Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa  (Read 26541 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #75 on: 28 November 2009, 08:07:43 PM »
Ah Bro Merc bisa aja.. Tau drmn banyak detektor kesucian di sana? Detektor kesucian paling sahih ya 1 doang, tp dah hilang dikremasi setelah Maha-parinibbana. Selain itu, Agga-savaka seperti YM Sariputta Thera dan YM Maha-moggallana Thera aja ngga bisa deteksi kesucian, apalagi yg sekarang2. ;D

Tambahan sedikit dari blognya S.Dhammika:
Quote

Here’s an interesting fact for you. In Thailand it is illegal to wear a monk’s robe if you have not been properly ordained. The only people who do this are those who think (correctly as it happens) that they can more easily solicit money or cigarettes from people or sell them magical amulets if they are thought to be a monk. If the police stop someone they suspect of being a fake monk and he cannot produce his monk’s ID card, they’ll arrest him. But here’s the interesting part. If he can show that he has an ID card and that he is therefore a ‘real’ monk, they'll bow to him and let him go to continue to trying to cadge money off people. Undergoing the legally valid ordination makes you a monk (or nun). Whether you’re genuinely committed to the spiritual life or not, whether you’re learned or not, whether you spend all day sleeping or meditating, doesn’t seem to interest most people, even the Eccesiastical Council. Just as clothes make the man, the ceremony makes the monk (or nun). These verses, attributed to the Buddha, must have been inserted into the Tipitaka at a later date.

Although adorned in fine clothes if he cultivates equanimity and is calm, disciplined, restrained, living the holy life, harmless to all living beings, he is a priest, he is an ascetic, he is a bhikkhu. Dhammapada 142.

One is not a bhikkhu simply by begging alms from others while living a lay-like life. Begging does not make a bhikkhu. But whoever is unconcerned with good and evil, a liver of the holy life, wandering carefully in the world, he is a real bhikkhu. Dhammapada 266-7



The above picture is of Lungpo Jumnean, one of the most esteemed of Thailand’s many amulet-selling monks. His amulets, which can cost up to $5000, are bigger than most and therefore more ‘potent’. Dear old Lungpo has become very wealthy through his amulet business. But its quite alright because he has been properly ordained - unlike those disgraceful nuns.

Ini fenomena di salah 1 aliran Buddhisme juga, di negara tertentu. ;)

_/\_

P.S
What do you guys think about the pic above? :D
« Last Edit: 28 November 2009, 08:15:45 PM by Jerry »
appamadena sampadetha

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #76 on: 28 November 2009, 08:17:46 PM »
waduh...diskusi kayak gini bisa timbul kamma buruk melalui pikiran...ga akan bisa terbukti kalo kalian belum jadi Arahat..mending kalian berlatih diri aja drpd diskusi krg bermanfaat gini..ga ada hasilnya..malah bisa membawa akibat buruk buat kalian apabila statement (yang mendarah daging) kalian salah..
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #77 on: 28 November 2009, 08:31:16 PM »
Kalau tidak salah hanya seorang Arahat yang memiliki abhinna, yang bisa mengetahui apakah bhikkhu lain telah mencapai kesucian Arahat atau belum.

Tapi kesucian lebih rendah tak dapat mengkonfirmasi kesucian yang lebih tinggi, hanya kesucian yang lebih tinggi atau minimum sama dan juga memiliki abhinna (cetopariya nana) yang bisa menilai seorang Ariya Puggala lainnya.

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #78 on: 28 November 2009, 08:42:38 PM »
Saudara Bond yang baik,

Coba perhatikan kembali foto-foto tersebut, dan katakan pada saya sejujurnya, apakah ada ekspresi atau tidak di wajahnya?

Apakah seseorang yang sudah upekkha (karena tak melekat pada pancakhandha) seperti seorang Arahat, akan menunjukkan ekspresi bahagia, senang, sedih dlsbnya?
 
 _/\_

Foto hanya ekspresi saja, sama orang sedang berbisik pas difoto seperti akan mencium. Saya kan sudah bilang dalam keterangan kepada mas Jerry bahwa ada kemungkinan saat keluar airmata dia juga sambil bicara....sehingga muncul ekspresi itu.

Nah yang harus ditanyakan apakah dia terisak-isak, rekaman video yang bisa memastikan.
Kedua apakah ada foto juga dan rekaman video ekspresi2 arahat jaman dulu, dan muka2nya. Kadang ekspresi tertentu dengan muka tertentu bisa salah menilai kondisi batin orang yang sebenarnya.

Coba deh misal ada arahat yang tidak ada abinna. Terus kagetin dari belakang coba jantungnya berdegup kencang sejenak ngak.?nantilagi2 dibilang emosi yang tak terkendali lagi :))

buat sampling 10 arahat  dulu^-^

Tangisan itu ada dua terisak-isak atau biasa saja. senyuman dan terbahak-bahak itu hampir mirip. Yang satu pada tertentu dia hanya tersenyum kalo diteruskan ya terbahak-bahaklah.

sama begitu nangis kalau diteruskan ya terisak-isak.

Masalahnya penyebab kebahagiaan dan menangis saya rasa sah2 saja sepanjang dia terkendali. Ini sih dugaan saya.

Kalau nangis saja kontroversial, lebih kontroversial lagi arahat bicara kasar dan bunuh diri. Sayang tidak ada foto atau rekaman video Pilinda vacca waktu panggil orang 'Wretch" terus liat ekspresinya  :))

Makanya saya cuma bisa bilang ke mbah, Apakah mbah bisa liat  batin luangta, itu yang paling akurat. Buddha sendiri setiap menilai arahat maka dilihat batinnya dulu. Bukan ekspresi, bukan penampilan luar. Karena semua yang tampak kasat mata bisa menipu. Termasuk keraguan Bhikkhu yang menanyakan kepada SB tentang Pilinda.

Masalahnya mbah sendiri tidak mau jawab pertanyaan sederhana.

Kenapa tidak ada yang bertanya saja pada Tipitaka atau Buddha. Berbohong jika bukan arahat maka pelanggaran vinaya besar. Tapi koq Sangha Thailand anteng2 aja tuh.

Sikap saya sudah jelas silakan dibaca2 lagi. arahat adalah manusia yang memiliki kemanusiawian selama masih ada panckhanda, khususnya rupakhanda. Yang tidak ada adalah semua hal yang negatif yg menyebabkan dia terlahir kembali yang tercermin dari perilaku.

Sikap saya sudah saya katakan sejujurnya mengenai foto , apa yang saya yakini dan sebagainya dengan terbuka. Tapi mbah menghindar dgn berbagai alasan dari pertanyaan sederhana sekali yang mana tidak menyinggung siapa2. Tapi ya sudahlah. Ayo tanya lagi mbah sampe saya yakin deh bahwa Luangta bukan arahat  :))
« Last Edit: 28 November 2009, 08:50:51 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #79 on: 28 November 2009, 08:46:42 PM »
waduh...diskusi kayak gini bisa timbul kamma buruk melalui pikiran...ga akan bisa terbukti kalo kalian belum jadi Arahat..mending kalian berlatih diri aja drpd diskusi krg bermanfaat gini..ga ada hasilnya..malah bisa membawa akibat buruk buat kalian apabila statement (yang mendarah daging) kalian salah..

Itu salah 1 cara indoktrinasi secara halus yang paling bagus.. Menyisipkan ketakutan ke dalam lubuk batin orang agar tidak berani diskusi di luar batas kotak dan dengan demikian status quo terjaga dengan aman. Ngga jauh beda dengan di agama tetangga atau Buddhisme aliran tertentu yg mengatakan, "kalau begini begitu.. dosa loh.. dapat hukuman Tuhan atau oknum XXX loh.."
Tidak perlu menilai batin orang lain yg berdiskusi, nilai saja batin sendiri. Yang diam dan tidak berbicara belum tentu dalamnya juga diam. Buktinya ada yg diam terus dan akhirnya angkat bicara. Ingat cerita 3 bhikkhu Zen yg bermeditasi? ^-^
Jika memang seperti kata Anda, saya siap utk menanggung konsekuensi dari diskusi yg saya lakukan. Fungsi forum utk melatih diri melalui komunikasi, jadi pergunakan dan manfaatkan sebaik-baiknya. Kalau mau latihan meditasi ya jangan join forum tapi join retreat. FYI, I do both. What about you? 

_/\_
appamadena sampadetha

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #80 on: 28 November 2009, 08:47:00 PM »
Kalau tidak salah hanya seorang Arahat yang memiliki abhinna, yang bisa mengetahui apakah bhikkhu lain telah mencapai kesucian Arahat atau belum.

Tapi kesucian lebih rendah tak dapat mengkonfirmasi kesucian yang lebih tinggi, hanya kesucian yang lebih tinggi atau minimum sama dan juga memiliki abhinna (cetopariya nana) yang bisa menilai seorang Ariya Puggala lainnya.

 _/\_

Makanya mbah panggil para bhikkhu diseluruh dunia berkumpul lalu diseleksi siapa yang disinyalir sudah mencapai arahat dan punya abinna. Terus tanya tentang Luangta. mau diumumkan boleh, ngak juga ngak apa2,  bisikin aja ke saya. ^-^

Gitu baru pasti, daripada kita berargumen kan :)) kecuali kalau mbah uda arahat bisa liat batin Luangta dan bilang Luangta Pasti belum arahat. Baru saya percaya deh.. ^:)^ cukup bisikin aja. Sorry bukan meremehkan ya..... cuma joke aja_/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #81 on: 28 November 2009, 08:51:59 PM »

Coba deh misal ada arahat yang tidak ada abinna. Terus kagetin dari belakang coba jantungnya berdegup kencang sejenak ngak.?nantilagi2 dibilang emosi yang tak terkendali lagi :))

Mohon mahap, nyela para sesepuh..
Ada 1 kasus YM Sariputta Thera dipukul dari belakang oleh brahmana yang ingin membuktikan apakah beliau benar2 arahat. Jadi bukan sekedar dikagetin aja. Setelah dipukul hingga terjatuh telungkup, YM Sariputta Thera bangkit lagi lalu berjalan seperti biasa tanpa menghiraukan si pemukul, bahkan tidak menoleh sedikit pun.

_/\_
appamadena sampadetha

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.233
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #82 on: 28 November 2009, 09:36:18 PM »
itu salah satu contoh cara yg bodoh, jgn di tiru yah.... apa lgi pergi ke thiland dan mengunakan cara yg bodoh itu ato cara bodoh lainnya untuk mengetes...
...

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #83 on: 28 November 2009, 09:38:45 PM »

Coba deh misal ada arahat yang tidak ada abinna. Terus kagetin dari belakang coba jantungnya berdegup kencang sejenak ngak.?nantilagi2 dibilang emosi yang tak terkendali lagi :))

Mohon mahap, nyela para sesepuh..
Ada 1 kasus YM Sariputta Thera dipukul dari belakang oleh brahmana yang ingin membuktikan apakah beliau benar2 arahat. Jadi bukan sekedar dikagetin aja. Setelah dipukul hingga terjatuh telungkup, YM Sariputta Thera bangkit lagi lalu berjalan seperti biasa tanpa menghiraukan si pemukul, bahkan tidak menoleh sedikit pun.

_/\_

Mas Jerry,

Numpang tanya juga ya...

Mengenai sariputta tidak valid, Sariputta punya abinna atau minimal jhana.

Kedua...Apakah mas Jerry tau detak jantungnya Sariputta saat itu? pada moment dipukul dadakan, dari situ kita bisa tau.

Ketiga. Namanya orang dipukul kencang dan langsung jatuh terlungkup mana kelihatan kagetnya sedikitpun. apalagi bhikkhu badannya kecil2 dan kalah tenaga karena sila tentang makan.
Makanya direkam trus di slow motion dulu he..he

Keempat yang ada dalam Sutta hanya diceritakan setelah dia dipukul, dia bangun dan kemudian jalan, artinya setelah jatuh, biasanya ada jeda nah karena dia arahat langsung sadar apa yang terjadi, dan kemungkinan dengan abinna dia juga tau maka dia bangun dan jalan lagi dengan tenang. Bagaimana moment pukulan mendarat, saat itu reaksi rupkhanda terhadap rasa sakit.

Sama halnya ditinju rahang anda begitu keras, ada ekspresi kaget bisa2 langsung pingsan
Arahat itu sepertinya seperti robot ya he..he



« Last Edit: 28 November 2009, 09:40:20 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #84 on: 28 November 2009, 09:47:23 PM »
 [at] The Ronald
Kalo ada yg mau ngetes silakan2 aja, mukul orang biasa aja dah bakal dapet vipaka. Apalagi kalao yg dipukul beneran punya tingkat kesucian, apalagi arahat. :))

Anyway.. kalo ada yg dah ngetes, bagi2 ceritanya yak ;D

 [at] Om Bond
Hihi.. Itu cerita dari Pitaka koq. Cm sharing gitu.. Kan Om Bond sebelumnya nanya gmn kalo arahat dikagetin, jd saya share cerita yg lebih dr sekedar mengagetkan arahat. :)
appamadena sampadetha

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #85 on: 28 November 2009, 09:51:24 PM »
Ah Bro Merc bisa aja.. Tau drmn banyak detektor kesucian di sana? Detektor kesucian paling sahih ya 1 doang, tp dah hilang dikremasi setelah Maha-parinibbana. Selain itu, Agga-savaka seperti YM Sariputta Thera dan YM Maha-moggallana Thera aja ngga bisa deteksi kesucian, apalagi yg sekarang2. ;D

Tambahan sedikit dari blognya S.Dhammika:
Quote

Here’s an interesting fact for you. In Thailand it is illegal to wear a monk’s robe if you have not been properly ordained. The only people who do this are those who think (correctly as it happens) that they can more easily solicit money or cigarettes from people or sell them magical amulets if they are thought to be a monk. If the police stop someone they suspect of being a fake monk and he cannot produce his monk’s ID card, they’ll arrest him. But here’s the interesting part. If he can show that he has an ID card and that he is therefore a ‘real’ monk, they'll bow to him and let him go to continue to trying to cadge money off people. Undergoing the legally valid ordination makes you a monk (or nun). Whether you’re genuinely committed to the spiritual life or not, whether you’re learned or not, whether you spend all day sleeping or meditating, doesn’t seem to interest most people, even the Eccesiastical Council. Just as clothes make the man, the ceremony makes the monk (or nun). These verses, attributed to the Buddha, must have been inserted into the Tipitaka at a later date.

Although adorned in fine clothes if he cultivates equanimity and is calm, disciplined, restrained, living the holy life, harmless to all living beings, he is a priest, he is an ascetic, he is a bhikkhu. Dhammapada 142.

One is not a bhikkhu simply by begging alms from others while living a lay-like life. Begging does not make a bhikkhu. But whoever is unconcerned with good and evil, a liver of the holy life, wandering carefully in the world, he is a real bhikkhu. Dhammapada 266-7



The above picture is of Lungpo Jumnean, one of the most esteemed of Thailand’s many amulet-selling monks. His amulets, which can cost up to $5000, are bigger than most and therefore more ‘potent’. Dear old Lungpo has become very wealthy through his amulet business. But its quite alright because he has been properly ordained - unlike those disgraceful nuns.

Ini fenomena di salah 1 aliran Buddhisme juga, di negara tertentu. ;)

_/\_

P.S
What do you guys think about the pic above? :D

Kalau gambar diatas gue ada cerita lucu....

Waktu baca tentang profilenya mantap, ditulis murid Ajahn Lee Dhammadaro. Terus pas searching2 ketemu foto itu , bikin penasaran  ^-^

Trus pas datang ke bali, sebenarnya gua mo kesana mo liat, tapi ada acara lain. Akhirnya gue suruh temen coba liat dan minta ceritakan apakah situasinya masih sama dengan yang difoto. Ternyata cerita2..astaga  ^-^ Trus chat di YM oleh  salah satu momod, malah ketawa bareng...malah ketawaiin gue gara2 ngak jadi datang. Sebenernya kalo tuh acara ngak ikut juga bisa sih.... ^-^

Dan sempet gue coba mantra die juga...tapi manjur juga lho, temen gue juga,dan ada satu anak DC katanya juga gitu   :)) --> jangan ditiru ya, nanti kalo ngak manjur gua disalahin  :))

Ngomong2 aliran apa Luangpu itu ?
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #86 on: 28 November 2009, 10:04:50 PM »
Ah.. Katanya cerita tp ngga jelas gitu Om.. :hammer:
Cerita ya cerita, ngga ya ngga.. Jangan cerita yg ngga-ngga Om. ;D

Mau dong mantranya, manjur mana ama mantra Wu Tai Fo Mi Le? :D
appamadena sampadetha

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #87 on: 28 November 2009, 10:12:19 PM »
Ah.. Katanya cerita tp ngga jelas gitu Om.. :hammer:
Cerita ya cerita, ngga ya ngga.. Jangan cerita yg ngga-ngga Om. ;D

Mau dong mantranya, manjur mana ama mantra Wu Tai Fo Mi Le? :D

 

Manjuran si Luanpu  :))

metta puttho puttho ah ho sit.
pas lu baca kalo keluar hisit, jangan tanya gue ya.. ;D

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #88 on: 28 November 2009, 10:18:26 PM »
postingkan ID MONK (id card) duunnnggg,

gw pingin lihat tuhhhhh
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Pertanyaan seputar Luanta Mahaboowa
« Reply #89 on: 28 November 2009, 10:19:19 PM »
gw ga mau keluar hisit, kalo bisa keluar wangsit aja.. biar bisa jadi nabi baru aye. >:D

koq curiga ama mantra itu ya.. kayanya ngga bener nih.. jangan2 aye lg dipermaenin ama Om Bond :-?
appamadena sampadetha