Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Segala tentang Kefir  (Read 55006 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #45 on: 01 June 2009, 03:44:07 PM »
iya katanya jauh lebih banyak bakterinya

Kalau masalah lactosa intolerant sih minum ini menurut saya sih mungkin tidak akan mencret karena latosanya dah diurai. Tapi apakah bisa membuat kita jadi SEMBUH dari lactosa intolerant sih saya rasa tidak secara tidak akan ada penambahan produksi enzym lactase di pencernaan.
There is no place like 127.0.0.1

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #46 on: 02 June 2009, 10:16:24 PM »
 [at] Sumedho:
Kelihatannya begitu, intoleransi laktosa tetap tidak berubah bila produksi enzyme laktasenya tak bertambah. Cuman menduga, dengan meningkatnya populasi bakteri baik probiotik dalam usus akibat minum kefir, laktosa yg masuk kali-kali aja :-) bisa dibantu cerna oleh para bakteri penolong tsb. Bagaimanapun mekanismenya, berhubung menurut info di internet, laktosanya sudah diubah pada waktu pembuatan kefir menjadi yg lebih gampang diserap, jadinya kerja usus lebih ringan sehingga lebih banyak gizi dari kefir yg bisa diserap. Hitung-hitung jauh lebih baik daripada minum susu yg langsung bikin diare sehingga semua terbuang percuma ditambah sakit perut :-). Lagian dari baca-baca berbagai info internet, ada kontroversi dari rawfoodist yg mengatakan susu sapi tidak cocok bagi manusia, kaseinnya sulit dicerna katanya, hanya cocok untuk bayi sapi :-), entah benar atau tidak.

Sebenarnya pertanyaan saya lebih ke bagaimana pengalaman yg sudah minum mengenai efek positif kefir terhadap gangguan pencernaan yg lebih umum seperti sembelit, kembung dll. Pencernaan saya yg kurang optimal ini termasuk sering sembelit, malah kadang ada sedikit nyeri di sekitar daerah liver/empedu sewaktu makan. Kebetulan lagi searching shinshe dan pre/probiotik akhirnya nyasar :-) ke forum ini yg ada berbagi info mengenai kefir maupun shinshe. Kali-kali aja bisa dengar pengalaman (kalau ada) dari yg sudah minum bagaimana efek kefir terutama terhadap yg juga sering mengalami gangguan pencernaan.


Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #47 on: 02 June 2009, 10:57:30 PM »
kalau utk gangguan sembelit, kembung sih mungkin ada dampak positifnya, secara minuman probiotik pabrikan aja berani koq. cara terbaik sih coba aja bro

There is no place like 127.0.0.1

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #48 on: 04 June 2009, 10:08:30 PM »
Benar juga sih. Terlalu banyak teori saya ini :), semestinya berdampak positif sebab sudah banyak info berbicara mengenai dampak positif terhadap pencernaan. Tadinya agak ragu saja sama asemnya itu kalau diminum setiap hari. Memang lebih baik dicoba langsung dan lihat hasilnya. Kalau mau coba, boleh saya mohon (atau beli) sedikit benih kefirnya bro Sumedho bila sudah ada persediaan lebih? Kalau boleh, nanti saya datangi deh alamat rumahnya. Saya kirim pm saja ya.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #49 on: 05 June 2009, 10:08:09 AM »
 [at] Oommmm medho,
maksudnya deket raja kepiting ya? Kalo gampang cari mungkin sy bisa membujuk some one untuk ambil :) :) Btw dikit OOT, pohon bodhi di rumah saya yang sempet mati trus muncul lagi. Sekarang udah pindah ke pot mungil. Nanti kalo udah agak gede gimana caranya bagi dua, om mau?? Tuh pohon hebat tuh. Tumbuh liar di jalan garasi (bukan di tanah), tak pernah dirawat, dicabut akarnya oleh tukang yang kerja di rumah, eh nongol lagi. Makanya mau saya tanam deh. Kali aja jodoh..At least rumah jadi lebih adem n kalo iseng bisa bikin hiasan daun bodhi tanpa metik pohon bodhi vihara:)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.387
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #50 on: 05 June 2009, 11:12:14 AM »
 [at] irwadi: nanti saya siapkan dahulu yah, tapi queuenya setelah sis Yuri secara beliau dah minta 2 minggu yg lalu.

 [at] yuri: yah sekitar situ bener :), cuma 2 menit lah kgk susah koq. nanti yah ta' siapken, artinya weekdays kan ambilnya?
soal pohon bodhi mau dunk, tapi nanti kalau ada tumbuh lagi aja, soalnya kan kgk bisa dibagi dua. Oh iya, harus hati2x loh, konon katanya akarnya menjalar jauh dan takutnya merusak rumah. di pot besar aja kali yah. kalau ada tumbuh lagi tulung simpenin yah :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #51 on: 05 June 2009, 12:15:36 PM »
 [at] om medho,
tunggu hasil bujukan mg dpn ya. Kalo sukses, tolong siapin :) kalo ga, kasih yg lain dulu ga apa. Toh masih searah setiap hari...btw pohon bodhi kalo ada tumbuh lagi saya kasih ya. Sementara yg idup lagi masih di pot kecil seadanya. Btw kalo mau pelihara teratai nanti minta tips om yah gmn crnya biar ga jd sarang nyamuk
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #52 on: 05 June 2009, 12:54:40 PM »
 [at]  Sumedho:
Iya, prioritasin yang lain dulu terutama yg jauh, soalnya kita tinggalnya cukup dekat, jadi bisa kapan saja. Saya belakangan saja, kalau grainnya sudah banyakan. Ntar saya belajar juga bagaimana beternak :) kefir grain. Thx.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #53 on: 05 June 2009, 02:04:46 PM »
 [at] irwadi,
Lho???
Jadi sama-sama ngalah nih bro irwadi? Ah, alangkah bagusna kalo di buddhis juga gini.... 8)
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #54 on: 05 June 2009, 02:48:01 PM »
[at] om medho,
tunggu hasil bujukan mg dpn ya. Kalo sukses, tolong siapin :) kalo ga, kasih yg lain dulu ga apa. Toh masih searah setiap hari...btw pohon bodhi kalo ada tumbuh lagi saya kasih ya. Sementara yg idup lagi masih di pot kecil seadanya. Btw kalo mau pelihara teratai nanti minta tips om yah gmn crnya biar ga jd sarang nyamuk
pake abate kali ya.. di airnya.. dicampurin itu.. jadi nyamuk gak deket2..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #55 on: 05 June 2009, 04:18:23 PM »
 [at] Yuri
Prioritas yg jauh dulu dong, soalnya masih belum familiar dengan lokasinya. Saya tinggalnya dekat, jadi kapan saja bisa. Yg juga sangat penting adalah sustainable development :) dari populasi kefir grain bro Sumedho harus dijaga kelangsungannya.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #56 on: 05 June 2009, 10:59:56 PM »
 [at] bro irwa,
Kalo mau duluan ga apa kok...saya masih pny persediaan ubi n agarpac dalam jumlah banyak untuk memperlancar pencernaan. Hehehehe
Santai aja bro.
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline irwadi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 22
  • Reputasi: 1
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #57 on: 06 June 2009, 02:51:54 PM »
 [at]  Yuri
Jadi pakai ubi dan agarpac toh? Saya malah sembelit hilang pakai jeruk bali. Entah ada zat apa di dalem yg cocok sama tubuh ini, tiap kali habis makan jeruk bali, besoknya ke belakang selalu lancar. Agar-agar, ubi untuk saya kelihatannya gak berefek. Mungkin metabolisme tiap orang beda-beda.

Offline Shining Moon

  • Sebelumnya: Yuri-chan, Yuliani Kurniawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.148
  • Reputasi: 131
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #58 on: 07 June 2009, 01:05:08 AM »
Agarpac konsentrasi seratnya lebih tinggi daripada agar2 biasa (yang mesti dimasak) karena terbuat dari ekstrak rumpult laut merah, mengandung 84 persen serat alami per 100 gram. Cmiww...
Jadi promosi...
biasanya, kalau agar2 masak kan 1 bungkusnya mengandung serat 6 gr, dimakannya rame2 (karena jadi puding). Kalau agarpac diminum 1 sachet mengandung 2 gr serat...tapi mesti dibuat dengan air panas/hangat. Kalau dibuat langsung dengan air dingin, jadinya gumpalan2...

 [at]  irwa,
kok bisa ya serat ubi ga menimbulkan efek apa2 di tubuh bro? Btw i +1 ya. Kasian grp-nya masih nol...
Life is beautiful, let's rock and roll..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Segala tentang Kefir
« Reply #59 on: 07 June 2009, 07:39:14 AM »
Agarpac konsentrasi seratnya lebih tinggi daripada agar2 biasa (yang mesti dimasak) karena terbuat dari ekstrak rumpult laut merah, mengandung 84 persen serat alami per 100 gram. Cmiww...
Jadi promosi...
biasanya, kalau agar2 masak kan 1 bungkusnya mengandung serat 6 gr, dimakannya rame2 (karena jadi puding). Kalau agarpac diminum 1 sachet mengandung 2 gr serat...tapi mesti dibuat dengan air panas/hangat. Kalau dibuat langsung dengan air dingin, jadinya gumpalan2...

 [at]  irwa,
kok bisa ya serat ubi ga menimbulkan efek apa2 di tubuh bro? Btw i +1 ya. Kasian grp-nya masih nol...
ditinjau dari kimia fisika, Kecepatan kelarutan zat khususnya turunan karbohidrat berbanding lurus dgn suhu dan kecepatan pengadukan.
Jadi pada air dingin, jumlah kalor yg dibutuhkan utk larut tidak memadai makanya menggumpal. Tetapi bs dibantu dg keceptn pengadukan tinggi spt menggunakan mixer

 [at]  irwadi
Sembelit bukan hanya kurang serat. Tetapi bs jg kurang cairan. Jd jk krg minum jg akan menyebabkan sembelit krn tubuh akan merespon pengambilan cairan yg ada di ileum dan colon sebelum dikeluarkan sebagai faeces melalui anus
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl