Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: CITTA VITHI  (Read 40894 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #60 on: 16 July 2009, 05:31:23 PM »
Waduh ... jadi merepotkan nih bro ... ;D

Maksud aye, yg somanassa ... , domanassa ..., upekkha ... (LDM mula citta) itu kebetulan aye dah pernah baca juga di bukunya ce METTADEWI W., S.H., S.A.B. (Pokok-pokok dasar Abidhamma) penerbit STAB Nalanda Jakarta ...

Buat nyamain persepsi kita dulu deh ...
Menurut bro Markos, Manusia (atau makhluk lainnya di Rupaloka) sama atau enggak dengan panca khanda ?

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: CITTA VITHI
« Reply #61 on: 16 July 2009, 11:31:41 PM »
[at]  bro Markos ... :)
ya... memang logika saya pun begitu... cuma melihat ada sedikit perbedaan aja koq ... (mgkn aja salah dalam pengetikkan) ...

 [at]  sis Lily ... :)
oke ... gak apa-apa ... saya dapat mengerti koq ... :) ... +1 nih

Mungkin sedikit pendapat dari saya dan mohon diluruskan lagi... (biar gak nyasar) ... :))

Kalo menurut saya malah koq malah gini yah ...
Citta Vithi kan proses berpikir tanpa henti ... tentunya citta dan cetasika (nama khanda) masuk juga didalamnya dan rupa khanda sebagai salah satu alat/sarana juga sebagai media berprosesnya Cittavithi ini...

Nah karena berpendapat kayak gini, makanya saya tadi menanyakan pertanyaan diatas ...

dan kalau memang pendapat saya ini 'salah', tolong di jelasin lagi dong apa hubungan antara citta vithi dan khanda ... :)

_/\_

Bro G.Citra....

Apakah Bro G.Citra sudah baca di buku Abhidhammatthasangaha tentang KICCASANGAHA (Persekutuan citta & cetasika dengan bagian pekerjaannya/fungsinya)?

Di dalam KICCASANGAHA menjelaskan jenis-jenis Citta (kesadaran) dengan fungsinya (Kicca) ada 14 Kicca yaitu sbb:
1. Patisandhikicca --> berfungsi melanjutkan kehidupan baru
2. Bhavangakicca --> berfungsi memelihara kehidupan (menyambung antar proses kesadaran) --> contoh...moment ke 1 2 3 (dlm Pancadvaravithi)
3. Avajjanakicca --> berfungsi merenungkan obyek baru ( mengarahkan indera ke obyek) --> moment ke 4
4. Dassanakicca --> berfungsi melihat --> moment ke 5
5. Savanakicca --> berfungsi mendengar --> moment ke 5
6. Ghayanakicca --> berfungsi mencium --> moment ke 5
7. Sayanakicca --> berfungsi merasakan --> moment ke 5
8. Phusanakicca --> berfungsi mengetahui sentuhan --> moment ke 5
9. Sampaticchanakicca --> berfungsi menerima obyek --> moment ke 6
10. Santiranakicca --> berfungsi menyelidiki obyek --> moment ke 7
11. Votthapanakicca --> berfungsi memutuskan --> moment ke 8
12. Javanakicca --> berfungsi mendorong obyek --> moment ke 9-15
13. Tadarammanakicca --> berfungsi menerima obyek --> moment ke 16-17
14. Cutikicca --> berfungsi pemutusan dari kehidupan lama

Pembagian Kicca 14 dengan Citta:

1. Citta menjalankan tugas (berfungsi) Patisandhikicca, Bhavangakicca, Cutikicca ada 19:
~ Upekkhasantirana citta 2
~ Mahavipakacitta          8
~ Mahagattavipakacitta   9


2. Citta menjalankan tugas Avajjanakicca ada 2:
~ Pancadvaravajjanacitta 1
~ Manodvaravajjanacitta  1


3. Citta menjalankan tugas Dassanakicca ada 2:
~ Cakkhuvinnanacitta 2

4. Citta menjalankan Savanakicca ada 2:
~ Sotavinnanacitta 2

5. Citta menjalankan tugas Ghayanakicca ada 2:
~ Ghanavinnanacitta 2

6. Citta menjalankan tugas Sayanakicca ada 2:
~ Jivhavinnanacitta 2

7. Citta menjalankan tugas Phusanakicca ada 2:
~ Kayavinnanacitta 2

8. Citta menjalankan tugas Sampaticchanakicca ada 2:
~ Sampaticchanacitta 2

9. Citta menjalankan tugas Santiranakicca ada 3:
~ Santiranacitta 3

10. Citta menjalankan tugas Votthapanakicca ada 1:
~ manodcaravajjanacitta 1

11. Citta menjalankan tugas javanakicca ada 55:
~ Akusalacitta 12
~ Hasituppadacitta 1
~ Mahakusalacitta 8
~ Mahakiriyacitta 8
~ Mahaggatakusalacitta 9
~ Mahaggatakiriyacitta 9
~ Lokuttaracitta 8

12. Citta menjalankan tugas Tadammanakicca ada 11:
~ Santiranacitta 3
~ Mahavipakacitta 8



Pembagian Citta dengan Kicca 14:
1. Citta menjalankan tugas 5 macam ada 2:
~ Upekkhasantiranacitta 2

Tugasnya 5 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Santiranakicca
5. Tadarammanakicca

2. Citta menjalankan tugas 4 macam ada 8:
~ Mahavipakacitta 8

Tugasnya 4 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Tadarammanakicca

3. Citta menjalankan tugas 3 macam ada 9:
~Mahaggatavipakacitta 9

Tugasnya 3 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca

4. Citta menjalankan tugas 2 macam ada 2:
~ Somanassasantiranacitta 1 tugasnya 2 macam, yaitu:
1. Santiranakicca
2. Tadarammanakicca

~ Manodvaravajjanacitta 1 tugasnya 2 macam, yaitu:
1. Votthabbanakicca
2. Avajjanakicca

5. Citta menjalankan tugas 1 macam ada 68-100, yaitu:
~ Pancadvaravajjanacitta 1, tugasnya Avajjanakicca
~ Cakkhuvinnanacitta 2, tugasnya Dassanakicca
~ Sotavinnanacitta 2, tugasnya Savanakicca
~ Ghanavinnanacitta 2, tugasnya Ghayanakicca
~ Jivhavinnanacitta 2, tugasnya Sayanakicca
~ Kayavinnanacitta 2, tugasnya Phusanakicca
~ Sampaticchanacitta 2, tugas Sampaticchanakicca
~ Akusalacitta 12, tugasnya Javanakicca
~ Hasituppadacitta 1, tugasnya Javanakicca
~ Mahakusalacitta 8, tugasnya Javanakicca
~ Mahakiriyacitta 8, tugasnya Javanakicca
~ Mahaggatakusalacitta 9, tugasnya Javanakicca
~ Mahaggatakiriyacitta 9, tugasnya Javanakicca
~ Lokuttaracitta 8-40, tugasnya Javanakicca


Pembagian Cetasika 52 dengan Kicca 14:

1. Cetasika mempunyai kicca (fungsi) 1 yaitu Javanakicca, ada berjumlah 17:
~ Akusalacetasika 14
~ Viraticetasika 3

2. Cetasika mempunyai kicca 4 ada berjumlah 2:
~Appamannacetasika 2

Tugasnya 4 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Javanakicca

3. Cetasika mempunyai kicca 5 ada berjumlah 21:
~ Sobhanasadharanacetasika 19
~ Pannacetasika 1
~ Chandacetasika 1


Tugasnya 5 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Javanakicca
5. Tadarammanakicca


4. Cetasika mempunyai kicca 6 ada berjumlah 1 :
~ Piticetasika

Tugasnya 6 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Santiranakicca
5. Javanakicca
6. Tadarammanakicca


5. Cetasika mempunyai kicca 7 ada berjumlah 1:
~ Viriyacetasika

Tugasnya 7 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Votthapanakicca
6. Javanakicca
7. Tadarammanakicca


6. Cetasika mempunyai kicca 9 ada berjumlah 3:
~ Vitakka
~ Vicara
~ Adimokkha


Tugasnya 9 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Sampaticchanakicca
6. Santiranakicca
7. Votthapanakicca
8. Javanakicca
9. Tadarammanakicca


7. Cetasika mempunyai kicca 14 ada berjumlah 7:
~ Sabbacittasadhanacetasika 7

Tugasnya 14 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Dassanakicca
6. Savanakicca
7. Ghayanakicca
8. Sayanakicca
9. Phusanakicca
10. Sampaticchanakicca
11. Santiranakicca
12. Votthapanakicca
13. Javanakicca
14. Tadarammanakicca

Sumber :  Buku Abhidhammatthasangaha ( Pandit J. Kaharuddin)

Tentang Rupakkhanda yang muncul...bisa liat di topik RUPA (kekna ada gambar ttg kemunculan Rupa di citta... Cittajarupa....)

_/\_ :lotus:
« Last Edit: 17 July 2009, 11:13:41 AM by Lily W »
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CITTA VITHI
« Reply #62 on: 17 July 2009, 09:41:48 AM »
Waduh ... jadi merepotkan nih bro ... ;D

Maksud aye, yg somanassa ... , domanassa ..., upekkha ... (LDM mula citta) itu kebetulan aye dah pernah baca juga di bukunya ce METTADEWI W., S.H., S.A.B. (Pokok-pokok dasar Abidhamma) penerbit STAB Nalanda Jakarta ...

Buat nyamain persepsi kita dulu deh ...
Menurut bro Markos, Manusia (atau makhluk lainnya di Rupaloka) sama atau enggak dengan panca khanda ?


Mahluk itu ada yang terdiri dari 1, 4 dan 5 khandha

1 khandha adalah mahluk asannasatta
4 khandha adalah mahluk arupabrahma
sisanya semuanya adalah panca khandha

sekarang gantian saya tanya, apakah yg anda baca dari buku ibu Mettadewi, udah bisa anda lihat dalam panca khandha?

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #63 on: 17 July 2009, 11:15:09 AM »
Waduh ... jadi merepotkan nih bro ... ;D

Maksud aye, yg somanassa ... , domanassa ..., upekkha ... (LDM mula citta) itu kebetulan aye dah pernah baca juga di bukunya ce METTADEWI W., S.H., S.A.B. (Pokok-pokok dasar Abidhamma) penerbit STAB Nalanda Jakarta ...

Buat nyamain persepsi kita dulu deh ...
Menurut bro Markos, Manusia (atau makhluk lainnya di Rupaloka) sama atau enggak dengan panca khanda ?


Mahluk itu ada yang terdiri dari 1, 4 dan 5 khandha

1 khandha adalah mahluk asannasatta
4 khandha adalah mahluk arupabrahma
sisanya semuanya adalah panca khandha

sekarang gantian saya tanya, apakah yg anda baca dari buku ibu Mettadewi, udah bisa anda lihat dalam panca khandha?

saya salin ke sini yah ... dari buku jilid I ... hal 20 ... :)

Kaitan abhidhamma dengan pancakkhanda

Jika pancakkhanda dihubungkan dengan abhidhamma, maka  :
1. Rupakkhanda adalah rupa yang terdiri dari 28 macam
2. Vedanakkhanda adalah vedana cetasika
3. Sannakkhanda adalah sanna cetasika
4. sankharakkhanda adalah sankhara cetasika yang terdiri atas 50 macam (tidak termasuk vedana cetasika dan sanna cetasika)
5. Vinnanakkhanda adalah citta yang terdiri atas 89 atau 121 macam

Vedanakkhanda, sannakkhanda dan sankharakkhanda merupakan cetasika atau bentuk-bentuk batin yang berjumlah 52 macam. Cetasika selalu mengikuti citta atau kesadaran, bagaikan bayangan suatu benda yang tidak pernah terpisah dari bendanya. Tidak ada citta yang timbul tanpa cetasika. Citta dan cetasika merupakan namakkhanda atau kelompok batin. Jika seseorg mengalami kematian, maka rupakkhanda terpisah dari namakkhanda. Pada saat tu, cittanya padam yang diikuti oleh padamnya cetasika. Citta ii kemudian langsung bertumimbal lahir lagi di alam-alam lain sesuai dengan karmanya. Pada saat citta ini muncl lagi, cetasikapun ikut muncul, disertai pula terbentuknya rupa baru. Jadi rupa lama yang sudah ditinggalkan itu tidak berhubungan lagi dengan citta yang berproses pada tumimbal lahir yang baru.

... (2 paragraf ditengah, saya tidak ketik krn cukup panjang dan saya pikir gak ada hub-nya dengan yang lagi saya bicarakan... klo mo jelasnya baca dari buku aja yah ... :D )

Sang Buddha pernah mengatakan bahwa pancakkhanda itulah dukkha; dukkha itulah pancakkhanda. Jadi selama seseorg masih memiliki pancakkhanda, maka selama itu pula ia akan menderita. Jika seseorg tidak ingin menderita, maka ia hendaknya tidak mempunyai pancakkhanda. Pancakkhanda akan lenyap secara total bila Anupadisesa Nibbana telah tercapai. Pada saat itu, kekotoran batin dan pancakkhanda lenyap secara total. Jadi, hanya para arahat yang telah Anupadisesa Nibbana itu yang tidak memiliki pancakkhanda lagi. Sementara itu, manusia dan makhluk lainnya yang belum mencapai Anupadisesa Nibbana itu tentu masih memiliki pancakkhanda. Jika manusia yang belum merealisasi Nibbana (dalam tingkat arahat) mengalami kematian, maka kkhandanya masih berproses. Oleh sebab itu, umat Buddha seyogyanya berusaha untuk melaksanakan ajaran Sang Buddha dengan baik didalam kehidupannya sehari-hari.

Pada kalimat yang saya beri bold, itulah saya menyimpulkan bahwa namakkhanda itu citta dan cetasika, dan sankhara adalah cetasika yang prosesnya timbul mengikuti citta. Jadi, pada saat proses citta vithi, secara akal saya, sankhara ini juga timbul. Makanya pada bbrp post sebelumnya saya sempat menanyakan itu.

mohon petunjuknya bro ...

 _/\_

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #64 on: 17 July 2009, 11:33:06 AM »
[at] sis Lily ...

Waduh kebetulan belum tuh sis ... trims banget yah masukkannya ...
Ada hubungannya kah dengan pertanyaan saya mengenai sankhara di proses no berapa dalam cittavithi ? ;D

mohon petunjuknya juga yah sis ... :)

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CITTA VITHI
« Reply #65 on: 17 July 2009, 01:37:56 PM »
dear bro citra

sepertinya anda ini masih belum jelas sehingga pertanyaan anda tetap mengenai "sankhara ada dalam vitthi yg mana?"

Ini saya kembali masukkan logika cetasika yg terdiri dari :
- vedana
- sanna
- sankhara (50 cetasika)

Dari pernyataan diatas jelas adalah sankhara adalah KUMPULAN dari 50 cetasika jadi anda ga bisa bilang bhw sankhara ini ada di citta mana dalam citta vitthi

sedangkan 50 cetasika itu sendiri TIDAK bisa berkumpul pada saat bersamaan misal akusala cetasika muncul pad akusala citta, tapi sobhana cetasika ga mungkin muncul di akusala citta

demikian juga pada kusala citta, muncul sobhana cetasika tapi tidak akan ada akusala cetasika

Dengan demikian,  sesungguhnya sankhara itu TIDAK PERNAH muncul secara lengkap 50 cetasika dalam citta manapun... .secara lengkap loh, bukan dalam artian per cetasika

itu yg sy coba jelaskan dari awal bhw ga akan nyambung jika anda bahas citta vitthi tp dari sudut pandang khandha krn sesungguhnya khandha itu sendiri adalah KUMPULAN
sedangkan dalam vitthi, sudah membahas mengenai per komponennya

Semoga skrg udah bisa jelas yah

metta

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: CITTA VITHI
« Reply #66 on: 17 July 2009, 01:44:03 PM »
[at] sis Lily ...

Waduh kebetulan belum tuh sis ... trims banget yah masukkannya ...
Ada hubungannya kah dengan pertanyaan saya mengenai sankhara di proses no berapa dalam cittavithi ? ;D

mohon petunjuknya juga yah sis ... :)

Yah...ada hubungannya.. coba baca n renungkan yg ini...

1. Panca Dvara Vithi = Proses keberlangsungan Pikiran melalui Pintu Panca Indera
ada 17 saat saat pikiran :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17

Ket :
1 2 3 = Bhavanga Citta = Kesadaran yg berfungsi menyambung antar kehidupan ato rangkaian kehidupan Pintu Panca Indera
4 = Kesadaran yang berfungsi mengarahkan indera ke objek
5 = Kesadaran indera (melihat), Kesadaran indera (mendengar), Kesadaran indera (mencium wewangian), Kesadaran indera (mengecap rasa kecapan) dan Kesadaran indera (mengalami sentuhan).
6 = Kesadaran yang menerima pengalaman (5)
7 = Kesadaran memeriksa pengalaman yang dialami oleh (6)
8 = Kesadaran yg memutuskan apa yg di periksa oleh (7)
9-15 = Javana = Kesadaran yg mendorong terjadinya aksi atas keputusan yang diambil oleh kesadaran ( 8 )
16-17 = Tadarammana Citta = Kesadaran yg fungsinya mencatat pengalaman yg diambil oleh (4-15)

Di dalam KICCASANGAHA menjelaskan jenis-jenis Citta (kesadaran) dengan fungsinya (Kicca) ada 14 Kicca yaitu sbb:
1. Patisandhikicca --> berfungsi melanjutkan kehidupan baru
2. Bhavangakicca --> berfungsi memelihara kehidupan (menyambung antar proses kesadaran) --> contoh...moment ke 1 2 3 (dlm Pancadvaravithi)
3. Avajjanakicca --> berfungsi merenungkan obyek baru ( mengarahkan indera ke obyek) --> moment ke 4
4. Dassanakicca --> berfungsi melihat --> moment ke 5
5. Savanakicca --> berfungsi mendengar --> moment ke 5
6. Ghayanakicca --> berfungsi mencium --> moment ke 5
7. Sayanakicca --> berfungsi merasakan --> moment ke 5
8. Phusanakicca --> berfungsi mengetahui sentuhan --> moment ke 5
9. Sampaticchanakicca --> berfungsi menerima obyek --> moment ke 6
10. Santiranakicca --> berfungsi menyelidiki obyek --> moment ke 7
11. Votthapanakicca --> berfungsi memutuskan --> moment ke 8
12. Javanakicca --> berfungsi mendorong obyek --> moment ke 9-15
13. Tadarammanakicca --> berfungsi menerima obyek --> moment ke 16-17
14. Cutikicca --> berfungsi pemutusan dari kehidupan lama

Pembagian Cetasika 52 dengan Kicca 14:

1. Cetasika mempunyai kicca (fungsi) 1 yaitu Javanakicca, ada berjumlah 17:
~ Akusalacetasika 14
~ Viraticetasika 3

2. Cetasika mempunyai kicca 4 ada berjumlah 2:
~Appamannacetasika 2

Tugasnya 4 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Javanakicca


3. Cetasika mempunyai kicca 5 ada berjumlah 21:
~ Sobhanasadharanacetasika 19
~ Pannacetasika 1
~ Chandacetasika 1


Tugasnya 5 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Javanakicca
5. Tadarammanakicca



4. Cetasika mempunyai kicca 6 ada berjumlah 1 :
~ Piticetasika

Tugasnya 6 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Santiranakicca
5. Javanakicca
6. Tadarammanakicca



5. Cetasika mempunyai kicca 7 ada berjumlah 1:
~ Viriyacetasika

Tugasnya 7 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Votthapanakicca
6. Javanakicca
7. Tadarammanakicca



6. Cetasika mempunyai kicca 9 ada berjumlah 3:
~ Vitakka
~ Vicara
~ Adimokkha


Tugasnya 9 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Sampaticchanakicca
6. Santiranakicca
7. Votthapanakicca
8. Javanakicca
9. Tadarammanakicca



7. Cetasika mempunyai kicca 14 ada berjumlah 7:
~ Sabbacittasadhanacetasika 7

Tugasnya 14 macam, yaitu:
1. Patisandhikicca
2. Bhavangakicca
3. Cutikicca
4. Avajjanakicca
5. Dassanakicca
6. Savanakicca
7. Ghayanakicca
8. Sayanakicca
9. Phusanakicca
10. Sampaticchanakicca
11. Santiranakicca
12. Votthapanakicca
13. Javanakicca
14. Tadarammanakicca


Untuk Jenis-jenis cetasika (52) bisa liat di link ini.... http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,422.0.html

_/\_ :lotus:

« Last Edit: 17 July 2009, 02:06:22 PM by Lily W »
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #67 on: 17 July 2009, 03:34:08 PM »
dear bro citra

sepertinya anda ini masih belum jelas sehingga pertanyaan anda tetap mengenai "sankhara ada dalam vitthi yg mana?"

Ini saya kembali masukkan logika cetasika yg terdiri dari :
- vedana
- sanna
- sankhara (50 cetasika)

Dari pernyataan diatas jelas adalah sankhara adalah KUMPULAN dari 50 cetasika jadi anda ga bisa bilang bhw sankhara ini ada di citta mana dalam citta vitthi

sedangkan 50 cetasika itu sendiri TIDAK bisa berkumpul pada saat bersamaan misal akusala cetasika muncul pad akusala citta, tapi sobhana cetasika ga mungkin muncul di akusala citta

demikian juga pada kusala citta, muncul sobhana cetasika tapi tidak akan ada akusala cetasika

Dengan demikian,  sesungguhnya sankhara itu TIDAK PERNAH muncul secara lengkap 50 cetasika dalam citta manapun... .secara lengkap loh, bukan dalam artian per cetasika

itu yg sy coba jelaskan dari awal bhw ga akan nyambung jika anda bahas citta vitthi tp dari sudut pandang khandha krn sesungguhnya khandha itu sendiri adalah KUMPULAN
sedangkan dalam vitthi, sudah membahas mengenai per komponennya

Semoga skrg udah bisa jelas yah

metta

hehehe ... mgkn emang saya yg bodoh kali bro ...

Menjawab pertanyaan sendiri, saya berpendapat bahwa sankhara muncul di setiap no. pada cittavithi dimana memang cetasika itu berjalan mengikuti citta seperti bayangan mengikuti tuannya ...

Namanya juga cittavitthi (proses citta) yah tentunya itu kan penguraian dari citta (bukan berdasar jenis yang muncul lho) ... ;D pasti ada cetasika yang mengiringi (sankhara cetasika 50)...

Hanya untuk meyakinkan pendapat pribadi aja koq (biar gak salah jalan)... :)

Oke deh bro ... sampe sepanjang ini ngerepotin anda, terima kasih yah...

_/\_

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #68 on: 17 July 2009, 03:49:08 PM »
[sis] sis Lily yang baik ... :)

Untung aja waktu dimilis tempo hari, sis reply postingan saya ... klo enggak, mana bisa posting di DC sampe diatas 1000 gini ... ;D

Setelah tulisan merah itu muncul, semua memang jelas bahwa kicca yah berhubungan dengan cittavithi (sebelumnya yg merah itu gak ada kan ? )

Anumodana buat kesabaran sis berdiskusi dengan saya yah ... :)

salam,
_/\_

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CITTA VITHI
« Reply #69 on: 17 July 2009, 04:03:04 PM »
dear bro citra

sepertinya anda ini masih belum jelas sehingga pertanyaan anda tetap mengenai "sankhara ada dalam vitthi yg mana?"

Ini saya kembali masukkan logika cetasika yg terdiri dari :
- vedana
- sanna
- sankhara (50 cetasika)

Dari pernyataan diatas jelas adalah sankhara adalah KUMPULAN dari 50 cetasika jadi anda ga bisa bilang bhw sankhara ini ada di citta mana dalam citta vitthi

sedangkan 50 cetasika itu sendiri TIDAK bisa berkumpul pada saat bersamaan misal akusala cetasika muncul pad akusala citta, tapi sobhana cetasika ga mungkin muncul di akusala citta

demikian juga pada kusala citta, muncul sobhana cetasika tapi tidak akan ada akusala cetasika

Dengan demikian,  sesungguhnya sankhara itu TIDAK PERNAH muncul secara lengkap 50 cetasika dalam citta manapun... .secara lengkap loh, bukan dalam artian per cetasika

itu yg sy coba jelaskan dari awal bhw ga akan nyambung jika anda bahas citta vitthi tp dari sudut pandang khandha krn sesungguhnya khandha itu sendiri adalah KUMPULAN
sedangkan dalam vitthi, sudah membahas mengenai per komponennya

Semoga skrg udah bisa jelas yah

metta

hehehe ... mgkn emang saya yg bodoh kali bro ...

Menjawab pertanyaan sendiri, saya berpendapat bahwa sankhara muncul di setiap no. pada cittavithi dimana memang cetasika itu berjalan mengikuti citta seperti bayangan mengikuti tuannya ...

Namanya juga cittavitthi (proses citta) yah tentunya itu kan penguraian dari citta (bukan berdasar jenis yang muncul lho) ... ;D pasti ada cetasika yang mengiringi (sankhara cetasika 50)...

Hanya untuk meyakinkan pendapat pribadi aja koq (biar gak salah jalan)... :)

Oke deh bro ... sampe sepanjang ini ngerepotin anda, terima kasih yah...

_/\_

dear bro

kalau saya boleh perjelas : bukan sankhara cetasika 50 bro, melainkan cetasika2 yg termasuk dalam 50 cetasika dalam sankhara khanda

Juga harus diingat adanya sanna dan vedana khandha yg notabene merupakan sanna dan vedana cetasika yang justru selalu ada dalam setiap citta (sabbacitta sadharana cetasika)

hendaknya bro jgn merasa "bodoh" karena saya sendiri belajar dari April 2005 tapi baru "ngeh" mengenai hubungan2 citta, cetasika, rupa sejak sekitar Agustus 2008
Kebayang khan dibimbing oleh mentor Pak Selamat yg sangat berkompeten aja, saya butuh 3.5 taon baru bisa "ngeh", boro2 menguasai......

Jika memang anda berkesempatan, hendaknya bisa hadir di kelas abhidhamma di Gunung Sahari tgl 8 Agustus biar kita bisa sharing bersama mengenai buddha dhamma

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: CITTA VITHI
« Reply #70 on: 17 July 2009, 04:03:48 PM »
[sis] sis Lily yang baik ... :)

Untung aja waktu dimilis tempo hari, sis reply postingan saya ... klo enggak, mana bisa posting di DC sampe diatas 1000 gini ... ;D

Setelah tulisan merah itu muncul, semua memang jelas bahwa kicca yah berhubungan dengan cittavithi (sebelumnya yg merah itu gak ada kan ? )

Anumodana buat kesabaran sis berdiskusi dengan saya yah ... :)

salam,
_/\_

Iyah... saya salut ama Bro G.Citra... :jempol: (+1) ... pertanyaannya bagus sekali... mengkondisikan saya untuk membaca buku Abhidhammatthasangaha lagi... sebelumnya saya belum mendapat pelajaran yg sedetail yg saya postingkan itu. Postingan itu menambah pengetahuan saya tentang citta vithi, kicca, pembagian citta & cetasika menurut kicca dsbnya. Jujur yah...postingan itu memang agak susah di mengerti bagi yang belum mengerti ttg Citta Vithi, Citta & Cetasika. kalo Bro G.Citra sudah mengerti berarti Kebijaksanan Bro G.Citra sudah bertambah. Hebat...:jempol:

Semalam saya posting itu udah mau tengah malam dan ketiknya buru-buru lagi karena pulsa IM2 saya akan habis (jatuh tempo) pada tengah malam kemarin. Pas mau edit warna merah itu...inetku langsung putus (udah tengah malam). Baru tadi pagi saya bisa edit yg warna merah itu. Sori yah...sebelumnya membuat Bro G.CItra tidak mengerti.

Anumodana..._/\_

:lotus:



~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CITTA VITHI
« Reply #71 on: 17 July 2009, 04:13:16 PM »
[sis] sis Lily yang baik ... :)

Untung aja waktu dimilis tempo hari, sis reply postingan saya ... klo enggak, mana bisa posting di DC sampe diatas 1000 gini ... ;D

Setelah tulisan merah itu muncul, semua memang jelas bahwa kicca yah berhubungan dengan cittavithi (sebelumnya yg merah itu gak ada kan ? )

Anumodana buat kesabaran sis berdiskusi dengan saya yah ... :)

salam,
_/\_

Iyah... saya salut ama Bro G.Citra... :jempol: (+1) ... pertanyaannya bagus sekali... mengkondisikan saya untuk membaca buku Abhidhammatthasangaha lagi... sebelumnya saya belum mendapat pelajaran yg sedetail yg saya postingkan itu. Postingan itu menambah pengetahuan saya tentang citta vithi, kicca, pembagian citta & cetasika menurut kicca dsbnya. Jujur yah...postingan itu memang agak susah di mengerti bagi yang belum mengerti ttg Citta Vithi, Citta & Cetasika. kalo Bro G.Citra sudah mengerti berarti Kebijaksanan Bro G.Citra sudah bertambah. Hebat...:jempol:

Semalam saya posting itu udah mau tengah malam dan ketiknya buru-buru lagi karena pulsa IM2 saya akan habis (jatuh tempo) pada tengah malam kemarin. Pas mau edit warna merah itu...inetku langsung putus (udah tengah malam). Baru tadi pagi saya bisa edit yg warna merah itu. Sori yah...sebelumnya membuat Bro G.CItra tidak mengerti.

Anumodana..._/\_

:lotus:





Eh ci lily tonton dvd abhidhamma yg judulnya Citta 1 lom?

disitu ratna ada terangin hubungan citta2 yg ada dalam citta vitthi, dengan ahetuka citta yg ada dalam penjelasan tabel citta

disitu juga bisa dilihat mana citta yg vipaka, yg kiriya.....

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: CITTA VITHI
« Reply #72 on: 17 July 2009, 04:20:54 PM »
Eh ci lily tonton dvd abhidhamma yg judulnya Citta 1 lom?

disitu ratna ada terangin hubungan citta2 yg ada dalam citta vitthi, dengan ahetuka citta yg ada dalam penjelasan tabel citta

disitu juga bisa dilihat mana citta yg vipaka, yg kiriya.....

DVD yg di kasih waktu ikut kelas Dr. Mehm Tin Mon yaah? waduh...saya simpan di mana yah? saya belum tonton tuch.

Saya pernah nonton DVD yg Mentor agi jelaskan ttg Ahetuka citta itu... tapi waktu itu saya kurang tangkap penjelasan itu...kalo sempat saya mau tonton lagi aahhh...

Bro Markos...Anumodana yaah..._/\_

:lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline g.citra

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.372
  • Reputasi: 31
  • Gender: Male
  • Hidup adalah Belajar, Belajar adalah Hidup
Re: CITTA VITHI
« Reply #73 on: 17 July 2009, 04:56:17 PM »
hendaknya bro jgn merasa "bodoh" karena saya sendiri belajar dari April 2005 tapi baru "ngeh" mengenai hubungan2 citta, cetasika, rupa sejak sekitar Agustus 2008
Kebayang khan dibimbing oleh mentor Pak Selamat yg sangat berkompeten aja, saya butuh 3.5 taon baru bisa "ngeh", boro2 menguasai......

Jika memang anda berkesempatan, hendaknya bisa hadir di kelas abhidhamma di Gunung Sahari tgl 8 Agustus biar kita bisa sharing bersama mengenai buddha dhamma

Nah itu dia bro ... saya gak mgkn bisa dateng tuh, di padum aja yg deket gak sempet koq ... (maklumlah) .. ;D ...

Makanya di DC ini, senang bisa belajar abhidhamma dengan bro dan sis Lily (pada sabar neranginnya) ... :)

_/\_ ...

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: CITTA VITHI
« Reply #74 on: 17 July 2009, 05:04:44 PM »
Eh ci lily tonton dvd abhidhamma yg judulnya Citta 1 lom?

disitu ratna ada terangin hubungan citta2 yg ada dalam citta vitthi, dengan ahetuka citta yg ada dalam penjelasan tabel citta

disitu juga bisa dilihat mana citta yg vipaka, yg kiriya.....

DVD yg di kasih waktu ikut kelas Dr. Mehm Tin Mon yaah? waduh...saya simpan di mana yah? saya belum tonton tuch.

Saya pernah nonton DVD yg Mentor agi jelaskan ttg Ahetuka citta itu... tapi waktu itu saya kurang tangkap penjelasan itu...kalo sempat saya mau tonton lagi aahhh...

Bro Markos...Anumodana yaah..._/\_

:lotus:

Hayo... dicari..... ;D

soalnya disitu ratna menjelaskan citta yg menyambungkan antara tabel citta dengan citta vitthi, yg menurut saya agak lebih unik dibanding yg pernah saya liat   ;)

kelas abhidhamma minggu lalu tgl 11 Juli, saya lebih jelaskan mengenai ahetuka..... mengenai ahetuka akusala 7, ahetuka kusala 8 dan kiriya 3

misal kenapa di akusala cuma 7 tapi di kusala ada 8 : itu berhubungan dengan santirana dimana pada kusala ada santirana upekkha dan somanassa
tapi di akusala hanya ada yg akusala karena yg domanassa itu hanya ada di dosa mula citta, jadi ga bisa muncul di ahetuka citta

kira2 seperti itulah penjelasan2 mengenai citta

dan topik terakhir sedang bahas mengenai kamma yg akan saya lanjutin di tgl 8 Agustus mengenai contoh2 kamma misal bagaimana kamma lampau bisa mendukung kamma saat ini, dsbnya