Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau  (Read 22679 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« on: 10 December 2010, 10:49:27 AM »
dengan menenangkan diri sehingga mencapai ketenangan yang sedalam-dalamnya, itulah cara pertama melihat kehidupan lampau.

Dengan selalu waspada pada segala yang terjadi saat ini di sini pada tubuh dan batin, kita melihat apa yang menjadi sebab semua kejadian ini di masa lalu. Hanya dengan melihat dan mengamatinya saja secermat-cermatnya.

Tidak ada penyakit yang tidak disebabkan oleh "pikiran buruk" di masa lalu. Sebagaimana kata sang Buddha, "pikiran adalah pendahulu". Kesakitan apapun yang dirasakan, itu diakibatkan "kamma buruk" di masa lalu.

Flue, batuk, dan demam itu bisa disebabkan oleh faktor-faktor ilmiah seperti cuaca buruk, kelelahan, dan virus. Demikian kata orang, tanpa melihat bahwa semua itu telah didahului oleh "pikiran yang kotor".

Kanker, tumor, dan bisul, itu disebabkan karena makan beracun, makanan yang tidak sesuai, zat-zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, demikian kata orang, tanpa melihat bahwa semua itu diawali oleh "kamma buruk" di masa lalu.

Melalui meditasi yang dalam, kawan, sebagaimana jaran luhur sang Buddha, kita bisa melihat sebab sejati dari munculnya setiap penyakit di dalam tubuh sebagaimana kita dapat melihat sebab munculnya kemarahan di dalam batin kita. Sebagian orang tidak begitu sadar, mengapa dirinya menjadi begitu marah dan tidak terkendali, seakan-akan ia menjadi marah begitu saja. Dan ia mempersalahkan orang lain yang menyinggung dirinya dengan kata-kata kasar dan menghina. Tetapi ia tidak mampu melihat bahwa sebab sejati dari kemarahan itu ada di dalam dirinya sendiri. Tapi sebagian orang lainnya, cukup sadar setiap kali kemarahan muncul di dalam dirinya dan melihat sebab-sebabnya dengan jelas bahwa itu disebabkan oleh karena "cara berpikirnya sendiri yang keliru".  Demikian pula, mereka yang menderita suatu penyakit pada jasmaninya, sebagian mereka hanya mampu melihat dan mempersalahkan sebab-sebab external, tapi tidak mampu melihat sebab-sebab fatal yang dilakukan oleh pikirannya kemarin, kmarin dulu, dulu sekali atau pada kehidupan masa lampaunya. Mereka hanya melihat dan mempersalahkan sebab-sebab external sebagai penyebab dari munculnya penyakit di dalam jasmaninya.

Kawan, kurasa bila seseorang berlatih mengamati setiap munculnya penyakit dan sebab-sebabnya di dalam batin nya sendiri, lama-lama ia terampil melihat hubungan kejadian hari ini dengan kondisi batin kita di hari kemarin, dulu atau di masa lampau sebelum kehidupan ini.


Kawan, bila anda berjalan-jalan di mall lalu melihat wanita yang cantik-cantik sehingga tumbuh keserakahan dan kemelekatan, setelah itu apakah anda berlatih untuk melihat bagaimana keserakahan itu merealisasikan dirinya menjadi sebuah penyakit di dalam jasmani?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #1 on: 10 December 2010, 12:25:04 PM »
sepertinya ikan kribo antara judul topik dengan isinya,

jadi seorang yg terkena virus flu dari tetangga, bagaimana kehidupan lampaunya?

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #2 on: 10 December 2010, 02:40:59 PM »
Kutipan dari Milinda Panha.

[...]

"Tidak demikian, Baginda, bukan semua perasaan memiliki kamma sebagai akar. Ada delapan sebab dari timbulnya perasaan (sakit). Kelebihan angin, empedu, lendir, percampuran dari ketiga cairan tubuh, perubahan suhu, tekanan lingkungan, faktor eksternal, dan kamma. Siapapun yang berkata, 'hanya kamma yang membebani manusia,' mengabaikan tujuh faktor lainnya, maka pernyataan tersebut adalah salah."

[...]

Offline Sunce™

  • Sebelumnya: Nanda
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.351
  • Reputasi: 66
  • Gender: Male
  • Nibbana adalah yang Tertinggi
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #3 on: 10 December 2010, 04:25:57 PM »
like milinda panha..

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #4 on: 10 December 2010, 04:41:36 PM »
bro Indra
Quote
sepertinya ikan kribo antara judul topik dengan isinya,

jadi seorang yg terkena virus flu dari tetangga, bagaimana kehidupan lampaunya?

pasti tetangganya di salahin penyebab sumber virus  =)) =))

 _/\_
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Satria

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 673
  • Reputasi: -17
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #5 on: 14 December 2010, 09:05:51 PM »
Quote from: kaynin_kutho
Kutipan dari Milinda Panha.

[...]

"Tidak demikian, Baginda, bukan semua perasaan memiliki kamma sebagai akar. Ada delapan sebab dari timbulnya perasaan (sakit). Kelebihan angin, empedu, lendir, percampuran dari ketiga cairan tubuh, perubahan suhu, tekanan lingkungan, faktor eksternal, dan kamma. Siapapun yang berkata, 'hanya kamma yang membebani manusia,' mengabaikan tujuh faktor lainnya, maka pernyataan tersebut adalah salah."

[...]


seandainya ada orang berkata "Perasaan sakit itu hanya ditimbulkan oleh kelebihan angin, lendir, percampuran dari ketiga cairan tubuh, perubahan suhu, tekanan lingkungan, dan faktor eksternal, mengabaikan yang satu faktor, maka pernyataan tersebut salah."

betul tidak, kawan?

Offline Aryacetana

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 44
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • Buddhist KTP (Kritis, To-the-Point)
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #6 on: 15 December 2010, 07:14:36 AM »

Kawan, bila anda berjalan-jalan di mall lalu melihat wanita yang cantik-cantik sehingga tumbuh keserakahan dan kemelekatan, setelah itu apakah anda berlatih untuk melihat bagaimana keserakahan itu merealisasikan dirinya menjadi sebuah penyakit di dalam jasmani?

Bro, kayaknya you belon punya bini ya? Kalo gw udah punya istri dan udah ga serakah (satu aja ga habis-habis) cuma kalo melekat ya iyalah, kalo ga "melekat" ya namanya bukan suami istri dong (duuuh koq jadi inget sama nyam nyum eh...salah yab yum). No offense buat yang ikut Tantra/Tibet  ;D
Btw, gw pernah baca (entah dimana, lupa) bahwa Buddha Gotama pernah bilang bahwa kalo ada godaan yang lebih hebat dari sex mungkin Beliau tidak bisa melawan godaan itu. Kayaknya bener ya bro..  ;D
Karena gw tau diri, belon bisa melewati godaan sex, ya udah cari bini aja, daripada ditahan-tahan lalu jadi penyakit batin/ badan.  ;D
« Last Edit: 15 December 2010, 07:30:33 AM by Aryacetana »
i'm a non-god-ly human being _/\_
it means if gods (of any religions) try to play 'GOD' on me, i will 'HUMAN-ize' them :))

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #7 on: 15 December 2010, 08:29:49 AM »
seandainya ada orang berkata "Perasaan sakit itu hanya ditimbulkan oleh kelebihan angin, lendir, percampuran dari ketiga cairan tubuh, perubahan suhu, tekanan lingkungan, dan faktor eksternal, mengabaikan yang satu faktor, maka pernyataan tersebut salah."

betul tidak, kawan?
Betul, itu pernyataan yang keliru juga.

Offline willian

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 104
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Lakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati.
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #8 on: 15 December 2010, 11:43:40 AM »
Haha
Mantap ko..
Apapun yang sedan kamu lakukan, lakukanlah dengan sepenuh hati. Sebab apapun yang sedang kamu lakukan sekarang, itulah yang akan menentukan masa depanmu. Kita hidup untuk hari ini, bukan dari masa lalu dan bukan untuk masa depan..

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #9 on: 15 December 2010, 12:32:21 PM »
[..]

Tanpa pandangan terang seorang sammasambuddha, seseorang tidak dapat menentukan jauhnya jangkauan kamma

[..]

MILINDA PANHA
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #10 on: 15 December 2010, 12:40:44 PM »
Haha
Mantap ko..

Bro Willian, tidak ada masalah anda mengejar target 100 posts, tapi akan lebih baik jika anda memposting sedikit lebih panjang dalam menyampaikan pendapat anda, sehingga diskusi menjadi lebih menarik.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #11 on: 15 December 2010, 12:58:49 PM »
bilang tolong dilihat kehidupan masa lampau gw gak ?

gratis kan.... kalau bayar gak jadi dehhh
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #12 on: 15 December 2010, 01:41:18 PM »
dengan menenangkan diri sehingga mencapai ketenangan yang sedalam-dalamnya, itulah cara pertama melihat kehidupan lampau.

Dengan selalu waspada pada segala yang terjadi saat ini di sini pada tubuh dan batin, kita melihat apa yang menjadi sebab semua kejadian ini di masa lalu. Hanya dengan melihat dan mengamatinya saja secermat-cermatnya.

Tidak ada penyakit yang tidak disebabkan oleh "pikiran buruk" di masa lalu. Sebagaimana kata sang Buddha, "pikiran adalah pendahulu". Kesakitan apapun yang dirasakan, itu diakibatkan "kamma buruk" di masa lalu.

Flue, batuk, dan demam itu bisa disebabkan oleh faktor-faktor ilmiah seperti cuaca buruk, kelelahan, dan virus. Demikian kata orang, tanpa melihat bahwa semua itu telah didahului oleh "pikiran yang kotor".

Kanker, tumor, dan bisul, itu disebabkan karena makan beracun, makanan yang tidak sesuai, zat-zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, demikian kata orang, tanpa melihat bahwa semua itu diawali oleh "kamma buruk" di masa lalu.

Melalui meditasi yang dalam, kawan, sebagaimana jaran luhur sang Buddha, kita bisa melihat sebab sejati dari munculnya setiap penyakit di dalam tubuh sebagaimana kita dapat melihat sebab munculnya kemarahan di dalam batin kita. Sebagian orang tidak begitu sadar, mengapa dirinya menjadi begitu marah dan tidak terkendali, seakan-akan ia menjadi marah begitu saja. Dan ia mempersalahkan orang lain yang menyinggung dirinya dengan kata-kata kasar dan menghina. Tetapi ia tidak mampu melihat bahwa sebab sejati dari kemarahan itu ada di dalam dirinya sendiri. Tapi sebagian orang lainnya, cukup sadar setiap kali kemarahan muncul di dalam dirinya dan melihat sebab-sebabnya dengan jelas bahwa itu disebabkan oleh karena "cara berpikirnya sendiri yang keliru".  Demikian pula, mereka yang menderita suatu penyakit pada jasmaninya, sebagian mereka hanya mampu melihat dan mempersalahkan sebab-sebab external, tapi tidak mampu melihat sebab-sebab fatal yang dilakukan oleh pikirannya kemarin, kmarin dulu, dulu sekali atau pada kehidupan masa lampaunya. Mereka hanya melihat dan mempersalahkan sebab-sebab external sebagai penyebab dari munculnya penyakit di dalam jasmaninya.

Kawan, kurasa bila seseorang berlatih mengamati setiap munculnya penyakit dan sebab-sebabnya di dalam batin nya sendiri, lama-lama ia terampil melihat hubungan kejadian hari ini dengan kondisi batin kita di hari kemarin, dulu atau di masa lampau sebelum kehidupan ini.


Kawan, bila anda berjalan-jalan di mall lalu melihat wanita yang cantik-cantik sehingga tumbuh keserakahan dan kemelekatan, setelah itu apakah anda berlatih untuk melihat bagaimana keserakahan itu merealisasikan dirinya menjadi sebuah penyakit di dalam jasmani?
mantaapp broo... ;D ;D ;D/
kuncinya menerima diri kita apa adanya, dan selalu menyadari setiap saat/waktu yg telah berlalu, dgn begitu hidup 1 haripun, tdk akan sia2... \;D/\;D/\;D/\;D/
menyadari setiap niat yg ditimbulkan oleh pikiran itulah meditasi... lama kelamaan, pikiran kita akan bertambah tajam, sampai2 sanggup mengingat kejadian masa kecil yg telah berlalu,,, ^0^/

Itulah Dhamma sejati Sang Guruu... <:-P :lotus: ;D/

ini DHAMMA bukan sembarang Dhamma(kebenaran),
ini adalah Dhamma yg hrs dipraktekkan terlebih dahulu, baru bisa dirasakan manfaatnya di kehidupan sehari2... 8)/

menyadari setiap niat  yg dimunculkan oleh pikiran, itulah meditasi sesungguhnyaa....^^/
menyadari setiap waktu yg telah berlalu... ;D/


metta cittena,
Citto _/\_ \;D/




sepertinya ikan kribo antara judul topik dengan isinya,

jadi seorang yg terkena virus flu dari tetangga, bagaimana kehidupan lampaunya?
si paman gara2 ini suka kali nyari gara2 ma org... ^^/""
memang cocok lha namanya dinamain si gara2... :P :P :P =)) :P V
« Last Edit: 15 December 2010, 01:45:16 PM by Dhamma Sukkha »
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #13 on: 15 December 2010, 05:40:21 PM »
bilang tolong dilihat kehidupan masa lampau gw gak ?
gratis kan.... kalau bayar gak jadi dehhh

air mata-mu selama ber-tumimbal lahir di dunia samsara melebihi air laut di 7 samudra
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Kurasa, beginilah cara melihat kehidupan lampau
« Reply #14 on: 15 December 2010, 11:50:31 PM »
air mata-mu selama ber-tumimbal lahir di dunia samsara melebihi air laut di 7 samudra

jangan begitu bro.... nanti semua manusia malah KELELEP (tenggelam dgn air tsb)...

gw yakin ini prediksi yg tidak benerrr...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya