Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 48281 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline WhiteTara2009

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Vegetarian tidak disenangi orang ???
« on: 24 September 2009, 04:17:11 AM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #1 on: 24 September 2009, 06:35:52 AM »
susah sih kalau sudah masuk domain orang lain. lebih baik kita jalankan aja sendiri, jika mereka tanya baru kita jelaskan dengna baik dan jangan kita "atur" orang tetang makanannnya. tidak semua orang suka dihimbau :)

kalau beda sendiri dari yang ada memang sulit, tapi hal itu wajar karena seperti warna merah diantar warna putih. :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #2 on: 24 September 2009, 06:38:34 AM »
gw engga vegetarian sih , terhadap orang yang vegetarian gw juga ga ada masalah

santai aja

lanjutkan hehe..
NOW

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #3 on: 24 September 2009, 06:41:34 AM »
Perseteruan antara kaum vege dan non vege dikarenakan kadang kala ada beberapa kaum vege merasa dirinya "lebih suci" dan menggurui. Hal ini yang menyebabkan muncul ketidaknyamanan. Saya kurang tahu apa yang terjadi dengan bro dengan family. Namun saran saya, jika mereka belum bisa menerima mengenai vegetarian, tidak perlu dipaksa dan tidak perlu pula membawa topik vegetarian dalam kehidupan sehari2, kecuali kalau mereka bertanya..

Vegetarian memang bagus, namun saya sering juga menekankan ke vegetarian yang fanatik, bervegetarian menyucikan mulut dan pencernaan, namun tidak menyucikan hati dan pikiran, apa gunanya ?

Akan tetapi perseteruan ini tidak selalu terjadi, contoh dengan para Bhante. Mengapa ? Karena mereka tidak fanatik dan menganggap mereka lebih suci. :)

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #4 on: 24 September 2009, 08:52:55 AM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

Menurut saya sih sewaktu bro menjelaskannya
terlalu mengebu-gebu (berapi-api), over dosis...

sehingga mereka melihat bro sudah berubah menjadi
orang yg lain dari kelompok mereka (mungkin mereka kaget gitu).

lebih baik pinjam aja film tsb pada mereka.

lebih baik menjelaskan vegetarian sesuai pandangan mereka
(mungkin lebih hemat, lebih sehat, atau gimana.
 jadi jangan kebanyakan dari versi anda) Juga bisa berikan
pertanyaan pancingan spt... bagaimana menurut mereka
terhadap orang yg vegetarian.....

sulit membuat semua orang senang. menurut bro itu baik
utk anda dan memiliki kebajikan, ya lakukan aja...
gak usah terlalu menjelaskan, yg penting dimana mereka
bro menjadi orang yg lebih baik dari dulu......

action is stronger than words.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #5 on: 24 September 2009, 08:54:01 AM »
Senada dgn bro forte...
Versus praktisi vege dengan non vege biasanya terjadi karena adanya pernyataan vege lebih mengibarkan bendera cinta kasih ke semua makhluk.
Sebenarnya jika beneran pengen vege...yah mulai saja dari diri sendiri.. jgn mempengaruhi orang lain.

JW bukan praktisi vege..., namun doyan masakan vege alami (bukan daging palsu) dari mama  :x :x :x
Dan ada beberapa teman praktisi vege. Tapi mereka tidak pernah mengusung bendera cinta kasih dalam menjalankan vege. Yahh..mungkin mereka jadi vege karna saran dokter untuk menekan kolestrol mereka.. dan mungkin juga karna lifestyle.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #6 on: 24 September 2009, 08:57:21 AM »
Bagaimana pandangan saya bagi mereka yg vetarian ?

ya menghargain aja pilihan mereka.

tapi kalau ada kesan "memamerkan udah berapa tahun vege..."
nah itu yg kurang baik.......

vegetarian itu baik, menurut saya
ucapan, pikiran dan tindakan yg baik
  nilainya lebih dari vegetarian
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #7 on: 24 September 2009, 09:44:58 AM »
Senada dgn bro forte...
Versus praktisi vege dengan non vege biasanya terjadi karena adanya pernyataan vege lebih mengibarkan bendera cinta kasih ke semua makhluk.
Sebenarnya jika beneran pengen vege...yah mulai saja dari diri sendiri.. jgn mempengaruhi orang lain.

JW bukan praktisi vege..., namun doyan masakan vege alami (bukan daging palsu) dari mama  :x :x :x
Dan ada beberapa teman praktisi vege. Tapi mereka tidak pernah mengusung bendera cinta kasih dalam menjalankan vege. Yahh..mungkin mereka jadi vege karna saran dokter untuk menekan kolestrol mereka.. dan mungkin juga karna lifestyle.

Yeah.. ada beberapa teman saya vege, and so far so good gitu.. saya tidak keberatan jika ketika makan bareng, mereka minta saya ikut mereka makan di resto vege.. it's no problem..
bagi saya gak aneh.. cuma yang mengesalkan jika ada oknum vege mulai berkoar2 jika saya tidak menanyakan pentingnya vege.. Hiduplah seperti biasa.. maka akan diperlakukan seperti biasa juga.. Di forum ini juga, sering terjadi perseteruan antara agama K dan B, karena adanya oknum agama K yang menyebarkan agama tanpa diminta.. Di sisi kehidupan lain, kadang kala kita begitu kesal kepada sales kartu kredit yang mati2an menelepon kita untuk menawarkan kartu kredit.

Mengapa ?
Jawabannya cuma 1 : Walau produk kartu kredit bagus, walau produk agama sebelah bagus, walau vegetarian bagus, namun kalau kita tidak interest, jangan dibicarakan jika tidak diminta. Kalau melanggar rule ini, akibatnya akan dijauhi dan merasa aneh sendiri.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #8 on: 24 September 2009, 09:51:01 AM »
kalo ogut rasa, mereka bukan merasa aneh deh... tapi mereka kagum kali sama niat dan usaha ente...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #9 on: 24 September 2009, 09:56:27 AM »
Kalau kita vegetarian jalankan saja sendiri dengan pengertian yg benar. Kalau ditanya mengapa, baru dijelaskan.. Memang kadangkala orang2 yg kolot dan berpikiran sempit menganggap orang yg vegetarian 'aneh' dsb..khususnya dilingkungan keluarga. Tetapi dan yang paling penting kita tidak perlu pusing dengan apa yg dikatakan mereka.

Hal yg sering terjadi pula adalah orang yang vegetarian sering sok menggurui juga, ini menjadi masalah yg makin runyam.

Biasanya kalo ada orang yg mencibir saya dan kadangkala hal itu terjadi. Saya hanya tersenyum dan EGP.

Pernah ada dalam suatu kumpulan agama lain, bertanya macam2 dan saya tau pertanyaan itu hanya untuk konsumsi perdebatan yg tidak ada habisnya.. dan bahkan menyuruh mencoba memakan daging itu..saya hanya bilang "uda dari sononya vege" ^-^ Kadangkala saya tanya balik, kalo 'kamu suruh saya makan daging kembali seperti dulu, kenapa kamu tidak mencoba sebaliknya.." Tentunya kalau diteruskan yang ada perdebatan tidak ada habisnya..

Menurut saya pribadi vegetarian adalah baik, tidak vege juga baik selama semua menu itu seimbang. Tetapi kalau sudah mulai berumur khususnya 40 tahun ke atas atau ada penyakit2 tertentu misal jantung, kolestrol, darah tinggi dan kanker maka mengurangi konsumsi daging sangat diperlukan.

Dan khususnya juga para meditator yg intensif mengurangi makan daging dan makanan tertentu lainnya akan membantu untuk berkonsentrasi. Saya ambil contoh: saat anda retreat diberi makan daging kambing, apalagi dibuat sate..nah coba anda bermeditasi apalagi masih pemula...pasti akan gelisah, tapi ini bukan kaitannya dengan kesucian tetapi lebih kepada proses pencernaan, peredaran darah atau proses jasmani terhadap makanan yg membuat kita tidak nyaman saat bermeditasi. Kalau sudah tidak nyaman sedikit banyak mempengaruhi konsentrasi. Tentunya makanan ini hanya salah satu faktor yg mempengaruhi dan bukan secara keseluruhan dalam hal konsentrasi.
 _/\_
« Last Edit: 24 September 2009, 10:01:28 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #10 on: 24 September 2009, 10:39:49 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #11 on: 24 September 2009, 10:55:56 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D
:-SS :-SS ^:)^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #12 on: 24 September 2009, 11:25:40 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #13 on: 24 September 2009, 11:28:30 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Oom, pak, mbah, boss, saudara, bro Haa... udahan ya meditasinya?
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #14 on: 24 September 2009, 11:32:25 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D
:-SS :-SS ^:)^
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

Seorang vegetarian katanya agar tidak menyebabkan pembunuhan mahluk hidup, kalau makan daging kambing yang mati ketabrak kereta api boleh nggak ya?   :hammer:
« Last Edit: 24 September 2009, 11:50:49 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #15 on: 24 September 2009, 11:36:39 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #16 on: 24 September 2009, 11:37:57 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

sadisnya dimana ya??

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #17 on: 24 September 2009, 11:39:02 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?

makananya donk...

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #18 on: 24 September 2009, 11:39:42 AM »
apakah vegetarian mereportkan orang rumah
(bila menu org rumah kebanyakan daging?)

bagaimana kalau kecipratan minyak babi gitu?
bagaimana kalau kebaukan bau babi ?

kalau oester saus boleh ?


Teman gw juga vegetarian,
tapi dendeng sapi, dendeng babi dia mau... terutama
yg dari singapore
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #19 on: 24 September 2009, 11:45:09 AM »
Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #20 on: 24 September 2009, 11:59:46 AM »
ikutan nimbrung pengalaman vegetarian dech......

dulu smu pernah nyoba vege... tapi setelah kena demam berdarah.. yah udah deh gak lanjut vege lagi.....

padahal gak ada hubungannya vege dengan demam bedarah kalee :hammer:

ada risih juga sih.. soalnya waktu makan2 sama orang, pasti deh ada yg nyeletuk..."Vege yah?" terus nanyain "karena prinsip atau kesehatan?"

dan untuk makanan yah.. ribet juga... karena sekeluarga cuman ogut doank yg vege waktu itu, yah mama juga repot masaknya..

sekarang sih dah enggak vege lagi ;D apa ajah juga dihajar...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #21 on: 24 September 2009, 12:04:37 PM »
Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Pada dasarnya vegetarian ada 3 jenis :

1. vegan = hanya makanan yg dari tumbuhan saja dan biji2an serta buah2an saja tidak minum susu sapi atau susu hewani

2. Lacto vegan = no.1 + boleh minum susu sapi

3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur

Nah pada umumnya kalau orang vegetarian karena alasan agama yg dihubungkan dengan kesucian maka sayur yg terkena daging2an entah minyaknya atau unsur hewani lainnya dalam sayur itu, mereka tidak akan makan.

Tetapi jika karena faktor kesehatan atau kebiasaan maka hal2 diatas diabaikan yg penting makan sayurnya..

Jadi kembali kepada si vegetaris itu sendiri maunya gimana..

« Last Edit: 24 September 2009, 12:08:19 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #22 on: 24 September 2009, 12:19:54 PM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

sadisnya dimana ya??

gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?

makananya donk...

Ohh...kiraen hajar orangya..  ;D  ^:)^ ^:)^

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #23 on: 24 September 2009, 01:14:19 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #24 on: 24 September 2009, 01:33:18 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya

Tidak perlu vegetarian 100% saja juga bisa kena stroke, kanker saja juga bisa. Memang pikiran dan asupan gizi makanan harus seimbang.

Oleh karena itu selain pikiran dijaga, kita harus tau diri tentang apa yg diperlukan oleh tubuh. Bukan asal enak dan asal kenyang. ;D

Biasanya kalau untuk stroke dan kanker, tingkat resiko terkena penyakit itu lebih besar bagi yang banyak mengkonsumsi daging  dibandingkan yang vegetarian tetapi bukan berarti seorang vegetarian bebas dari segala penyakit, masih banyak faktor lain yg mempengaruhinya.

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #25 on: 24 September 2009, 02:21:25 PM »
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.

lho kok bisa gitu ya?
hehehe.. mungkin cara penyampaian yang kurang bisa diterima oleh orang sekitar mu.
mereka merasa gaya hidup nya dipaksa mjd vege juga

Dulu Elin pernah kok vege bbrp bulan, tapi agak ada satupun org yg jauhin
Justru mereka pada bingung, kok bisa sih kuat ga makan daging? gmn cara nya? gak ngiler?
Elin jawab bisa lah, kan uda niat. Gak ngiler donk, kalo ngiler itu namanya gak niat vege.
selain itu Elin ga kasih nasehat / ajakan yg memaksa untuk mengkonsumsi makanan vege.
Kalo mereka mau coba, yaa bisa tambah pengalaman makanan vege. tapi kalo ga mau coba gpp sih.
Kalo sekedar menawarkan makan di restoran vege sih iya, tapi kalo tuh org menolak krn takut gak doyan, ya udah.. Elin ga tanya lagi.

Malahan kalo lagi jalan bareng, ada bbrp temen merasa gak enak kalo mau makan makanan hewani (krn Elin ga makan itu).
But I said "Its ok.. makan aja lah, Elin cari gado2 / ketoprak"
atau biasanya kalo mau pergi lama hampir seharian, Elin uda siapin makanan alternatif saat jam makan (misalnya : sebelum berangkat, uda masak dulu / praktisnya beli roti), just in case ga ada makanan non hewani disana.

Jadi saat jam makan tiba, Elin ga repot cari makanan.
Gak enak juga ama temen kalo mereka jadi repot cariin makan utk Elin.
laaah malah saling merasa gak enak.. Elin ga enak krn mereka repot cariin makanan vege sedangkan mereka gak enak krn Elin ga makan apa yg uda disajikan (krn merka ga tau Elin lg vege).. :))
Elin sedih kalo bikin org lain repot mikirin gimana caranya Elin makan. Elin gak mau begitu...

Yang vege kan Elin doank, mereka engga. Dan itu kemauan Elin sendiri, bukan suruhan mereka.
Jalan bareng kan pengen nya sama2 enak donk, intinya mereka makan & Elin juga makan.
Dengan begitu mereka akan nyaman utk ajak Elin pergi lagi, gak punya beban krn Elin blm makan sedangkan mereka uda makan.

Saran Elin, ga usah terlalu banyak kasih pengertian ke mereka betapa penting nya konsumsi sayur2an.
Mereka juga pasti tau lah, kalo sayuran itu menyehatkan.
Saat mereka melihat kita enjoy mjd vegetarian (hidup bahagia, tidak terbeban krn ga bs makan daging, tidak kesulitan bertele2 utk cari makanan, jadi lbh penyabar, muka terlihat lbh fresh, gak loyo krn lemes, dll) pasti ada salah satu dari mereka yg mau coba jadi vegetarian..
Itu uda Elin buktikan lho, bbrp org dilingkungan Elin jadi tertarik mau vege. Seinget Elin keknya ada 4 org :)

Met dicoba yaaa _/\_
« Last Edit: 24 September 2009, 02:27:02 PM by Elin »

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #26 on: 24 September 2009, 05:00:49 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya

Saudara Johan yang baik,

Saya ada saudara yang dari umur lima tahun sudah mulai vegetarian, secara alami dia memang tidak menyukai daging, sepanjang hayatnya ia vegetarian, umur 52 tahun ia terkena stroke. Jadi berdasarkan pengalaman itu saya beranggapan bahwa vegetarian tidak merupakan jaminan hidup lebih sehat.

Menurut dunia kedokteran penyebab penebalan arteri bukan disebabkan oleh makan daging tapi disebabkan oleh mengkonsumsi lemak yang berlebihan.

Menurut para ahli, lemak yang berasal dari ikan laut dalam bagus untuk kesehatan.

Lantas apa yang sebenarnya menjadi penyebab stroke dan serangan jantung? Menurut saya pikiranlah yang menjadi penyebab mengapa seseorang yang vegetarian juga bisa kena stroke.

Bila kita lihat para bhikkhu yang menjalankan hidup teratur dan menenangkan batinnya dengan meditasi biasanya harapan hidupnya juga lebih panjang walaupun tidak vegetarian.

Menurut pendapat saya bukan hanya apa yang kita makan berpengaruh terhadap kesehatan, tetapi gaya hidup sehat dan yang tak kalah pentingnya adalah "moderation in eating" (makan secukupnya / tak berlebihan)

sukhi hotu
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #27 on: 24 September 2009, 05:13:49 PM »
Menyambung postingan di atas.. for reminding.. bahwa dari karbohidrat itu sendiri dapat dirombak juga menjadi lemak

Dari sini akan saya jelaskan pengaruh meditasi ditinjau dari sudut ilmiah.

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita ini juga diatur oleh Sistem Saraf Perifer yang terdiri dari sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Dan ada 2 hormon yang berkaitan dengan pengaturan gula darah, yaitu hormon insulin yang mengubah glucose menjadi glicogen, dan hormon glucagon yang merupakan antagonis dari insulin.

Pada saat keadaan stress, maka tubuh akan lebih banyak berperan sistem saraf simpatis, makanya yang terjadi adalah pengeluaran neurotransmitter ephinefrin dan nor ephinefrin lebih banyak. Dan akibat pengeluaran neurotransmitter ini, maka hormon glucagon lebih banyak dikeluarkan sehingga menyebabkan peningkatkan gula darah akibat perombakan dari glicogen menjadi glucose.

Dengan meditasi, maka keadaan stress dapat dikurangi, secara logika maka kerja saraf simpatis juga dikurangi, maka gula darah yang dihasilkan dari perombakan glikogen juga lebih sedikit dibanding saat stress.

Semoga bermanfaat
Selain itu yang lupa diuraikan, diabetes dekat kaitannya dengan penyakit jantung. Karena kelebihan gula darah akan dirombak juga menjadi lemak. Lemak2 yang ada akan menempel di dinding pembuluh darah dengan bantuan ion Ca++
Sehingga menyebabkan ruang pembuluh tempat aliran darah menjadi lebih sempit. Fenomena ini dikenal dengan Arterosklerosis yang akan menyebabkan tingginya tekanan darah dan dapat memicu terjadinya stroke.

Intinya :
1. Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan karena apa pun makanan yang berlebihan akan dirombak untuk disimpan dalam bentuk lemak.
2. Sucikan pikiran, tidak gampang terbawa stress.

2 point di atas ada dalam ajaran Buddhism..
Selamat praktek ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #28 on: 24 September 2009, 05:46:53 PM »
Quote
fabian c

Menurut dunia kedokteran penyebab penebalan arteri bukan disebabkan oleh makan daging tapi disebabkan oleh mengkonsumsi lemak yang berlebihan.

thanks bro fabian c,
dan juga kalifikasi bro Forte,

kelebihan makanan (karbohidrat) dirubah menjadi cadangan makanan (lemak).
Dan kelebihan lemak ini lama-kelamaan yg membuat penebalan arteri
serta akhirnya menimbulkan stroke.

Apakah 100% vegetarian juga menghasilkan koresterol "jahat" ?

thanks atas infonya!.... (sucikan pikiran....sucikan pikiran)
 _/\_ :x
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #29 on: 24 September 2009, 06:27:47 PM »
Apakah 100% vegetarian juga menghasilkan koresterol "jahat" ?

thanks atas infonya!.... (sucikan pikiran....sucikan pikiran)
 _/\_ :x

absolutely.. YES.
Selagi manusia itu masih tergolong mamals dan menghasilkan hormon, maka manusia terus memproduksi kolesterol
Jadi jika ada yang mengatakan tubuhnya bebas kolesterol, perlu ditanyakan spesiesnya..
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline WhiteTara2009

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #30 on: 24 September 2009, 07:08:17 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
Tau deh.   Aku sich ngak ngerasa menyerang mereka atau lagi membanggakan diri yach saat itu.   Wong cuma lagi ngomongin soal film "Earthlings"  dan efeknya diri sendiri sesudah nonton.

Cuma heran aja melihat reaksi2 mereka yg mendadak seperti ....gimana gitu.....kayak aku ini maklhuk aneh.
Sama bbrp saudara juga begitu ketika enyak aku bilang "Dia mah skrg udah ogah makan daging",  langsung tatapan itu muncul.  Ngak ada komentar dari mereka, tapi cuma melirik ke aku.   Sampe aku rasanya biar gimanapun timbul rasa kesal juga.   Dlm pikiran aku  "Kok bisa sich orang kayak paranoid gitu pas tau gua vegan.   Seperti aku punya penyakit menular aja !!!".
 GItu lohhh.


Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

Dan juga masuk yg ini :  3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur
« Last Edit: 24 September 2009, 07:18:01 PM by WhiteTara2009 »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #31 on: 24 September 2009, 07:57:41 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
hehehe.. coba refresh ingatan Anda ya..
Ketika Anda mengatakan film tersebut mengharukan, bagaimana raut wajah mereka ? interested / tidak ?
Jika tidak interested, dan Anda mulai melanjutkan cerita bahwa Anda menjadi sadar blablabla.. itu akan FATAL akibatnya..

Setiap manusia memiliki interest yang berbeda2. Awal saya rasa mereka akan menunjukkan interest / tidak melalui body language dan raut wajah. Misal tidak peduli apa yang Anda katakan / cenderung DIAM. Namun jika Anda tidak menyadarinya dan terus berbicara mengenai film itu.. mereka akan sampai ke satu titik JENUH, dan mulai mempersenjatai diri untuk membuat Anda bungkam.. misal dengan cara mengajak Anda makan babi panggang.. ^-^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline wen78

  • Sebelumnya: osin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.014
  • Reputasi: 57
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #32 on: 24 September 2009, 08:54:20 PM »
Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

kalo udah minta jangan pake daging tapi tetap dikasih daging, menurut gua sih jgn disisihkan. soalnya kl disisihkan, pada akhirnya dibuang.
banyak orang yg kelaparan, tapi kita mudahnya membuang makanan. apalagi yg di masak oleh orang tua atau istri atau pacar. bukan soal enak-tidak enak atau daging-bukan daging. tapi dalam makanan tsb ada nilai perhatian, kasih sayang, keperdulian, dll di dalam nya.

tapi kl memang udah bertekad bulat, ya gpp juga. itu berbalik ke masing2 ;D
segala post saya yg tidak berdasarkan sumber yg otentik yaitu Tripitaka, adalah post yg tidak sah yg dapat mengakibatkan kesalahanpahaman dalam memahami Buddhism. dengan demikian, mohon abaikan semua statement saya di forum ini, karena saya tidak menyertakan sumber yg otentik yaitu Tripitaka.

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #33 on: 24 September 2009, 09:21:56 PM »
Gw mau tanya ni,
gmn jika terdapat hidangan daging di piring makan kita(bagi yg vege)?
A.membuang daging yg ada dipiring
B.memberikan daging itu pada teman/kerabat yg ada disebelah kita..

2.
Quote
Intinya :
1. Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan karena apa pun makanan yang berlebihan akan dirombak untuk disimpan dalam bentuk lemak.

ini pertanyaan terpendam aye. ;D
Apa ada hubungan antara masa pertumbuhan dengan porsi makan?
Soalnya porsi makanku diatas rata2..
Tapi berat tubuhku ideal(ga obesitas)..
Apa itu pengaruh masa pertumbuhan ato faktor keserakahan?
^Maaf udah oot ;D
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline hariyono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 17
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #34 on: 24 September 2009, 10:09:41 PM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #35 on: 24 September 2009, 11:37:01 PM »
Awal nya sich bukan ngobrol soal "aku sudah jadi vegan",  tapi mengenai film Earthlings itu dimana aku bilang "mengharukan",  dan aku jadi sadar kalo aku terlibat sebagai salah satu penyebab kesengsaraan hewan ternak tsb.   Jadi aku bilang aku berikrar jadi vegan, dan menghimbau mereka memakan lebih banyak sayur karena toh daging punya banyak penyakit.  Nah disitu mendadak 1 orang seperti "menantang"  ide aku  dan malah mengajak makan "babi panggang & betapa enaknya rasanya".   Langsung deh yg laen ikut nimbrung dan mendadak aku merasa seperti "diserang"  karena himbauan "lebih banyak makan sayur itu lebih bagus".
Tau deh.   Aku sich ngak ngerasa menyerang mereka atau lagi membanggakan diri yach saat itu.   Wong cuma lagi ngomongin soal film "Earthlings"  dan efeknya diri sendiri sesudah nonton.

Cuma heran aja melihat reaksi2 mereka yg mendadak seperti ....gimana gitu.....kayak aku ini maklhuk aneh.
Sama bbrp saudara juga begitu ketika enyak aku bilang "Dia mah skrg udah ogah makan daging",  langsung tatapan itu muncul.  Ngak ada komentar dari mereka, tapi cuma melirik ke aku.   Sampe aku rasanya biar gimanapun timbul rasa kesal juga.   Dlm pikiran aku  "Kok bisa sich orang kayak paranoid gitu pas tau gua vegan.   Seperti aku punya penyakit menular aja !!!".
 GItu lohhh.


Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Nah gua masuk yg begini.  Sering makan bakmi, minta minyak sayur  tapi dagingnya ogah / disisihkan.   Kalo cuma terkena (atau ada daging di kuahnya) buatku ngak masalah.

Dan juga masuk yg ini :  3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur


biasanya kalau teman kita ada yg "bertobat",
ya pasti deh lainnya dgn senang hati mengerjainnya....
spt ngajak babi guling dsb....

menurut saya  film "Earthlings" bagus sekali,
cuma belum sampai membuat saya vetarian....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #36 on: 25 September 2009, 01:46:06 AM »
gw masih makan daging nih.. dan jarang makan sayur hehehe

cuma, yang mo gw share di sini, lu tetep semangat ajah, biasa tuh.. temen temen pada belum kebuka aja pikirannya..

temen gw juga gitu, dan kita kita sempat jauhin dia, tapi dia selalu memberi perhatian ama kita, jadi deket dia lagi

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #37 on: 25 September 2009, 07:02:49 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #38 on: 25 September 2009, 10:39:23 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

sama nih..
kalo baru vege 2 minggu, dulu Elin ga rasain beda nya tuh..

Mulai rasain perbedaan kalo uda berminggu2 / berbulan2 deh :)

Offline waliagung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 417
  • Reputasi: 3
  • Gender: Male
  • SEMOGA SEMUA MAHLUK HIDUP BERBAHAGIA
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #39 on: 25 September 2009, 10:58:16 AM »
bukan sayur atau daging yg merupakan masalah utamanya,melainkan rasa rakus kita terhadap makanan tersebut,jgn pun makan daging terlalu berlebihan makan sayur bisa kena penyakit,bhiku makan sayur tp d latih untuk tdk rakus jd menurut sy veg atau tidak sm saja sebab bkn hal2 yg d luar diri kita yg bs membuat kt mulia tp apa2 yg d pikirkan,d perbuat dan kesadaran kita semoga ini bs jd masukan....... 

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #40 on: 25 September 2009, 11:29:37 AM »
coba lah bervegetarian 2 minggu rasa kan faedah dalam meditasi

yang gw rasakan gak ada bedanya

sama nih..
kalo baru vege 2 minggu, dulu Elin ga rasain beda nya tuh..

Mulai rasain perbedaan kalo uda berminggu2 / berbulan2 deh :)

elin, dalam hal meditasi, vege berminggu2 atau berbulan2 mungkin saja membawa faedah, tp tidak secara langsung.

Offline freedom

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 100
  • Reputasi: 7
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #41 on: 25 September 2009, 12:03:35 PM »

kalo udah minta jangan pake daging tapi tetap dikasih daging, menurut gua sih jgn disisihkan. soalnya kl disisihkan, pada akhirnya dibuang.
banyak orang yg kelaparan, tapi kita mudahnya membuang makanan. apalagi yg di masak oleh orang tua atau istri atau pacar. bukan soal enak-tidak enak atau daging-bukan daging. tapi dalam makanan tsb ada nilai perhatian, kasih sayang, keperdulian, dll di dalam nya.

tapi kl memang udah bertekad bulat, ya gpp juga. itu berbalik ke masing2 ;D
[/quote]

Hallo rekan Wen78 :)
Salam kenal :)

Numpang ikutan nimbrung ya :)

Dalam pergaulan sehari2.. memang akan menemukan berbagai cara dan pola hidup masing2 personal..
Memang betul kata anda.. berbalik pada masing..
Dan alangkah baiknya.. jika rekan2 yang ingin belajar berVegetarian.. jangan ragu untuk menyatakan dirinya berVegetarian..
Jadi pada saat ada jamuan makan... pihak yang mengundang telah memahami alasan tidak ikut serta dalam makan.. mungkin hanya minum saja.. jadi dapat menghindari rasa kesalahpahaman atas perhatian-kepedulian-kasihsayang yang telah diberikan.. dengan demikian dan saya rasa.. masing2 akan menghormati cara dan pola hidup yg telah dipilih..

Jika saat memesan makanan.. bagi yang belajar berVegetarian.. ada daging yang tercampur.. kembali pada cara dan pola hidup masing2..
Betul.. banyak manusia yang kelaparan.. jk bisa dikembalikan pada pihak restoran adalah lebih baik (krn saat memesan pasti sudah memberi instruksi tanpa daging).. jika tak bisa dikembalikan.. jangan dibuang.. minta dibungkus.. lalu pesan yg benar2 tanpa daging.. Memang akan bayar ekstra.. kembali lagi ke pribadi masing2..
Makanan yang dibungkus tsb.. bisa kita beri ke rekan2 yang membutuhkan..

Cara dan pola hidup BerVegetarian memang masih baru.. jadi dalam pergaulan teman atau bisnis.. apalagi saat jalan2 bersama.. ada perjamuan dll.. ada perbedaan yg terjadi saat memesan makanan.. namun hal ini jangan sampai mengurangi atau membuat diri minder..

Saya pernah berkali mendapat "kata2" seperti "hidup dihutan pasti hidup.." / "pemakan tumbuhan" dll
Bahkan hal2 yg saya rasa aneh jg terjadi.. khususnya saat sakit, pasti berkata.. "nah kan itu gara2 berVegetarian.. makanya bisa tekanan darah turun.. sakit tipes.. dan sakit2 lainnya".. walaupun dalam hati.. bertanya " memangnya bagi teman2 yg pola hidup non Vege tak pernah sakit tekanan darah turun.. sakit tipes.. dll :p "..

Menjawab judul thread "Vegetarian tidak disenangi orang"..
Menurut saya.. bukan tidak disenangi.. namun hanya saja kurang dipahami bahwa ada pola hidup yg baru dan berbeda dari rekan2 biasanya..
Untuk itu.. perlu bagi rekan2 yang belajar berVegetarian untuk tak henti2 menjelaskan pola hidup ini.. dan tetap eksis dalam pergaulan-pertemanan-bisnis..
Jangan menjadikan pola hidup BerVegetarian.. sebagai hambatan..
Buatlah pola hidup BerVegetarian memberi warna baru dalam pergaulan..

Jadi panjang..

JIka ada kata2 salah.. mohon senior memberi petunjuk..

Semoga Semua Mahluk Berbahagia :)

~Peace
Freedom

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #42 on: 25 September 2009, 01:42:18 PM »
Quote
Saya pernah berkali mendapat "kata2" seperti "hidup dihutan pasti hidup.." / "pemakan tumbuhan" dll
Bahkan hal2 yg saya rasa aneh jg terjadi.. khususnya saat sakit, pasti berkata.. "nah kan itu gara2 berVegetarian.. makanya bisa tekanan darah turun.. sakit tipes.. dan sakit2 lainnya".. walaupun dalam hati.. bertanya " memangnya bagi teman2 yg pola hidup non Vege tak pernah sakit tekanan darah turun.. sakit tipes.. dll :p "..

Yup, joke diatas sering saya dengar.. berarti kalo yg non vege di hutan ngak bisa hidup?  ^-^
Nyatanya bhikkhu dhutangga ada yg vege(Ajahn Amaro) dan tidak vege juga bisa hidup. Bagaimana di gurun pasir apakah keduanya bisa hidup...khususnya yg buddhist? Kalo yg naik onta yg non vege bisa hidup kali ya...tapi nanti muncul alasan bunuh onta melanggar sila... akhirnya ngak makan juga.. :P

Kembali lagi jalan tengah...
Misal orang yg memiliki penyakit tertentu dan harus vege... ya jalankan saja..
Atau yg vege ada penyakit tertentu harus memakan obat2 an dari hewani....ya makan saja

Ada kasus teman memiliki kanker payudara... lalu dia diet secara ketat menjadi vegetarian..hanya memakan sayur2 mentah dan buah2an yg dijus saja.. alhasil sekarang dia sudah sembuh.

Ada kasus pribadi, waktu saya di Thailand tinggal bersama bhikkhu2 dhutangga dan makan hanya mengandalkan pemberian umat. Rata2 makanannya tidak vege..banyak bercampur daging akhirnya makan sayurnya saja, dagingnya ya tidak diambil. Toh...masih ada yg mau makan dagingnya..

Bagaimana kalau tidak sengaja termakan dagingnya...ya sudah diperut mau diapakan, dosa? tidak dosa....!

Jadi ini kembali kepada pilihan pola hidup dan saling menghargai pandangan masing2.

Contoh : orang yg vege punya argumen cinta kasih supaya mencegah pembunuhan hewan oleh si penjagal dengan dimulai dari diri sendiri. Demand and supply.

Sementara yg non vege punya argumen, kita bernafas ataupun minum air ada mikroba atau bakteri itu juga membunuh...

Lalu mana yg benar..dua2nya benar.

Saya ambil contoh sila menghindari pembunuhan maka mikroba yang termakan apakah termasuk melanggar sila...? tentu tidak karena kembali kepada niat..sekalipun kematian suatu mikroba/ataupun sejenisnya  yg termakan sifatnya tak bisa dikontrol. Dan tetap masuk kategori pembunuhan

Apakah yg non vege juga salah beli daging di pasar?, yg khususnya sudah jadi bangkai. Tentu tidak juga karena niat hanya untuk makan..karena bukan si pemakan yg bunuh tapi si penjagal.

Jadi ini masalah vege dan tidak vege atau kapan jadi non vege dan vege kembali pada pilihan yg harus disikapi dengan bijaksana dan bukan dengan keekstriman. Saya melihat suatu perdebatan mana yg benar vege dan tidak vege adalah suatu hal yg ekstrem dan tidak berguna.

Bukan hal yg ekstrem dan menjadi bermanfaat jika kita melihat kedua manfaat dan melihat kelebihan dari vege-non vege dan kekurangan dari vege -non vege secara ilmiah dan kita tinggal memilihnya...pola mana yg ingin kita ikuti.

Kalau mau dibuat argumen kedua belah pihak dari jaman dulu sampai sekarang memang menjadi kontroversial.

Saya juga mau bertanya sedikit diluar topik..untuk dibahas bersama..

Yaitu kembali mengenai di gurun pasir...

Jika  ditengah-tengah gurun pasir kehabisan perbekalan makanan dan minuman yg tersisa adalah onta.. dan satu2nya cara adalah memakan dan meminum darah dan daging onta yg hidup itu...untuk survive. Karena kalau tidak dimakan itu onta hanya tinggal satu pilihan yaitu Anda akan mati kelaparan.

nah bagaimana menurut teman2 dari sudut pandang Buddhist..apakah membunuh onta tersebut melanggar sila? khususnya sila pertama?
Dan apa yg akan teman2 lakukan terhadap onta tersebut jika berada dalam situasi tersebut?


 _/\_
« Last Edit: 25 September 2009, 02:04:21 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #43 on: 25 September 2009, 02:44:19 PM »
Jawaban yang bagus dari Bro Bond,

well dalam Buddhism setahu saya sesuatu itu menghasilkan Kamma karena adanya niat.

Jika muncul niat untuk memenuhi kebutuhan jasmani ini dgn cara memakan daging unta tersebut maka hal ini tdk salah, namun disini jika dgn jelas kita sudah mengetahui jika kita memakan untah tersebut berarti kita harus membunuhnya, nah ini menjadi masalahnya tentu saja ini menghasilkan kamma buruk walaupun tdk sebesar kamma buruk membunuh unta demi kesenangan.. tapi membunuh tetaplah membunuh sejauh kita mengetahui pembunuhan itu dilakukan karena niat kita untuk memakan unta tersebut...

jika saya berada disituasi itu, saya nga mao makan untahnya jika saya harus membunuhnya, kasihan untanya dia juga pasti ingin hidup seperti saya. haha, terus dari pada saya harus dihantui perasaan bersalah lebih baik saya tdk melakukannya. belum tentu dgn membunuh unta tersebut saya bisa bertahan hidup sampai ketemu jalan keluar, tp jika saya yg mati unta itu bisa tetap bertahan hidup karena memang mereka hidupnya digurun pasir. mungkin pandangan saya bakal dianggap bodoh. haha......

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #44 on: 15 October 2009, 10:04:22 AM »
Kalo mau bervegetarian ya vegetarian aja, jgn terlalu pusingin omongan org lain, tp jgn setelah bervegetarian lalu timbul satu bentuk kesombongan baru , seolah2 merasa diri sendiri lebih hebat dr org yg lainnya . Intinya kembali pd diri sendiri ... selalu lihatlah ke dlm diri ini :)

Amithofo ... be peace _/\_
thanks Buddha...

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #45 on: 15 October 2009, 02:17:06 PM »
vegetarian sama saja dengan kita memilih menu
masakan jawa
masakan padang
masakan palembang
masakan vegetarian
tinggal pilih mau makan dimana
tidak ada hubungan dengan spritual
yang pasti berhubungan dengan lambung

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #46 on: 15 October 2009, 02:41:11 PM »
input beda

output sama  :))

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #47 on: 15 October 2009, 03:32:40 PM »
 _/\_


Makanan apapun itu yang penting tujuannya memenuhi kebutuhan jasmani ini, bergizi lagiii.  :)

 _/\_

Offline hariyono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 253
  • Reputasi: 17
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #48 on: 15 October 2009, 04:57:03 PM »
rekan white tarra 2009
jangan lansung memvonis teman teman mu yang non vege melakukan hal permusuhan terhadapmu karena soal masalah vegetarian .
Walaupun tidak juga keliru pra dugamu itu .
Kita harus memaklumi tindakan pandangan mereka yang sempit dan terbatas , sehingga menimbulkan fanatisme , eksklusivisme dan sektarianisme .

Kita harus juga tidak boleh menilai kemurnian atau ketidak murnian manusia hanya berdasarkan apa yang dimakannya .

 Ketika Sang Buddha di minta memberlakukan vegetarianisme kepada pesamuhan suci oleh Devadatta , salah seorang murid Nya .
Sang Buddha menolak melakukan hal tersebut.
Karena ajaran Buddha adalah agama yang bebas , nasihat Nya adalah untuk menyerahkan keputusannya mengenai vegetarianisme kepada muridnya masing masing .
Dengan jelas ditunjukan bahwa Sang Buddha tidak menganggap hal ini terlalu religius yang terlalu penting .
Sang Buddha tidak berkata apapun tentang vegetarianisme bagi umat awam dalam ajaran NYa.

Vegetarianisme itu sendiri tidak membantu manusia mengembangkan sifat manusiawinya . Ada orang yang baik , rendah hati , sopan dan religius diantara non vegetarian .
 karena itu orang sebaiknya tidak menyatakan bahwa oarang religius yang murni harus mempraktikan vegetarianisme.
Kita harus menyadari bahwa ajaran Buddha dikenal sebagai jalan Tengah .
Ini adalah agama liberal dan nasihat Sang Buddha adalah tidak perlu menjadi ekstrem untuk menjalankan ajaran Nya .

saya sendiri sampai detik ini seorang vegetarian . Memang saya juga perna merasakan perbedaan bila berkumpul bersama sama teman vege dan non vege....saya hanya bisa mengeluh dalam hati ternyata masih banyak teman teman kita yang mempunyai pandangan sempit ..dan tidak menyadari Agama Buddha adalah agama tolenransi dan welas asih .

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #49 on: 15 October 2009, 10:05:42 PM »
 _/\_

Patent Buat Bro Hariyono atas penjelasannnya +1

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #50 on: 17 October 2009, 09:56:39 AM »
vegetarian sama saja dengan kita memilih menu
masakan jawa
masakan padang
masakan palembang
masakan vegetarian
tinggal pilih mau makan dimana
tidak ada hubungan dengan spritual
yang pasti berhubungan dengan lambung

bagi anda mungkin tdk berhubungan dgn spritual, tp bagi yg lainnya bisa membantu perkembangan spritualnya, walaupun bkn merupakan hal yg utama :)

Amithofo _/\_

thanks Buddha...

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #51 on: 22 November 2009, 08:59:50 AM »
input beda

output sama  :))

Nggak sama dong... kotoran singa sama kotoran kerbau untuk pupuk lebih subur kotoran singa   ;D
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline exam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 533
  • Reputasi: 9
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #52 on: 22 November 2009, 10:33:44 AM »
ada cerita nih buat renungan (o ya saya juga penyayang binatang yg masih makan KFC)

singa (singa betina,krn yg jantan jarang berburu) mengejar anak rusa
bayangkan kalau anak rusa tertangkap

ternyata anak rusa berhasil kabur
si singa kelaparan,akhirnya mati (di tempat yg jarang ada rusa nih, lagi krismon rusa)
ternyata di tempat si singa, ada bayi-bayi singa yg nunggu di susui
krn hari itu mamanya sudah mati, akhirnya bayi-bayi singa juga mati kelaparan



Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #53 on: 22 November 2009, 02:04:56 PM »
 [at]  bro fabian:
Artinya, kotoron kaum vege lebih berharga daripada kotoran kaum non vege yah?

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #54 on: 22 November 2009, 02:52:49 PM »
[at]  bro fabian:
Artinya, kotoron kaum vege lebih berharga daripada kotoran kaum non vege yah?

Maksudnya bila digunakan sebagai pupuk, kotoran carnivora lebih subur dibandingkan kotoran herbivora, jadi tentu saja kotoran carnivora lebih baik untuk digunakan sebagai pupuk   ;D
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline L1M

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 141
  • Reputasi: 5
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #55 on: 02 June 2010, 10:33:26 PM »



Makanan apapun itu yang penting tujuannya memenuhi kebutuhan jasmani ini, bergizi lagiii.  :)

 _/\_
[/quote]

SETUJU bro  ^:)^ ^:)^ ^:)^

bukannya SETUBUH ato ga SETUBUH kalo alesan ogut, yang pasti liat tujuannya karena makan untuk hidup(sehat) kalo itu bisa berhasil selalu  ;D ..lagian ga ada alesan yang menyatakan dengan pasti kok bahwa org yang bervegetarian kondisinya bisa lebih unggul kesehatannya dibanding non-vegetarian.cuma bisa juga tepat alesannya tapi harus didukung juga dengan kondisi2 tertentu(sakit,kurang gizi,dsb)bukannya nyumpahin yeee  _/\_


Offline finalwind

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #56 on: 10 August 2010, 04:00:19 PM »
Setuju dengan banyak bro disini. banyak orang-orang vege yang saya temui (saya sendiri vege) merasa kalau diri mereka lebih baik, lebih hebat karena tidak makan daging. anggapan ini justru bertentangan dengan salah satu tujuan vegetarian itu sendiri yaitu untuk tidak menyakiti makhluk hidup alhasil, tidak menyakiti daging-daging malah menyakiti manusia

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #57 on: 10 August 2010, 04:03:47 PM »
orang vege akhir2 ini mirip evangelis.ingat semua orang makan sayurpun.akhirnya hutan2 akan ditebang jadi lahan untuk mencukupi mulut setiap orang.ga akan bedanya.lebih baik manusia belajar menjaga hatinya.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #58 on: 13 August 2010, 08:42:28 AM »
Setuju dengan banyak bro disini. banyak orang-orang vege yang saya temui (saya sendiri vege) merasa kalau diri mereka lebih baik, lebih hebat karena tidak makan daging. anggapan ini justru bertentangan dengan salah satu tujuan vegetarian itu sendiri yaitu untuk tidak menyakiti makhluk hidup alhasil, tidak menyakiti daging-daging malah menyakiti manusia

Bro Finalwind yang baik,
Menurut saya daging tidak bisa disakiti, karena daging tak punya perasaan. Kalau manusia bisa disakiti karena punya perasaan. (tolong dikoreksi kalau salah)
 
_/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #59 on: 13 August 2010, 08:47:05 AM »
orang vege akhir2 ini mirip evangelis.ingat semua orang makan sayurpun.akhirnya hutan2 akan ditebang jadi lahan untuk mencukupi mulut setiap orang.ga akan bedanya.lebih baik manusia belajar menjaga hatinya.

Bro Nyanadhana yang baik,
Saya setuju, penyebabnya bukan vege atau tidak vege, tapi pertambahan penduduk dan keserakahan manusia.
Kalau Vege tapi usahanya timber tentu akan menebang hutan juga.
Atau dia vege tapi mau membuka lahan kelapa sawit toh mungkin membuka hutan juga.

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline WhoAmI

  • Teman
  • **
  • Posts: 72
  • Reputasi: -1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #60 on: 13 August 2010, 09:27:54 AM »
ada alasan mengapa teman2 jarang kontak lagi sama kita yang vege; yang paling gampang adalah jika teman non vege ngajak kita pergi, pas mereka mau makan KFC, mereka jadi tdk enak hati sama kita yang vege, mereka jadi serba salah...
selain itu, yang vege sering bercerita pada yang non vege manfaat vege dan kerugian non vege; jadi teman2 non vege tentu merasa disalahkan pandangan hidupnya, akhirnya ya jadi menjauhlah mereka...

Offline Apui

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #61 on: 14 August 2010, 01:32:38 AM »
 _/\_
 Bolehkah men copas dari website tetangga ttg vegetarian?
Kalo ga boleh ini websitenya:

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #62 on: 05 October 2010, 09:21:01 PM »
Jika dalam tradisi Theravada ( Aliran Buddhis Selatan) mengenal ada aturan yang melatih seseorang untuk  tidak makan lagi setelah Pukul 12.00 siang. Dalam aliran Mahayana ( Aliran Buddhis Utara) mengenal tata cara dan perenungan yang harus dilakukan saat makan.

sangat menarik (belum bisa mendengar(memutar) renungan  makan dari mahayana ini)

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #63 on: 16 July 2012, 07:04:55 PM »
Kenapa jadi vegetarian itu banyak tantangannya, salah satunya adalah tidak disenangi orang? banyak alasannya. Menjadi vegetarian itu sulit karena tidak boleh makan daging yang jelas jelas rasanya enak. Maka mayoritas orang tidak akan mau berpisah dengan kenikmatan ini. Memang sekarang banyak daging palsu yang tidak kalah enak. tapi masih mahal. Ada vegetarian yang terkesan terlalu 'memaksa' bahwa menjadi vegetarian itu jalan yang terbaik, orang orang yang tidak bersedia menjadi vegetarian tentunya akan merasa terintimidasi.

satu hal lagi, ketika kita menjadi vegetarian, dan pergi sama teman teman, masalah akan nambah yaitu ketika cari tempat makan teman teman kita secara otomatis dan sadar diri akan selalu memikirkan menu apa yang bisa kita makan, dan biasanya sangat terbatas. Nah ada beberapa vegetarian yang ketika diajak makan ke tempat2 tertentu langsung menolak karena memang menunya tidak sesuai, misalnya ke restoran junk food. kan tidak mungkin pesen burger tanpa mayo tanpa daging, apalagi yang ekstrim gak mau telur otomatis roti juga gak mau karena mengandung telur. cuma sayurannya aja. jadi salad dunk :p bukan hanya itu, ada yang rewel juga minyaknya gak mau bekas goreng daging, ini gak mungkin dilakukan di restoran cepat saji.  singkat kata ada vegetarian yang rese, sehingga orang orang malas hangout bareng karena tempat tempat yang bisa dikunjungi jadi sangat terbatas.

Yang berikutnya, banyak vegetarian yang berpropaganda bahwa menjadi vegetarian akan membuat seseorang lebih sabar dsb, tapi kenyataannya masih banyak juga vegetarian yang annoying, ini membuat banyak orang menjadi 'anti' sama vegetarian. Makanya jadi vegetarian itu susah, gak cuma gak makan hewan aja tapi lebih dari itu, gimana kita bisa tetap diterima di masyarakat. Pengorbanannya harus ekstra. Misal kalo temen temen mau makan di restoran A, ya walaupun gak ada menu yang bisa kita makan, kita cuma bisa ngikut aja. Susahnya kadang temen temen gak enak juga liat kita celingukan aja sementara yang lain makan. Nah sebelum anda menjadi vegetarian makanya harusnya pikirkan dulu udah siapkah dengan semua konsekuensinya?
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #64 on: 17 July 2012, 12:50:33 PM »
Bervegetarianlah secara bijak kalau tidak akan seperti agama tetangga,jadi haram dan halal lalu akhirnya dibikin lebelnya. Kalau mampu vege,tidak perlu pamer dan merasa surga di depan mata,karena banyak makhluk hidup yang mampu cuma makan rumput tanpa bumbu. Kalau tidak vege,tidak perlulah komentari mereka yang vege secara berlebihan,toh mau makan daging juga bukan hal yang mudah. Tidak melihat,mendengar dan meminta,ini bukan hal yang mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita minta dibuatkan sup ayam,apakah masih boleh makan menurut aturan buddhist? Kalau kita ke restoran,minta lobster goreng,apakah masih bisa dimakan menurut aturan biddhist? kalau seseorang mau kerjain kita dengan aturan buddhist itu,maka dengan mudah dia kerjain kita sehingga tidak dapat makanan enak.Ini lobster panggang sengaja kupesan untukmu? apakah umat awam buddhist tidak pegang aturan buddhist ini?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #65 on: 17 July 2012, 02:56:14 PM »
Bervegetarianlah secara bijak kalau tidak akan seperti agama tetangga,jadi haram dan halal lalu akhirnya dibikin lebelnya. Kalau mampu vege,tidak perlu pamer dan merasa surga di depan mata,karena banyak makhluk hidup yang mampu cuma makan rumput tanpa bumbu. Kalau tidak vege,tidak perlulah komentari mereka yang vege secara berlebihan,toh mau makan daging juga bukan hal yang mudah. Tidak melihat,mendengar dan meminta,ini bukan hal yang mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita minta dibuatkan sup ayam,apakah masih boleh makan menurut aturan buddhist? Kalau kita ke restoran,minta lobster goreng,apakah masih bisa dimakan menurut aturan biddhist? kalau seseorang mau kerjain kita dengan aturan buddhist itu,maka dengan mudah dia kerjain kita sehingga tidak dapat makanan enak.Ini lobster panggang sengaja kupesan untukmu? apakah umat awam buddhist tidak pegang aturan buddhist ini?
Boleh2 saja.  Aturan di atas hanya untuk bhikkhu.  Umat perumah tangga tidak dilarang untuk melanggar sila  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #66 on: 17 July 2012, 03:40:58 PM »
Boleh2 saja.  Aturan di atas hanya untuk bhikkhu.  Umat perumah tangga tidak dilarang untuk melanggar sila  ;D
keknya umat awam juga termasuk..
coba kita pesan ayam hidup di pasar untuk dipotong??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #67 on: 17 July 2012, 04:03:28 PM »
At Sanjiva. Dimana kamu dapatkan khohbat dari Sang Buddha yang mengatakan boleh-boleh saja untuk umat awam buddhist? Kalau begitu,silakan umat awam buddhist memotong makhluk hidup untuk dimakan karena tidak melanggar sila atau menyuruh secara tidak langsung untuk membunuh? Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #68 on: 17 July 2012, 04:40:24 PM »
At Sanjiva. Dimana kamu dapatkan khohbat dari Sang Buddha yang mengatakan boleh-boleh saja untuk umat awam buddhist? Kalau begitu,silakan umat awam buddhist memotong makhluk hidup untuk dimakan karena tidak melanggar sila atau menyuruh secara tidak langsung untuk membunuh? Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?
Jangan esmosi dulu bro   ;D

Maksud gw, di Pancasila itu isinya 'saya bertekad melatih diri menghindari membunuh makhluk hidup, dst'  Jadi itu adalah latihan, bukan larangan.  Hanya saja Sang Buddha mejelaskan akibatnya kalau membunuh apa, kalau menjaga kehidupan dan melatih metta dapat apa.  Terserah pilihan manusia apakah mau menjalankan sila atau melanggarnya dengan konsekuensi masing2.

Kalau di 227 sila bhikkhu kan jelas2 itu larangan dan ada sanksinya kalau melanggar.

Itu yg gw maksudkan  8)   Semoga bisa dipahami.   _/\_
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #69 on: 17 July 2012, 04:41:51 PM »
keknya umat awam juga termasuk..
coba kita pesan ayam hidup di pasar untuk dipotong??
idem dgn jawaban gw utk senbudha  ;)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #70 on: 17 July 2012, 04:44:04 PM »
yang jelas, sesuka sukanya gw ama babi panggang, kalo suru bunuh, atau itu babi dibunuh didepan gw dan gw harus makan dagingnya, mendingan mati kelaparan aja deh. Kalo misalnya diseluruh bumi udah gak ada yang mau bunuh hewan lagi untuk kita makan, gw akan beneran jadi vegetarian karena biar gimanapun gw gak akan tega bunuh, selapar apapun.

Gw gak mau munafik deh gw suka daging, tapi kalo urusannya harus bunuh sendiri, itu beneran gak ada dalam pilihan gw. Gw gak sesadis itu.
« Last Edit: 17 July 2012, 04:46:23 PM by wongfok »
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #71 on: 17 July 2012, 04:50:55 PM »
kalau pesan babi untuk dibunuh?? ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #72 on: 17 July 2012, 04:51:50 PM »
Itulah sebabnya,tidak akan ada negeri buddhist murni (ekonomi daging tidak berjalan tapi mungkin banyak orang baik karena terpaksa oleh negara atau raja he.he),tapi kalau negeri mo3l3m murni,kr15t3n murni,konghucu murni,dll itu bisa terjadi. Dulu di Bhutan saja katanya harus menunggu binatang mati secara alami atau binatang yang telah ditinggalkan pemangsanya,baru boleh dikonsumsi,tapi  sepertinya sekarang aturan ini tidak berlaku lagi?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #73 on: 17 July 2012, 04:56:57 PM »
...... Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #74 on: 17 July 2012, 05:27:42 PM »
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?

kalau makan enak dan kenyang

kalau tidak makan, tidak kenyang

hahaha....lebih lengkapnya kayak gini

kalau makan sambil bayangin babi kecil yang lucu dibunuh dengan cara yang sadis, terus dibakar, apalagi si babi kecil gak dimutilasi dulu, alias masih berbentuk babi kemungkinan ada 3:

orang tipe1: cuek aja makan karena enak
orang tipe2: haduuuu gimana ya..kasian juga sih...tapi ya akhirnya makan juga tapi kenikmatannya berkurang karena campur rasa gak jelas (gw pernah ngalamin ini makan ayam yang masih berbentuk ayam)
orang tipe3: setelah dibayangin kejadiannya, kasiaaannnnn..... gak tega dan biarpun dibilang enak sama temennya, tapi rasanya udah kebayang gak karuan jadi gak makan.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #75 on: 17 July 2012, 05:32:29 PM »
kalau pesan babi untuk dibunuh?? ;D

jujur gw gak tega, kalo pesen babi idup trus suru orang bunuh. beli dagingnya aja deh supermarket, walaupun kalah segar. itupun gw gak brani potong daging mentahnya sendiri walaupun udah berbentuk daging. makanya biasa istri gw yang motongin, gw yang masak. yah pokoknya kalau dihayati bener bener, semua prosesnya dari si babi idup, gw bisa memahami kenapa orang pengen jadi vegetarian.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.849
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #76 on: 17 July 2012, 06:25:16 PM »
jujur gw gak tega, kalo pesen babi idup trus suru orang bunuh. beli dagingnya aja deh supermarket, walaupun kalah segar. itupun gw gak brani potong daging mentahnya sendiri walaupun udah berbentuk daging. makanya biasa istri gw yang motongin, gw yang masak. yah pokoknya kalau dihayati bener bener, semua prosesnya dari si babi idup, gw bisa memahami kenapa orang pengen jadi vegetarian.
Coba direnungkan proses pembantaian hama, penggemburan tanah yang meremukkan cacing2, mengusir burung2 dan hewan mengganggu lainnya. Mungkin orang itu jadi tidak makan, tidak pakai baju, dan tinggal di pohon. Mungkin sambil beternak cacing dalam perut.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #77 on: 17 July 2012, 06:42:31 PM »
Makanya Kebijaksanaan dalam ajaran sang Buddha sangat menonjol. Gunakanlah kebijaksanaan ajaran Buddha untuk menjalani kehidupan ini.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #78 on: 17 July 2012, 09:50:30 PM »
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?
blom di jawab nih
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #79 on: 17 July 2012, 11:29:07 PM »
Coba direnungkan proses pembantaian hama, penggemburan tanah yang meremukkan cacing2, mengusir burung2 dan hewan mengganggu lainnya. Mungkin orang itu jadi tidak makan, tidak pakai baju, dan tinggal di pohon. Mungkin sambil beternak cacing dalam perut.

itulah sebabnya gw masih makan daging juga :p kalo dipikirin ya memang seperti itu makanya gak terlalu dipikirin lah. bagi yang gak tega, gak usah makan, bagi yang tega silakan makan.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #80 on: 18 July 2012, 08:54:34 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #81 on: 18 July 2012, 09:27:30 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.
=D>
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #82 on: 18 July 2012, 09:49:48 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.
jadi kalau makan menambah noda batin, kalau ga makan, ada kontrol diri?
ga ada akibat misalnya tar kelahiran selanjutnya jadi babi di makan orang?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #83 on: 18 July 2012, 09:56:41 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #84 on: 18 July 2012, 10:08:28 AM »
Kalau dimakan,hasrat indriawi terpenuhi,kenyang sementara,jadi kotoran terus tunggu dibuang,itu pun kalau tidak sakit pencernaan.Pikiran lewat pintu indriwi selalu minta tambah kesenangan sesaat. Semakin dipenuhi semakin menambah noda batin. Kalau tidak makan,walau tercium wanginya,terlihat menggoda,rasanya lidah menelan ludah tawar jadi manis asin asem,paling tidak ada kontrol diri terhadap segala sesuatu yang memicu hasrat indriwi. Yang paling baik adalah Perenungan yang mendalam,bahwa makan itu untuk mempertahankan kehidupan agar bisa berlatih di jalan dhamma tapi bukan makan yang menyebabkan penderitaan makhluk hidup. Tapi kalau anda bisa makan tanpa ada konsepsi dualisme lagi,dimana pikiranmu masuk dalam kesunyataan,maka makan saja. Itulah sebabnya mengapa Sang Buddha dan muridNya menerima undangan dana dalam bentuk tanpa reaksi dalam pikirannya.Kalau anda bisa seperti itu,maka makan saja.

jika anda membaca Vinaya Pitaka, ada banyak kejadian di mana para bhikkhu melakukan hal-hal yg tidak selayaknya gara2 undangan makan, hal itu memicu banyaknya aturan sehubungan dengan makanan yang ditetapkan oleh Sang Buddha. Apakah menurut anda persoalan yg timbul itu bukan suatu bentuk reaksi dalam pikiran mereka?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #85 on: 18 July 2012, 10:15:54 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?
Yang ingin saya tanyakan akibat dari perbuatan makan babi bijimana ?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #86 on: 18 July 2012, 10:19:38 AM »
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?

Kalau begitu bahkan Sang Buddha pun tidak mampu melakukan hal yg anda sebutkan itu, karena seandainya Sang Buddha bisa, tentu Beliau tidak perlu harus terpaksa memakan makanan kuda ketika terjadi bencana kelaparan di tempat di mana Sang Buddha sedang menetap.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #87 on: 18 July 2012, 11:56:01 AM »
Apakah mereka yang ribut mempunyai pikiran yang murni? Sang buddha makan makanan kuda,apakah sang Buddha mengeluh? Setahu saya dari tipitaka,tripitaka yang teringat olehku,tidak ada catatan kalau sang Buddha dan muridNya yang telah mencapai arahata mengeluh soal makanan yang diterima,kecuali keluhan datang dari muridNya yang belum mencapai pencerahan. Maksudku disini adalah sehubungan dengan penerimaan dana,bahwa sang Buddha dan muridnya yang telah mencapai arahata,menerima dengan pikiran murni,tanpa reaksi pikiran maka hanya persetujuan dalam sikap diam yang murni dalam pikiran.

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #88 on: 18 July 2012, 12:04:48 PM »
At ryu. Mau jadi apapun itu urusanmu sendiri dari pikiranmu,ucapanmu dan perbuatanmu sendiri. Habis makan babi,yang jelas pertama jadi kenyang dan harus bisa dibuang sisa kotoran dalam perut.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #89 on: 18 July 2012, 12:10:37 PM »
..seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?

=====================
Mau jadi apapun itu urusanmu sendiri dari pikiranmu,ucapanmu dan perbuatanmu sendiri. Habis makan babi,yang jelas pertama jadi kenyang dan harus bisa dibuang sisa kotoran dalam perut.
gitu ya?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #90 on: 18 July 2012, 12:26:30 PM »
Mengenai sang Buddha yang makan gandum,ini sehubungan kamma lampau sang Buddha Gautama. Kalau tidak salah ingat,bakal Buddha terlahir sebagai manusia di masa Buddha Phussa dan mengeluarkan kata-kata cercaan pada murid Buddha Phussa "Kalian pantas makan gandum,bukan nasi". Karena hal ini,Buddha Gotama selama masa vassa hanya makan gandum,makanan kuda.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #91 on: 18 July 2012, 12:56:20 PM »
Apakah mereka yang ribut mempunyai pikiran yang murni? Sang buddha makan makanan kuda,apakah sang Buddha mengeluh? Setahu saya dari tipitaka,tripitaka yang teringat olehku,tidak ada catatan kalau sang Buddha dan muridNya yang telah mencapai arahata mengeluh soal makanan yang diterima,kecuali keluhan datang dari muridNya yang belum mencapai pencerahan. Maksudku disini adalah sehubungan dengan penerimaan dana,bahwa sang Buddha dan muridnya yang telah mencapai arahata,menerima dengan pikiran murni,tanpa reaksi pikiran maka hanya persetujuan dalam sikap diam yang murni dalam pikiran.

bukan soal mengeluh, dan tidak perlu membelokkan persoalan, pertanyaan saya itu adalah sehubungan dengan pernyataan anda bahwa:
Quote
Kalau anda mampu makan dengan pikiran murni,tanpa konsepsi dualisme seperti para Buddha dan araha,bodhisatva,makhluk apapun akan datang kepadamu untuk menyerahkan nyawa dan badannya untuk didanakan untukmu. Kalau pikiranmu murni,alam mana yang bisa mengikatmu lagi?

yg menyiratkan bahwa Sang Buddha makan dengan pikiran tidak murni, karena tidak ada makhluk yg mendatangi Beliau untuk menyerahkan nyawa dan badan untuk didanakan kepada Beliau.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #92 on: 18 July 2012, 12:58:29 PM »
Mengenai sang Buddha yang makan gandum,ini sehubungan kamma lampau sang Buddha Gautama. Kalau tidak salah ingat,bakal Buddha terlahir sebagai manusia di masa Buddha Phussa dan mengeluarkan kata-kata cercaan pada murid Buddha Phussa "Kalian pantas makan gandum,bukan nasi". Karena hal ini,Buddha Gotama selama masa vassa hanya makan gandum,makanan kuda.

tapi jika pernyataan anda sebelumnya itu benar, bukankah seharusnya banyak makhluk yg mendatangi Sang Buddha untuk menyerahkan nyawa dan badan sebagai dana untuk Sang Buddha sehingga Sang Buddha tidak perlu memakan makanan kuda?

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #93 on: 18 July 2012, 03:52:14 PM »
Mengapa Sang Buddha bertahan di daerah itu dan tidak pergi ke daerah lain yang lebih subur untuk menghabiskan masa vassa? Artinya,bila karma sudah matang,makanan enak di depan mata pun tidak akan bisa dinikmati. Para dewa pasti melihat keadaan sang Buddha dan memberikan persembahan,untuk hal ini saya harus kembali membuka buku dulu kalau ada waktu. Tapi kalau merujuk ke kisah jataka,bakal Buddha mengorbankan dirinya untuk para Buddha dan para Suciwan.Juga merujuk pada saat sang Buddha yang menghabiskan masa vassa di hutan dan dilayani oleh seekor gajah yang setia sampai mati. Kalau merujuk kisah para yogi tantrist,banyak dari mereka yang mengorbankan apapun demi seorang guru yang telah tercerahkan.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #94 on: 19 July 2012, 09:37:04 AM »
Mengapa Sang Buddha bertahan di daerah itu dan tidak pergi ke daerah lain yang lebih subur untuk menghabiskan masa vassa? Artinya,bila karma sudah matang,makanan enak di depan mata pun tidak akan bisa dinikmati. Para dewa pasti melihat keadaan sang Buddha dan memberikan persembahan,untuk hal ini saya harus kembali membuka buku dulu kalau ada waktu. Tapi kalau merujuk ke kisah jataka,bakal Buddha mengorbankan dirinya untuk para Buddha dan para Suciwan.Juga merujuk pada saat sang Buddha yang menghabiskan masa vassa di hutan dan dilayani oleh seekor gajah yang setia sampai mati. Kalau merujuk kisah para yogi tantrist,banyak dari mereka yang mengorbankan apapun demi seorang guru yang telah tercerahkan.

jadi ada faktor karma yg terlibat di sini, maka tidak benar bahwa  makan dengan pikiran murni dapat mengkondisikan makhluk2 mengorbankan dirinya untuk menjadi santapan anda.
« Last Edit: 19 July 2012, 09:45:38 AM by Indra »

Offline ngesot

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #95 on: 03 September 2012, 02:52:19 PM »
GAK SEMUA ORANG KYAK GITU BOS

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #96 on: 06 September 2012, 05:52:32 AM »
GAK SEMUA ORANG KYAK GITU BOS


maksudnya ?
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.963
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #97 on: 06 September 2012, 06:04:59 AM »
jadi ada faktor karma yg terlibat di sini, maka tidak benar bahwa  makan dengan pikiran murni dapat mengkondisikan makhluk2 mengorbankan dirinya untuk menjadi santapan anda.

pernah mimpi santap makanan enak kale !, makanya dianggap pikiran murni  ^-^
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline sala45

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 112
  • Reputasi: -9
  • ******* sela7N1*******
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #98 on: 17 June 2017, 08:49:32 PM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

biasa saja. mereka memiliki domain sendiri.yg suka olahraga ngobrol di senayan
minggu pagi.suka burung, axik ngobrol di pasar senen.
yg suka vege ya ngobrol vege di vihara.jgn ditempat umum.
Padi berisi merunduk.kalau ditanya ya liat siapa dia.bukan siapa saja.

biasanya sy tantang balik.bagaimana 3 hari uji coba.nasi plus aqua.
biar dia tau rasa sendiri.

teman itu anicca.  bila mereka meninggalkan anda, ya iklas lah.
cari teman yg sesuai kemampuannya, shg tdk terkesan pemaksaan.
jgn krn teman, setia kawan , anda luntur latihannya. rugiiiiiiii




Offline sala45

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 112
  • Reputasi: -9
  • ******* sela7N1*******
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #99 on: 17 June 2017, 09:06:24 PM »
ada alasan mengapa teman2 jarang kontak lagi sama kita yang vege; yang paling gampang adalah jika teman non vege ngajak kita pergi, pas mereka mau makan KFC, mereka jadi tdk enak hati sama kita yang vege, mereka jadi serba salah...
selain itu, yang vege sering bercerita pada yang non vege manfaat vege dan kerugian non vege; jadi teman2 non vege tentu merasa disalahkan pandangan hidupnya, akhirnya ya jadi menjauhlah mereka...

jika sdh vege , sedapat mungkin hindarilah tempat tempat spt kfc, mall, dan yg seperti itu.
korelasinya, hidup seorang vege menimbulkan belas kasihan bagi non vege.
kadang aneh,seharusnya yg terampil mengendalikan makan yg harus kacian sama mereka.

daripada kfc mending ke pizzahut atau mcd.ada pizza vege, juga ada menu burger keju.
atau rumah makan yg umum.ada banyak pilihan.





Offline RetjaPentung

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 24
  • Reputasi: 0
  • Gender: Male
  • Eat Simple - Live Simple - Die Simple
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #100 on: 02 August 2017, 01:18:40 AM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

Jujur saja,
Kalau anda punya kebiasaan yang menurut anda baik, dan anda jalani untuk diri anda, lalu anda mulai "MENDAKWAHKAN" pada saya, saat itu juga saya menyingkir dari hadapan anda, tanpa peduli anda tersinggung atau tidak.

Masalah terbesar dari orang yang bervegetarian adalah lupa bahwa dalam buddhisme, sebuah ajaran adalah untuk dipraktikkan ke dalam, bukan ke luar. Lakukanlah praktik untuk diri anda. Tidak perlu mempromosikan praktik anda kepada orang lain.
Jangan meniru kebiasaan buruk dari umat agama lain yang karena berpuasa, lalu kemudian merasa perlu mendakwahkan praktik puasanya pada orang lain. Orang lain tidak berpuasa, tidak perlu anda dakwahkan untuk berpuasa.
Orang lain tidak bervegetarian, tidak perlu anda dakwahkan untuk bervegetarian.

Vegetarian itu baik untuk kesehatan, SELAMAT! Itu bagus untuk kesehatan anda. TITIK.

Jika tidak ingin dipandang aneh, jangan menempatkan diri anda istimewa (lalu berdakwah tentang keistimewaan anda) hanya karena anda vegetarian.

Berhentilah mempromosikan praktik anda, karena sikap seperti itu MENYEBALKAN!
Hanya seorang Dhammiko