Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma  (Read 59802 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« on: 24 February 2010, 11:46:29 AM »
Dhammatainment, Lagu "rohani" Buddhis, Bhiksu "Hip-hop", semuanya dikatakan dengan dalih penyebaran Agama Buddha. Menurut rekan-rekan DC, apa batasannya penyebaran Agama Buddha dilakukan dengan pantas?


<Topik ini "terinspirasi" dari forum tetangga yang TS-nya mungkin member sini juga.>


No Junk, Please!

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #1 on: 24 February 2010, 12:17:46 PM »
tidak bertentangan dengan ajaran yg hendak disebar.

contoh : ajarannya adalah "tidak merokok", tapi dalam penyebarannya dengan cara Merokok bareng :P
i'm just a mammal with troubled soul



Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #2 on: 24 February 2010, 12:30:44 PM »
tidak bertentangan dengan ajaran yg hendak disebar.

contoh : ajarannya adalah "tidak merokok", tapi dalam penyebarannya dengan cara Merokok bareng :P

Dalam Ajaran Buddha, bagi umat awam tidak ada larangan bernyanyi dan menari. Bagaimana pendapat Bro hatRed jika nanti ada Dhamma Class yang dibawakan Ramani sambil goyang "ngebor"?

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #3 on: 24 February 2010, 12:43:27 PM »
klo menurut g
1 dhammatainment why not? (slama isinya ga gosip namun kegiatan dhamma n kehidupan para misionaris buddhis
2 lagu rohani buddhis oke banget memang bhikkhu ga boleh tapi umat perlu, klo ga nanti malah dalam buddhis seakan2 ga da nyanyian ( soalnya dulu g beranggapan demikian)
3 hip hop monk no!!! langgar vinaya trus alangkah lebih baik d jepang kyk d indo ada romo jadi klo romo yg bawa dhamma pake musik bahkan hiphop or hause lebih ok.

sbenernya selama kita memang ingin menyebarkan dhama alangkah baiknya bila kita dapat menilai batasan2 yg ada. namun sebenernya selama menyebarkan dhamma kadang batasan tersebut menjadi abu2 tidak jelas lagi hitam atau putih tergantung dari sudut pandang seseorang.
kita sebagai dhamma duta ada baiknya pula membabarkan dhamma dengan mengikuti perkembangan jaman kondisi masyarakat & segmen usia.
contoh
anak2: bahas dhamma tentu harus dengan cerita2
abg: pendekatannya dengan lagu, sharing(curhat) baru di sisipin dikit 2  dhamma
dewasa: musik perlu n dhamma lebih dalam
lansia: musik lag namun lebih k joke namun bisa di kaitkan dengan dhamma
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #4 on: 24 February 2010, 12:52:59 PM »
=))

kalo gt gw jg ikt goyang ngebor. kwkwkwkwk

penyebaran yg pantas menurut saya ada beberapa, namun kepantasan menurut saya mungkin tetap akan dianggap kuno oleh org lain, karena semakin lama maka suatu kepantasan jg akan berubah, dulu hubungan sesama sejenis dianggap tdk pantas, namun sekarang udh dianggap pantas, ntar lama lama hubungan seseorg dgn istri org lain dianggap pantas pula. wkwkwkw, ata bahkan hubungan sedarah dianggap pantas pula.......... kita tdk bisa menghindarkan diri dari jaman kemerosotan moral, yg bisa adalah kita menjaga diri kita sendiri dengan baik, dan org lain yg masih bisa kita jangkaui...

* dilakukan melalui sekolah sekolah, dimana pelajarannya diajarkan ajaran Moralitas dan Ajaran Buddhism, mulai dari kindergarden sampai SMA, kalo memungkinkan sampai kuliahan,

* seminar seminar seyogyanya jg dilakukan, dengan topic topic yg berhubungan dengan jaman sekarang dan sedang diminati, terus ditinjau dari sudut pandang Buddhism bagaimana, disini pelan pelan Buddhism akan diminati,

* ceramah Dhamma, dilakukan berdasarkan kelompok umur, misalnya, bagi umat yg masih remaja, maka ceramah dhamma disesuaikan dengan kelompok usia mereka, bagi perumah tangga maka jg disesuaikan dgn keseharian mereka, dll.

* dilakukan retret meditasi yg merupakan salah satu dari inti ajaran Buddhism jg, dan dalam setiap retret akan ada ceramah Dhamma pada wkt tertentu.

* penyebaran lewat internet, kyk diforum forum demikian, terus jg, di applikasi terkenal lainnya seperti fb, Twitter, dan Friendster.

* dilakukan melalui sikap nyata prilaku para umatnya, dgn demikian org lain yg melihat akan merasa terkagum melihat sifat org yg demikian, dan akan berusaha mengetahui lebih dalam soal dirinya, dgn demikian org seperti itu bisa mulai memberikan pengarahan tentang Buddhism,

* melalui musik, drama TV ataupun entertainment namun pembawa nya tentu harus umat awam yang memahami soal Dhamma,,,, dan tau batasan batasan sampai dimana harus melakukan aksinya

* dilakukan mulai dari keluarga, misalnya kepada para kemenakan kemenakan kita, dengan memberikan komik bacaan tetang Buddhist,.

saya rasa itu, yg lainnya mana tao ada yg mengetahui. hehehe  :))

« Last Edit: 24 February 2010, 12:54:44 PM by Tekkss Katsuo »

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #5 on: 24 February 2010, 12:57:39 PM »
tambahan.... ;D

byk jg org yg ke vihara cuma buat nancap hio doang, maka seyogyanya pengurus ataupun muda mudi sana, memberitakan aadanya acara ini itu, agar umat lebih mengenal Buddhism, penempelan poster poster yg berhubungan dengan Dhamma, yg mudah dipahami oleh umat awam yg tdk pernah mempelajari soal Buddhism

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #6 on: 24 February 2010, 01:00:26 PM »
tidak bertentangan dengan ajaran yg hendak disebar.

contoh : ajarannya adalah "tidak merokok", tapi dalam penyebarannya dengan cara Merokok bareng :P


Dalam Ajaran Buddha, bagi umat awam tidak ada larangan bernyanyi dan menari. Bagaimana pendapat Bro hatRed jika nanti ada Dhamma Class yang dibawakan Ramani sambil goyang "ngebor"?


bukannya emang gak pernah ada yg namanya larangan secara umum,

yg ada kan larangan dalam kelompok (sangha).

tapi kan ajarannya menyeluruh secara umum :)
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #7 on: 24 February 2010, 01:40:38 PM »
tambahan lagi  ;D

penyebaran bisa dilakukan dengan melakukan pekan kesenian, dimana didalam acara acara kesenian terdapat benda benda seni Buddhism yg unik, tulisan tulisan Dhammapada, dan juga diiringi dengan sedikit pengarahan Dhamma,,,

Produk produk ataupun benda benda seni, aksesoris yg uptodate jg bisa diterapkan agar mengandung unsur Buddhism. hehehehehe
 ;D

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #8 on: 24 February 2010, 01:56:08 PM »
Menurut saya, sudah dicontohkan oleh Sang Guru sendiri.
Membabarkan Dhamma pada saat yang sesuai, hanya bila diminta, dengan cara yang seimbang, tidak dengan membangkitkan nafsu indera, tidak berlebihan, dan seterusnya.

Kalau saya pribadi tidak melihat Dhammatainment sesuai dengan apa yang telah dicontohkan.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #9 on: 24 February 2010, 01:59:50 PM »
klo menurut g
1 dhammatainment why not? (slama isinya ga gosip namun kegiatan dhamma n kehidupan para misionaris buddhis
OK.


Quote
2 lagu rohani buddhis oke banget memang bhikkhu ga boleh tapi umat perlu, klo ga nanti malah dalam buddhis seakan2 ga da nyanyian ( soalnya dulu g beranggapan demikian)
Memangnya ada masalah kalau memang tidak ada nyanyian?


Quote
3 hip hop monk no!!! langgar vinaya trus alangkah lebih baik d jepang kyk d indo ada romo jadi klo romo yg bawa dhamma pake musik bahkan hiphop or hause lebih ok.
Berarti bro setuju ide "Ramani goyang nge-bor"?


Quote
sbenernya selama kita memang ingin menyebarkan dhama alangkah baiknya bila kita dapat menilai batasan2 yg ada. namun sebenernya selama menyebarkan dhamma kadang batasan tersebut menjadi abu2 tidak jelas lagi hitam atau putih tergantung dari sudut pandang seseorang.
kita sebagai dhamma duta ada baiknya pula membabarkan dhamma dengan mengikuti perkembangan jaman kondisi masyarakat & segmen usia.
contoh
anak2: bahas dhamma tentu harus dengan cerita2
abg: pendekatannya dengan lagu, sharing(curhat) baru di sisipin dikit 2  dhamma
dewasa: musik perlu n dhamma lebih dalam
lansia: musik lag namun lebih k joke namun bisa di kaitkan dengan dhamma
Berarti seperti kata bro Tekkss Katsuo, kalau disesuaikan dengan jaman, nanti malah jangan2 nilai sila itu sendiri sudah bergeser. Bagaimana menurut bro kusalaputto?


Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #10 on: 24 February 2010, 02:03:03 PM »
penyebaran yg pantas menurut saya ada beberapa, namun kepantasan menurut saya mungkin tetap akan dianggap kuno oleh org lain, karena semakin lama maka suatu kepantasan jg akan berubah, dulu hubungan sesama sejenis dianggap tdk pantas, namun sekarang udh dianggap pantas, ntar lama lama hubungan seseorg dgn istri org lain dianggap pantas pula. wkwkwkw, ata bahkan hubungan sedarah dianggap pantas pula.......... kita tdk bisa menghindarkan diri dari jaman kemerosotan moral, yg bisa adalah kita menjaga diri kita sendiri dengan baik, dan org lain yg masih bisa kita jangkaui...
Ini saya setuju.


Quote
* dilakukan melalui sekolah sekolah, dimana pelajarannya diajarkan ajaran Moralitas dan Ajaran Buddhism, mulai dari kindergarden sampai SMA, kalo memungkinkan sampai kuliahan,

* seminar seminar seyogyanya jg dilakukan, dengan topic topic yg berhubungan dengan jaman sekarang dan sedang diminati, terus ditinjau dari sudut pandang Buddhism bagaimana, disini pelan pelan Buddhism akan diminati,

* ceramah Dhamma, dilakukan berdasarkan kelompok umur, misalnya, bagi umat yg masih remaja, maka ceramah dhamma disesuaikan dengan kelompok usia mereka, bagi perumah tangga maka jg disesuaikan dgn keseharian mereka, dll.

* dilakukan retret meditasi yg merupakan salah satu dari inti ajaran Buddhism jg, dan dalam setiap retret akan ada ceramah Dhamma pada wkt tertentu.

* penyebaran lewat internet, kyk diforum forum demikian, terus jg, di applikasi terkenal lainnya seperti fb, Twitter, dan Friendster.

* dilakukan melalui sikap nyata prilaku para umatnya, dgn demikian org lain yg melihat akan merasa terkagum melihat sifat org yg demikian, dan akan berusaha mengetahui lebih dalam soal dirinya, dgn demikian org seperti itu bisa mulai memberikan pengarahan tentang Buddhism,

* melalui musik, drama TV ataupun entertainment namun pembawa nya tentu harus umat awam yang memahami soal Dhamma,,,, dan tau batasan batasan sampai dimana harus melakukan aksinya

* dilakukan mulai dari keluarga, misalnya kepada para kemenakan kemenakan kita, dengan memberikan komik bacaan tetang Buddhist,.

saya rasa itu, yg lainnya mana tao ada yg mengetahui. hehehe  :))

Itu memang contoh kegiatan penyebaran dhammanya. Bagaimana dengan batasan cara-caranya? Sekarang ini 'kan ada penyesuaian yang katanya mengikuti "pangsa pasar" atau "kemajuan jaman"?

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #11 on: 24 February 2010, 02:05:12 PM »
bukannya emang gak pernah ada yg namanya larangan secara umum,

yg ada kan larangan dalam kelompok (sangha).

tapi kan ajarannya menyeluruh secara umum :)
Buddha memang tidak mengeluarkan aturan (dan sanksi) bagi perumahtangga penganut Buddhisme, namun apakah "Ramani ngebor" itu sesuai dengan Ajaran Buddha, walaupun tidak ada larangannya?

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #12 on: 24 February 2010, 02:08:09 PM »
Menurut saya, sudah dicontohkan oleh Sang Guru sendiri.
Membabarkan Dhamma pada saat yang sesuai, hanya bila diminta, dengan cara yang seimbang, tidak dengan membangkitkan nafsu indera, tidak berlebihan, dan seterusnya.

Kalau saya pribadi tidak melihat Dhammatainment sesuai dengan apa yang telah dicontohkan.

Bagaimana dengan dalih "demi menjaring banyak umat atas dasar belas kasih" atau "pembabaran hanya pada saat diminta adalah terlalu pasif dan apatis, kita harus aktif dan pro-aktif dalam menyebarkan Buddha-dhamma"?


Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #13 on: 24 February 2010, 02:40:13 PM »
Dhammatainment, Lagu "rohani" Buddhis, Bhiksu "Hip-hop", semuanya dikatakan dengan dalih penyebaran Agama Buddha. Menurut rekan-rekan DC, apa batasannya penyebaran Agama Buddha dilakukan dengan pantas?


<Topik ini "terinspirasi" dari forum tetangga yang TS-nya mungkin member sini juga.>


No Junk, Please!

nah,saya juga mengajukan pertanyaan seperti itu..sebenarnya "cara apa yang pantas dalam menyebarkan Dhamma"?

kalau dilihat Theravada marketing nya paling gk oke deh...haha...kalau mahayana masih lebih mending,apalagi Maitreya ada joget2nya ..hahaha..
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Cara Yang Sesuai Untuk Penyebaran Dhamma
« Reply #14 on: 24 February 2010, 02:46:18 PM »
Quote
"abg: pendekatannya dengan lagu, sharing(curhat) baru di sisipin dikit 2  dhamma"

tar abgnya jadinya hanya tahu curhat,Dhamma Nya kagak dapat..
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...