Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 350818 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline joe

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: -1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: pasangan beda agama
« Reply #2040 on: 14 October 2017, 05:58:25 PM »
Namo Buddhaya,

aku mau nanya ni, menurut kalian apabila kita berpacaran dengan seseorang yang agamanya berbeda (bukan agama Budddha) perlukah kita tetap lanjut atau kita hentikan saja hubungan tersebut ? Dan si Umat Buddha ini tidak mau dan tidak ada keinginan untuk pindah keagama tetangga tersebut. Mohon saran dari teman" semua.

yakini dhamma.
ajarkan pasangan kebajikan.

Offline joe

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: -1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2041 on: 14 October 2017, 06:03:20 PM »
salam kenal saya adalah pengembara dari keyakinan yang ada di nkri.
satu2nya aga di nkri.yang dalam kitab sucinya tidak ada kata MEMBUNUH MANUSIA LAIN cuma dlm buddha..
yakinlah jln budha adalah pembawa kedamaian dlm dunia.

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2042 on: 25 October 2017, 01:29:15 PM »
Namo Buddhaya,

aku mau nanya ni, menurut kalian apabila kita berpacaran dengan seseorang yang agamanya berbeda (bukan agama Budddha) perlukah kita tetap lanjut atau kita hentikan saja hubungan tersebut ? Dan si Umat Buddha ini tidak mau dan tidak ada keinginan untuk pindah keagama tetangga tersebut. Mohon saran dari teman" semua.

IMO balik lagi ke komitmen keduanya, kalau sama2 mempertahankan status ego (agama, suku, status sosial, dsb) dan tidak ada yang mau mengalah perlu dipertanyakan kembali, apakah pacarannya karena cinta atau dasar hubungannya itu apa???  :-? :-? :-?
Menurut saya kalau komitmennya kuat tidak perlu mempermasalahkan siapa agamanya apa, atau siapa yang harus berpindah ke agama apa... Agama atau kepercayaan adalah urusan pribadi antara seorang individu dengan apapun yang dipercayai, kalau cuma mau menikah dan harus sama agamanya bisa pindah secara "surat" saja sebagai legalitas namun dalam kepercayaan biarlah setiap individu balik lagi kepada apapun yg dia percayai.... :D :D :D

Bukankah Cinta itu menyatukan perbedaan 2 individu dalam 1 ikatan bukannya memisahkan atau mengkotak2kan manusia menurut perbedaannya, dalam kasus anda adalah 2 agama yang beda. _/\_
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Gwi Cool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 170
  • Reputasi: -2
  • Terpujilah Sang Buddha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2043 on: 13 November 2017, 09:42:44 AM »
Nanya

T : Di dalam agama Budha itu yg paling tinggi posisinya siapa sih? Saya bingung, banyak sekali Budha di dalam agama Budha.
J : Semua ajaran sama, menuju ke 1 titik yaitu Tuhan.
T : Kalo yg paling tinggi itu Tuhan, kenapa ga berdoa langsung ke Tuhannya saja?

T : Inti semua ajaran kan sama. Cuma jalannya aja yg beda kan? Tapi masalahnya bisa sampe ga?

T : Pernah denger 10 ajaran ga? Lupa*
Yg saya inget salah satunya tuh ada yg blg gini "ga boleh sembah patung2" krg lebih gt
J : Kk yg ngajak saya itu da jelasin kalo itu cuma simbol doank bkn sembah berhala bla2..

T : Ok, saya ngerti. Sekarang kalo mis saya pecahin patung Budhanya di depan kamu, kamu marah ga?
J : Ya pasti marah lah.
T : Knp marah? Itu kan cuma benda mati? Kalo kamu patahin salib depan saya, saya ga marah. Kalo kamu bakar alkitab depan saya, saya juga ga marah. Knp? Soalnya itu cuma benda mati. Yg hidup itu adalah firman kita bla2..

Kk saya yg ajak itu : ...............................................

Ada yg bisa bantu isiin ga?  :'( :'( :'(
...  Knp sih banyak yg mojokin agama Budha
Mereka tidak memojokkan Ajaran Buddha, hanya saja ini salah dijawab, mereka ingin bertanya, seharusnya dijawab dengan benar, seperti ini:

T : Di dalam agama Budha itu yg paling tinggi posisinya siapa sih? Saya bingung, banyak sekali Budha di dalam agama Budha.
J : Yang paling tinggi Sammasambuddha.

T : Inti semua ajaran kan sama. Cuma jalannya aja yg beda kan? Tapi masalahnya bisa sampe ga?
J: Inti semua ajaran ada berbeda. Semua ajaran mengajarkan inti yang berbeda. Tidak ada ajaran manapun yang dapat mengajarkan Empat Kesunyatan Mulia, selain Ajaran Buddha. (kita harus jeli dengan pertanyaan, jangan terima pertanyaannya jika salah, tetapi kita perbaiki)

T : Pernah denger 10 ajaran ga? Lupa*
Yg saya inget salah satunya tuh ada yg blg gini "ga boleh sembah patung2" krg lebih gt
J : (Di sini kita harus tanya balik [jangan dijawab langsung]) Sehubungan dengan ini, saya akan mengajukan pertanyaan balik, jawablah sesuai dengan apa yang kamu anggap benar, sesuka kamu, bebas. Misalkan seseorang menghormati bendera, atau menghormati patung pahlawan, apakah itu berhala?
(si penanya): Tidak. itu adalah bentuk penghormatan karena dengan adanya bendera, kita telah merdeka dan jasa pahlawan dikenang dengan pembuatan patung atau lainnya, agar jasa mereka tetap dikenang. Itu adalah bentuk penghargaan.
jawab: Demikian pula, patung Buddha adalah untuk kami kenang, kami menghormati patung Buddha karena Sang Buddha sangat berjasa telah membabarkan Dhamma, ajaran Beliau. Kami menghormati jasa Beliau, itu adalah bentuk penghargaan.

J: (Kemudian tanya balik lagi) Bagaimana menurutmu, misalnya seseorang menghormati bendera dengan harapan semoga saya kaya, semoga saya jadi tampan, dll. Atau menghormati patung pahlwan dengan pikiran, semoga saya dipenuhi rezeki, semoga saya dapat anak, semoga saya jadi tampan?
(si penanya): itu penghormatan yang salah, itu seakan menyembah berhala.

J: (Kemudian tanya balik lagi) kalau begitu tepatkah jika dikatakan menghormati bendera adalah berhala?
(si penanya): Tentu saja tidak, orangnya yang salah, bukan bendera.

J: Demikian pula, jika seseorang menyembah Sang Buddha dengan minta rezeki atau minta tampan, dll. Itu hal yang salah, yang salah adalah orangnya, bukan patung Buddha. Seseorang yang menghormati patung Buddha adalah dengan cara merenungkan jasa Beliau yang telah mangajar dan mengukuhkan murid Beliau.


T : Ok, saya ngerti. Sekarang kalo mis saya pecahin patung Budha-nya di depan kamu, kamu marah ga?
J : Jika seseorang membakar bendera kita, bagaimana reaksimu? Atau jika seseorang menghancurkan patung pahlawan bagaimana reaksimu atau reaksi massa atau reaksi internasional bagaimana?
T: ... (isi sendiri)
« Last Edit: 13 November 2017, 09:44:44 AM by Gwi Cool »
Yang mau debat, saya diam, dan mengaku kalah karena saya hanyalah makhluk lemah, debat sama yang lain saja.
Mari berbicara Dhamma yang indah di awal, indah di pertengahan, dan indah di akhir. Indah dengan pikiran penuh cinta kasih. Hobiku menggubah syair.

Offline vicko1011

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2044 on: 23 January 2018, 03:08:18 PM »
Saya mau tanya, saya tertulis beragama Buddha di KTP, tetapi ketika saya bertanya ke ortu, ortu menjawab Konghucu. Tetapi saya dan keluarga biasanya beribadah ke kelenteng yang bertuliskan vihara di papan namanya. Di dalam kelenteng terdapat hio dan lilin. Di dalam kelenteng juga banyak tertera tulisan mandarin, banyak patung dewa, dan ada patung Buddha.  Saya sebenarnya bingung, saya ini beragama Buddha atau Konghucu? Bukankah agama Buddha berasal dari India dan menggunakan bahasa Pali dan Sansekerta? Jika saya beragama Buddha, mengapa ada tulisan mandarin di kelenteng? Selain itu, ada sekolah minggu di kelenteng yang memakai bahasa Pali, bukan Mandarin.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2045 on: 24 January 2018, 07:25:50 AM »
Saya mau tanya, saya tertulis beragama Buddha di KTP, tetapi ketika saya bertanya ke ortu, ortu menjawab Konghucu. Tetapi saya dan keluarga biasanya beribadah ke kelenteng yang bertuliskan vihara di papan namanya. Di dalam kelenteng terdapat hio dan lilin. Di dalam kelenteng juga banyak tertera tulisan mandarin, banyak patung dewa, dan ada patung Buddha.  Saya sebenarnya bingung, saya ini beragama Buddha atau Konghucu? Bukankah agama Buddha berasal dari India dan menggunakan bahasa Pali dan Sansekerta? Jika saya beragama Buddha, mengapa ada tulisan mandarin di kelenteng? Selain itu, ada sekolah minggu di kelenteng yang memakai bahasa Pali, bukan Mandarin.

Kelenteng itu tempat ibadah Tridharma, yaitu akulturasi dari 3 ajaran agama yang ada di Tiongkok (Konfusianisme/Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddhisme). Orang Chinese zaman dulu tidak menganggap ketiga ajaran sbg agama yg terpisah, mereka menganut ketiganya krn ketiganya sudah menyatu dlm kehidupan sehari2 mereka.
Tentu saja, jika anda ingin mempelajari Buddhisme bagi pemula, anda dapat membaca buku Pertanyaan Baik Jawaban Baik terlebih dahulu sebelum mendalami lebih lanjut....
« Last Edit: 24 January 2018, 07:27:37 AM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline vicko1011

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2046 on: 24 January 2018, 01:03:53 PM »
Kelenteng itu tempat ibadah Tridharma, yaitu akulturasi dari 3 ajaran agama yang ada di Tiongkok (Konfusianisme/Kong Hu Cu, Taoisme, dan Buddhisme). Orang Chinese zaman dulu tidak menganggap ketiga ajaran sbg agama yg terpisah, mereka menganut ketiganya krn ketiganya sudah menyatu dlm kehidupan sehari2 mereka.
Tentu saja, jika anda ingin mempelajari Buddhisme bagi pemula, anda dapat membaca buku Pertanyaan Baik Jawaban Baik terlebih dahulu sebelum mendalami lebih lanjut....

Baik, saya akan membaca buku Pertanyaan Baik Jawaban Baik terlebih dahulu. Terima kasih banyak atas jawabannya.

Offline W.andi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2047 on: 04 April 2018, 10:54:51 PM »
Salam kenal,namo budhaya
Saya ingin tanya apakah untuk pindah ke agama budha perlu melakukan ritual khusus sprt belajar, dan lakukam baptis?
Dan apakah vihara membolehkan pemberkatan kepada umat yang berbeda agama?. (Saya budha dan calon saya ka****k)
Kami sama2 tetap ingin memeluk agam masing,tapi terkendala oleh urusan administrasi pemerintah yang begitu sulit untuk pernikahan agama. Mohon input2 nya kawan2. Thanks

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2048 on: 05 April 2018, 09:32:59 AM »
Salam kenal,namo budhaya
Saya ingin tanya apakah untuk pindah ke agama budha perlu melakukan ritual khusus sprt belajar, dan lakukam baptis?

Hanya perlu ikut upacara visuddhi upasaka/upasika aja utk secara formalnya

Quote
Dan apakah vihara membolehkan pemberkatan kepada umat yang berbeda agama?. (Saya budha dan calon saya ka****k)
Kami sama2 tetap ingin memeluk agam masing,tapi terkendala oleh urusan administrasi pemerintah yang begitu sulit untuk pernikahan agama. Mohon input2 nya kawan2. Thanks

Ada beberapa vihara yg mau/bisa ngasih pemberkatan beda agama, ada yg gak mau. Coba tanya2 vihara2 di sekitar lingkungan anda....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline W.andi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2049 on: 06 April 2018, 04:42:12 PM »
Hanya perlu ikut upacara visuddhi upasaka/upasika aja utk secara formalnya

Ada beberapa vihara yg mau/bisa ngasih pemberkatan beda agama, ada yg gak mau. Coba tanya2 vihara2 di sekitar lingkungan anda....

Terima kasih banyak inputnya  ^:)^ ^:)^ ^:)^
tapi masih mau tanya,maksud dari "secara formalnya" apa ya ?
karena apakah bisa saya mendapatkan surat tanpa mengikut upacara visudhi?. hanya dengan membuat surat pernyataan ke vihara apakah vihara bersedia mengeluarkan surat keterangan bahwa saya pindah agama untuk dilampirkan ke catatan sipil?.

maksud saya bertanya seperti ini karena hall sbb
1. ktp saya jakarta, saya kerja di pedalaman sumatra
2. mau ubah agama di ktp shg perlu surat dari vihara di jakarta, tidak bisa dari vihara di tempat saya bekerja
3. tapi ga bisa ikut acara visudhi pas hari waisak nanti di jakarta , jadi apa bisa ikut kebaktian saja di vihara di daerah saya kerja?. karena disini tidak bisa mengadaka upacara visudhi dengan alasan vihara tidak ada bhikhu/bhante nya.

Mohon petunjuknya  _/\_ _/\_ _/\_

terima kasih.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2050 on: 08 April 2018, 04:18:39 PM »
Terima kasih banyak inputnya  ^:)^ ^:)^ ^:)^
tapi masih mau tanya,maksud dari "secara formalnya" apa ya ?
karena apakah bisa saya mendapatkan surat tanpa mengikut upacara visudhi?. hanya dengan membuat surat pernyataan ke vihara apakah vihara bersedia mengeluarkan surat keterangan bahwa saya pindah agama untuk dilampirkan ke catatan sipil?

Tergantung viharanya ada yg mau mengeluarkan surat keterangan tanpa visuddhi, ada yg gak mau...

Quote
maksud saya bertanya seperti ini karena hall sbb
1. ktp saya jakarta, saya kerja di pedalaman sumatra
2. mau ubah agama di ktp shg perlu surat dari vihara di jakarta, tidak bisa dari vihara di tempat saya bekerja
3. tapi ga bisa ikut acara visudhi pas hari waisak nanti di jakarta , jadi apa bisa ikut kebaktian saja di vihara di daerah saya kerja?. karena disini tidak bisa mengadaka upacara visudhi dengan alasan vihara tidak ada bhikhu/bhante nya.

Mohon petunjuknya  _/\_ _/\_ _/\_

terima kasih.

Kalo gitu terpaksa ambil cuti utk visudhi di jkt aja. IMO....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2051 on: 23 April 2019, 04:17:12 PM »
Saya mau tanya, saya tertulis beragama Buddha di KTP, tetapi ketika saya bertanya ke ortu, ortu menjawab Konghucu. Tetapi saya dan keluarga biasanya beribadah ke kelenteng yang bertuliskan vihara di papan namanya. Di dalam kelenteng terdapat hio dan lilin. Di dalam kelenteng juga banyak tertera tulisan mandarin, banyak patung dewa, dan ada patung Buddha.  Saya sebenarnya bingung, saya ini beragama Buddha atau Konghucu? Bukankah agama Buddha berasal dari India dan menggunakan bahasa Pali dan Sansekerta? Jika saya beragama Buddha, mengapa ada tulisan mandarin di kelenteng? Selain itu, ada sekolah minggu di kelenteng yang memakai bahasa Pali, bukan Mandarin.

 [at] Vicko,
Rasa bingung yang timbul sangat wajar (namun miris), karena keterbatasan leluhur kita di masa lalu.

Mudah-mudahan uraian di topik berikut ini bisa memberi menjawab beberapa kebingungan yang dialami.

https://forum.dhammacitta.org/index.php?topic=5230.new#new

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2052 on: 23 April 2019, 04:18:36 PM »
mohon pencerahan dari para senior senior di sini
saya pernah mempelajari agama Budha semasa kuliah dulu dan saya lupa nih hubungan Budha ( agama Budha ) dan Konghucu itu gimana yah?
apakah berdiri sendiri sendiri atau ada hubungannya gitu, mengingat kalau ke kelenteng kan ada banyak patung dewa dewi dan juga ada Sang Budha sendiri.
yang saya tahu sih Budha itu di atas para dewa yang udah diluar lingkaran reinkarnasi (tolong dikoreksi atau ditambahin kalau perlu )

terima kasih

sabbhe satta bahantu sukitata

Korelasi Buddhism dengan Ruism (Kong Hu Cu) bisa mengacu pada topik Tridharma, seperti pada tautan berikut:
https://forum.dhammacitta.org/index.php?topic=5230.new#new

Offline Panda00

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #2053 on: 23 April 2019, 04:23:12 PM »
Hmm....mantap penjelasannya
Jadi kalau mau tanya tentang dewa dewi bukan di forum buddhist yah ?
Trus kemana yah?
Di atas dikatakan menurut budhist dan tao tentang dewa dewi lantas menurut konghucu gimana?
Sebab saya benernya mau tanya tentang mantra untuk doa jadi sebelum terlalu jauh ingin memastikan dulu saya berada di tempat yg benar atau ga gt.

Terima kasih atas masukannya
Simple tapi dalam penjelasannya om shin...
Hehehhehe

Di Kaskus saya pernah lihat ada topik tentang Taoism, coba di search saja.
Mengenai Kong Hu Cu, saya pernah lihat di facebook, ada Klenteng Kong Hu Cu, coba di search saja.