Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Besok hari Uposatha  (Read 72424 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #105 on: 19 April 2011, 09:57:18 AM »
tindakan uposatha
Spoiler: ShowHide
Ditujukan untuk mereka yang akan beruposatha di hari2 uposatha.

 

Bilamana, O para bhikkhu, tindakan Uposatha sempurna di dalam delapan faktor, maka buah dan manfaatnya pun berlimpah, bersinar dan merebak. Dan bagaimana tindakan Uposatha sempurna di dalam delapan faktor yang membuatnya memiliki buah dan manfaat yang melimpah, bersinar dan merebak?26

 

Di sini, para bhikkhu, seorang siswa mulia merenungkan demikian: "Selama hidup, para Arahat meninggalkan pembunuhan dan tidak melakukannya; dengan kail dan senjata yang disingkirkan, mereka penuh kesadaran, baik hati dan hidup dalam kasih sayang terhadap semua makhluk. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama. Aku akan meniru para Arahat di dalam hal itu, dan tindakan Uposatha akan terpenuhi olehku." Inilah faktor pertama yang dimilikinya.

 

Selanjutnya, dia merenungkan: "Selama hidup, para Arahat meninggalkan perbuatan mengambil apa yang tidak diberikan dan tidak melakukannya; mereka menerima hanya apa yang diberikan, mengharapkan hanya yang diberikan, dan berdiam dengan hati yang jujur, bebas dari keinginan mencuri. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama...." Inilah faktor kedua yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat meninggalkan kehidupan seksual dan hidup selibat, jauh dari seksualitas, menahan diri dari praktek hubungan seksual yang kasar. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...." Inilah faktorketiga yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat meninggalkan perbuatan berbicara yang tidak benar dan tidak melakukannya, mereka adalah pembicara kebenaran, pengikut kebenaran, dapat dipercaya dan dapat diandalkan, bukan penipu dunia. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...." Inilah faktor keempat yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat meninggalkan anggur, minuman keras dan apa pun yang bersifat meracuni, yang menjadi landasan bagi kelalaian dan tidak melakukannya. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...'' Inilah faktor kelima yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat makan hanya sekali sehari dan menahan diri untuk tidak makan pada malam hari atau pada saat yang tidak tepat. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...." Inilah faktor keenam yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat tidak menari, menyanyi, melihat pertunjukan musik instrumen dan pertunjukan yang tidak pantas, dan mereka tidak menghias diri dengan mengenakan kalung bunga dan menggunakan wangi-wangian dan minyak-minyakan. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...." Inilah faktor ketujuh yang dimilikinya.

 

"Selama hidup, para Arahat meninggalkan penggunaan tempat tidur dan alas duduk yang mewah dan tidak melakukannya; mereka menggunakan tempat beristirahat yang rendah - bisa tempat tidur yang kecil atau alas jerami. Hari ini aku juga, selama siang dan malam ini, akan melakukan hal yang sama ...." Inilah faktor kedelapan yang dimilikinya.

 

Bilamana, O para bhikkhu, tindakan Uposatha sempurna di dalam delapan faktor ini, buah dan manfaatnya pun berlimpah, bersinar dan merebak. Dan sampai sejauh mana tindakan Uposatha itu akan memiliki buah dan manfaat yang berlimpah, bersinar dan merebak?

 

Seandainya, para bhikkhu, seseorang akan menjalankan kedaulatan dan kepemimpinan terhadap enam belas negara besar yang menyimpan tujuh harta berharga yaitu Anga, Magadha, Kasi, Kosala, Vajji, Malla, Ceti, Vamsa, Kuru, Pancala, Maccha, Surasena, Assaka, Avanti, Gandhara, Kamboja:27 nilainya tidak sebanding dengan seperenambelas dari tindakan Uposatha yang sempurna di dalam delapan faktor itu. Apa alasannya? Karena kekuasaan manusia tidak ada artinya dibandingkan dengan kebahagiaan surgawi.

 

Bagi dewa-dewa di alam Empat Raja Besar, satu hari satu malam sama dengan lima puluh tahun manusia, tiga puluh hari itu sama dengan satu bulan, dan dua belas bulan seperti sama dengan satu tahun. Usia kehidupan para dewa di alam Empat Raja Besar itu lima ratus tahun surgawi.28 Para bhikkhu, jika seorang wanita atau pria di sini melakukan Uposatha yang sempurna di dalam delapan faktor ini, dengan hancurnya tubuh, setelah kematian, ada kemungkinan bagi mereka untuk terlahir kembali di tengah tengah para dewa di alam Empat Raja Besar. 8erdasarkan hal inilah maka kukatakan bahwa kekuasaan manusia tidak ada artinya dibandingkan dengan kebahagiaan surgawi.

Bagi dewa-dewa Tavatimsa, satu hari satu malam sama dengan seratus tahun manusia... Usia kehidupan para dewa Tavatimsa itu seribu tahun surgawi ... Bagi dewa-dewa Yama, satu hari satu malam sama dengan dua ratus tahun manusia... Usia kehidupan para dewa Yama itu dua ribu tahun surgawi ... Bagi dewa-dewa Tusita, satu hari satu malam sama dengan empat ratus tahun manusia . .. Usia kehidupan para dewa Tusita itu empat ribu tahun surgawi ... Bagi dewa-dewa Yang Senang Mencipta, satu hari satu malam sama dengan delapan ratus tahun manusia ... Usia kehidupan para dewa Yang Senang Mencipta itu delapan ribu tahun surgawi ... Bagi dewa-dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain, satu hari satu malam sama dengan seribu enam ratus tahun manusia; tiga puluh hari seperti itu sama dengan satu bulan, dan dua belas bulan seperti itu sama dengan satu tahun. Usia kehidupan para dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain itu enam belas ribu tahun surgawi. Para bhikkhu, jika seorang wanita atau pria di sini melakukan Uposatha yang sempurna di dalam delapan faktor ini, dengan hancurnya tubuh, setelah kematian, ada kemungkinan bagi mereka untuk terlahir kembali di tengah tengah para dewa Yang Mengontrol Apa yang Diciptakan oleh Yang Lain. Berdasarkan hal inilah maka kukatakan bahwa kekuasaan manusia tidak ada artinya dibandingkan dengan kebahagiaan surgawi.

Source : http://www.samaggi-phala.or.id/tipitaka_dtl.php?cont_id=743


masih kurang jelas yang om?
IMO, kalo bepergian sih masih boleh om.. tetapi perginya kemana dulu, hehe,, kalo ke bioskop buat nonton sepertinya g diperbolehkan deh om..  ;D
tontonan2 yang dimaksdut disini mungkin yang tujuannya adalah untuk memberikan hiburan, misalnya nonton film, pertunjukan sirkus, dll.
saya pribadi sih lebih melihat ke dalam om, jadi kalau pengen melakukan sesuatu, misalnya pengen pergi kemana gitu, disadari dulu niatnya apa ya? kalo pengen mancari kesenangan2 biasanya sih dihindari, mencoba sebisa mungkin untuk g pergi.
menurut pendapat n pengalaman saya loh om ya... hehehe..  ;D
karena menurut saya, tujuan sebenarnya dari 8sila ini adalah untuk melatih diri, mengurangi kemelekatan2 terharap hal2 yang bersifat duniawi dan pemuasan indera.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #106 on: 19 April 2011, 01:27:30 PM »
makasih cc hema... btw comel mana   :)) :)) :))
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #107 on: 19 April 2011, 01:47:15 PM »
biasanya kalo comel athasila pasti ga ol  ;D

bulan ini bulan istimewa karena bagi yang sanggup dianjurkan untuk athasila sebulan penuh menjelang waisak, so met menjalankan athasila sebulan penuh  _/\_
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #108 on: 19 April 2011, 01:54:51 PM »
wahhh... waisak tanggal berapa coe2?
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #109 on: 19 April 2011, 03:38:36 PM »
wahhh... waisak tanggal berapa coe2?
Waisak tgl 17 mei 2011
jadi terhitung hari minggu kemarin tgl 17 april sudah dimulai athasila dan sebulan pendalaman dhammanya divihara :D
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #110 on: 19 April 2011, 04:50:29 PM »
makasih cc hema... btw comel mana   :)) :)) :))
sama om wang  :) itu comel lagi jungkir balik   ;D


biasanya kalo comel athasila pasti ga ol  ;D

bulan ini bulan istimewa karena bagi yang sanggup dianjurkan untuk athasila sebulan penuh menjelang waisak, so met menjalankan athasila sebulan penuh  _/\_

wah.. tau dari mana cc?  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #111 on: 19 April 2011, 05:15:50 PM »
 _/\_ oh iya, saya ingin sedikit membagi Dhamadesana dari Bhante Jagaro Mahathera yang saya dengar hari minggu kemarin, kebetulan topiknya tentang uposatha sila.
Dan kebetulan lagi ada yang mengena dengan pertanyaan dari sahabat DC beberapa minggu yang lalu, Bhante mengatakan bahwa hari uposatha di Indonesia di identikkan dengan tanggal 1, 8, 15, dan 23 penanggalan lunar. Namun yang sebenarnya adalah tidak selamanya tepat pada tanggal itu, jadi uposatha bisa jatuh sehari sebelum, tepat, ataupun sehari setelah tanggal 1, 8, 15, dan 23 penggalan lunar. misalnya untuk uposatha bulan terang yang jatuh pada tanggal 16 lunar baru2 ini, atau tanggal 18april penanggalam masehi.

Selain itu, uposatha sila adalah sebuah latihan yang tidak mengenal kata batal, beda dengan puasa dalam agama lain. sebagian orang segan untuk melaksanakan 8sila dengan anggapan bahwa aktifitas mereka sehari2 tidak mendukung untuk melaksanakan sila ini, khususnya 3sila terakhir. misalnya, kalau ke kantor mesti make-up, atau makannya g bisa kalau sebelum tengah hari, soalnya tuntutan pekerjaan dan sebagainya. Sekali lagi uposatha sila merupakan sebuah latihan, yang tujuannya adalah untuk melatih diri hidup sederhana dengan meningkatkan kewaspadaan dan mengendalikan keinginan2 duniawi yang berlebihan, khususnya dalam hal makanan dan hiburan. dalam kasus diatas (make-up), yang harus dilakukan oleh ia yang sedang melaksanakan uposatha sila adalah memperbaiki niatnya, jadi dengan merenungkan bahwa saya memakai make-up bukan untuk tujuan mempercantik diri, namun hanya sebatas tuntutan pekerjaan, dan pakailah make-up yang sewajarnya saja.

Jadi seandainya ketika sedang melaksanakan uposatha sila, seseorang dengan tidak sengaja melanggar salah satu sila, misalnya ketika lewat di meja makan lalu mengambil makanan dan memakannya, ketika menyadari, orang tersebut harus segera menghentikan makannya dan mengingat kembali niatnya serta melanjutkan tekadnya untuk melaksanakan 8sila. bukannya malah berpikir, makanannya udah terlanjur kemakan, tanggung, y mending dihabisakan saja, toh silanya udah batal.. Ingat sekali lagi, tidak ada kata batal dalam melaksanakan sila.

Semoga bermanfaat...  :)
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #112 on: 19 April 2011, 05:50:50 PM »
sekarang lagi mempertimbangkan mo lanjutin athasila pa ga nih, td siang begitu nyampe kantor eh.. mimisan mang cuaca dbatam lagi panas2 nya, trus sekarang kepala senut2 nih.. :(
badan lemes banget.. pengennya sih lanjut tp bs drop ga y badan? moga aja kuat deh.. :)
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #113 on: 19 April 2011, 06:41:14 PM »
sekarang lagi mempertimbangkan mo lanjutin athasila pa ga nih, td siang begitu nyampe kantor eh.. mimisan mang cuaca dbatam lagi panas2 nya, trus sekarang kepala senut2 nih.. :(
badan lemes banget.. pengennya sih lanjut tp bs drop ga y badan? moga aja kuat deh.. :)

kondisi badan itu erat kaitannya dengan kondisi pikiran cc  :)..
kalau menurut saya, pikirannya dibuat tenang dulu, jangan merasa terbebani dengan 8sila.. :)
tapi jika memang tidak mampu, sebaiknya jangan dipaksakan cc..
wahh... cc hebattttttttt bisa sebulan...  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.383
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #114 on: 19 April 2011, 06:57:41 PM »
benar itu tidak ada kata batal :D

mungkin karena orang terpengaruh sama cara pandang puasa agama teman2 kita yg lain kali yah
There is no place like 127.0.0.1

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #115 on: 19 April 2011, 07:21:10 PM »
kondisi badan itu erat kaitannya dengan kondisi pikiran cc  :)..
kalau menurut saya, pikirannya dibuat tenang dulu, jangan merasa terbebani dengan 8sila.. :)
tapi jika memang tidak mampu, sebaiknya jangan dipaksakan cc..
wahh... cc hebattttttttt bisa sebulan...  ;D
mungkin pikiran yang syok liat mimisan td kali y ;D, tapi gpp koq masih bisa bertahan, ini dah tahun ke3 lho athasila menjelang waisak :) walaupun tahun ini lebih spesial karena dari akhir feb dah rutin athasila
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #116 on: 19 April 2011, 08:15:20 PM »
benar itu tidak ada kata batal :D

mungkin karena orang terpengaruh sama cara pandang puasa agama teman2 kita yg lain kali yah
iya om sepertinya begitu, jadinya ikut2an batal.. hehehe..  ;D

mungkin pikiran yang syok liat mimisan td kali y ;D, tapi gpp koq masih bisa bertahan, ini dah tahun ke3 lho athasila menjelang waisak :) walaupun tahun ini lebih spesial karena dari akhir feb dah rutin athasila

hebat cc.... :jempol:
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #117 on: 19 April 2011, 08:18:33 PM »
 :-[
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #118 on: 19 April 2011, 08:30:53 PM »
:-[
wah jangan malu2 dong cc...  ;D
ikut SPD tiap malam juga y cc?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: Besok hari Uposatha
« Reply #119 on: 19 April 2011, 08:41:39 PM »
pakai HP juga gak boleh ya, tapi kalau hp itu untuk komunikasi dalam kerja bagaimana?

mohon penjelasannya  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma