//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: ABHINNA VITHI  (Read 13428 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #15 on: 20 February 2009, 01:36:52 PM »
bahkan umat awam pun memiliki abhinna

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #16 on: 23 February 2009, 09:04:13 AM »
kalo minta "private show" (pertunjukkan exklusif)  8)

buat saya doank

dear hatRed

terus kalo udah liat abhinna, so what?  ;D


Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #17 on: 23 February 2009, 09:09:04 AM »
 [at]  markos

palingan cengokkkk ==>  :o :o :o wohhhh... hebat yaaa  =D> =D>

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #18 on: 23 February 2009, 04:14:56 PM »
kalo minta "private show" (pertunjukkan exklusif)  8)

buat saya doank



dear hatRed

terus kalo udah liat abhinna, so what?  ;D




[at]  markos

palingan cengokkkk ==>  :o :o :o wohhhh... hebat yaaa  =D> =D>

pertama emang cengokk, :D

tapi kalo emang bener, i mo culik si Brahm :)) trus diadakan exprimen  >:D supaya ditemukan rumus yg baku biar bisa dilakukan semua orang :))

engak ding :whistle:

kalo emang bener i bakal nambah yakin masuk sangha ;D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline ENCARTA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 797
  • Reputasi: 21
  • Gender: Male
  • love letters 1945
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #19 on: 23 February 2009, 04:19:14 PM »
kalau pak haji yg jago gimana red? mau naik haji =)) :P

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #20 on: 23 February 2009, 04:26:09 PM »
kalo pak Haji yg jago, i suruh masuk sangha :D
i'm just a mammal with troubled soul



Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #21 on: 24 February 2009, 06:05:53 PM »
jadinya hat mo masuk Sangha biar jadi sakti gitu?  :))


kalo saya pribadi sih, pengen punya kesaktian tentang gimana cara keluar dari lingkaran samsara  _/\_

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #22 on: 26 February 2009, 11:22:32 PM »
so many theorys ::)

tapi gak ada yg nyata. :P

Dalam dunia spiritual, bila kita hanya mengemukakan keyakinan kita bahwa hal itu tak benar tanpa berusaha menyelidiki kebenarannya, maka keyakinan ini sama butanya dengan orang yang percaya hal itu benar tanpa berusaha menyelidiki kebenarannya.

Kita akan selalu terjebak oleh dua pandangan ini.

Tetapi bila kita berusaha mencari fakta dengan mengalami langsung, maka kita akan mendapatkan kebenaran yang sangat berharga.

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #23 on: 02 March 2009, 10:10:44 AM »
Saudari Lily yang baik,

Maaf, ijinkan saya menambahkan mengenai abhinna, untuk memiliki abhinna:

Quote
Yang dapat menimbulkan Abhinna harus orang yang mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
a.   Mempunyai Samapatti 8 (Rupa-jhana dan Arupa-jhana)
b.   Harus mahir dalam jhana

mungkin saudari Lily ada kelupaan, Jhana yang dimaksud disini adalah ke delapan jhana pada sepuluh kasina, jadi maksudnya semua sepuluh kasina harus dikuasai hingga memiliki 8 jhana.

selain memiliki 8 Jhana pada ke 10 kasina, juga harus memiliki 14 keahlian (vasi) terhadap kasina Jhana.

Bila telah timbul Abhinna boleh juga dilatih tambah hebat dengan melatih cepat tanggap (rapid response, maaf pali-nya saya kurang tahu).

Tetapi bagi mereka yang telah berlatih hingga jhana ke 8 di kehidupan lampau, tidak perlu melatih hingga mencapai Jhana ke 8 (contohnya pada kasus Bodhisatta), cukup masuk Jhana ke 4.

Semua ini diterangkan di buku Visuddhi Magga (jalan kesucian) pada bab penjabaran Abhinna (Abhinna niddesa / direct knowledge)

semoga kita saling asah, asih, asuh.  (Lily mode on  :)))

sukhi hotu

 _/\_
« Last Edit: 02 March 2009, 10:15:48 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #24 on: 03 March 2009, 03:34:28 PM »
Ko Fabian... anumodana..._/\_
Quote
Yang dapat menimbulkan Abhinna harus orang yang mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
a.   Mempunyai Samapatti 8 (Rupa-jhana dan Arupa-jhana)
b.   Harus mahir dalam jhana

a. Samapatti 8 = Jhana 8 (8 macam kepandaian dalam jhana) yaitu :
1. Pathama Jhana (Jhana Pertama)
2. Dutiya Jhana (Jhana Kedua)
3. Tatiya Jhana (Jhana Ketiga)
4. Catuttha Jhana (Jhana Keempat)
5. Akasanancayatana Jhana (Jhana Kelima)
6. Vinnanancayatana Jhana (Jhana Keenam)
7. Akincannayatana Jhana (Jhana Ketujuh)
8. Nevasannanasannayatana Jhana (Jhana Kedelapan)

Jhana Pertama-Jhana keempat merupakan Rupa Jhana
Jhana Kelima-Jhana Kedelapan merupakan Arupa Jhana

(Sumber : Patisambhidamagga I.20)

b.   Harus mahir dalam jhana ( memiliki vasi 5 )
VASI 5 (5 macam keahlian) yaitu :
1. Avajjana Vasi (Keahlian dalam pemikiran akan memasuki jhana menurut yg dikehendaki)
2. Samapajjana Vasi (Keahlian dalam memasuki jhana)
3. Adhitthana Vasi (Keahlian dalam menentukan berapa lama hendak berada dalam jhana)
4. Vutthana Vasi (keahlian dalam keluar dari jhana)
5. Paccavekkhana Vasi (Keahlian dalam peninjauan jhana).

(Sumber : Nanakatha Mahavagga khuddakanikaya bhs thai))

Sumber : Kamus Umum Buddha Dhamma (Panjika)

Ko Fabian... di sumber itu tercantum hanya 5 vasi... sedangkan menurut Ko Fabian ada 14 vasi...mungkin Ko Fabian bisa posting ke sini ttg 14 vasi itu.

Dutiyampi...anumodana..._/\_

:lotus:



~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #25 on: 03 March 2009, 06:10:00 PM »
Ko Fabian... anumodana..._/\_
Quote
Yang dapat menimbulkan Abhinna harus orang yang mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
a.   Mempunyai Samapatti 8 (Rupa-jhana dan Arupa-jhana)
b.   Harus mahir dalam jhana

a. Samapatti 8 = Jhana 8 (8 macam kepandaian dalam jhana) yaitu :
1. Pathama Jhana (Jhana Pertama)
2. Dutiya Jhana (Jhana Kedua)
3. Tatiya Jhana (Jhana Ketiga)
4. Catuttha Jhana (Jhana Keempat)
5. Akasanancayatana Jhana (Jhana Kelima)
6. Vinnanancayatana Jhana (Jhana Keenam)
7. Akincannayatana Jhana (Jhana Ketujuh)
8. Nevasannanasannayatana Jhana (Jhana Kedelapan)

Jhana Pertama-Jhana keempat merupakan Rupa Jhana
Jhana Kelima-Jhana Kedelapan merupakan Arupa Jhana

(Sumber : Patisambhidamagga I.20)

b.   Harus mahir dalam jhana ( memiliki vasi 5 )
VASI 5 (5 macam keahlian) yaitu :
1. Avajjana Vasi (Keahlian dalam pemikiran akan memasuki jhana menurut yg dikehendaki)
2. Samapajjana Vasi (Keahlian dalam memasuki jhana)
3. Adhitthana Vasi (Keahlian dalam menentukan berapa lama hendak berada dalam jhana)
4. Vutthana Vasi (keahlian dalam keluar dari jhana)
5. Paccavekkhana Vasi (Keahlian dalam peninjauan jhana).

(Sumber : Nanakatha Mahavagga khuddakanikaya bhs thai))

Sumber : Kamus Umum Buddha Dhamma (Panjika)

Ko Fabian... di sumber itu tercantum hanya 5 vasi... sedangkan menurut Ko Fabian ada 14 vasi...mungkin Ko Fabian bisa posting ke sini ttg 14 vasi itu.

Dutiyampi...anumodana..._/\_

:lotus:





Waah....  maaf saudari Lily,

Visuddhi Magga saya lagi dipinjam sesama meditator sehingga saya tak dapat menjabarkan, tetapi saya telah membuka buku Buddha Abhidhamma karangan Dr.MTM, disinggung di hal 64 (abhinana citta)

Nanti dijabarkan kalau buku Visuddhi Magganya sudah dikembalikan ya..? harap maklum.
Terima kasih

sukhi hotu,

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #26 on: 03 March 2009, 07:32:17 PM »
Saudari Lily yang baik,

Oh ya maaf mau menambahkan sedikit, kedua pendapat ini tidak bertentangan, 5 vasi yang di posting saudari Lily adalah vasi yang diperlukan bagi meditator untuk mencapai Jhana yang lebih tinggi.

contohnya: bila meditator tersebut telah mencapai Jhana ke-2, maka untuk mencapai Jhana ke-3 ia harus mengembangkan ke-5 vasi terhadap Jhana ke-2, sebelum melangkah ke Jhana ke-3.

Sedangkan ke-14 vasi dikembangkan setelah meditator menguasai 8 Jhana pada setiap kasina.

Bila salah mohon dikoreksi

sukhi hotu,

 _/\_
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #27 on: 11 March 2009, 10:18:01 AM »
Quote
Waah....  maaf saudari Lily,

Visuddhi Magga saya lagi dipinjam sesama meditator sehingga saya tak dapat menjabarkan, tetapi saya telah membuka buku Buddha Abhidhamma karangan Dr.MTM, disinggung di hal 64 (abhinana citta)

Nanti dijabarkan kalau buku Visuddhi Magganya sudah dikembalikan ya..? harap maklum.
Terima kasih

sukhi hotu,

 _/\_

Saudari Lily yang baik,

Mau menepati janji nih.... :)

untuk menimbulkan abhinnana citta, seorang meditator selain telah memiliki jhana lengkap pada setiap kasina, juga harus melatih penguasaan terhadap kasina jhana dalam 14 cara, yaitu:

1. urutan kasina
2. urutan terbalik kasina
3. urutan dan urutan terbalik kasina
4. urutan jhana
5. urutan terbalik jhana
6. urutan dan urutan terbalik jhana
7. skip jhana
8. skip kasina
9. skip jhana dan kasina
10. transposisi faktor-faktor
11. transposisi objek
12. transposisi faktor dan objek
13. definisi faktor
14. definisi objek

Maaf saya belum uraikan detil dari ke 14 vasi ini, masih takut teman-teman jadi sakti semua, bisa-bisa saya disihir jadi kurcaci...  :)

sukhi hotu,

 _/\_
« Last Edit: 11 March 2009, 10:21:12 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #28 on: 12 March 2009, 10:35:19 PM »
Bro Fabian...

Anumodana..._/\_

Ada kabar gembira...dgr2 Dr. Mehm Tin Mon mau datang lagi ke Indonesia dan gajar Visuddhi Magga di VPDS pada bln April-Mei nanti. Semoga kita berkondisi pas untuk mengikuti kelas tsb...sadhu3x...

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline No Pain No Gain

  • Sebelumnya: Doggie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.796
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
  • ..............????
Re: ABHINNA VITHI
« Reply #29 on: 04 November 2010, 12:23:16 PM »
what, where , whom, when

 [at] Lily

so many person done the "Ehipassiko"

but NO ONE Grasp the power


 [at] Encarta

dimana, kapan, siapa, apa

 [at] Lily

banyak yg nyobain....
tapi gak ada yg terbukti.....


Banyak bhikkhu2 di dunia ini...pasti ada yg sudah punya Abhinna tapi mereka ga mau di publikasikan.
cth : Dr. Mehm pernah bilang di sentral meditasi pak auk_myanmar, ada yg bisa melihat 3 masa lampaunya.

_/\_ :lotus:
 


Murid Pa Auk Sayadaw yaitu Sayalay Dipankara bahkan masih bisa melihat kehidupan beliau sewaktu jaman Buddha Gotama mengajar dulu.....

Banyak lah org yg punya abhinna...... ci lily aja punya yaitu abhinna utk persuasif ama org laen  _/\_

wew...mang dulu Sayalay Dipankara terlahir jd orang "india" ya?..

keren jg ya...berarti Sayalay udah ehipassiko kalo Buddha Gotama memang nyata.. ;D
No matter how dirty my past is,my future is still spotless

 

anything