Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Besok hari Uposatha  (Read 71219 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Asia

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Besok hari Uposatha
« on: 30 September 2010, 02:44:16 PM »
Thread ini akan diupdate sehari sebelum hari uposatha. Tujuannya hanya untuk mengingatkan saja kalau ada yang mau melaksanakan Atthasila keesokan harinya.

Kalau saya lupa meng-update, silakan dibantu update :)

Quote
Tanya:
Bhante apakah setiap umat Buddha harus ber-atthasila? Bagaimana cara ber-atthasila yang benar bagi seorang pemula dan mempunyai penyakit maag?

Jawab:
Atthasila atau delapan sila merupakan pengembangkan dari pancasila Buddhis. Atthasila adalah latihan untuk membantu seseorang terlepas dari berbagai kemelekatan terhadap wewangian, perhiasan, hiburan serta hal-hal yang bersifat memanjakan nafsu.

Latihan atthasila yang bukan merupakan keharusan ini sangat baik dijadikan tambahan latihan pengendalian diri oleh para umat Buddha di waktu yang memungkinkan. Biasanya, pada hari seorang umat Buddha akan melaksanakan atthasila, ia membaca paritta kebaktian terlebih dahulu di pagi hari dan membaca atthasila berserta artinya. Sejak saat itu, ia telah bertekad melaksanakan atthasila. Apabila ia ingin menghentikan latihan atthasila, pada pagi hari ia membaca paritta kebaktian dan mengucap lima sila atau pancasila Buddhis.

Salah satu latihan atthasila adalah dengan tidak makan setelah lewat tengah hari. Orang yang melaksanakan atthasila diperkenankan makan pada pagi dan siang hari saja. Sedangkan pada sore hari, ia harus berpuasa makanan. Ia hanya dapat minum teh ataupun kopi serta beberapa jenis minuman tertentu selain susu. Seseorang yang mempunyai sakit maag juga dapat tetap melaksanakan atthasila. Jika terasa lapar, ia dapat minum teh manis. Ia bahkan dapat minum madu murni sehingga ia dapat terhindar dari sakit maag.

http://www.samaggi-phala.or.id/print.php?id=535


Delapan Sila: ShowHide
Quote
Delapan sila:

1. Pannatipatta veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari pembunuhan makhluk hidup)

2. Adinnadana veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari pengambilan barang-barang milik orang lain yang tidak diberikan)

3. Abrahmacariya veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak suci)

4. Musavada veramani sikkhapadam samadiyami   
    (Aku bertekad untuk melatih diri, menghindari ucapan yang tidak benar)

5. Surameraya-majjhapammadatthana veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad untuk melatih diri, menghindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran)

6. Vikalabhojana veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari makan makanan setelah tengah hari)

7. Naccagitavadita visukadassana malagandhavilepana dharanamandana vibhusanatthana veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari untuk tidak menari, menyanyi, bermain musik, pergi melihat tontonan-tontonan; memakai bunga-bungaan, wangi-wangian dan alat-alat kosmetik untuk tujuan menghias dan mempercantik diri)

8. Uccasayana mahasayana veramani sikkhapadam samadiyami
    (Aku bertekad akan melatih diri, menghindari penggunaan tempat tidur dan tempat duduk yang tinggi dan mewah)


Info lebih lanjut tentang Atthasila, bisa dilihat di sini:

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=8639.0
« Last Edit: 30 September 2010, 02:50:16 PM by Asia »

Offline Asia

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #1 on: 07 October 2010, 09:01:43 AM »
Tidak ada alat yang lebih baik untuk mencapai kehidupan spiritual selain terus memulai kembali dan tidak pernah berpikir bahwa sudah cukup melakukannya.
(Joseph Goldstein)

Besok hari Uposatha. Saya hanya mengingatkan saja, mungkin ada yang ingin menjalankan Atthasila besok.
« Last Edit: 07 October 2010, 09:04:54 AM by Asia »

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #2 on: 07 October 2010, 12:54:22 PM »
Uposatha itu hari apa ya ? kapan diperingati ?

 _/\_

Offline dhammadinna

  • Sebelumnya: Mayvise
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.626
  • Reputasi: 149
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #3 on: 07 October 2010, 01:55:12 PM »
^ ^ ^ Hari Uposatha ada 4 kali dalam sebulan, yaitu tanggal 1, 8, 15, dan 23 penanggalan lunar. Tapi tanggal yang disepakati STI rada beda, ada yang selisih satu hari (gak tau kenapa). Kalo mau liat tanggal uposatha, bisa liat di kalender DC.

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #4 on: 07 October 2010, 02:03:14 PM »
Oh, Uposatha itu ce it cap go ternyata...

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #5 on: 07 October 2010, 06:41:12 PM »
Oh, Uposatha itu ce it cap go ternyata...
kalo menurut STI agak berbeda nampaknya
tapi biasanya saya athasila jarang liat hari sih kalo lagi ada niat y lakukan aja
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #6 on: 07 October 2010, 07:07:43 PM »
Oh, Uposatha itu ce it cap go ternyata...
kalo menurut STI agak berbeda nampaknya
tapi biasanya saya athasila jarang liat hari sih kalo lagi ada niat y lakukan aja

kalo gw mah ga liat tanggal...malah liat tanda2 di langit ja. kalo ada bulan purnama penuh, setengah penuh (2x), dan tidak nampak bulan sama sekali..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #7 on: 07 October 2010, 07:13:31 PM »
Oh, Uposatha itu ce it cap go ternyata...
kalo menurut STI agak berbeda nampaknya
tapi biasanya saya athasila jarang liat hari sih kalo lagi ada niat y lakukan aja

kalo gw mah ga liat tanggal...malah liat tanda2 di langit ja. kalo ada bulan purnama penuh, setengah penuh (2x), dan tidak nampak bulan sama sekali..
mang ada pengaruh kalo athasila sesuai or ga dengan tanggal?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #8 on: 07 October 2010, 07:17:59 PM »
Oh, Uposatha itu ce it cap go ternyata...
kalo menurut STI agak berbeda nampaknya
tapi biasanya saya athasila jarang liat hari sih kalo lagi ada niat y lakukan aja

kalo gw mah ga liat tanggal...malah liat tanda2 di langit ja. kalo ada bulan purnama penuh, setengah penuh (2x), dan tidak nampak bulan sama sekali..
mang ada pengaruh kalo athasila sesuai or ga dengan tanggal?


gak ada seh..kebanyakan umat awam kan gak bisa menjalankan atthasila secara teratur..dan untuk mengingatkannya biasanya dijadwal..makanya muncul penanggalan spt itu..mang pas jam sang Buddha ada kalender yakk? ;D
krn tidak ada, makanya sistem penanggalannya biasanya lebih melihat fenomena alam..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #9 on: 07 October 2010, 08:39:46 PM »
 [at] pain, mang bener koq
tapi kalo udah teratur misalkan seminggu berapa kali kan ga perlu liat kalender jugakan?
hanya mengingat hari..
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #10 on: 07 October 2010, 08:47:20 PM »
[at] pain, mang bener koq
tapi kalo udah teratur misalkan seminggu berapa kali kan ga perlu liat kalender jugakan?
hanya mengingat hari..


bisa jg..misal setiap hari minggu uposatha..cuman krn tradisi..istilahnya ga afdol ga ikutin penanggalannya (seperti serasa ada yang kurang) biasanya para umat Buddha merujuk pada hari2 tertentu yang telah ditetapkan..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #11 on: 07 October 2010, 08:49:16 PM »
waduh brarti wajib donk ikut penanggalan?
apa bisa dibilang begitu?
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #12 on: 07 October 2010, 08:51:09 PM »
waduh brarti wajib donk ikut penanggalan?
apa bisa dibilang begitu?


ga juga..itu mah terserah cici aja..hahaha
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #13 on: 07 October 2010, 08:53:08 PM »
kirain wajib ikut penanggalan, soalnya kalo wajib malah jadi lupa seringnya ntar
 ;D
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Asia

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #14 on: 15 October 2010, 08:44:02 AM »
Saya mau mengingatkan lagi, besok hari Uposatha. Ber-Atthasila bukanlah suatu kewajiban, tapi sungguh baik bila dijalankan.

Kondisi bukan milik kita. Kondisi mengikuti jalan alaminya. Kita tidak bisa melakukan apapun tentang jalannya tubuh. Kita bisa mempercantiknya sedikit, membuatnya terlihat ceria dan bersih sejenak, seperti gadis muda yang memoles bibirnya dan membiarkan kukunya tumbuh panjang. Tetapi ketika usia tua datang, semua orang akan mengalami kondisi yang sama. Itulah jalan tubuh kita. Kita tidak dapat mengubahnya dengan cara apapun juga.

Apa yang bisa kita perbaiki dan percantik adalah pikiran (bathin).

***

Hanya ada satu keajaiban yang sesungguhnya, keajaiban Dhamma. Keajaiban yang lain seperti ilusi dari sebuah permainan kartu sulap. Ilusi mengalihkan kita dari permainan yang sesungguhnya; hubungan kita dengan kehidupan manusia, kelahiran, kematian, dan kebebasan.



(Ajahn Chah, “Tidak Ada Ajahn Chah”
)