Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Aliran Maitreya  (Read 117548 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Aliran Maitreya
« Reply #90 on: 11 December 2008, 11:22:57 AM »
 [at] hat : bisa ditulis disini?

Offline marcedes

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.528
  • Reputasi: 70
  • Gender: Male
  • May All Being Happinesssssssss
Re: Aliran Maitreya
« Reply #91 on: 11 December 2008, 11:28:31 AM »
[at] mercedes

saat beliau tahu jalan menuju nibbana, beliau baru "menyesatkan" lima orang pertapa

^ itu adalah tafsir saya terhadap perilaku beliau. karena beliau tahu diri. setelah tahu jalan(path) yang benar menuju nibbana. beliau baru "menyesatkan" (secara halusnya "menyadarkan") kelima orang pertapa tersebut. jadi bukan saat beliau belum mencapai nibbana.



mengenai perumpamaan tersebut. mungkin yang dimaksud mercedes tentang 1 orang ini adalah Sang Buddha.

bagi saya walaupun ada orang yang "mengaku" sudah sampai tempat tujuan dan memberikan "peta" nya. tetap saja saya tidak layak menyalahkan orang lain yang memilih jalan yang lain. karena saya belum sampai pada tujuan, berdasar ataupun tidak berdasar peta tersebut.

bukankah anda sendiri yakin dengan "Ehipassiko". kenapa anda yakin mentah mentah "Peta" yang ditunjukan sang Buddha??? apakah itu yang dinamakan Ehipassiko???

sebagai ref : "Raungan Singa Sariputta"
_/\_anda senang bercanda yah.... ^:)^..tawa adalah memulai perjalanan yang baik....
terlalu banyak tertawa adalah orang gila ;D
------------------------------------------------
saya tidak tahu apa yang anda tulis ini kiasan atau apalah _/\_....tapi saya membaca secara kata hanya kata sesuai dengan teks indo _/\_

jika seseorang ibarat berdiri di garis START....dan melihat 2 orang yang berlari berbeda jalan....tanpa melihat dimana garis Finish nya.
tentu jika dipandang dari sudut ini....orang ini tidak akan bisa berkata bahwa yang mana jalan benar?
karena dirinya sendiri belum melangkah dan hanya berdiri di tempat itu,, tentu tidak akan tahu garis Finish.

cobalah ikuti "peta" tersebut.....ketika anda mulai melangkah mengikuti "peta" tersebut...
walau anda belum sampai pada garis FINISH....tetapi garis FINISH itu sudah terlihat..walau masih jauh.

saya sendiri tidak yakin secara "mentah/buta/langsung percaya" apa yang diajarkan sang buddha....
saya sendiri sudah pernah mengikuti banyak "peta" tapi tidak satupun "peta" yang membawa saya memperlihatkan garis Finish.
bahkan pernah saya ragu akan "peta" yang saat ini saya pakai.

salam hangat _/\_

mungkin yang dimaksud kan adalah Sampasadaniya Sutta
« Last Edit: 11 December 2008, 11:34:02 AM by marcedes »
Ada penderitaan,tetapi tidak ada yang menderita
Ada jalan tetapi tidak ada yang menempuhnya
Ada Nibbana tetapi tidak ada yang mencapainya.

TALK LESS DO MOREEEEEE !!!

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Aliran Maitreya
« Reply #92 on: 11 December 2008, 11:43:22 AM »
Sariputta berkata kepada Sang Buddha

"
Bhante, keyakinan ini saya miliki terhadap sang Bhagava :

. Tak pernah saya jumpai, dan tak akan pernah, sekarang atau di waktu yang akan datang, seorang brahmana atau pertapa yang lebih sempurna dalam penerangan agung dari Sang Bhagava
"

Sang Buddha : Sungguh mulia ucapanmu itu Sariputta, sungguh agung! Suatu pernyataan yang gagah berani, yang menyamai raungan seekor singa!

Sang Buddha : tetapi menga[a engkau berkesimpulan seperti itu, Sariputta?

Sang Buddha : Para Arahat, mereka yang telah mencapai penerangan sempurna, di jaman yang lampau apakah engkau mempunyai pengetahuan langsung tentang para Bhagava tersebut, bagaimana "sila" mereka, bagaimana mereka bermeditasi, dan bagaimana kebijaksanaan mereka, bagaimana mereka menjalani kehidupan, dan bagaimana cara mereka memperoleh penerangan sempurna?

Sariputta : Bukan itu yang saya maksud bhante

Sang Buddha : kalau bukan demikian, lalu bagaimana Sariputta?
Sang Buddha : Para Arahat, mereka yang telah mencapai penerangan sempurna,di jaman yang akan datang apakah engkau mempunyai pengetahuan langsung tentang para Bhagava tersebut, bagaimana "sila" mereka, bagaimana mereka bermeditasi, dan bagaimana kebijaksanaan mereka, bagaimana mereka menjalani kehidupan, dan bagaimana cara mereka memperoleh penerangan sempurna?

Sariputta : Bukan itu yang saya maksud bhante

Sang Buddha : kalau bukan demikian, lalu bagaimana Sariputta?
Sang Buddha : Mengenai diriku , yang telah mencapai penerangan sempurna,di jaman saat ini apakah engkau mempunyai pengetahuan langsung tentang  bagaimana "sila" KU, bagaimana Aku bermeditasi, dan bagaimana kebijaksanaan ku, bagaimana aku menjalani kehidupan, dan bagaimana cara ku memperoleh penerangan sempurna?


Sariputta : Bukan itu yang saya maksud bhante

Sang Buddha : Kalau begitu sudah jelas Sariputta, bahwa engkau tidak mempunyai pengetahuan langsung tentang para Arahat, yang telah mencapai penerangan sempurna, di jama yang lampau, di jaman yang akan datang dan di jaman kini. Karena itu berani benar engkau mengucapakan kata-kata yang demikian mulia dan agung, suatu pernyataan yang gagah berani, yang menyamai raungan seekor singa, yaitu :
                             "
                              Bhante, keyakinan ini saya miliki terhadap sang Bhagava :

                              . Tak pernah saya jumpai, dan tak akan pernah, sekarang atau di              waktu yang akan datang, seorang brahmana atau pertapa yang lebih sempurna dalam penerangan agung dari Sang Bhagava
                               "
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 280
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya
« Reply #93 on: 11 December 2008, 11:46:55 AM »
Quote
orang2 aliran maitreya justru tidak menganggap alirannya itu agama. mereka menganggap aliran maitreya adalah tao (kebenaran). makanya semua konsep spiritual diembat, alias mencari 'pembenaran' yg ada di semua agama. semuanya disimpulkan bahwa tai shang lao jun, kong hu chu, buddha sakyamuni, dewi kwan im, kwan kong, chi kong, yesus, muhammad, dan orang2 besar spiritual lainnya adalah utusan dari laomu (tuhan / tapi konsepnya sebagai ibunda - wanita!)...

Wah Borongan nich Lao Mu...... Masa semuanya di jadikan satu Kayak Gado-gado dong..... Apakah Laomu = Allah ...... ?  Semakin membinggungkan Nich Ajaran........  =)) Banyak Konsep yang dibuat-buat dan terkesan sangat NGAWUR...... :-? Apakah Ajarannya mengantarkan kita kepada pengikisan LDM ? Kalao tidak ada Mereka tidak tahu malu mengaku sebagai Buddhist..... =))
ya memang tidak tahu malu terlebih lagi ada umat yang mengaku buddhist tetapi tetap memelihara LDM aneh2 saja ya hihi ^:)^ ^:)^

 [at] Bro Yong Cheng = hahahaha.........Kalo sudah tidak ada LDM , gw sdh gak berkeliaran di sini lage..... :)) Gw sudah pake Jubah Kuning.... :))  Nah Sadarkah anda Bahwa dalam Buddhisme selalu menekankan pengikisan LDM , Apakah ajaran yg loe anut ada cara-cara pengikisan LDM nya? Tolong di jawab yach? ada atau tidak?....  Hati-hati sebut-sebut nama Muhammad.... Nanti kalo FPI dengar bisa berabe Loe Pada...... :-?

 [at] Bro Upasaka = anumodana atas Informasinya ......   ^:)^


 _/\_
Thanks & Best Regards
Gunawan S S


Maaf bro gunawan saya pinjam kata2 anda untuk "mengingatkan" yang lain meskipun saya juga bukanlah termasuk orang yang "sadar" setidaknya saya dapat mengingatkan mereka, krn selama saya mengikuti forum selalu saja ada orang2 tertentu yang menjelekkan keyakinan/agama lain dengan memancing2 dan menimbulkan keributan yang akhirnya dapat timbul kebencian diantara ke 2 belah pihak, diskusi ya ok2 saja....
pengikisan LDM dalam aliran maitreya dinamakan pembinaan diri (siu tao)/melatih diri (siu lien)
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya
« Reply #94 on: 11 December 2008, 12:02:22 PM »
Salam semuanya,
Kalian semua selalu berkomentar bahwa "Keyakinan ku lah yang paling benar, karena sesuai dengan..."
Ok, anggap saja kalian semua benar. Saya sudah pernah membandingkan bagaimana cara kerja Aliran Maitreya dengan Keyakinan "Sang Buddha" yang kalian teladani. Semuanya sama saja. Kalian berkeyakinan dari sesuatu yang dianggap "SUPER" dan tidak bisa dijamah atau dijawab oleh manusia. Sekarang saya tanya kepada kalian semua, kenapa harus berfanatik dengan sesuatu yang kalian belum bisa mencapainya atau membuktikannya. Anggaplah diantara kalian sudah menjalankan PANCASILA atau SILA-SILA tertentu. Apakah kalian merasa diri kalian paling benar? Apakah diri kalian sudah menjalankan dengan baik? Jadi bisa memutuskan yang mana yang baik dan yang mana yang jahat?
Saya pernah mempelajari sejarah "SANG BUDDHA" yang kalian teladani. Hal ini sama dengan GAOTAMA, dia harus mempelajari semua ilmu yang ia anggap bahwa ilmu tersebut dapat menemukan jawabannya. Sekarang kalian baru mendapatkan satu ilmu yang belum dicapai penuh dan menguasainya. Kalian sudah mencap hal tersebut sebagai hal yang salah/benar.
Mempelajari apakah aliran yang kalian anggap sesat apakah benar-benar sesat. Mempelajari apakah keyakinan yang kalian anggap benar apakah benar-benar benar. Hal itu perlu "PEMBELAJARAN"
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Aliran Maitreya
« Reply #95 on: 11 December 2008, 12:07:40 PM »
Sori Bro HatRed, menurut gw tidak ada relevansi antara sutta tersebut dengan tulisan gw...
Pertama, Gw menghormati sosok Boddhistva Maitreya.Sosok mengenai Boddhisatva Maitreya ini sudah dijelaskan dengan jelas mengenai kondisi dimana beliau akan menjadi Sammasambuddha.
Kedua, yg gw bilang sesat ialah klaim kaum yg mengaku Maitreya sudah menjadi Buddha, dan saat ini adalah masa pancaran dhamma maitreya.
Ketiga, secara nyata, jika kita memank mengaku Buddhis, peta penunjuk jalan ialah sutta / sutra. Tetapi, baik secara Mahayana maupun Theravada, tidak terdapat kemungkinan saat ini sedang dalam masa Buddha Maitreya.Untuk referensi-nya silahkan para pakar sutta yg memberikan...

Dan apakah dengan seperti itu orang2 yg menganut agama Maitreya itu sepenuhnya buruk?
Tentu Tidak! Gw sudah melihat sendiri, bahwa perilaku dan sikap orang tidak dapat dikotak2an...Dan walaupun "dasar"-nya melenceng dari BuddhaDhamma,tetapi mereka mengajarkan kebaikan dengan pemahaman mereka sendiri..

Jadi, kebali ke pernyataan gw, "Secara Agama Buddha, aliran Maitreya itu sesat"
« Last Edit: 11 December 2008, 12:10:08 PM by Edward »
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Aliran Maitreya
« Reply #96 on: 11 December 2008, 12:13:15 PM »
 [at] Edward

maksud saya bukan bagaimana objek diluar kita berperilaku, dan juga tidak masalah apakah Maitreya sudah menjadi Buddha atau tidak.

rangkaian dialog yg saya copast tadi adalah hanya untuk menunjukan, perlunya pengetahuan "langsung" saat seseorang "menyatakan"

dan seperti bro whatte katakan, apakah kita sudah melakukan "pembelajaran" ???

lalu anda juga mengatakan bahwa sebagian besar orang2 yg beraliran (saya tidak sependapat dengan kata Agama) Maitreya malah berperilaku baik.

lalu kenapa kita menyesatkan.

seperti saya pernah menanyakan

"Satu orang menyesatkan orang lain"

"Orang yang disesatkan tersebut juga menyesatkan Satu orang tersebut"

Siapakah yang sesat ???


Anda juga berkata Dan walaupun "dasar"-nya melenceng dari BuddhaDhamma

atas pernyataan anda diatas, Apakah anda sudah melakukan "Pembelajaran" /Evaluasi/Ehipassiko terhadap BuddhaDhamma ???  sehingga anda layak menyatakan statement diatas ???
« Last Edit: 11 December 2008, 12:15:46 PM by hatRed »
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Aliran Maitreya
« Reply #97 on: 11 December 2008, 12:21:14 PM »
Sepertinya kita blom nyambung dalam pembicaraan nih bro...
Dasar2 ajaran Sang Buddha sudah jelas, dan walaupun dlm aplikasinya terdapat perbedaan antara Mahayana dan Theravada, tetapi kedua aliran tersebut tetap berpegang teguh dengan dasar yang ada.
Coba kita melihat ke agama Maitreya ini, dasarnya sudah melenceng dari ajaran Sang Buddha. Bahkan mereka lebih mengakui ajaran yg diturunkan sosok Maitreya oleh Lau Mu.
Pertanyaannya, jika secara mendasar sudah melenceng, apakah masih patut dikatakan dalam 1 lingkup agama?
Jika Bro bertanya, apakah gw sudah ehipassiko dengan berusaha memahami ajaran Maitreya ini? Yap, gw sudah terjun secara langsung. Dan pernyataan gw adalah hasil terjun langsung tersebut.
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Aliran Maitreya
« Reply #98 on: 11 December 2008, 12:25:25 PM »
 [at] Edward

Lalu pantaskah kita yang cuma melihat peta dari buatan "seseorang" yang "ngakunya" sudah sampai ke tempat tujuan, mengatakan orang lain yang tidak berjalan sesuai peta tersebut adalah orang yang salah?

bagaimana bro Edward, pantas atau tidak?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya
« Reply #99 on: 11 December 2008, 12:26:49 PM »
Pertanyaannya, jika secara mendasar sudah melenceng, apakah masih patut dikatakan dalam 1 lingkup agama?
Jika Bro bertanya, apakah gw sudah ehipassiko dengan berusaha memahami ajaran Maitreya ini? Yap, gw sudah terjun secara langsung. Dan pernyataan gw adalah hasil terjun langsung tersebut.
Ok, baiklah anda sudah terjun langsung dalam wadah Aliran Maitreya lalu membandingkanny dengan keyakinan anda sekarang. Sekarang tunjukkanlah kepada saya bahwa anda sudah berkeyakinan benar dan sudah mendapatkan pencerahan sehingga anda dapat menganggap "OH, ITU SALAH. OH, ITU BENAR". Kalau jawaban anda masih meliputi. "OH, ITU SESUAI DENGAN..." Astaga, anda hanya anak ayam yang mengikuti ucapan serigala. Anda tidak dapat melihat kebenaran.
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Aliran Maitreya
« Reply #100 on: 11 December 2008, 12:30:37 PM »
 [at] whatte

{option kidding explicit} ;D

keknya kalo sang Buddha gak usah pake H deh

jadi O doank gak OH  :))
i'm just a mammal with troubled soul



Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Aliran Maitreya
« Reply #101 on: 11 December 2008, 12:31:03 PM »
[at] Edward

Lalu pantaskah kita yang cuma melihat peta dari buatan "seseorang" yang "ngakunya" sudah sampai ke tempat tujuan, mengatakan orang lain yang tidak berjalan sesuai peta tersebut adalah orang yang salah?

bagaimana bro Edward, pantas atau tidak?

Persoalan bukan pantas atau tidak pantas Hatred, disini saya ingin melirik kamu sekali lagi, Buddha Bar kamu katakan permasalahan sosial yang mungkin akan melecehkan umat Buddha, lalu Maitreya ini anda malah memberikan dukungan dengan berkata seperti itu. lalu dimanakah omongan anda yang bisa saya pegang. Maitreya ga cukup meresahkan umat agama Buddha? dengan datang ke Vihara Buddhist lalu mengajak umat masuk ke vihara mereka dan di baptis disana? Saya tanyakan lagi,mana omongan kamu yang bisa saya percaya? Terima Kasih.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Aliran Maitreya
« Reply #102 on: 11 December 2008, 12:31:15 PM »
Salam semuanya,
Kalian semua selalu berkomentar bahwa "Keyakinan ku lah yang paling benar, karena sesuai dengan..."
Ok, anggap saja kalian semua benar. Saya sudah pernah membandingkan bagaimana cara kerja Aliran Maitreya dengan Keyakinan "Sang Buddha" yang kalian teladani. Semuanya sama saja. Kalian berkeyakinan dari sesuatu yang dianggap "SUPER" dan tidak bisa dijamah atau dijawab oleh manusia. Sekarang saya tanya kepada kalian semua, kenapa harus berfanatik dengan sesuatu yang kalian belum bisa mencapainya atau membuktikannya. Anggaplah diantara kalian sudah menjalankan PANCASILA atau SILA-SILA tertentu. Apakah kalian merasa diri kalian paling benar? Apakah diri kalian sudah menjalankan dengan baik? Jadi bisa memutuskan yang mana yang baik dan yang mana yang jahat?
Saya pernah mempelajari sejarah "SANG BUDDHA" yang kalian teladani. Hal ini sama dengan GAOTAMA, dia harus mempelajari semua ilmu yang ia anggap bahwa ilmu tersebut dapat menemukan jawabannya. Sekarang kalian baru mendapatkan satu ilmu yang belum dicapai penuh dan menguasainya. Kalian sudah mencap hal tersebut sebagai hal yang salah/benar.
Mempelajari apakah aliran yang kalian anggap sesat apakah benar-benar sesat. Mempelajari apakah keyakinan yang kalian anggap benar apakah benar-benar benar. Hal itu perlu "PEMBELAJARAN"

keyakinan ku? tolong klarifikasi kembali, siapa yg punya keyakinan? milik siapa keyakinan itu?

tolong jangan memukul rata semua yang anda lihat, lagian yg dibahas disini adalah umatnya, bukan dhammanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Aliran Maitreya
« Reply #103 on: 11 December 2008, 12:33:24 PM »
[at] Edward

Lalu pantaskah kita yang cuma melihat peta dari buatan "seseorang" yang "ngakunya" sudah sampai ke tempat tujuan, mengatakan orang lain yang tidak berjalan sesuai peta tersebut adalah orang yang salah?

bagaimana bro Edward, pantas atau tidak?

Persoalan bukan pantas atau tidak pantas Hatred, disini saya ingin melirik kamu sekali lagi, Buddha Bar kamu katakan permasalahan sosial yang mungkin akan melecehkan umat Buddha, lalu Maitreya ini anda malah memberikan dukungan dengan berkata seperti itu. lalu dimanakah omongan anda yang bisa saya pegang. Maitreya ga cukup meresahkan umat agama Buddha? dengan datang ke Vihara Buddhist lalu mengajak umat masuk ke vihara mereka dan di baptis disana? Saya tanyakan lagi,mana omongan kamu yang bisa saya percaya? Terima Kasih.

Apakah dengan adanya aliran Maitreya ini diperkirakan dapat menimbulkan permasalahan, bukankah dari beberapa rekan disini malah, melihat dengan sendiri bahwa orang2 yang beraliran Maitreya malah berperilaku baik. Apakah yg dapat dipermasalahkan disini?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline whatthe

  • Teman
  • **
  • Posts: 94
  • Reputasi: -10
  • Gender: Male
Re: Aliran Maitreya
« Reply #104 on: 11 December 2008, 12:35:01 PM »
keyakinan ku? tolong klarifikasi kembali, siapa yg punya keyakinan? milik siapa keyakinan itu?

tolong jangan memukul rata semua yang anda lihat, lagian yg dibahas disini adalah umatnya, bukan dhammanya
Lah? Saya berbicara dengan orang yang menilai. Orang menilai pasti mempunyai keyakinan yang mendasar dalam dirinya. Sekarang yang saya bicarakan ini adalah kalian yang menilai bahwa itu baik atau salah.
What is the world mean? It's unlimited, unrecognized. So why you stucking here?