di vihara ada acara rupang buda di mandiin, mau tanya tujuannya apa?
di tradisi mana saja acara seperti ini di adakan, apakah maha dan tera, atau salah satunya?
			
			
			
				Malah vihara di kampung aye, air bekas mandi rupangnya di bawa pulang,katanya air berkah..
			
			
			
				Aliran pai2 kyknya ya
			
			
			
				ketika Pangeran Siddhattha dilahirkan, air memancar dari angkasa memandikan bayi sidhattha dan ibunya. acara ini melambangkan kejadian itu. 
ketika terlahir bayi siddhattha diterima oleh para brahma kemudian diserahkan kepada para dewa dan terakhir kepada manusia. jadi selain memandikan rupang buddha seharusnya juga ada acara oper-operan rupang.
			
			
			
				Jadi dari brahma pencipta tuhan kita, kemudian ke dewa sakka, kemudian baru para umat manusia?
			
			
			
				gak ada hubungan sama sumedho
			
			
			
				Quote from: Mr.Jhonz on 09 May 2011, 09:41:07 PM
Malah vihara di kampung aye, air bekas mandi rupangnya di bawa pulang,katanya air berkah..
bener, ada kembang2an juga ya, trus masukin ke bak mandi =))
			
 
			
			
				kalau di daerah saya diadakan menjelang imlek, rupang buddha dan para dewa dimandikan , tapi untuk air bekas cuci dewa yang di bawa pulang dan dikata air berkah IMO sugesti /tahyul aja
			
			
			
				Quote from: Indra on 09 May 2011, 09:48:11 PM
ketika Pangeran Siddhattha dilahirkan, air memancar dari angkasa memandikan bayi sidhattha dan ibunya. acara ini melambangkan kejadian itu. 
ketika terlahir bayi siddhattha diterima oleh para brahma kemudian diserahkan kepada para dewa dan terakhir kepada manusia. jadi selain memandikan rupang buddha seharusnya juga ada acara oper-operan rupang.
fungsinya untuk apa? apakah hanya untuk upacara saja / ada guna yang lain?
			
 
			
			
				Kalau orang gampang membuat ritual lah. Ada 1 juta orang, ada juga 1 juta cara ritual penghormatan.
			
			
			
				Quote from: Sunkmanitu Tanka Ob'waci on 09 May 2011, 10:14:33 PM
Kalau orang gampang membuat ritual lah. Ada 1 juta orang, ada juga 1 juta cara ritual penghormatan.
manfaat apa yang bisa diambil dari memandikan rupang itu ?
			
 
			
			
				Sama kayak membersihkan foto leluhur di tembok.
			
			
			
				Quote from: ryu on 09 May 2011, 10:20:44 PM
manfaat apa yang bisa diambil dari memandikan rupang itu ?
ada gerakan fisik tubuh jadinya ada keluar energi, itung2 olahraga kecil  :))
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 09 May 2011, 10:09:49 PM
fungsinya untuk apa? apakah hanya untuk upacara saja / ada guna yang lain?
rupang jadi bersih  :))
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 09 May 2011, 10:01:00 PM
bener, ada kembang2an juga ya, trus masukin ke bak mandi =))
Quote from: ryu on 09 May 2011, 10:01:00 PM
bener, ada kembang2an juga ya, trus masukin ke bak mandi =))
Karena dulu aye belum buddhis,aye buat mandiin anjing aye :))
Kalo sekantong air berkah dujual 50rebu??kira2 marginnya berapa?
			
 
			
			
				campur aja 30% air berkah dan 70% air keran supaya marginnya makin gede, lalu turunin harganya 30%
makin laku, makin untung
			
			
			
				tradisi seperti ini dimulai sejak kapan? dan dilakukan dari tradisi mana dulu?
			
			
			
				kl gua cuma bisa lihat manfaat dari sisi kebersihannya saja...
wajar lah kl di bersihin sekali setahun.. =)) =)) altar rumah gua kl pas bersih2 patung kwan im dll ( nyokap gua ms aliran pai2) buset jujur aj, patung nya dekil ui.. masa setahun sekali mandi, bygin aj kotoran + debu yg nempel.. 
kl dr sisi lain2 gk ngerti juga deh., apalagi airnya di bilang bisa bawa berkah? kok gk di minum yah, wkwkwkwk bisa mencret 7 hari 7 malem mungkin, nah kl uda gitu gak jadi berkah tapi musibah deh  ^-^
			
			
			
				Quote from: kuswanto on 10 May 2011, 11:45:46 AM
kl gua cuma bisa lihat manfaat dari sisi kebersihannya saja...
wajar lah kl di bersihin sekali setahun.. =)) =)) altar rumah gua kl pas bersih2 patung kwan im dll ( nyokap gua ms aliran pai2) buset jujur aj, patung nya dekil ui.. masa setahun sekali mandi, bygin aj kotoran + debu yg nempel.. 
kl dr sisi lain2 gk ngerti juga deh., apalagi airnya di bilang bisa bawa berkah? kok gk di minum yah, wkwkwkwk bisa mencret 7 hari 7 malem mungkin, nah kl uda gitu gak jadi berkah tapi musibah deh  ^-^
kalau dari sisi kebersihan, khan tidak usah pake upacara segala macam, bisa di mandiin secara berkala sebulan sekali, secara buda sudah identik sebagai penyembah berhala. acara sujud2, mandiin patung di upacarain, bukannya malah kesan berhalanya semakin terlihat?
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 10 May 2011, 12:02:48 PM
kalau dari sisi kebersihan, khan tidak usah pake upacara segala macam, bisa di mandiin secara berkala sebulan sekali, secara buda sudah identik sebagai penyembah berhala. acara sujud2, mandiin patung di upacarain, bukannya malah kesan berhalanya semakin terlihat?
ya, itu yg mau gua sampaikan ke nyokap gua tiap tahun.. supaya gak tll ritual2 lagi.. tapi ttp aja susah, uda mengakar kuat.. 
tapi untungnya skrg uda beda jauh dr 10thn yg lalu.. skrg uda jauh lebih simple ritualnya..
			
 
			
			
				menurut saya Buddha rupang di mandiin mungkin hanya sebagai simbolik, kalo yang namanya Agama tidak ada simbolik jdnya kagak asik donk.  :)). karena kadang simbolik simbolik tertentu jg membawa kebahagiaan tertentu bagi yang menjalankannya, kepuasan dalam batin yg menjalankannya, niat yang baik untuk menjalankannya. Hal ini tentu merupakan hal yang baik.
			
			
			
				Quote from: ryu on 09 May 2011, 10:20:44 PM
manfaat apa yang bisa diambil dari memandikan rupang itu ?
yah setidaknya 
bagi laki2 - tidak memandikan bini tetangga
bagi wanita- tidak memandikan laki tetangga
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 10 May 2011, 12:02:48 PM
kalau dari sisi kebersihan, khan tidak usah pake upacara segala macam, bisa di mandiin secara berkala sebulan sekali, secara buda sudah identik sebagai penyembah berhala. acara sujud2, mandiin patung di upacarain, bukannya malah kesan berhalanya semakin terlihat?
gini om, ini salah satu teknik marketing. 
menarik konsumen. dan memasukan amplop.
			
 
			
			
				harus di ingat aliran lain tdk sama dengan aliran thera, waisak nya gak sama kalau maha, wa perhatikan waisaknya terbagi 3 hari ( beda seminggu sebelum dan sesudah waisak) jadi 3 peristiwa tsb tdk terjadi dalam satu hari dalam tri suci waisak karena tipitaka yang jadi acuan nya mungkin beda, hari suci waisak yang kita peringati ini adalah berdasar kesepakatan dewan sangha international/ dunia dari 2 acuan kitab tipitaka yang dipilih yang 3 peristiwa terjadi dalam satu hari ini. 
pada beberapa negara waisak di rayakan pada hari ini misalnya Hongkong merayakan waisak pada hari ini bukan tanggal 17 mei 2011 nanti. jadi kalian bisa melihat kesepakatan ini masih tdk terlalu lama dari hongkong berdiri terlepas dari china.
			
			
			
				Quote from: blood_demon on 10 May 2011, 12:09:13 PM
menurut saya Buddha rupang di mandiin mungkin hanya sebagai simbolik, kalo yang namanya Agama tidak ada simbolik jdnya kagak asik donk.  :)). karena kadang simbolik simbolik tertentu jg membawa kebahagiaan tertentu bagi yang menjalankannya, kepuasan dalam batin yg menjalankannya, niat yang baik untuk menjalankannya. Hal ini tentu merupakan hal yang baik.
kalau hanya menjalankan ritual saja tapi tidak mengerti maknanya gimana?
misalnya si orang yang ikut upacara jadi punya kepercayaan, air bekas mandiin bisa bawa hoki dll
itu jadi pandangan salah.
			
 
			
			
				Quote from: andry on 10 May 2011, 12:13:01 PM
yah setidaknya 
bagi laki2 - tidak memandikan bini tetangga
bagi wanita- tidak memandikan laki tetangga
kalau mandi kucing bijimana? =))
			
 
			
			
				Quote from: andry on 10 May 2011, 12:13:53 PM
gini om, ini salah satu teknik marketing. 
menarik konsumen. dan memasukan amplop.
kenapa tiap2 agama ada hal seperti begitu?
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 10 May 2011, 12:56:22 PM
kalau hanya menjalankan ritual saja tapi tidak mengerti maknanya gimana?
misalnya si orang yang ikut upacara jadi punya kepercayaan, air bekas mandiin bisa bawa hoki dll
itu jadi pandangan salah.
itu justru yg byk terjadi di masyarakat kita lho, sekedar menjalan kan ritual, ya sesuai dgn apa yg dikatakan bro ryu dhe. tp walaupun hanya demikian, ada kemungkinan dengan pergi ke vihara, bisa bertemu Bhante atau org sana yg kadang bs memberi pengarahan Dhamma dari pada tdk sama sekali. memang sich sangat disayangkan hal demikian terjadi karena pandangan seeperti yg bro ryu katakan, shg Keyakinan org seperti ini akan mudah dirubah apalagi dirubah dgn janji surga.  :))
			
 
			
			
				kan klo rupang di taruh di altar, kena debu, kena sarang laba2, kena kotoran cecak/serangga, kena lumut, berkerak... jd ya patut la dibersihkan, ya dgn kata lain di mandiin, kan itu adalah objek penghormatan... agar enak dipandang rupang tersebut, setlah itu viriya kita muncul lebih besar ketika kita melakukan puja bhakti... sehingga bisa meningkatkan saddha... :D
ingat lah, kebersihan sebahagian dr saddha... (sutta-tono, IX : 68)
			
			
			
				kalau menurut ku ( pendapat pribadi), karena kesepakatan nya waisak hanya satu hari padahal menurut aliran mereka waisak adalah 3 hari yah disamarkan menjadi acara permandian rupang ini  
bila kalian perhatikan permandian rupang bhodisatva sidartha ini selalu seminggu sebelum waisak, atau saat China, Hongkong, Taiwan merayakan waisak ( 10-5-2011).
			
			
			
				Quote from: dhanuttono on 10 May 2011, 01:04:13 PM
kan klo rupang di taruh di altar, kena debu, kena sarang laba2, kena kotoran cecak/serangga, kena lumut, berkerak... jd ya patut la dibersihkan, ya dgn kata lain di mandiin, kan itu adalah objek penghormatan... agar enak dipandang rupang tersebut, setlah itu viriya kita muncul lebih besar ketika kita melakukan puja bhakti... sehingga bisa meningkatkan saddha... :D
ingat lah, kebersihan sebahagian dr saddha... (sutta-tono, IX : 68)
Kalo membersihkan begitu sih gpp Bro.. wajarlah..
Yg prihatinnya begini:
Yang terjadi adalah: rupang besar diturunkan dari altar, umat bergantian membersihkan bagian2 tubuh dari rupang dengan cara mengusap2 bagian2 tubuh rupang tsb dengan air dan kain. Hal ini dilakukan baik oleh pria maupun... para wanita... plus muka-muka yg mencerminkan 'ngarep.com' (wow menyentuh rupang utama, bisa membawa berkah nih... plus melirik2 kain yg digunakan untuk prosesi tsb, rencananya mau diembat bawa pulang, oh ya.. air bekas mandian tiba-tiba juga naik derajatnya menjadi air zam2/air lordes).
Umat2 ini antri, semua orang mengharapkan mendapatkan giliran... ada yg memilih mengusap2 bagian muka, bahu, punggung, hingga bagian paha... (jika patung bisa bicara, mungkin dia akan protes, gue -seorang bhikkhu- lagi meditasi kok diusap2 pahanya oleh banyak wanita). 
----
ritual.. kalo dilakukan dengan pengertian benar masih gpp, tapi yg terjadi adalah ritual dilakukan dengan salah kaprah... jadi, dipikir2 nggak heran umum menilai umat buddha adalah umat penyembah patung.
::
			
 
			
			
				lah yang aku tahu cuma mengguyur air pake centongan ke rupang bayi Siddharta yang baru lahir...
pake air bunga
			
			
			
				maaf bro william ada masukan sedikit, orang umum atau dari sebelah berpendapat bahwa agama buddha menyembah berhala bukan dari cara ritual kita sebelumnya, tapi kebanyakan mereka berpedoman kepada kitab mereka dan 10 hukum taurat mereka, dan juga dimana ada media patung di altar baik dari agama apapun pasti akan di cap oleh mereka sebagai penyembah berhala, dalam hal ini ka****k pernah di cap sebagai penyembah berhala karena salib mereka ada patung MR J .
			
			
			
				Quote from: xenocross on 10 May 2011, 01:49:10 PM
lah yang aku tahu cuma mengguyur air pake centongan ke rupang bayi Siddharta yang baru lahir...
pake air bunga
iya
aye juga pernah ikut kek ginian, bingung ngapain, dah gitu biksunya cang cing cong pake bahasa yang kaga ngerti
alhasil pulang dengan wajah kaga ngarti =))
			
 
			
			
				di sini ada sutra ttg memandikan Buddha rupang, termasuk manfaat yang diperoleh (rupang jadi bersih)..
http://dhammacitta.org/perpustakaan/kumpulan-beberapa-sutra-buddhisme-mahayana-1/
			
			
			
				Quote from: williamhalim on 10 May 2011, 01:42:07 PM
Kalo membersihkan begitu sih gpp Bro.. wajarlah..
Yg prihatinnya begini:
Yang terjadi adalah: rupang besar diturunkan dari altar, umat bergantian membersihkan bagian2 tubuh dari rupang dengan cara mengusap2 bagian2 tubuh rupang tsb dengan air dan kain. Hal ini dilakukan baik oleh pria maupun... para wanita... plus muka-muka yg mencerminkan 'ngarep.com' (wow menyentuh rupang utama, bisa membawa berkah nih... plus melirik2 kain yg digunakan untuk prosesi tsb, rencananya mau diembat bawa pulang, oh ya.. air bekas mandian tiba-tiba juga naik derajatnya menjadi air zam2/air lordes).
Umat2 ini antri, semua orang mengharapkan mendapatkan giliran... ada yg memilih mengusap2 bagian muka, bahu, punggung, hingga bagian paha... (jika patung bisa bicara, mungkin dia akan protes, gue -seorang bhikkhu- lagi meditasi kok diusap2 pahanya oleh banyak wanita). 
----
ritual.. kalo dilakukan dengan pengertian benar masih gpp, tapi yg terjadi adalah ritual dilakukan dengan salah kaprah... jadi, dipikir2 nggak heran umum menilai umat buddha adalah umat penyembah patung.
::
itu dia, kenapa aa tulis candaan sebelumnya, ya agar image bahwa prosesi pembersihan rupang tidak ada hubungan nya dengan berkah2, sampe2 kegiatan tersebut berkembang menjadi kegiatan tahunan n pake ritual2 khusus ...
masalah yg muncul adalah adanya pengertian salah yg ada dibenak umat, tp koq ga ada yg menyalahkan ritual tersebut n terkesan membiarkan terjadi tanpa ada pengertian yg benar tentang proses pembersihan rupang, bahkan oleh seorang bhikkhu sekalipun.
bersihkan rupang, murni karena emang rupang tersebut kotor, agar objek penghormatan lebih terlihat enak dipandang, selebihnya tidak ada manfaat lain apalagi dikait2kan dengan berkah... 
			
 
			
			
				ya sebenarnya kan mirip dengan memberi persembahan di altar
Kenapa memberi persembahan di altar? Patung kan gak bisa makan. Buddha juga sudah tidak ada. Apa ada manfaat memberi persembahan atau menghormat ke rupang Buddha?
Kalau pakai pemikiran begini: "Malangnya saya lahir di periode ketika tidak ada Buddha yang bisa diberikan persembahan dan diberikan penghormatan. Tetapi jika saya membayangkan Buddha masih hidup dan ada di depan saya dan dengan pikiran yang yakin saya memberikan persembahan, mungkin saya akan mendapatkan sedikit karma baik melalui pikiran (mano-kusala-kamma)"
Dengan pikiran seperti ini orang dapat memperdalam bakti dan keyakinannya sambil mengharapkan sedikit karma baik dengan cara memberikan persembahan kepada rupang Buddha. Tentunya tidak dengan berlebihan dijadikan berhala karena patung hanyalah sarana visualisasi.
Dengan cara yang sama, saya bisa berpikir "Malangnya saya tidak hadir ketika Bodhisattva dillahirkan di dunia. Coba saya disitu, pasti saya akan ikut memandikan. Sekarang saya akan membayangkan Bodhisattva hadir di depan saya dalam kondisi baru lahir dan saya akan ikut memandikan beliau"
Itu caraku berpikir waktu ikutan acara memandikan rupang bayi Siddharta yang baru lahir.
tapi saya gak ikutan minta airnya lho. Cuma ikut siram 3x lalu pergi.
			
			
			
				Quote from: xenocross on 11 May 2011, 08:32:32 AM
ya sebenarnya kan mirip dengan memberi persembahan di altar
Kenapa memberi persembahan di altar? Patung kan gak bisa makan. Buddha juga sudah tidak ada. Apa ada manfaat memberi persembahan atau menghormat ke rupang Buddha?
Kalau pakai pemikiran begini: "Malangnya saya lahir di periode ketika tidak ada Buddha yang bisa diberikan persembahan dan diberikan penghormatan. Tetapi jika saya membayangkan Buddha masih hidup dan ada di depan saya dan dengan pikiran yang yakin saya memberikan persembahan, mungkin saya akan mendapatkan sedikit karma baik melalui pikiran (mano-kusala-kamma)"
Dengan pikiran seperti ini orang dapat memperdalam bakti dan keyakinannya sambil mengharapkan sedikit karma baik dengan cara memberikan persembahan kepada rupang Buddha. Tentunya tidak dengan berlebihan dijadikan berhala karena patung hanyalah sarana visualisasi.
Dengan cara yang sama, saya bisa berpikir "Malangnya saya tidak hadir ketika Bodhisattva dillahirkan di dunia. Coba saya disitu, pasti saya akan ikut memandikan. Sekarang saya akan membayangkan Bodhisattva hadir di depan saya dalam kondisi baru lahir dan saya akan ikut memandikan beliau"
Itu caraku berpikir waktu ikutan acara memandikan rupang bayi Siddharta yang baru lahir.
tapi saya gak ikutan minta airnya lho. Cuma ikut siram 3x lalu pergi.
ok lah kalau anda berpendapat begitu, tapi umat lain apakah berpendapat seperti itu?
apakah ada yang memberitahu hal ini kepada umat?
atau hanya membiarkan umat manggut2 aja tanpa mengetahui "visualisasi" seperti ini?
atau umat buda harus mencari tau sendiri hal2 seperti ini?
berapa banyak yang mengetahui hal ini?
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 11 May 2011, 09:58:16 AM
ok lah kalau anda berpendapat begitu, tapi umat lain apakah berpendapat seperti itu?
apakah ada yang memberitahu hal ini kepada umat?
atau hanya membiarkan umat manggut2 aja tanpa mengetahui "visualisasi" seperti ini?
atau umat buda harus mencari tau sendiri hal2 seperti ini?
berapa banyak yang mengetahui hal ini?
kalau yang belajar agama Buddhanya bener ya tahu
Mungkin bervariasi jg cara visualisasinya
jumlahnya gak tahu, dikit kali ya
yaaaaah begitulaaaaah
			
 
			
			
				Quote from: xenocross on 11 May 2011, 08:32:32 AM
Dengan cara yang sama, saya bisa berpikir "Malangnya saya tidak hadir ketika Bodhisattva dillahirkan di dunia. Coba saya disitu, pasti saya akan ikut memandikan. Sekarang saya akan membayangkan Bodhisattva hadir di depan saya dalam kondisi baru lahir dan saya akan ikut memandikan beliau"
Itu caraku berpikir waktu ikutan acara memandikan rupang bayi Siddharta yang baru lahir.
tapi saya gak ikutan minta airnya lho. Cuma ikut siram 3x lalu pergi.
Memangnya ketika Bodhisatta lahir, semua orang pada bondong-bondong memandikan ?   :-?
			
 
			
			
				Quote from: xenocross on 11 May 2011, 08:32:32 AM
Dengan cara yang sama, saya bisa berpikir "Malangnya saya tidak hadir ketika Bodhisattva dillahirkan di dunia. Coba saya disitu, pasti saya akan ikut memandikan. Sekarang saya akan membayangkan Bodhisattva hadir di depan saya dalam kondisi baru lahir dan saya akan ikut memandikan beliau"
Itu caraku berpikir waktu ikutan acara memandikan rupang bayi Siddharta yang baru lahir.
tapi saya gak ikutan minta airnya lho. Cuma ikut siram 3x lalu pergi.
Yg di bold diatas: oke lah... masih bisa dimaklumi...
Jika kejadiannya: para perempuan memandikan dan membersihkan seluruh bagian tubuh rupang Buddha dewasa yg dalam posisi meditasi,... kira2 ritual ini melambangkan apa ya? 
::
			
 
			
			
				terus berarti perempuan gak boleh membersihkan rupang?
			
			
			
				sebenarnya manusia memandikan rupang Buddha juga tidak tepat melambangkan event kelahiran pangerang Siddhattha, menurut teks, air yg memancar dan memandikan Bayi Sang Pangeran dan ibunya itu adalah air alami, bukan diguyur oleh brahma, dewa, apalagi manusia
			
			
			
				Quote from: Indra on 11 May 2011, 03:47:30 PM
sebenarnya manusia memandikan rupang Buddha juga tidak tepat melambangkan event kelahiran pangerang Siddhattha, menurut teks, air yg memancar dan memandikan Bayi Sang Pangeran dan ibunya itu adalah air alami, bukan diguyur oleh brahma, dewa, apalagi manusia
ketika memandikan, diadakan upacara, tujuan baca2 keng / yang lain yang di pimpin oleh biksu itu untuk apa?
			
 
			
			
				Quote from: ryu on 11 May 2011, 03:49:46 PM
ketika memandikan, diadakan upacara, tujuan baca2 keng / yang lain yang di pimpin oleh biksu itu untuk apa?
yah saya tidak melihat esensi dari segala macam ritual yg justru malah membodohkan umat itu selain bahwa upacara adalah salah satu sumber income
			
 
			
			
				Quote from: Indra on 11 May 2011, 03:51:47 PM
yah saya tidak melihat esensi dari segala macam ritual yg justru malah membodohkan umat itu selain bahwa upacara adalah salah satu sumber income
Makin meriah, omzet makin naik. ;D.
Memang serba salah, sebagian besar umat ingin ada vihara yg megah, saat pembangunan vihara, umat ramae rame menyumbang, setelah selesai, para bhikkhu dan bhiksu pusing kepala mengatasi biaya pemeliharaan vihara megah.
Berikutnya ya bikin acara macam macam spy ada pemasukan.
Selain itu ada juga biku yg memanfaatkan kesempatan.  ;D
			
 
			
			
				Apakah ada yg tahu, apakah  rupang buda LSY juga dimandiin?
			
			
			
				Quote from: Sunkmanitu Tanka Ob'waci on 11 May 2011, 03:42:30 PM
terus berarti perempuan gak boleh membersihkan rupang?
Kita bukan bicara boleh-tidak boleh. 
Sebenarnya, manfaat apa yg ingin didapat dari prosesi membersihkan rupang Buddha ini? Tadi, sebagian menjelaskan untuk memperingati kelahiran dan memandikan bayi Siddharta, kalau itu alasannya, saya langsung menunjukkan adanya prosesi memandikan rupang Buddha Gotama yg lagi meditasi, bahkan oleh para perempuan... Kalau benar ritual ini untuk memperingati adegan suatu peristiwa lampau, maka harus konsisten, tidak boleh dong perempuan mengusap2 tubuh petapa Gotama yg lagi meditasi.... Dan Jika ada yg kembali berkelit, bahwa itu hanya patung, yah.. kembali lagi, untuk apa bersama2 di vihara umat antri memandikan patung?
Sehingga akhirnya,  saya bertanya: manfaat apa yg ingin dipetik dari ritual ini sebenarnya? Saya pribadi berpendapat, semakin banyak diciptakan ritual aneh2, bukannya kemajuan batin yg didapat, alhasil malah semakin memperbodoh umat.
::
			
 
			
			
				Quote from: williamhalim on 11 May 2011, 02:28:23 PM
Yg di bold diatas: oke lah... masih bisa dimaklumi...
Jika kejadiannya: para perempuan memandikan dan membersihkan seluruh bagian tubuh rupang Buddha dewasa yg dalam posisi meditasi,... kira2 ritual ini melambangkan apa ya? 
::
yg ini gak pernah liat
emang ada ya?
gak tau aaah......
			
 
			
			
				Kalau ritual memandikan rupang itu bisa dibuat jadi yang "benar", maka ajar-i-lah supaya panitia panitia waisak memberikan pengertian dan pandangan yang benar soal ritual memandi-kan rupang.
			
			
			
				Quote from: xenocross on 12 May 2011, 12:57:33 PM
yg ini gak pernah liat
emang ada ya?
gak tau aaah......
Ada Bro, dan tahun ini kembali diadakan.
::