//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS  (Read 259789 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #375 on: 15 April 2011, 03:18:08 PM »
Menurut saya justru sebaliknya, orang cari prostitusi atau tidak, tergantung pada moralnya masing-masing.

mana yang terbalik bro... memang moral saya tidak tergantung pada ada tidak ada-nya prostitusi. Jika moral saya bobrok dan ingin memuaskan nafsu birahi sedangkan dari istri atau pasangan lain tidak bisa didapatkan, mungkin saja mencari PSK.


Ini tergantung pada pribadinya. Saya pernah lihat PSK yang melacurkan diri agar anaknya lulus sekolah dan bisa hidup mandiri. Ia terpaksa melakukannya karena suaminya pergi begitu saja tak bertanggungjawab. Jadi kalau masalah moral dan motif, saya rasa setiap PSK (juga pelanggannya) berbeda.

Banyak istri yang ditinggalkan suami, dan apakah semua jadi PSK ? jadi PSK itu di jaman kebebasan seperti ini adalah PILIHAN, bukan keterpaksaan.
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #376 on: 15 April 2011, 03:28:29 PM »
mana yang terbalik bro... memang moral saya tidak tergantung pada ada tidak ada-nya prostitusi.
Maksud saya yang ini:
Moral saya tentu-nya tidak tergantung pada ada atau tidaknya prostitusi... tetapi pada ada tidaknya saya mencari prostitusi, dan Moral sang PSK itu tentu-nya tergantung pada perilaku-nya. Menurut saya memang PSK itu sendiri tidak memberdayakan diri-nya untuk keluar dari profesi tersebut.
Perbuatan mencari atau tidak, ditentukan oleh moral, bukannya moral tergantung pada mencari/tidak.

Quote
Jika moral saya bobrok dan ingin memuaskan nafsu birahi sedangkan dari istri atau pasangan lain tidak bisa didapatkan, mungkin saja mencari PSK.
Betul. Jika moral bagus, walaupun tidak puas, tetap tidak mencari.
Mungkin maksud bro dilbert, 'penilaian atas moral seseorang (bagus atau tidak) bisa kita lihat dari ada/tidaknya dia mencari PSK'?


Quote
Banyak istri yang ditinggalkan suami, dan apakah semua jadi PSK ? jadi PSK itu di jaman kebebasan seperti ini adalah PILIHAN, bukan keterpaksaan.
Memang tidak semua, namun keterkondisian orang berbeda. Kalau bro dilbert mengatakan di jaman kebebasan seperti ini pasti adalah pilihan, bukan keterpaksaan, apakah tepat juga kalau dikatakan, "di jaman kebebasan seperti ini, menjadi miskin adalah pilihan, bukan keterpaksaan"?

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #377 on: 15 April 2011, 03:36:59 PM »
Menurut saya justru sebaliknya, orang cari prostitusi atau tidak, tergantung pada moralnya masing-masing.

Ini tergantung pada pribadinya. Saya pernah lihat PSK yang melacurkan diri agar anaknya lulus sekolah dan bisa hidup mandiri. Ia terpaksa melakukannya karena suaminya pergi begitu saja tak bertanggungjawab. Jadi kalau masalah moral dan motif, saya rasa setiap PSK (juga pelanggannya) berbeda.

Uda cerai belum si ibu? kalo blm berarti berzinah dong? berarti maksud kk kalo uda kepepet ga punya duit melacurkan diri saja lebih cepat dapat duit dan tidak melanggar sila kok, gitu ya?

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #378 on: 15 April 2011, 03:41:49 PM »
Maksud saya yang ini: Perbuatan mencari atau tidak, ditentukan oleh moral, bukannya moral tergantung pada mencari/tidak.
Mau menilai moral saya (yang sehubungan dengan topik bahasan PSK) tentu-nya adalah menilai dari saya ada atau tidak mencari PSK atau apapun untuk hubungan seksual.

Betul. Jika moral bagus, walaupun tidak puas, tetap tidak mencari.
Mungkin maksud bro dilbert, 'penilaian atas moral seseorang (bagus atau tidak) bisa kita lihat dari ada/tidaknya dia mencari PSK'?

dalam bahasan moral yang sehubungan dengan ESEK-ESEK, jawabannya IYA ... seorang suami yang moral-nya (sehubungan dengan urusan syahwat) di katakan baik / alim, tentu-nya di-nilai dari ada tidaknya sang suami itu "jajan" di luar dengan PSK ataupun ada selingkuh dengan TTM atau ONS (one nite stand) dengan perempuan lain selain istrinya. itu donk patokannya.

Memang tidak semua, namun keterkondisian orang berbeda. Kalau bro dilbert mengatakan di jaman kebebasan seperti ini pasti adalah pilihan, bukan keterpaksaan, apakah tepat juga kalau dikatakan, "di jaman kebebasan seperti ini, menjadi miskin adalah pilihan, bukan keterpaksaan"?
Lahir menjadi miskin itu adalah Bukan Pilihan, tetapi menjalani Hidup adalah PILIHAN. Ada juga kan yang dipaksa untuk melacur (misalnya pada jaman Peperangan atau jaman Jahiliyah) lebih memilih untuk bunuh diri daripada di-paksa melacur. Dan itu semua adalah pilihan.

Untuk konteks perempuan yang dipaksa melacur/menjadi budak seks para penguasa atau penjahat, itu masih dapat saya "maklumi" sebagai bagian yang sangat "terpaksa" karena menyangkut nyawa. TETAPI kalau sudah namanya PROFESI, berarti perbuatan itu dilakukan dengan penuh KESADARAN dan penuh KEMAUAN untuk mencapai tujuan tertentu (yang mungkins aja bukan karena masalah nyawa, tetapi masalah mau banyak duit, mau hidup mewah, mau nyekolahan anak setinggi-tinggi-nya dan bla bla bla).
« Last Edit: 15 April 2011, 03:44:22 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #379 on: 15 April 2011, 03:44:12 PM »
Uda cerai belum si ibu? kalo blm berarti berzinah dong? berarti maksud kk kalo uda kepepet ga punya duit melacurkan diri saja lebih cepat dapat duit dan tidak melanggar sila kok, gitu ya?
Sudah ditinggalkan suami, tapi saya tidak tahu apakah resmi bercerai (karena bercerai juga perlu uang).

Saya tidak menganjurkan orang melacurkan diri, tapi saya bisa memaklumi orang yang kepepet lalu melacurkan diri. Mudah bagi orang ke tiga yang tidak pernah kelaparan, hidup dalam kecukupan dan tidak khawatir anak tidak punya susu, untuk mengatakan, "cari jalan lain" seolah cara lain itu bisa didapat dalam sehari. Berbeda bagi yang tidak makan berhari-hari dan harus menghidupi anaknya.


Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #380 on: 15 April 2011, 03:50:10 PM »
kalau "melacur" pada suami ?~

pernah dengar ?~ merid - ngeseks - duit = BERES

pelacur ?~

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #381 on: 15 April 2011, 03:51:17 PM »
Sudah ditinggalkan suami, tapi saya tidak tahu apakah resmi bercerai (karena bercerai juga perlu uang).

Saya tidak menganjurkan orang melacurkan diri, tapi saya bisa memaklumi orang yang kepepet lalu melacurkan diri. Mudah bagi orang ke tiga yang tidak pernah kelaparan, hidup dalam kecukupan dan tidak khawatir anak tidak punya susu, untuk mengatakan, "cari jalan lain" seolah cara lain itu bisa didapat dalam sehari. Berbeda bagi yang tidak makan berhari-hari dan harus menghidupi anaknya.

Berarti maksud kk pelacur itu boleh, asal waktu terpaksa saja, kalau tidak terpaksa sebaiknya jangan deh, karena ga bagus. Gitukan?

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #382 on: 15 April 2011, 03:53:14 PM »
kalau "melacur" pada suami ?~

pernah dengar ?~ merid - ngeseks - duit = BERES

pelacur ?~

Kasih analogi saja...
Ada manusia dan ada binatang...
Ada manusia tetapi sifat dan moral-nya seperti binatang...

Jadi ada istri dan PSK
ada juga istri yang kelakuannya seperti PSK, tahu-nya ngeseks dan minta duit sama suami, tidak melakukan kewajibannya sebagai seorang istri. Kalau PSK mah habis ngesek, terima duit, No-Hiuw
« Last Edit: 15 April 2011, 04:01:05 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #383 on: 15 April 2011, 03:53:33 PM »
Mau menilai moral saya (yang sehubungan dengan topik bahasan PSK) tentu-nya adalah menilai dari saya ada atau tidak mencari PSK atau apapun untuk hubungan seksual.
OK, saya sudah nyambung.

Quote
dalam bahasan moral yang sehubungan dengan ESEK-ESEK, jawabannya IYA ... seorang suami yang moral-nya (sehubungan dengan urusan syahwat) di katakan baik / alim, tentu-nya di-nilai dari ada tidaknya sang suami itu "jajan" di luar dengan PSK ataupun ada selingkuh dengan TTM atau ONS (one nite stand) dengan perempuan lain selain istrinya. itu donk patokannya.
Iya, setuju juga. Intinya hubungan seksual selain dengan istri.

Quote
Lahir menjadi miskin itu adalah Bukan Pilihan, tetapi menjalani Hidup adalah PILIHAN. Ada juga kan yang dipaksa untuk melacur (misalnya pada jaman Peperangan atau jaman Jahiliyah) lebih memilih untuk bunuh diri daripada di-paksa melacur. Dan itu semua adalah pilihan.
Yang saya pertanyakan bukan antara melacur/miskin dan mati, karena semua orang juga bisa bunuh diri. Yang saya pertanyakan adalah apakah di jaman kebebasan ini berarti orang bisa selalu memilih untuk miskin/tidak sebagaimana orang bisa memilih melacur/tidak?


Quote
Untuk konteks perempuan yang dipaksa melacur/menjadi budak seks para penguasa atau penjahat, itu masih dapat saya "maklumi" sebagai bagian yang sangat "terpaksa" karena menyangkut nyawa. TETAPI kalau sudah namanya PROFESI, berarti perbuatan itu dilakukan dengan penuh KESADARAN dan penuh KEMAUAN untuk mencapai tujuan tertentu (yang mungkins aja bukan karena masalah nyawa, tetapi masalah mau banyak duit, mau hidup mewah, mau nyekolahan anak setinggi-tinggi-nya dan bla bla bla).
Nah, yang ini lebih dekat ke topik.
Profesi pelacur ini, kenapa bro dilbert menilai rendah?

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #384 on: 15 April 2011, 03:59:01 PM »
Sudah ditinggalkan suami, tapi saya tidak tahu apakah resmi bercerai (karena bercerai juga perlu uang).

Saya tidak menganjurkan orang melacurkan diri, tapi saya bisa memaklumi orang yang kepepet lalu melacurkan diri. Mudah bagi orang ke tiga yang tidak pernah kelaparan, hidup dalam kecukupan dan tidak khawatir anak tidak punya susu, untuk mengatakan, "cari jalan lain" seolah cara lain itu bisa didapat dalam sehari. Berbeda bagi yang tidak makan berhari-hari dan harus menghidupi anaknya.

Saya kok gak yakin (misalnya di Indonesia, di jaman sekarang) kalau kita punya anak balita, dan ketika anak kita itu kekurangan susu, kita minta bantuan ke orang-orang, gak di kasih bantuan ? Kecuali hidup-nya di jaman Jahiliyah...
Bhikkhu aja yang pindapatta di jalan-jalan aja bisa dapat makanan untuk penyambung nyawa. Masa ibu-ibu "muda-cakep" bawa anak balita minta bantuan susu sama orang-orang, gak dapat ?
« Last Edit: 15 April 2011, 04:02:23 PM by dilbert »
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #385 on: 15 April 2011, 04:01:00 PM »
Berarti maksud kk pelacur itu boleh, asal waktu terpaksa saja, kalau tidak terpaksa sebaiknya jangan deh, karena ga bagus. Gitukan?
Secara disederhanakan, kira-kira begitu.

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #386 on: 15 April 2011, 04:03:34 PM »
Secara disederhanakan, kira-kira begitu.

kalo gitu kita sependapat kok kk...hehe...  intinya profesi itu ga bagus hehe....

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #387 on: 15 April 2011, 04:04:28 PM »
Saya kok gak yakin (di Indonesia, di jaman sekarang) kalau kita punya anak balita, dan ketika anak kita itu kekurangan susu, kita minta bantuan ke orang-orang, gak di kasih bantuan ? Kecuali hidup-nya di jaman Jahiliyah...
Bhikkhu aja yang pindapatta di jalan-jalan aja bisa dapat makanan untuk penyambung nyawa. Masa ibu-ibu "muda-cakep" bawa anak balita minta bantuan susu sama orang-orang, gak dapat ?

maaf bro dilbert saya koreksi sedikit, kejadian itu ada kebetulan saya yg mengalami, di saat saya susah, saya meminta tolong ke tetangga,ke teman, bahkan saudara, tidak ada  sedikitpun yg membantu sampai akhirnya anak saya di kasih air tajin (air cucian beras) supaya dia kenyang dan tidak menangis.  _/\_
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline dilbert

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.935
  • Reputasi: 90
  • Gender: Male
  • "vayadhamma sankhara appamadena sampadetha"
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #388 on: 15 April 2011, 04:04:39 PM »
Profesi pelacur ini, kenapa bro dilbert menilai rendah?

karena tidak saya nilai profesi ini sebagai profesi yang baik
VAYADHAMMA SANKHARA APPAMADENA SAMPADETHA
Semua yang berkondisi tdak kekal adanya, berjuanglah dengan penuh kewaspadaan

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: TINDAKAN SEKSUAL YANG TIDAK PANTAS DALAM PANDANGAN BUDDHIS
« Reply #389 on: 15 April 2011, 04:04:51 PM »
Coba simak kisah Ambhapali di atas... Ambhapali menjadi wanita penghibur karena "KEPUTUSAN" para pangeran Licchavi yang menguasai. apakah ini sama dengan Ambhapali menjadi PSK secara sadar dan kemauan sendiri ?

Hidup adalah pilihan. Ini kalimat sakti dan tak terbantahkan   ;D

Meski para pangeran memutuskan, tapi keputusan akhir ada di tangan Ambapali, mau atau tidak.
Tapi is oke lah, kita anggap awalnya Ambapali tidak berniat jadi wanita penghibur, namun ia akhirnya menjadi wanita penghibur karena keadaan meminta begitu.

Quote
Jelas dikatakan bahwa walaupun menjadi wanita penghibur (dibawah penguasaan pangeran Licchavi), Ambhapali memiliki kualitas bathin yang baik dengan melatih ketenangan dan kemuliaan, sering berdana.

Banyak juga PSK sekarang memiliki kualitas batin yg baik, tenang, tidak amoral dan murah hati

Quote
Jadi darimana dikatakan bahwa profesi PSK tidak melanggar SILA ? Buddha menerima persembahan dari Ambhapali tidak serta merta berarti dapat disimpulkan bahwa Ambhapali tidak melanggar SILA.

Justru saya heran, bagaimana bisa sampai dikatakan profesi PSK = melanggar sila?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)