//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?  (Read 375513 times)

0 Members and 5 Guests are viewing this topic.

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2475 on: 05 November 2012, 10:20:04 AM »
Mana ada aliran Theravada namanya 'sangharaja' ?  ::)

Salah kaprah penyebutan tu namanya.  Itu dikarenakan sangharaja (ketua sangha) Thailand yang sekarang dijabat oleh bhikkhu aliran itu.

Theravada dari Thailand hanya ada :  (CMIIW)
-  Dhammayuth --> bhikkhu2 STI kebanyakan dari sini.
-  Mahanikaya, kemudian ada pecahannya lagi yaitu :
    -  Dharmakaya.

Kalau yang Therawada di Indonesia dari aliran mana ya?  :-?

apa ya bedanya Dhammayuth n Mahanikaya ? vinayanya ??
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2476 on: 05 November 2012, 10:32:02 AM »
apa ya bedanya Dhammayuth n Mahanikaya ? vinayanya ??

Rujukan vinaya-nya sama, tapi kelonggarannya beda.

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2477 on: 05 November 2012, 10:32:50 AM »
Maksud gw, therawadanya berafiliasi ke therawada mana yang di luar negeri sebagai induk / sumbernya ?

well, karena STI umumnya dari Dhammayut,  maka kemungkinan besar yang lain dari pada aliran dhammayut  yang bergabung jadi satu ( ticht nan, ajhan bram dll).

Buddhayana, ( ingat ini menurut pendapat wa pribadi ya) hanya memfasilitasi aliran aliran Buddhist lain yang beraneka ragam  tidak hanya dari negara tertentu saja tapi dari pelosok dunia untuk dapat hadir di indonesia membabarkan dhamadesana, pengetahuan dhamma atau praktek meditasi dll

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2478 on: 05 November 2012, 10:33:10 AM »
termasuk dosa kah membuat niat luhur seseorang menjadi lepas.
Niat luhur = dapat keuntungan duniawi, foto2 cewek, menikmati kesenangan indriah, dengan cara pura-pura jadi biku??

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2479 on: 05 November 2012, 10:35:18 AM »
apa ya bedanya Dhammayuth n Mahanikaya ? vinayanya ??

Perbedaannya secara vinaya kayaknya ga ada, hanya saja kata orang, dalam keseharian aliran Dhammayuth lebih ketat.
« Last Edit: 05 November 2012, 10:39:56 AM by sanjiva »
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2480 on: 05 November 2012, 10:38:14 AM »
well, karena STI umumnya dari Dhammayut,  maka kemungkinan besar yang lain dari pada aliran dhammayut  yang bergabung jadi satu ( ticht nan, ajhan bram dll).

Setahu gw yang ini mahayana.

Quote
Buddhayana, ( ingat ini menurut pendapat wa pribadi ya) hanya memfasilitasi aliran aliran Buddhist lain yang beraneka ragam  tidak hanya dari negara tertentu saja tapi dari pelosok dunia untuk dapat hadir di indonesia membabarkan dhamadesana, pengetahuan dhamma atau praktek meditasi dll

Memfasilitasi di situ apakah termasuk mengharuskan bhikkhu2 therawadanya vegetarian ?  ::)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2481 on: 05 November 2012, 11:05:11 AM »
Setahu gw yang ini mahayana.

Memfasilitasi di situ apakah termasuk mengharuskan bhikkhu2 therawadanya vegetarian ?  ::)

wah tidak tahu sampai sana, yang wa tahu kalau di  Vihara Ekayana Arama ( adalah vihara aliran mahayana) jadi anggota sangha yang dateng dan tinggal disana ya tentu nya di hidang kan masakan vegetarian.
« Last Edit: 05 November 2012, 11:17:45 AM by kullatiro »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2482 on: 05 November 2012, 12:58:39 PM »
wah tidak tahu sampai sana...

Kalau gitu, sebaiknya cari tahu dulu.  ^-^

Masak lingkungan sendiri nggak tahu bro.  :whistle:
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2483 on: 05 November 2012, 01:10:39 PM »
bukan sumpah sih, melainkan tekad untuk mematahui aturan2 latihan, salah satunya adalah tidak main musik

konsekuensinya:
kalo dulu waktu masih jadi bhikkhu, hidup mewah banyak uang adalah hal yg mudah tanpa perlu bekerja. sekarang harus kerja keras untuk bisa hidup mewah
=)) dan ternyata setelah lepas jubah pun orang kepo tetap ada :))
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.099
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2484 on: 05 November 2012, 01:47:08 PM »
Kalau gitu, sebaiknya cari tahu dulu.  ^-^

Masak lingkungan sendiri nggak tahu bro.  :whistle:

walah,  wa tidak sampai mencari tahu nama para anggota sangha aliran mana saja yang tinggal di Ekayana Arama ini. (buat apa? paling wa pegang Bhante Vimala saja yang lain wa anggap anggota sangha, hingga melihatnya sebagai sangha, lebih baik tidak tahu nama hingga tidak ada keterikatan dan kemelekatan)

Meski wa ada sedikit mengetahui Rupang Buddha Putih di sebelah kiri Ruang puja bakti utama sengaja di datang kan untuk aliran tertentu (artinya bukan aliran mahayana) yang tinggal di Ekayana Arama ini, suatu ketika wa pernah dateng ke vihara Ekayana jam 05:30 dan melihat ada beberapa anggota sangha melakukan puja bakti di area tersebut bukan di ruang utama puja bakti.
« Last Edit: 05 November 2012, 01:56:32 PM by kullatiro »

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2485 on: 23 November 2012, 11:20:10 AM »
Wa....thread ini sampai 166 page ya...;D
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2486 on: 23 November 2012, 11:20:32 AM »
Wa....thread ini sampai 166 page ya...;D


bikin baru aja

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2487 on: 23 November 2012, 11:22:37 AM »
bikin baru aja
Jangan lah,kita kan bukan serang pribadinya,tapi mengkritisi sikapnya...

 [at] ryu
:whistle:
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2488 on: 23 November 2012, 03:11:50 PM »
Harus di ingat di dunia ini selain Theravada aliran Sangharaja ada macam macam aliran Theravada yang bukan beraliran Sangharaja yang dominan saat ini di Indonesia.

lebih baik anda bilang tidak tahu dari pada sembarangan sebut
« Last Edit: 23 November 2012, 03:16:41 PM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline djoe

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 892
  • Reputasi: -13
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah ada aturan Bhante Theravada boleh main gitar/musik?
« Reply #2489 on: 23 November 2012, 03:15:07 PM »
pemborosan energi, waktu dan sumber daya hanya untuk membuat karma

 

anything