Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 34646 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #75 on: 17 July 2012, 05:32:29 PM »
kalau pesan babi untuk dibunuh?? ;D

jujur gw gak tega, kalo pesen babi idup trus suru orang bunuh. beli dagingnya aja deh supermarket, walaupun kalah segar. itupun gw gak brani potong daging mentahnya sendiri walaupun udah berbentuk daging. makanya biasa istri gw yang motongin, gw yang masak. yah pokoknya kalau dihayati bener bener, semua prosesnya dari si babi idup, gw bisa memahami kenapa orang pengen jadi vegetarian.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.847
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #76 on: 17 July 2012, 06:25:16 PM »
jujur gw gak tega, kalo pesen babi idup trus suru orang bunuh. beli dagingnya aja deh supermarket, walaupun kalah segar. itupun gw gak brani potong daging mentahnya sendiri walaupun udah berbentuk daging. makanya biasa istri gw yang motongin, gw yang masak. yah pokoknya kalau dihayati bener bener, semua prosesnya dari si babi idup, gw bisa memahami kenapa orang pengen jadi vegetarian.
Coba direnungkan proses pembantaian hama, penggemburan tanah yang meremukkan cacing2, mengusir burung2 dan hewan mengganggu lainnya. Mungkin orang itu jadi tidak makan, tidak pakai baju, dan tinggal di pohon. Mungkin sambil beternak cacing dalam perut.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #77 on: 17 July 2012, 06:42:31 PM »
Makanya Kebijaksanaan dalam ajaran sang Buddha sangat menonjol. Gunakanlah kebijaksanaan ajaran Buddha untuk menjalani kehidupan ini.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #78 on: 17 July 2012, 09:50:30 PM »
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?
blom di jawab nih
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #79 on: 17 July 2012, 11:29:07 PM »
Coba direnungkan proses pembantaian hama, penggemburan tanah yang meremukkan cacing2, mengusir burung2 dan hewan mengganggu lainnya. Mungkin orang itu jadi tidak makan, tidak pakai baju, dan tinggal di pohon. Mungkin sambil beternak cacing dalam perut.

itulah sebabnya gw masih makan daging juga :p kalo dipikirin ya memang seperti itu makanya gak terlalu dipikirin lah. bagi yang gak tega, gak usah makan, bagi yang tega silakan makan.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #80 on: 18 July 2012, 08:54:34 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #81 on: 18 July 2012, 09:27:30 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.
=D>
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #82 on: 18 July 2012, 09:49:48 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.
jadi kalau makan menambah noda batin, kalau ga makan, ada kontrol diri?
ga ada akibat misalnya tar kelahiran selanjutnya jadi babi di makan orang?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #83 on: 18 July 2012, 09:56:41 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #84 on: 18 July 2012, 10:08:28 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.

jika anda membaca Vinaya Pitaka, ada banyak kejadian di mana para bhikkhu melakukan hal-hal yg tidak selayaknya gara2 undangan makan, hal itu memicu banyaknya aturan sehubungan dengan makanan yang ditetapkan oleh Sang Buddha. Apakah menurut anda persoalan yg timbul itu bukan suatu bentuk reaksi dalam pikiran mereka?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #85 on: 18 July 2012, 10:15:54 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?
Yang ingin saya tanyakan akibat dari perbuatan makan babi bijimana ?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #86 on: 18 July 2012, 10:19:38 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?

Kalau begitu bahkan Sang Buddha pun tidak mampu melakukan hal yg anda sebutkan itu, karena seandainya Sang Buddha bisa, tentu Beliau tidak perlu harus terpaksa memakan makanan kuda ketika terjadi bencana kelaparan di tempat di mana Sang Buddha sedang menetap.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #87 on: 18 July 2012, 11:56:01 AM »
Apakah mereka yang ribut mempunyai pikiran yang murni? Sang buddha makan makanan kuda,apakah sang Buddha mengeluh? Setahu saya dari tipitaka,tripitaka yang teringat olehku,tidak ada catatan kalau sang Buddha dan muridNya yang telah mencapai arahata mengeluh soal makanan yang diterima,kecuali keluhan datang dari muridNya yang belum mencapai pencerahan. Maksudku disini adalah sehubungan dengan penerimaan dana,bahwa sang Buddha dan muridnya yang telah mencapai arahata,menerima dengan pikiran murni,tanpa reaksi pikiran maka hanya persetujuan dalam sikap diam yang murni dalam pikiran.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #88 on: 18 July 2012, 12:04:48 PM »
At ryu. Mau jadi apapun itu urusanmu sendiri dari pikiranmu,ucapanmu dan perbuatanmu sendiri. Habis makan babi,yang jelas pertama jadi kenyang dan harus bisa dibuang sisa kotoran dalam perut.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #89 on: 18 July 2012, 12:10:37 PM »
..seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?

=====================
Mau jadi apapun itu urusanmu sendiri dari pikiranmu,ucapanmu dan perbuatanmu sendiri. Habis makan babi,yang jelas pertama jadi kenyang dan harus bisa dibuang sisa kotoran dalam perut.
gitu ya?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))