TAKDIR.

Started by sukma, 30 December 2008, 04:21:37 PM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

sukma

Saya ingin mengambil topik diskusi : TAKDIR.

bagaimana sikap Dhamma terhadap TAKDIR ?
Apakah semua diatur dalam hukum sebab dan akibat? Sesuai Dhamma bisa iya dan bisa juga tidak. ? Kenapa.?
Kalau hanya sebagian, yang mana saja yang diatur mana yang tidak ?

Saya jelas tidak percaya sama takdir.!

William_phang

Quote from: sukma on 30 December 2008, 04:21:37 PM
Saya ingin mengambil topik diskusi : TAKDIR.

bagaimana sikap Dhamma terhadap TAKDIR ?
Apakah semua diatur dalam hukum sebab dan akibat? Sesuai Dhamma bisa iya dan bisa juga tidak. ? Kenapa.?
Kalau hanya sebagian, yang mana saja yang diatur mana yang tidak ?

Saya jelas tidak percaya sama takdir.!

Kalo TAKDIR berarti kita sudah di plan untuk mengalami hal yang telah dirancang untuk diri kita..dan berarti TAKDIR adalah suatu skenario yang sudah diatur oleh suatu makhluk buat diri kita sehingga tidak mgkn bisa diubah..dan mau ngga mau harus diterima... Kalo demikian saya juga tidak percaya adanya takdir...

Kalo dalam pandangan Dhamma, dalam hidup ini semua saling berhubungan dalam sebab akibat...apapun yang kita terima/alami skr adalah vipaka dari perbuatan kita.... jd dengan demikian krn apa yang menimpa kita adalah hasil perbuatan kita sendiri..tentu kalo kita menanamkan sesuatu yg baik didalam hidup kita tentu kita juga akan menuai sesuatu yang baik pula.... dengan prinsip ini kita bisa menggubah apa yang akan kita alami/terima...karena kitalah sendirilah arsitek dari hidup kita.....

williamhalim

Pengertian TAKDIR lebih condong pada bahwa segala-sesuatunya sudah ditentukan sebelumnya oleh suatu entitas yg mahakuasa dan tidak bisa dirubah.

Dalam Buddhisme, engertian 'takdir' begini tidak cocok.
Menurut Buddhisme, hal2 yg terjadi pada diri kita ditentukan oleh 4 hal, yakni:
1. Citta = hal2 yg kita pikirkan, pola pikir, niat kita
2. UTU = lingkungan disekitar kita, cuaca, sosialiasi, dsbnya
3. KAMMA = kumpulan perbuatan yg telah kita lakukan sebelum ini
4. AHARA = Segala sesuatu yg kita konsumsi

Dari yg saya baca, 4 hal tsb-lah yg akan saling mengkondisikan keadaan yg terjadi pada diri kita.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

sukma

Quote from: willibordus on 30 December 2008, 04:48:28 PM
Pengertian TAKDIR lebih condong pada bahwa segala-sesuatunya sudah ditentukan sebelumnya oleh suatu entitas yg mahakuasa dan tidak bisa dirubah.

Dalam Buddhisme, engertian 'takdir' begini tidak cocok.
Menurut Buddhisme, hal2 yg terjadi pada diri kita ditentukan oleh 4 hal, yakni:
1. Citta = hal2 yg kita pikirkan, pola pikir, niat kita
2. UTU = lingkungan disekitar kita, cuaca, sosialiasi, dsbnya
3. KAMMA = kumpulan perbuatan yg telah kita lakukan sebelum ini
4. AHARA = Segala sesuatu yg kita konsumsi

Dari yg saya baca, 4 hal tsb-lah yg akan saling mengkondisikan keadaan yg terjadi pada diri kita.

::

Yup, setuju,

Inilah persepsi yg salah kaprah tentang takdir di masyarakat kita, setiap keburukan menimpa dirinya, Allah disalahkan. Tetapi setiap kebaikan diterima, Allah dilupakan. Sikap seperti ini lebih buruk daripada Ajaran Dhamma, yg mengerti betul hukum sebab-akibat (baik -buruk) adalah buah dari apa yg diusahakannya sendiri, tanpa harus menyalahkan siapapun. Pengikut Buddhis tahu persis apa resiko jika melakukan apa yg seharusnya tidak boleh dilakukan, dan mereka juga mengerti mana yg seharusnya menjadi pilihannya. Suatu sikap yg lebih benar ketimbang orang yg beragama tapi salah kaprah.

sukma

Penguraian Takdir bagi yang menyembah Tuhan ;

Saya merasa asing dengan makna takdir.
Heran, mengapa cape-cape memahami 'takdir'?
Apa perlu manusia untuk mengetahui?
Kalo perlu, untuk apa?
Kalo ngga perlu, juga untuk apa?
Setelah tau untuk apa? Toh katanya sudah ditetapkan?
Jika belum tau juga untuk apa? Toh katanya juga sudah ditetapkan?
Jadi untuk apa?

Seperti mengucapkan apa yang sudah ada, misalnya,
Hari ini matahari pasti terbit !

Apa maksudnya kalimat di atas??
Tentu saja kalimat ini adalah ungkapan waktu senggang yang tidak ada artinya.
Toh, matahari sudah pasti terbit, dan mengapa masih harus dikatakan??
Keadaan ini seperti 'takdir', sorry kalo gw bilang kurang kerjaan.

Lebih jauh, paham takdir adalah hasil dari ego manusia akan ketidakmampuan menerima (keadaan) hidup ini. Sehingga dibuatlah paham ini sebagai benteng untuk membendung ketakutan hati kecilnya akan hidup di bumi ini. Atau minimal bisa memberikan pemahaman akan maksud-maksud hidup ini.

Rasanya begini, kalo Tuhan berkata,
"Hai manusia, kamu tidak perlu tau urusan Aku, dan tidak perlu campur tangan urusan Aku. Dan jika Aku memberitahukan maksud-maksud Aku, kemampuan kamu memahami masih sangat jauh dari cukup. Bahkan kamu bisa sangat kesulitan, kesusahan, ketakutan melihat maksud-maksud Aku ini, dan akhirnya kamu menolak Aku. Kamu cukup menjalani saja apa yang sudah Aku perintahkan, sisanya adalah urusan Aku."

Hanya yang kurang kerjaan yang berkata,
"Ohh, sudah menjadi takdirku, aku dilahirkan cacat fisik."
Yang sekilas ditangkap, "Ohh.. gara-gara aku dilahirkan cacat fisik maka hidupku lebih susah dari yang lain."
Lebih lanjut, karena dasar naluriah manusia selalu ingin "mencari kambing hitam" maka, "Hmmm... ini pasti gara-gara kerjaan Tuhan menciptakan aku cacat, mungkin saat itu Tuhan kurang sayang..."
Dst, dst... Semua kesalahan dilemparkan kepada Tuhan. Padahal Allah sudah menyediakan Anak DombaNya sebagai 'tumbal' secara nyata dan manusia masih saja mencari 'kesalahan-kesalahan' Tuhan. Masih kurang puas??

Juga untuk kasus lahir cacat di atas, bagusan begini,
"Walau aku dilahirkan cacat fisik, keadaan ini masih belum seberapa dibanding orang yang sudah mati. Toh orang mati sudah tidak berguna bukan? Tentu saja keadaan aku jauh lebih beruntung! Aku akan tunjukkan bagaimana menjadi orang yang berguna untuk hidup dan sesama supaya dalam hidup ini tidak sia-sia untuk mematahkan lelahiran lagi. Toh waktuku untuk semua itu saja sudah sangat tidak mencukupi, bagaimana aku bisa punya waktu lebih untuk berlelah-lelah merenungkan makna takdir konyol ini??"

Just opini heheh...

hendrako

"Apabila takdir itu ada, maka aku akan mencintai takdirku."
Friedrich Nietzsche
yaa... gitu deh

gajeboh angek

Dulu kehendak bebas, sekarang takdir ;D

Ada korelasi antara kehendak bebas murni dan tidak ada takdir?
Atau memang tidak ada sebab akibat?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

gajeboh angek

Quote from: sukma on 30 December 2008, 04:21:37 PM
Apakah semua diatur dalam hukum sebab dan akibat? Sesuai Dhamma bisa iya dan bisa juga tidak. ?

Adakah sesuatu yang tidak ada penyebabnya? Kalau tidak salah, sesuatu tidak ada penyebabnya merupakan salah satu dari 62 pandangan salah di Brahmajala Sutta.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

gajeboh angek

www.accesstoinsight.org/tipitaka/mn/mn.060.than.html

Apannaka Sutta, Causality & non-causality

A. "There are some brahmans & contemplatives who hold this doctrine, hold this view: 'There is no causality, no requisite condition, for the defilement of beings. Beings are defiled without causality, without requisite condition. There is no causality, no requisite condition, for the purification of beings. Beings are purified without causality, without requisite condition. There is no strength, no effort, no human energy, no human endeavor. All living beings, all life, all beings, all souls are powerless, devoid of strength, devoid of effort. Subject to the changes of fate, serendipity, and nature, they experience pleasure and pain in the six great classes of birth.'4

B. "Some brahmans & contemplatives, speaking in direct opposition to those brahmans & contemplatives, say this: 'There is causality, there is requisite condition, for the defilement of beings. Beings are defiled with causality, with requisite condition. There is causality, there is requisite condition, for the purification of beings. Beings are purified with causality, with requisite condition. There is strength, there is effort, there is human energy, there is human endeavor. It's not the case that all living beings, all life, all beings, all souls are powerless, devoid of strength, devoid of effort; or that subject to the changes of fate, serendipity, and nature, they experience pleasure and pain in the six great classes of birth.'

"What do you think, householders? Don't these brahmans & contemplatives speak in direct opposition to each other?"

"Yes, lord."

A1. "Now, householders, of those brahmans & contemplatives who hold this doctrine, hold this view — 'There is no cause, no requisite condition, for the defilement of beings... Subject to the changes of fate, serendipity, and nature, they experience pleasure and pain in the six great classes of birth' — it can be expected that, shunning these three skillful activities — good bodily conduct, good verbal conduct, good mental conduct — they will adopt & practice these three unskillful activities: bad bodily conduct, bad verbal conduct, bad mental conduct. Why is that? Because those venerable brahmans & contemplatives do not see, in unskillful activities, the drawbacks, the degradation, and the defilement; nor in skillful activities the rewards of renunciation, resembling cleansing.

A2. "Because there actually is causality, the view of one who thinks, 'There is no causality' is his wrong view. Because there actually is causality, when he is resolved that 'There is no causality,' that is his wrong resolve. Because there actually is causality, when he speaks the statement, 'There is no causality,' that is his wrong speech. Because there actually is causality, when he is says that 'There is no causality,' he makes himself an opponent to those arahants who teach causality. Because there actually is causality, when he persuades another that 'There is no causality,' that is persuasion in what is not true Dhamma. And in that persuasion in what is not true Dhamma, he exalts himself and disparages others. Whatever good habituation he previously had is abandoned, while bad habituation is manifested. And this wrong view, wrong resolve, wrong speech, opposition to the arahants, persuasion in what is not true Dhamma, exaltation of self, & disparagement of others: These many evil, unskillful activities come into play, in dependence on wrong view.

A3. "With regard to this, a wise person considers thus: 'If there is no causality, then — at the break-up of the body, after death — this venerable person has made himself safe. But if there is causality, then this venerable person — on the break-up of the body, after death — will reappear in the plane of deprivation, the bad destination, the lower realms, in hell. Even if we didn't speak of causality, and there weren't the true statement of those venerable brahmans & contemplatives, this venerable person is still criticized in the here-&-now by the wise as a person of bad habits & wrong view: one who holds to a doctrine of non-causality. If there really is a next world, then this venerable person has made a bad throw twice: in that he is criticized by the wise here-&-now, and in that — with the break-up of the body, after death — he will reappear in the plane of deprivation, the bad destination, the lower realms, in hell. Thus this safe-bet teaching, when poorly grasped & poorly adopted by him, covers (only) one side, and leaves behind the possibility of the skillful.

B1. "Now, householders, of those brahmans & contemplatives who hold this doctrine, hold this view — 'There is causality, there is requisite condition, for the defilement of beings... It's not the case that all living beings, all life, all beings, all souls are powerless, devoid of strength, devoid of effort; or that subject to the changes of fate, serendipity, and nature, they experience pleasure and pain in the six great classes of birth' — it can be expected that, shunning these three unskillful activities — bad bodily conduct, bad verbal conduct, bad mental conduct — they will adopt & practice these three skillful activities: good bodily conduct, good verbal conduct, good mental conduct. Why is that? Because those venerable brahmans & contemplatives see in unskillful activities the drawbacks, the degradation, and the defilement; and in skillful activities the rewards of renunciation, resembling cleansing.

B2. "Because there actually is causality, the view of one who thinks, 'There is causality' is his right view. Because there actually is causality, when he is resolved that 'There is causality,' that is his right resolve. Because there actually causality, when he speaks the statement, 'There is causality,' that is his right speech. Because there actually is causality, when he is says that 'There is causality,' he doesn't make himself an opponent to those arahants who teach causality. Because there actually is causality, when he persuades another that 'There is causality,' that is persuasion in what is true Dhamma. And in that persuasion in what is true Dhamma, he doesn't exalt himself or disparage others. Whatever bad habituation he previously had is abandoned, while good habituation is manifested. And this right view, right resolve, right speech, non-opposition to the arahants, persuasion in what is true Dhamma, non-exaltation of self, & non-disparagement of others: These many skillful activities come into play, in dependence on right view.

B3. "With regard to this, a wise person considers thus: 'If there is causality, then this venerable person — on the break-up of the body, after death — will reappear in the good destination, the heavenly world. Even if we didn't speak of causality, and there weren't the true statement of those venerable brahmans & contemplatives, this venerable person is still praised in the here-&-now by the wise as a person of good habits & right view: one who holds to a doctrine of causality. If there really is causality, then this venerable person has made a good throw twice, in that he is praised by the wise here-&-now; and in that — with the break-up of the body, after death — he will reappear in the good destination, the heavenly world. Thus this safe-bet teaching, when well grasped & adopted by him, covers both sides, and leaves behind the possibility of the unskillful.

4 This was the view of Makkhali Gosala.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

sukma

Quote from: hendrako on 30 December 2008, 06:03:34 PM
"Apabila takdir itu ada, maka aku akan mencintai takdirku."
Friedrich Nietzsche

Saya pikir Anda juga tahu bahwa Friedrich Nietzche diakui gila oleh sesama teman Filsafatnya

sukma

Quote from: Wolverine on 30 December 2008, 10:45:58 PM
Quote from: sukma on 30 December 2008, 04:21:37 PM
Apakah semua diatur dalam hukum sebab dan akibat? Sesuai Dhamma bisa iya dan bisa juga tidak. ?

Adakah sesuatu yang tidak ada penyebabnya? Kalau tidak salah, sesuatu tidak ada penyebabnya merupakan salah satu dari 62 pandangan salah di Brahmajala Sutta.

Yup.! 62 pandangan SALAH di Brahmajala, sampai di sini saya tidak bantah. ^:)^

Reenzia

Quote from: sukma on 31 December 2008, 09:33:08 PM
Quote from: hendrako on 30 December 2008, 06:03:34 PM
"Apabila takdir itu ada, maka aku akan mencintai takdirku."
Friedrich Nietzsche

Saya pikir Anda juga tahu bahwa Friedrich Nietzche diakui gila oleh sesama teman Filsafatnya

pernah baca cerita sufi tentang air yang berubah?

hendrako

Quote from: sukma on 31 December 2008, 09:33:08 PM
Quote from: hendrako on 30 December 2008, 06:03:34 PM
"Apabila takdir itu ada, maka aku akan mencintai takdirku."
Friedrich Nietzsche

Saya pikir Anda juga tahu bahwa Friedrich Nietzche diakui gila oleh sesama teman Filsafatnya

Bukan diakui gila, namun secara medis benar2 dinyatakan gila, hal ini terjadi di beberapa tahun menjelang akhir kehidupan beliau. Menurut referensi, pikirannya terganggu, menjadi kanak2 kembali sehingga tidak bisa mengurus dirinya sendiri, saudara perempuannyalah yg merawat hingga akhir nafas.

Selain dikenal sebagai filsuf dengan palu, beliau juga dikenal sebagai filsuf orang gila.
yaa... gitu deh

hendrako

Quote from: hendrako on 30 December 2008, 06:03:34 PM
"Apabila takdir itu ada, maka aku akan mencintai takdirku."
Friedrich Nietzsche

Menurut saya kalimat beliau menunjukkan ketidakpercayaan akan keberadaan takdir.
yaa... gitu deh

hatRed

Gotama lahir, lalu diramalkan akan menjadi raja atau Buddha itu takdir atau bukan
i'm just a mammal with troubled soul