Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 34540 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline WhiteTara2009

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #30 on: 24 September 2009, 07:08:17 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
Tau deh.   Aku sich ngak ngerasa menyerang mereka atau lagi membanggakan diri yach saat itu.   Wong cuma lagi ngomongin soal film "Earthlings"  dan efeknya diri sendiri sesudah nonton.

Cuma heran aja melihat reaksi2 mereka yg mendadak seperti ....gimana gitu.....kayak aku ini maklhuk aneh.
Sama bbrp saudara juga begitu ketika enyak aku bilang "Dia mah skrg udah ogah makan daging",  langsung tatapan itu muncul.  Ngak ada komentar dari mereka, tapi cuma melirik ke aku.   Sampe aku rasanya biar gimanapun timbul rasa kesal juga.   Dlm pikiran aku  "Kok bisa sich orang kayak paranoid gitu pas tau gua vegan.   Seperti aku punya penyakit menular aja !!!".
 GItu lohhh.


Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

Dan juga masuk yg ini :  3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur
« Last Edit: 24 September 2009, 07:18:01 PM by WhiteTara2009 »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #31 on: 24 September 2009, 07:57:41 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
hehehe.. coba refresh ingatan Anda ya..
Ketika Anda mengatakan film tersebut mengharukan, bagaimana raut wajah mereka ? interested / tidak ?
Jika tidak interested, dan Anda mulai melanjutkan cerita bahwa Anda menjadi sadar blablabla.. itu akan FATAL akibatnya..

Setiap manusia memiliki interest yang berbeda2. Awal saya rasa mereka akan menunjukkan interest / tidak melalui body language dan raut wajah. Misal tidak peduli apa yang Anda katakan / cenderung DIAM. Namun jika Anda tidak menyadarinya dan terus berbicara mengenai film itu.. mereka akan sampai ke satu titik JENUH, dan mulai mempersenjatai diri untuk membuat Anda bungkam.. misal dengan cara mengajak Anda makan babi panggang.. ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wen78

  • Sebelumnya: osin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.014
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #32 on: 24 September 2009, 08:54:20 PM »
Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

kalo udah minta jangan pake daging tapi tetap dikasih daging, menurut gua sih jgn disisihkan. soalnya kl disisihkan, pada akhirnya dibuang.
banyak orang yg kelaparan, tapi kita mudahnya membuang makanan. apalagi yg di masak oleh orang tua atau istri atau pacar. bukan soal enak-tidak enak atau daging-bukan daging. tapi dalam makanan tsb ada nilai perhatian, kasih sayang, keperdulian, dll di dalam nya.

tapi kl memang udah bertekad bulat, ya gpp juga. itu berbalik ke masing2 ;D
segala post saya yg tidak berdasarkan sumber yg otentik yaitu Tripitaka, adalah post yg tidak sah yg dapat mengakibatkan kesalahanpahaman dalam memahami Buddhism. dengan demikian, mohon abaikan semua statement saya di forum ini, karena saya tidak menyertakan sumber yg otentik yaitu Tripitaka.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #33 on: 24 September 2009, 09:21:56 PM »
Gw mau tanya ni,
gmn jika terdapat hidangan daging di piring makan kita(bagi yg vege)?
A.membuang daging yg ada dipiring
B.memberikan daging itu pada teman/kerabat yg ada disebelah kita..

2.
Quote
Intinya :
1. Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan karena apa pun makanan yang berlebihan akan dirombak untuk disimpan dalam bentuk lemak.

ini pertanyaan terpendam aye. ;D
Apa ada hubungan antara masa pertumbuhan dengan porsi makan?
Soalnya porsi makanku diatas rata2..
Tapi berat tubuhku ideal(ga obesitas)..
Apa itu pengaruh masa pertumbuhan ato faktor keserakahan?
^Maaf udah oot ;D
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline hariyono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 17
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #34 on: 24 September 2009, 10:09:41 PM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #35 on: 24 September 2009, 11:37:01 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
Tau deh.   Aku sich ngak ngerasa menyerang mereka atau lagi membanggakan diri yach saat itu.   Wong cuma lagi ngomongin soal film "Earthlings"  dan efeknya diri sendiri sesudah nonton.

Cuma heran aja melihat reaksi2 mereka yg mendadak seperti ....gimana gitu.....kayak aku ini maklhuk aneh.
Sama bbrp saudara juga begitu ketika enyak aku bilang "Dia mah skrg udah ogah makan daging",  langsung tatapan itu muncul.  Ngak ada komentar dari mereka, tapi cuma melirik ke aku.   Sampe aku rasanya biar gimanapun timbul rasa kesal juga.   Dlm pikiran aku  "Kok bisa sich orang kayak paranoid gitu pas tau gua vegan.   Seperti aku punya penyakit menular aja !!!".
 GItu lohhh.


Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

Dan juga masuk yg ini :  3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur


biasanya kalau teman kita ada yg "bertobat",
ya pasti deh lainnya dgn senang hati mengerjainnya....
spt ngajak babi guling dsb....

menurut saya  film "Earthlings" bagus sekali,
cuma belum sampai membuat saya vetarian....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #36 on: 25 September 2009, 01:46:06 AM »
gw masih makan daging nih.. dan jarang makan sayur hehehe

cuma, yang mo gw share di sini, lu tetep semangat ajah, biasa tuh.. temen temen pada belum kebuka aja pikirannya..

temen gw juga gitu, dan kita kita sempat jauhin dia, tapi dia selalu memberi perhatian ama kita, jadi deket dia lagi

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #37 on: 25 September 2009, 07:02:49 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.376
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #38 on: 25 September 2009, 10:39:23 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

sama nih..
kalo baru vege 2 minggu, dulu Elin ga rasain beda nya tuh..

Mulai rasain perbedaan kalo uda berminggu2 / berbulan2 deh :)

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #39 on: 25 September 2009, 10:58:16 AM »
bukan sayur atau daging yg merupakan masalah utamanya,melainkan rasa rakus kita terhadap makanan tersebut,jgn pun makan daging terlalu berlebihan makan sayur bisa kena penyakit,bhiku makan sayur tp d latih untuk tdk rakus jd menurut sy veg atau tidak sm saja sebab bkn hal2 yg d luar diri kita yg bs membuat kt mulia tp apa2 yg d pikirkan,d perbuat dan kesadaran kita semoga ini bs jd masukan....... 

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #40 on: 25 September 2009, 11:29:37 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

sama nih..
kalo baru vege 2 minggu, dulu Elin ga rasain beda nya tuh..

Mulai rasain perbedaan kalo uda berminggu2 / berbulan2 deh :)

elin, dalam hal meditasi, vege berminggu2 atau berbulan2 mungkin saja membawa faedah, tp tidak secara langsung.

Offline freedom

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 100
  • Reputasi: 7
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #41 on: 25 September 2009, 12:03:35 PM »

kalo udah minta jangan pake daging tapi tetap dikasih daging, menurut gua sih jgn disisihkan. soalnya kl disisihkan, pada akhirnya dibuang.
banyak orang yg kelaparan, tapi kita mudahnya membuang makanan. apalagi yg di masak oleh orang tua atau istri atau pacar. bukan soal enak-tidak enak atau daging-bukan daging. tapi dalam makanan tsb ada nilai perhatian, kasih sayang, keperdulian, dll di dalam nya.

tapi kl memang udah bertekad bulat, ya gpp juga. itu berbalik ke masing2 ;D
[/quote]

Hallo rekan Wen78 :)
Salam kenal :)

Numpang ikutan nimbrung ya :)

Dalam pergaulan sehari2.. memang akan menemukan berbagai cara dan pola hidup masing2 personal..
Memang betul kata anda.. berbalik pada masing..
Dan alangkah baiknya.. jika rekan2 yang ingin belajar berVegetarian.. jangan ragu untuk menyatakan dirinya berVegetarian..
Jadi pada saat ada jamuan makan... pihak yang mengundang telah memahami alasan tidak ikut serta dalam makan.. mungkin hanya minum saja.. jadi dapat menghindari rasa kesalahpahaman atas perhatian-kepedulian-kasihsayang yang telah diberikan.. dengan demikian dan saya rasa.. masing2 akan menghormati cara dan pola hidup yg telah dipilih..

Jika saat memesan makanan.. bagi yang belajar berVegetarian.. ada daging yang tercampur.. kembali pada cara dan pola hidup masing2..
Betul.. banyak manusia yang kelaparan.. jk bisa dikembalikan pada pihak restoran adalah lebih baik (krn saat memesan pasti sudah memberi instruksi tanpa daging).. jika tak bisa dikembalikan.. jangan dibuang.. minta dibungkus.. lalu pesan yg benar2 tanpa daging.. Memang akan bayar ekstra.. kembali lagi ke pribadi masing2..
Makanan yang dibungkus tsb.. bisa kita beri ke rekan2 yang membutuhkan..

Cara dan pola hidup BerVegetarian memang masih baru.. jadi dalam pergaulan teman atau bisnis.. apalagi saat jalan2 bersama.. ada perjamuan dll.. ada perbedaan yg terjadi saat memesan makanan.. namun hal ini jangan sampai mengurangi atau membuat diri minder..

Saya pernah berkali mendapat "kata2" seperti "hidup dihutan pasti hidup.." / "pemakan tumbuhan" dll
Bahkan hal2 yg saya rasa aneh jg terjadi.. khususnya saat sakit, pasti berkata.. "nah kan itu gara2 berVegetarian.. makanya bisa tekanan darah turun.. sakit tipes.. dan sakit2 lainnya".. walaupun dalam hati.. bertanya " memangnya bagi teman2 yg pola hidup non Vege tak pernah sakit tekanan darah turun.. sakit tipes.. dll :p "..

Menjawab judul thread "Vegetarian tidak disenangi orang"..
Menurut saya.. bukan tidak disenangi.. namun hanya saja kurang dipahami bahwa ada pola hidup yg baru dan berbeda dari rekan2 biasanya..
Untuk itu.. perlu bagi rekan2 yang belajar berVegetarian untuk tak henti2 menjelaskan pola hidup ini.. dan tetap eksis dalam pergaulan-pertemanan-bisnis..
Jangan menjadikan pola hidup BerVegetarian.. sebagai hambatan..
Buatlah pola hidup BerVegetarian memberi warna baru dalam pergaulan..

Jadi panjang..

JIka ada kata2 salah.. mohon senior memberi petunjuk..

Semoga Semua Mahluk Berbahagia :)

~Peace
Freedom

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #42 on: 25 September 2009, 01:42:18 PM »
Quote
Saya pernah berkali mendapat "kata2" seperti "hidup dihutan pasti hidup.." / "pemakan tumbuhan" dll
Bahkan hal2 yg saya rasa aneh jg terjadi.. khususnya saat sakit, pasti berkata.. "nah kan itu gara2 berVegetarian.. makanya bisa tekanan darah turun.. sakit tipes.. dan sakit2 lainnya".. walaupun dalam hati.. bertanya " memangnya bagi teman2 yg pola hidup non Vege tak pernah sakit tekanan darah turun.. sakit tipes.. dll :p "..

Yup, joke diatas sering saya dengar.. berarti kalo yg non vege di hutan ngak bisa hidup?  ^-^
Nyatanya bhikkhu dhutangga ada yg vege(Ajahn Amaro) dan tidak vege juga bisa hidup. Bagaimana di gurun pasir apakah keduanya bisa hidup...khususnya yg buddhist? Kalo yg naik onta yg non vege bisa hidup kali ya...tapi nanti muncul alasan bunuh onta melanggar sila... akhirnya ngak makan juga.. :P

Kembali lagi jalan tengah...
Misal orang yg memiliki penyakit tertentu dan harus vege... ya jalankan saja..
Atau yg vege ada penyakit tertentu harus memakan obat2 an dari hewani....ya makan saja

Ada kasus teman memiliki kanker payudara... lalu dia diet secara ketat menjadi vegetarian..hanya memakan sayur2 mentah dan buah2an yg dijus saja.. alhasil sekarang dia sudah sembuh.

Ada kasus pribadi, waktu saya di Thailand tinggal bersama bhikkhu2 dhutangga dan makan hanya mengandalkan pemberian umat. Rata2 makanannya tidak vege..banyak bercampur daging akhirnya makan sayurnya saja, dagingnya ya tidak diambil. Toh...masih ada yg mau makan dagingnya..

Bagaimana kalau tidak sengaja termakan dagingnya...ya sudah diperut mau diapakan, dosa? tidak dosa....!

Jadi ini kembali kepada pilihan pola hidup dan saling menghargai pandangan masing2.

Contoh : orang yg vege punya argumen cinta kasih supaya mencegah pembunuhan hewan oleh si penjagal dengan dimulai dari diri sendiri. Demand and supply.

Sementara yg non vege punya argumen, kita bernafas ataupun minum air ada mikroba atau bakteri itu juga membunuh...

Lalu mana yg benar..dua2nya benar.

Saya ambil contoh sila menghindari pembunuhan maka mikroba yang termakan apakah termasuk melanggar sila...? tentu tidak karena kembali kepada niat..sekalipun kematian suatu mikroba/ataupun sejenisnya  yg termakan sifatnya tak bisa dikontrol. Dan tetap masuk kategori pembunuhan

Apakah yg non vege juga salah beli daging di pasar?, yg khususnya sudah jadi bangkai. Tentu tidak juga karena niat hanya untuk makan..karena bukan si pemakan yg bunuh tapi si penjagal.

Jadi ini masalah vege dan tidak vege atau kapan jadi non vege dan vege kembali pada pilihan yg harus disikapi dengan bijaksana dan bukan dengan keekstriman. Saya melihat suatu perdebatan mana yg benar vege dan tidak vege adalah suatu hal yg ekstrem dan tidak berguna.

Bukan hal yg ekstrem dan menjadi bermanfaat jika kita melihat kedua manfaat dan melihat kelebihan dari vege-non vege dan kekurangan dari vege -non vege secara ilmiah dan kita tinggal memilihnya...pola mana yg ingin kita ikuti.

Kalau mau dibuat argumen kedua belah pihak dari jaman dulu sampai sekarang memang menjadi kontroversial.

Saya juga mau bertanya sedikit diluar topik..untuk dibahas bersama..

Yaitu kembali mengenai di gurun pasir...

Jika  ditengah-tengah gurun pasir kehabisan perbekalan makanan dan minuman yg tersisa adalah onta.. dan satu2nya cara adalah memakan dan meminum darah dan daging onta yg hidup itu...untuk survive. Karena kalau tidak dimakan itu onta hanya tinggal satu pilihan yaitu Anda akan mati kelaparan.

nah bagaimana menurut teman2 dari sudut pandang Buddhist..apakah membunuh onta tersebut melanggar sila? khususnya sila pertama?
Dan apa yg akan teman2 lakukan terhadap onta tersebut jika berada dalam situasi tersebut?


 _/\_
« Last Edit: 25 September 2009, 02:04:21 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #43 on: 25 September 2009, 02:44:19 PM »
Jawaban yang bagus dari Bro Bond,

well dalam Buddhism setahu saya sesuatu itu menghasilkan Kamma karena adanya niat.

Jika muncul niat untuk memenuhi kebutuhan jasmani ini dgn cara memakan daging unta tersebut maka hal ini tdk salah, namun disini jika dgn jelas kita sudah mengetahui jika kita memakan untah tersebut berarti kita harus membunuhnya, nah ini menjadi masalahnya tentu saja ini menghasilkan kamma buruk walaupun tdk sebesar kamma buruk membunuh unta demi kesenangan.. tapi membunuh tetaplah membunuh sejauh kita mengetahui pembunuhan itu dilakukan karena niat kita untuk memakan unta tersebut...

jika saya berada disituasi itu, saya nga mao makan untahnya jika saya harus membunuhnya, kasihan untanya dia juga pasti ingin hidup seperti saya. haha, terus dari pada saya harus dihantui perasaan bersalah lebih baik saya tdk melakukannya. belum tentu dgn membunuh unta tersebut saya bisa bertahan hidup sampai ketemu jalan keluar, tp jika saya yg mati unta itu bisa tetap bertahan hidup karena memang mereka hidupnya digurun pasir. mungkin pandangan saya bakal dianggap bodoh. haha......

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #44 on: 15 October 2009, 10:04:22 AM »
Kalo mau bervegetarian ya vegetarian aja, jgn terlalu pusingin omongan org lain, tp jgn setelah bervegetarian lalu timbul satu bentuk kesombongan baru , seolah2 merasa diri sendiri lebih hebat dr org yg lainnya . Intinya kembali pd diri sendiri ... selalu lihatlah ke dlm diri ini :)

Amithofo ... be peace _/\_
thanks Buddha...