kebajikan.

Ingat !!! Tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, kadang2 adalah sebuah berkah.

Jika kamu ingin orang lain bahagia, praktekan welas asih. Jika kamu sendiri mau bahagia, praktekan welas asih.

~Dalai Lama~