//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Arwah dan pengadilan di alam baka...  (Read 35381 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.554
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #45 on: 25 August 2009, 05:46:29 PM »
siapakah yg menolong ibunya di alam baka ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #46 on: 25 August 2009, 05:56:21 PM »
^
latihan meditasi dihutan, trus usaha bisa keluar dari tubuh kamu ^^
dengan begitu anda tau bahwa roh itu ada ato tiada

trus klu ga da roh, trus yg didalam tubuh kamu itu apa bro?
trus klu ga da roh, yg dihukum dineraka itu apa bro?

jangan langsung percaya apa yang dikatakan oleh sapa tuh somdet, ato LuantaMahaboowa yang sudah mengaku2 mencapai arahat...
ehipassiko bro

klu ajahnchah oke dech cukup segan dech ama dia
tapi sapa tuh somdet ato LuantaMahaboowa, ga pernah dech tuh bro...

apakah nagarjuna masih berpandangan salah?
apakah Bodhidarma masih berpandangan salah?

jadi siapa yang berpandangan paling bener? menurut anda (no offense)

cuma berusaha netral karena pada dasar-nya object itu netral (LILY W mode 'ON')

_/\_

oh ya? kalau begitu kasihan donk yang mati TUA....roh nya jelek amat...mending mati muda biar tampan gitu...

nah dari dulu sampai sekarang berarti diskusi mengenai ANATTA dengan aliran mahayana ternyata bohong semua.....apa lagi Tilakkhana...toh baca mantra bisa tidak tua tidak mati.....

Anatta > ternyata tubuh kita ada ROH....jadi 5khandha ini benar-benar MILIK-KU...catat BUKAN REBIRTH lagi melainkan REINCARNATION > hinduisme.

begini saja...
saya tidak percaya begitu saja kok apa yang pernah disampaikan somdet...saya sendiri yakin 100% tidak mungkin ada namanya ROH karena tidak mungkin bagi kita untuk mengendalikan 5 khandha ini semau keinginan kita...jadi menurut anda yang berpikir mencerap, hingga menimbulkan kesadaran ini adalah ROH.. oke

Quote
kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu TIDAK ADA?
wow, jawaban nya mudah banget bro..dan sudah di tunjukkan oleh Sang Buddha ketika membahas Anattalakhanasutta.
apakah batin ini milik anda? kekal? kemudian apakah bisa mengikuti se-mau anda?
perintahkan coba batin anda, untuk tercerahkan sekarang juga, bisa ga?...
toh kalau memang PUNYA ANDA....PASTI BISA...

coba perintahkan untuk tidak pikun...coba perintahkan untuk sanggup menghafal 1 isi forum ini...toh kalau memang dapat mengikuti kehendak sesuka hati....bisa ga?
------------------------------------------------------------------------
kalau memang ROH yang bertindak berpikir, mencerap,merasa itu adalah KITA sesungguh nya....
sekarang juga perintahkan untuk keluar dari tubuh sesuka hati...bisa ga?



sekarang balik gw tanya...BAGAIMANA MELATIH AGAR ROH KITA KELUAR dan membuktikan kalau ADA?
sebelum diskusi ini menjadi MUTER-MUTER tidak jelas

tolong setelah anda REPLY adalah JAWABAN dari pertanyaan saya.....bukan muter-muter balik tanya....
kalau anda masih muter-muter "justru sy ragukan darimana kepercayaan anda mengenai kebenaran ROH"
kan tidak mungkin anda asal baca sutra langsung belief...

jadi keyakinan anda tentu ada alasan.....apakah hal yang membuat anda yakin...oke
sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....

oke...saya tunggu jawaban anda.

pdhal no offense loh, saya kan tidak mengerti, wajar donk bertanya...  ^-^

waduh, koq jadi panas yach ^^

sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....  >>   :o so bakal ada the next other LuantaMahaboowa (yang mengaku dipublik telah mencapai arahat tah  ???)  :-?

yang saya bingung, bisa tolong dijelaskan ga, yang di hukum dineraka itu sapa  ???
yach uda, kalau ga boleh bertanya, yo wis, ga jd tanya, tar malah ada yang panas lg...  _/\_

oya, kalau sempat, silakan mampir yach, mari mampir, sudi mampir
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,12605.0.html

_/\_
« Last Edit: 25 August 2009, 06:02:30 PM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #47 on: 26 August 2009, 12:19:42 AM »
^
latihan meditasi dihutan, trus usaha bisa keluar dari tubuh kamu ^^
dengan begitu anda tau bahwa roh itu ada ato tiada

trus klu ga da roh, trus yg didalam tubuh kamu itu apa bro?
trus klu ga da roh, yg dihukum dineraka itu apa bro?

jangan langsung percaya apa yang dikatakan oleh sapa tuh somdet, ato LuantaMahaboowa yang sudah mengaku2 mencapai arahat...
ehipassiko bro

klu ajahnchah oke dech cukup segan dech ama dia
tapi sapa tuh somdet ato LuantaMahaboowa, ga pernah dech tuh bro...

apakah nagarjuna masih berpandangan salah?
apakah Bodhidarma masih berpandangan salah?

jadi siapa yang berpandangan paling bener? menurut anda (no offense)

cuma berusaha netral karena pada dasar-nya object itu netral (LILY W mode 'ON')

_/\_

oh ya? kalau begitu kasihan donk yang mati TUA....roh nya jelek amat...mending mati muda biar tampan gitu...

nah dari dulu sampai sekarang berarti diskusi mengenai ANATTA dengan aliran mahayana ternyata bohong semua.....apa lagi Tilakkhana...toh baca mantra bisa tidak tua tidak mati.....

Anatta > ternyata tubuh kita ada ROH....jadi 5khandha ini benar-benar MILIK-KU...catat BUKAN REBIRTH lagi melainkan REINCARNATION > hinduisme.

begini saja...
saya tidak percaya begitu saja kok apa yang pernah disampaikan somdet...saya sendiri yakin 100% tidak mungkin ada namanya ROH karena tidak mungkin bagi kita untuk mengendalikan 5 khandha ini semau keinginan kita...jadi menurut anda yang berpikir mencerap, hingga menimbulkan kesadaran ini adalah ROH.. oke

Quote
kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu TIDAK ADA?
wow, jawaban nya mudah banget bro..dan sudah di tunjukkan oleh Sang Buddha ketika membahas Anattalakhanasutta.
apakah batin ini milik anda? kekal? kemudian apakah bisa mengikuti se-mau anda?
perintahkan coba batin anda, untuk tercerahkan sekarang juga, bisa ga?...
toh kalau memang PUNYA ANDA....PASTI BISA...

coba perintahkan untuk tidak pikun...coba perintahkan untuk sanggup menghafal 1 isi forum ini...toh kalau memang dapat mengikuti kehendak sesuka hati....bisa ga?
------------------------------------------------------------------------
kalau memang ROH yang bertindak berpikir, mencerap,merasa itu adalah KITA sesungguh nya....
sekarang juga perintahkan untuk keluar dari tubuh sesuka hati...bisa ga?



sekarang balik gw tanya...BAGAIMANA MELATIH AGAR ROH KITA KELUAR dan membuktikan kalau ADA?
sebelum diskusi ini menjadi MUTER-MUTER tidak jelas

tolong setelah anda REPLY adalah JAWABAN dari pertanyaan saya.....bukan muter-muter balik tanya....
kalau anda masih muter-muter "justru sy ragukan darimana kepercayaan anda mengenai kebenaran ROH"
kan tidak mungkin anda asal baca sutra langsung belief...

jadi keyakinan anda tentu ada alasan.....apakah hal yang membuat anda yakin...oke
sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....

oke...saya tunggu jawaban anda.

pdhal no offense loh, saya kan tidak mengerti, wajar donk bertanya...  ^-^

waduh, koq jadi panas yach ^^

sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....  >>   :o so bakal ada the next other LuantaMahaboowa (yang mengaku dipublik telah mencapai arahat tah  ???)  :-?

yang saya bingung, bisa tolong dijelaskan ga, yang di hukum dineraka itu sapa  ???
yach uda, kalau ga boleh bertanya, yo wis, ga jd tanya, tar malah ada yang panas lg...  _/\_

oya, kalau sempat, silakan mampir yach, mari mampir, sudi mampir
http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,12605.0.html

_/\_
weleh, siapa yang panas pak?.....hehehe kalau gitu karena satu sisi pihak menganggap ini panas-panas, minum teh dingin dulu.... hehehehe....

dah segar?
oke lanjut gan...

di thread anda memang benar kok, sejak kapan saya menganggap musuh?.. tetap sahabat toh..
hanya saja yg dibahas kan "KEBENARAN SUTRA INI" kok yang menganggap SUTRA ini milik pribadi... [ apa karena sahabat jadi tidak usah dibahas ya? ] [ kalau anda keberatan membahas ini bilang donk ]
lagian saya kan berdiskusi di forum buddhis...yang sy tanyakan "DARI MANA KEYAKINAN BAHWA ROH ITU ADA"
makanya merujuk pada LATIHAN yang bagaimana membawa pada pengetahuan demikian...
memang nya melanggar rule forum ya? [ mohon moderator berbicara disini ]

yang saya heran, banyak sekali orang mengatakan bahwa dirinya adalah Buddhism atau agama lain.
tetapi ketika ditanya "sumber kepercayaan itu dari mana?"  malah dijawab
"agama adalah sebuah kepercayaan, dan karena kita percaya maka jadi lah demikian"

sekilas jawaban ini memang masuk diakal....tetapi sekaligus membuka mata saya bahwa ternyata banyak orang yang percaya saja,tanpa pernah membuktikan...dan lagi bahkan bukti yang diberikan depan mata pun disangkal-nya, mungkin karena takut bahwa kepercayaan yang diyakini nya itu tidak sesuai apa yang di hayalkan dengan kenyataan yang ada.

kalau bisa di bentrok... kepercayaan dan kenyataan, kenyataan pasti lah menang...karena memang begitu adanya...dan kepercayaan hanyalah kepercayaan jika tidak sesuai kenyataan, maka semua itu ILUSI belaka..

ini persis yang pernah tertulis dalam buku lama "what's wrong with us"

----------------

Quote
sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....  >>    so bakal ada the next other LuantaMahaboowa (yang mengaku dipublik telah mencapai arahat tah  )
hehehe, tidak butuh meraih gelar ARAHAT hanya untuk memastikan 1+1 hasil nya 2.
apakah dibutuhkan SERTIFIKAT dari OXFORD atau MIT university untuk bisa menjawab rumus 1+1 = 2...

sama seperti kasus ROH tersebut..tidak butuh menunggu mencapai Arahat.

-------------------------------
Quote
yang saya bingung, bisa tolong dijelaskan ga, yang di hukum dineraka itu sapa
yah tumimbal lahir lah dialam sana lah,dikarenakan membentuk khandha baru disitu, sebab-nya avijja/kemelekatan akan bhava...seperti yang tertulis dalam patticasamupada..

memang nya sewaktu devadatta tertelan bumi, apakah "roh" nya saja yang tertelan?
atau sama tubuh nya? hehehe
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #48 on: 26 August 2009, 12:25:25 AM »
jadi ada roh nih??.....
Menurut Mahayana berarti ada ;D

menurut sutta teravadin sebenarnya bisa aja pak buat apa adanya penjelasan 31 alam peta kematian, g bisa aja nunjukin bedasarkan sutta pali dari majjimi nikaya sutta sama anguttara nikaya sutta, tapi itu bisa kontroversi karena bisa terjadi dua pandangan, makanya g main safety aja berdasarkan sutta mahayana.

Kalo dari sutra mahayana itu diperkuat oleh avatamsatka sutra, selain sutra Kṣitigarbha. lebih aman g jelasin dari sutra mahayana

Lagi pula konyol banget mau sok logis soal roh, mau cara logis gampang. Jawabnya energy ion untuk mengetahui roh itu ada atau tidak, tau ngak ada energy positif sama energi negatif di bumi, maka belajar Metafisika, kalo jawaban logis soal roh.
Menurut Lu Sheng Yen Roh itu bisa keluar, trus di atur mau kemana2, betul kah itu ajaran Buddha?

^
latihan meditasi dihutan, trus usaha bisa keluar dari tubuh kamu ^^
dengan begitu anda tau bahwa roh itu ada ato tiada

trus klu ga da roh, trus yg didalam tubuh kamu itu apa bro?
trus klu ga da roh, yg dihukum dineraka itu apa bro?

jangan langsung percaya apa yang dikatakan oleh sapa tuh somdet, ato LuantaMahaboowa yang sudah mengaku2 mencapai arahat...
ehipassiko bro

klu ajahnchah oke dech cukup segan dech ama dia
tapi sapa tuh somdet ato LuantaMahaboowa, ga pernah dech tuh bro...

apakah nagarjuna masih berpandangan salah?
apakah Bodhidarma masih berpandangan salah?

jadi siapa yang berpandangan paling bener? menurut anda (no offense)

cuma berusaha netral karena pada dasar-nya object itu netral (LILY W mode 'ON')

_/\_

oh ya? kalau begitu kasihan donk yang mati TUA....roh nya jelek amat...mending mati muda biar tampan gitu...

nah dari dulu sampai sekarang berarti diskusi mengenai ANATTA dengan aliran mahayana ternyata bohong semua.....apa lagi Tilakkhana...toh baca mantra bisa tidak tua tidak mati.....

Anatta > ternyata tubuh kita ada ROH....jadi 5khandha ini benar-benar MILIK-KU...catat BUKAN REBIRTH lagi melainkan REINCARNATION > hinduisme.

begini saja...
saya tidak percaya begitu saja kok apa yang pernah disampaikan somdet...saya sendiri yakin 100% tidak mungkin ada namanya ROH karena tidak mungkin bagi kita untuk mengendalikan 5 khandha ini semau keinginan kita...jadi menurut anda yang berpikir mencerap, hingga menimbulkan kesadaran ini adalah ROH.. oke

Quote
kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu TIDAK ADA?
wow, jawaban nya mudah banget bro..dan sudah di tunjukkan oleh Sang Buddha ketika membahas Anattalakhanasutta.
apakah batin ini milik anda? kekal? kemudian apakah bisa mengikuti se-mau anda?
perintahkan coba batin anda, untuk tercerahkan sekarang juga, bisa ga?...
toh kalau memang PUNYA ANDA....PASTI BISA...

coba perintahkan untuk tidak pikun...coba perintahkan untuk sanggup menghafal 1 isi forum ini...toh kalau memang dapat mengikuti kehendak sesuka hati....bisa ga?
------------------------------------------------------------------------
kalau memang ROH yang bertindak berpikir, mencerap,merasa itu adalah KITA sesungguh nya....
sekarang juga perintahkan untuk keluar dari tubuh sesuka hati...bisa ga?



sekarang balik gw tanya...BAGAIMANA MELATIH AGAR ROH KITA KELUAR dan membuktikan kalau ADA?
sebelum diskusi ini menjadi MUTER-MUTER tidak jelas

tolong setelah anda REPLY adalah JAWABAN dari pertanyaan saya.....bukan muter-muter balik tanya....
kalau anda masih muter-muter "justru sy ragukan darimana kepercayaan anda mengenai kebenaran ROH"
kan tidak mungkin anda asal baca sutra langsung belief...

jadi keyakinan anda tentu ada alasan.....apakah hal yang membuat anda yakin...oke
sy tunggu jawaban, karena saya telah memberikan jawaban...dan saya yakin jawaban saya itu tidak mungkin SALAH....

oke...saya tunggu jawaban anda.

Menurut Lu Sheng Yen Roh itu bisa di arahkan untuk keluar, itu ada dalam ajaran meditasinya
memang master itu hebat dah, sampai bisa minum kopi bareng sama buddha.....
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #49 on: 26 August 2009, 10:40:04 AM »
Bro Naviscope say
latihan meditasi dihutan, trus usaha bisa keluar dari tubuh kamu
dengan begitu anda tau bahwa roh itu ada ato tiada

trus klu ga da roh, trus yg didalam tubuh kamu itu apa bro?
trus klu ga da roh, yg dihukum dineraka itu apa bro?

jangan langsung percaya apa yang dikatakan oleh sapa tuh somdet, ato LuantaMahaboowa yang sudah mengaku2 mencapai arahat...
ehipassiko bro

klu ajahnchah oke dech cukup segan dech ama dia
tapi sapa tuh somdet ato LuantaMahaboowa, ga pernah dech tuh bro...

apakah nagarjuna masih berpandangan salah?
apakah Bodhidarma masih berpandangan salah?

)jadi siapa yang berpandangan paling bener? menurut anda (no offense



Bro naviscope, ini cuma saran aja, karena kita sesama anggota Dhammacitta, janganlah menghina para Bhikkhu yang kamu tidak ketahui tingkat keBATHINan Beliau2.

BAHAYA BRO !
kamu tahu donk konsekuensinya !
 _/\_
« Last Edit: 26 August 2009, 10:50:42 AM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline naviscope

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.084
  • Reputasi: 48
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #50 on: 26 August 2009, 11:27:56 AM »
^
oke2, bro, thanks atas saran nya, emang ada kata saya yang menghina bhikkhu :hammer:, tidak ada maksud menghina loh.
saya cuma ga pernah dengar somdet ato LuantaMahaboowa, klu ajahnchah sech pernah...

anyway, terima kasih, sudah mengingatkan... akan saya perhatikan, namanya juga manusia kadang suka khilaf

:lotus:

tapi ini juga cuma saran aja, karena kita sesama anggota Dhammacitta, jangan memojokan aliran tertentu ^^

ada asap, pasti ada api, ada api, pasti ada yang menyalakan api-nya :P

_/\_

 [at] bro marcedes, yuk sini gw traktir minum es teh manis ^^
« Last Edit: 26 August 2009, 11:30:16 AM by naviscope »
Tinggalkan masa lalu, lepaskan beban akan masa depan, tidak terikat dengan yang sekarang maka kamu akan merasakan kedamain batin.

Leave the past alone, do not worry about the future, do not cling to the present and you will achieve calm.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #51 on: 26 August 2009, 12:23:40 PM »
Quote
sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya bertanya kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu ADA?, tunjukan latihan apa yang bisa menujukan neraka avici, anda yakin ngak ada neraka avici
yang bilang neraka avici tidak ada siapa? Tunjukkan POSTINGAN saya mengenai TIDAK ADA NYA NERAKA AVICI..

jangan memfitnah bung.....
sudah saya jawab pertanyaan anda LATIHAN yang membuat TIDAK MUNGKIN ROH ITU ADA...
sekarang giliran anda jawab saya.....
siapa yang menfitnah anda ?
Quote
sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya bertanya kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu ADA?, tunjukan latihan apa yang bisa menujukan neraka avici, anda yakin ngak ada neraka avici
yang bilang neraka avici tidak ada siapa? Tunjukkan POSTINGAN saya mengenai TIDAK ADA NYA NERAKA AVICI..

jangan memfitnah bung.....
sudah saya jawab pertanyaan anda LATIHAN yang membuat TIDAK MUNGKIN ROH ITU ADA...
sekarang giliran anda jawab saya.....

 saya tanya anda percaya sama Sutta ngak?, udah percah dicobain belum untuk membuktikannya ?.
itu bukan jawaban pak. Yang saya tanyakan bisa kgk buktikan dari latihan anda nunjukin neraka avici ?
Yang jawab tuh bukan anda tapi bro indra jelas - jelas. apa mau mungkir.

jadi ada roh nih??.....
Menurut Mahayana berarti ada ;D

menurut sutta teravadin sebenarnya bisa aja pak buat apa adanya penjelasan 31 alam peta kematian, g bisa aja nunjukin bedasarkan sutta pali dari majjimi nikaya sutta sama anguttara nikaya sutta, tapi itu bisa kontroversi karena bisa terjadi dua pandangan, makanya g main safety aja berdasarkan sutta mahayana.

Kalo dari sutra mahayana itu diperkuat oleh avatamsatka sutra, selain sutra Kṣitigarbha. lebih aman g jelasin dari sutra mahayana

Lagi pula konyol banget mau sok logis soal roh, mau cara logis gampang. Jawabnya energy ion untuk mengetahui roh itu ada atau tidak, tau ngak ada energy positif sama energi negatif di bumi, maka belajar Metafisika, kalo jawaban logis soal roh.

Sepanjang yang telah saya baca dalam Tipitaka Pali tidak pernah ada disebutkan 31 alam peta kematian apalah majjimi nikaya. Bro Purnama harap anda tidak mengolok-olok Tipitaka.

ini buktinya jawabnya bukan dari anda

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #52 on: 26 August 2009, 12:32:10 PM »
_/\_

Bro Mercedes penjelasannya mantep :)
buat g pribadi emang aga ngebingungin nih,
soalnnya g pernah baca kitab giok lek tentang pengadilan neraka,
padahal mah ga ada roh.
aga bingung,:o
mudah2an
bisa diclearin di sini sama tmn2 yang bisa jelasin sepenuhnya
mudah2an berguna buat kasih tau yang lain supaya ga bingung kaya g.
he..


Mau g buktiin roh itu ada, Gampang aja mudah bro loe sekarang hidup pake apa ?.
Kalo ngak ada roh dalam tubuh u. u tuh ngak jadi manusia, tapi ngak jelas jadi apa,
Tubuh kalo ngak ada jiwa bisa di hidup apa.
u pikir jiwa itu bukan roh ?

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #53 on: 26 August 2009, 12:37:28 PM »
[at] Bro Purnama

Apakah dalam Mahayana, yang disebut sebagai batin = nama skandha = roh = jiwa?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #54 on: 26 August 2009, 12:43:10 PM »
saudara Purnama anda mengutip kitab sutra tentang arwah serta pengadilan juga tetap rancu,

seorang Bikkhu yang bervipassana bertahun-tahun tidak pernah menemukan bahwa "arwah/Roh" dalam diri manusia itu ada...

apakah bhadanta Acariya Buddhagosa yang menyusun Visudhi-magga itu seorang bikkhu yg masih berpandangan salah?
apakah AjahnChah masih berpandangan salah?
apakah LuantaMahaboowa masih berpandangan salah?
apakah K.Sri.Dhammadana masih berpandangan salah?
apakah Somdet Nanasamvara masih berpandangan salah?
apakah Somdet Bourkry masih berpandangan salah?

jadi siapa yang berpandangan benar? menurut anda
kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu ADA?


Semua benar.

sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya bertanya kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu ADA?, tunjukan latihan apa yang bisa menujukan neraka avici, anda yakin ngak ada neraka avici
[/quote]

Bantahan dengan jurus GELIAT BELUT seharusnya:
kalau demikian Tunjukkan Latihan yang bagaimana agar dapat mengetahui Arwah/roh dalam manusia itu TIDAK ADA?


[/quote]

ini maksud supaya roh manusia yang bergentayangan itu bisa pindah ke 31 alam peta kehidupan lain, bukan artian roh itu ada, roh itu udah pasti ada, pointnya bagaimana supaya roh itu bisa berpindah ke alam peta kehidupan jauh lebih baik, menghilangkan samsara

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #55 on: 26 August 2009, 12:52:30 PM »
[at] Bro Purnama

Apakah dalam Mahayana, yang disebut sebagai batin = nama skandha = roh = jiwa?

yah itu termasuk.
Jiwa atau roh itu ngak harus dalam tubuh manusia. tapi Dewa, Hantu, iblis, hewan, itu semua merupakan bagian roh.
Ajaran mahayana tidak jauh beda dengan teravada, dalam mahayana justru memberikan solusi supaya roh-roh yang berasal dari alam peta lain yang masih mengalami samsara, itu bisa pindah ke alam peta kehidupan jauh lebih baik, sama seperti point bro indra, semesti bagaimana supaya roh itu tidak ada.

Jawabannya dalam teravada ada di Tirana sutta dimana Buddha membantu raja Bimbimsara agar roh roh gentayangan di istana beliau, bisa pindah ke alam peta kehidupan lebih baik. ini adalah intisari kenapa ada cioko. tujuannya semua roh yang masih berada dialam samsara bisa pindah kealam yang lebih baik. tidak mengalami perputaran kehidupan

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #56 on: 26 August 2009, 01:08:52 PM »
Sebenernya dalam paramatha Dhamma/kebenaran hakiki roh itu tidak ada yg sebenarnya terdiri dari nama khanda. Tapi kalau dilihat dari kebenaran relatif/duniawi boleh2 saja mengatakan roh ada sebagai penunjuk akan adanya eksistensi walaupun sebenarnya ekistensi itu hanya merupakan perpaduan saja. Ini bisa diterangkan secara abhidhamma mengapa bisa jadi roh gentayangan dan perpaduan khanda apa saja dari dewa, hantu , iblis dsb. Yg terpenting tidak terperangkap dalam pandangan atta.

Untuk melihat kenyataan roh tidak ada latihannya bisa dengan berlatih vipasanna.
« Last Edit: 26 August 2009, 01:13:45 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #57 on: 26 August 2009, 01:11:41 PM »
haiya.......

memakai deskripsi yg ini, memakai deskripsi yg itu......

bikin puyeng aja......

Roh itu apa sih artinya ?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #58 on: 26 August 2009, 01:19:27 PM »
[at] Bro Purnama

Apakah dalam Mahayana, yang disebut sebagai batin = nama skandha = roh = jiwa?

yah itu termasuk.
Jiwa atau roh itu ngak harus dalam tubuh manusia. tapi Dewa, Hantu, iblis, hewan, itu semua merupakan bagian roh.
Ajaran mahayana tidak jauh beda dengan teravada, dalam mahayana justru memberikan solusi supaya roh-roh yang berasal dari alam peta lain yang masih mengalami samsara, itu bisa pindah ke alam peta kehidupan jauh lebih baik, sama seperti point bro indra, semesti bagaimana supaya roh itu tidak ada.

Jawabannya dalam teravada ada di Tirana sutta dimana Buddha membantu raja Bimbimsara agar roh roh gentayangan di istana beliau, bisa pindah ke alam peta kehidupan lebih baik. ini adalah intisari kenapa ada cioko. tujuannya semua roh yang masih berada dialam samsara bisa pindah kealam yang lebih baik. tidak mengalami perputaran kehidupan
Berarti menurut mahayana roh itu kekal ya selama belum mencapai nibbana?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: Arwah dan pengadilan di alam baka...
« Reply #59 on: 26 August 2009, 01:31:01 PM »
[at] Bro Purnama

Apakah dalam Mahayana, yang disebut sebagai batin = nama skandha = roh = jiwa?

yah itu termasuk.
Jiwa atau roh itu ngak harus dalam tubuh manusia. tapi Dewa, Hantu, iblis, hewan, itu semua merupakan bagian roh.
Ajaran mahayana tidak jauh beda dengan teravada, dalam mahayana justru memberikan solusi supaya roh-roh yang berasal dari alam peta lain yang masih mengalami samsara, itu bisa pindah ke alam peta kehidupan jauh lebih baik, sama seperti point bro indra, semesti bagaimana supaya roh itu tidak ada.

Jawabannya dalam teravada ada di Tirana sutta dimana Buddha membantu raja Bimbimsara agar roh roh gentayangan di istana beliau, bisa pindah ke alam peta kehidupan lebih baik. ini adalah intisari kenapa ada cioko. tujuannya semua roh yang masih berada dialam samsara bisa pindah kealam yang lebih baik. tidak mengalami perputaran kehidupan

Mungkin maksud bro purnama itu Tirokudda Sutta?