Jika Tuas Transmisi Susah Dipindah Posisi

Started by markosprawira, 11 March 2009, 08:24:38 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

markosprawira

KETIKA ingin mundur atau memarkir mobil, banyak pengendara yang mengeluhkan sulitnya memindahkan tuas transmisi ke posisi mundur (R). Idealnya tuas transmisi mudah untuk dipindah posisi. Jika terasa keras barangkali gaya berkendara Anda kurang tepat. Coba atasi dengan langkah-langkah berikut.

Pertama, angkat dulu pedal kopling, kemudian injak kembali, baru masukkan gigi ke posisi mundur. Pada keadaan ini, seharusnya tuas transmisi langsung masuk di posisi mundur. Mobil pun dapat digerakkan ke belakang.Beberapa pengendara sudah membuktikan keampuhan solusi dalam mengatasi masalah yang biasa muncul saat hendak parkir ini.

Langkah lain untuk mengatasi masalah serupa adalah dengan masukkan terlebih dahulu ke gigi 1, baru kemudian geser transmisi ke posisi mundur. Hasilnya sama. Tuas transmisi akan mudah masuk ke posisi mundur.

Alasan teknis di balik solusi ini hampir mirip dengan langkah pertama. Saat hendak mundur sangat mungkin kita mengalami masalah seperti di atas karena komponen gigi mundur disusun dengan konstruksi sejajar (sliding). Untuk bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang sangat pas. Sedikit saja meleset, tuas akan terasa keras. Seolah ada sesuatu yang mengganjal.

Memang, tuas yang terasa keras itu berarti ada sesuatu yang mengganjal. Ganjalan itu akan hilang setelah tuas transmisi kita posisikan ke gigi 1 terlebih dahulu. Ini ada kaitannya dengan konstruksi gigi maju yang menggunakan sistem syncromesh. Pada saat gigi di posisi 1, maka syncromesh menyamakan gigi pemutar dengan gigi yang akan diputar.

Pergeseran pada konstruksi gigi maju tersebut dapat mengakibatkan pergeseran pula di konstruksi gigi mundur. Implikasi selanjutnya, kemungkinan besar akan terjadi kesesuaian antara mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar. Kesesuaian itulah yang kemudian memudahkan kita dalam menggeser tuas transmisi ke posisi mundur.

Seandainya masih terasa keras juga, artinya pergeseran tersebut belum sampai pada titik yang pas. Ulangi lagi langkah serupa.

(//ton)

ENCARTA

aye tambah dikit
kalau gak bisa juga langsung dari gigi 1 ke R, coba mobilnya dimajuin sedikit (asal goyang), baru langsung gigi mundur ;D

markosprawira

sip...sip bro.....

semoga bisa bermanfaat utk DCers.......

tesla

kalau saya biasanya emg ke 1 dulu baru ke R

btw utk matic, dr P ke R juga keras, solus nya gmn?
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

markosprawira

waduh.... ane ga pernah megang matic....

mgkn ada rekan lain yg bisa bantu?

ENCARTA

matik mah mesti ke bengkel kalo ada yg aneh.. berbahaya
menurut saya kalo keras mungkin gak bakalan bisa jalan tuh mobil
mungkin kurang pas saja.. coba giginya digoyang2 sedikit..