Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)  (Read 14125 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« on: 19 November 2008, 11:46:15 AM »
Perayaan Dongzhi sebenarnya sudah ada sejak dinasti Zhou. Tapi
karena pada masa Zhou memiliki sistem kalender yang berbeda ( cat:
penempatan tahun baru ). Pada masa tersebut, Dongzhi dianggap tahun
baru. Kemudian pada masa dinasti Han, dimana sistem kalender berubah
lagi, barulah Dongzhi dirayakan secara meriah dan dengan cara yang
berbeda pada masa dinasti Zhou. Perayaan Dongzhi sekarang ini bisa
dikatakan berasal dari dinasti Han.

dong 冬 berarti musim dingin, zhi 至 berarti paling/sangat
Dongzhi adalah hari dengan siang terpendek (malam terpanjang) di bumi
bagian utara.
Matahari berada pada posisi paling selatan (23,5° LS).
Dongzhi memiliki makna yang luas dan mengandung unsur kekeluargaan.
Dan kita harus tahu bahwa keluarga merupakan salah satu pilar budaya
Tionghoa.
Selain itu dalam Dongzhi ada makanan yang melambangkan bentuk
perlawanan terhadap mereka yang zalim.

Tangyuan atau onde melambangkan persatuan dan keharmonisan keluarga.
Yuan yang artinya bulat melambangkan kesempurnaan. Tangyuan kadang
disebut tuanyuan yang artinya adalah reuni keluarga.

Selain itu juga ada pepatah yang disebutkan pada saat Dongzhi, "Tidak
memakan pil emas, tidak memakan pil perak, tidak bertambah satu
tahun." Maksudnya adalah mereka yang makan onde akan bertambah umurnya
satu tahun, dan ini merupakan suatu doa atau harapan agar kita selalu
panjang umur.

Orang Tiongkok utara memakan Jiao'er atau Huntun.
Ketika dinasti Han, banyak penduduk menderita penyakit akibat hawa
dingin hingga telinganya membeku ( cat: disebut jiaoer ). Seorang
tabib Zhang Zhongjing ( cat: 25-220 M) membuat ramuan obat yang
terdiri dari daging, bumbu serta bahan obat, yang dibungkus menyerupai
bentuk telinga.

Zaman dinasti Han penduduk sering diganggu oleh orang Xiongnu yang
dipimpin oleh dua orang yang bernama Hun dan Tun. Untuk
mengekspresikan kejengkelan mereka, dibuatlah makanan yang dinamakan
huntun. Sehingga memakan huntun diartikan memakan pemimpin Xiongnu:
Hun dan Tun.

Tidak selalu jatuh pada tanggal 13. Tahun ini dongzhi jatuh pada
bulan 11 tanggal 13. Tahun depan jatuh pada tanggal 24 bulan 11.
Dongzhi pasti jatuh di bulan 11 penanggalan Imlek.
Untuk itu kita perlu tahu sistem perhitungan jieqi dan satuan minggu
dalam penanggalan Tiongkok.

Tung che adalah tradisi perayaaan tanda terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas lindunganNYa dan berkahNYA. Sejarah Tung che pada jaman dinasti Ming pada kaisar Yongle. Tung Che. Perayaan ini sangatlah unik karena tidak dapat dipastikan kalender tionghoanya ataupun kalender internasional. Karena perayaan ini dari perhitungan posisi matahari 270 derajat dari bumi dan dimana sinar matahari mulai berkurang dan siang hari menjadi sedikit. Dan uniknya kabarnya jika kita menaruh telur diletakan diatas tanah bumi akan berdiri tegak pada saat hari tung che tersebut. kabarnya tung che dimana dipercaya semua unsur alam bersatu dengan matahari. Kebiasaan makan onde adalah tradisi tung che. Yang artinya kita menambah umur kita 1 tahun dan kita dapat diberkahi kesehatan dan umur yang panjang. Secara tradisi tung che tidak jauh dari makanan khasnya onde.

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #1 on: 18 December 2008, 10:47:45 AM »
Friendly Reminder Tanggal 21 Desember 2008 adalah perayaan Tung che. Juga bertepatan dengan Hari ibu.

Saya mau menuliskan resepnya bikin onde.


Bahan Isi
250 gr kacang hijau tanpa kulit, rendam berjam2
air sedukupnya
1/2 sdt garam
1/2 cup gula pasir
2 tetes vanilla essence atau 1/4 sdt vanilla bubuk

Bahan kulit
500 gr tepung ketan
75 gr tepung beras
250 gr gula pasir
3 tetes vanilla essence atau 1/2 sdt vanilla bubuk
1 sdt garam
air hangat sekitar 150 ml
250 gr wijen putih
minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Isi
1. Rebus kacang hijau sampai empuk dengan api kecil
2. Tambahkan gula sampai manisnya sesuai selera, dan vanilla essence, tambahkan air sedikit2 sambil diaduk sampai empuk dan mengering, hati2 gosong, sisihkan
Kulit
3. Campur tepung ketan, tepung beras, garam, dan vanilla bubuk (kalau vanilla cair, masukan bersama air), aduk rata
4. Panaskan air dengan microwave atau dengan kompor tidak sampai mendidih
5. Tuang air sedikit2 ke campuran tepung, aduk rata sampai bisa dipulung, ga terlalu lembek ga terlalu kering juga. Hampir pecah2 kalau dibentuk namun tidak hancur.
Membuat onde onde
6. Ambil 2 sdm adonan tepung, tekan2 membentuk cekungan pada telapak tangan
7. Isi dengan kacang, tutup sampai rapat
8. Gulingkan pada air dingin
9. Gulingkan pada wijen sampai tekan2 sedikit, putar2 dengan 2 telapak tangan sehingga bentuknya bulat
10. Panaskan minyak, kecilkan api, goreng onde2 sampai mengapung dan kekuningan
11. Angkat, tiriskan pada rak atau wadah berlubang2 sampai dingin dan tidak saling menimpa

Kebetulan Ci lily mau masakin buat kita ;))




Offline anggara

  • Teman
  • **
  • Posts: 51
  • Reputasi: 6
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #2 on: 18 December 2008, 10:51:25 AM »
Friendly Reminder Tanggal 21 Desember 2008 adalah perayaan Tung che. Juga bertepatan dengan Hari ibu.

Hari ibu tahun2 sebelumnya adalah 22 Des, apa tahun ini berubah ya?

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #3 on: 18 December 2008, 10:56:33 AM »
Wedang Ronde



Bahan Ronde:
150 g tepung ketan
1 sdt garam
125 ml air
1 sdt air kapur sirih
pewarna hijau dan merah

Isi:
100 g kacang tanah, sangrai, kupas, haluskan
75 g gula pasir
25 g biji wijen, haluskan
¼ sdt garam
2 sdm air hangat

Air Gula, didihkan, saring:
500 ml air
200 g gula pasir

Air Jahe, didihkan, saring:
1 liter air
8 cm jahe, bakar, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun pandan, potong-potong

Cara membuat:
- Ronde, aduk semua bahan hingga rata. Bagi menjadi dua bagian, beri pewarna, aduk rata.

- Isi: Aduk rata semua bahan. Bentuk menjadi bulatan kecil-kecil. Sisihkan.
- Ambil 1 sdm adonan, pipihkan, isi dengan 1 bulatan adonan isi. Bulatkan adonan. Kerjakan yang sama dengan sisa adonan.
- Didihkan air, rebus bola-bola hingga mengapung. Angkat, tiriskan.
- Rendam bola-bola dalam air gula.

Penyajian: Taruh ronde berikut air gula dalam mangkuk-mangkuk saji. Tuangi air jahe, sajikan.
Untuk 16 orang

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #4 on: 18 December 2008, 10:58:08 AM »
Friendly Reminder Tanggal 21 Desember 2008 adalah perayaan Tung che. Juga bertepatan dengan Hari ibu.

Hari ibu tahun2 sebelumnya adalah 22 Des, apa tahun ini berubah ya?
Tan yuen tuh tiap tahun kalo ngak jatuh tanggal 21 pasti tanggal 22 berdekatan dengan hari ibu. jadi biar gampang inget kalo nasionalnya  ^-^

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #5 on: 18 December 2008, 11:19:20 AM »
Namo Amitofo;
_/\_

Bagi yang masih menjalakan tradisi sembayang Terima kasih, sudah Bisa dilakukan sekarang, Batas akhir waktu Sampai Perayaan tung che.

Sembayang Terima kasih adalah ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Para Buddha, dan  para Bodhisatva yang telah melindungi diri kita, terutama yang Chiong pada tahun ini.

Semoga informasi ini sangat bermanfaat.

Bagi yang menjalaninya

terima kasih

Tadhatya gate - gate Param gate, Parasamgate Bodhisuava x3

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #6 on: 18 December 2008, 11:26:37 AM »
Bro Pur, onde yang untuk perayaan Tang Chue itu aslinya yang digoreng atau yang direbus ya? Lalu yang direbus itu warnanya hanya putih atau warna warni? Soalnya yang biasa saya lihat yang dipakai pada upacara adalah yang direbus dan warna warni.

Anumodana sebelumnya  _/\_

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #7 on: 18 December 2008, 11:27:50 AM »
Harusnya... anak-anak DC yang masakin buat saya (kan sy ibunya)... :)) mana nih...ucapannya (Met hari Ibu)? ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #8 on: 18 December 2008, 11:34:05 AM »
Bro Pur, onde yang untuk perayaan Tang Chue itu aslinya yang digoreng atau yang direbus ya? Lalu yang direbus itu warnanya hanya putih atau warna warni? Soalnya yang biasa saya lihat yang dipakai pada upacara adalah yang direbus dan warna warni.

Anumodana sebelumnya  _/\_

Setahu saya yg rebus dech (warna warni).....saya juga baru tahu nih ada yang goreng...Saya belum pernah makan yg goreng lho...ada yg mau masakkin buat saya? ;D

_/\_ :lotus:
~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #9 on: 18 December 2008, 11:36:25 AM »
Bro Pur, onde yang untuk perayaan Tang Chue itu aslinya yang digoreng atau yang direbus ya? Lalu yang direbus itu warnanya hanya putih atau warna warni? Soalnya yang biasa saya lihat yang dipakai pada upacara adalah yang direbus dan warna warni.

Anumodana sebelumnya  _/\_

Aslinya direbus,

Karena udah membaur dengan Indonesia, So what gituu lokh ? :)). Jadinya ada yang di goreng :))

Putih saja boleh, warna warni juga boleh, Kalo kasih warna supaya ngak bosen  :)) variasi  ^-^, u mau bikin warna pelangi juga ngak apa  ^-^, Sebenernya aslinya cuman warna putih, so jaman sekarang gitu, Kreatif supaya ngak bosenin  :)) .


Harusnya... anak-anak DC yang masakin buat saya (kan sy ibunya)... :)) mana nih...ucapannya (Met hari Ibu)? ;D

_/\_ :lotus:

Tinggal maem doang yah ci  :))

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #10 on: 18 December 2008, 11:43:32 AM »
Thanks, Bro. Paling tidak punya informasi untuk diteruskan ke anak cucu supaya tradisi tidak hilang atau tercemar  :)) Nanti anak cucu kita pikir yang asli yang goreng lagi  :hammer:

Eh, terus kalau masalah ukuran onde ada tradisinya gak? Saya sering lihat dalam satu mangkuk ada yang sebesar bola golf dan ada yang kecil seukuran kelereng. Atau ini juga kreasi saja?

Offline anggara

  • Teman
  • **
  • Posts: 51
  • Reputasi: 6
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #11 on: 18 December 2008, 11:50:31 AM »
sebesar bola
Thanks, Bro. Paling tidak punya informasi untuk diteruskan ke anak cucu supaya tradisi tidak hilang atau tercemar  :)) Nanti anak cucu kita pikir yang asli yang goreng lagi  :hammer:

Eh, terus kalau masalah ukuran onde ada tradisinya gak? Saya sering lihat dalam satu mangkuk ada yang sebesar bola golf dan ada yang kecil seukuran kelereng. Atau ini juga kreasi saja?

sebesar bola golf? bayangkan kalo makannya pas masih panas, yang duduk di seberang meja bisa babak belur tuh :))

Offline CKRA

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 919
  • Reputasi: 71
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #12 on: 18 December 2008, 11:53:43 AM »
sebesar bola
Thanks, Bro. Paling tidak punya informasi untuk diteruskan ke anak cucu supaya tradisi tidak hilang atau tercemar  :)) Nanti anak cucu kita pikir yang asli yang goreng lagi  :hammer:

Eh, terus kalau masalah ukuran onde ada tradisinya gak? Saya sering lihat dalam satu mangkuk ada yang sebesar bola golf dan ada yang kecil seukuran kelereng. Atau ini juga kreasi saja?

sebesar bola golf? bayangkan kalo makannya pas masih panas, yang duduk di seberang meja bisa babak belur tuh :))

Ya, sebesar bola golf. Bukan sekeras bola golf.  :-w

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #13 on: 18 December 2008, 12:02:10 PM »
sebesar bola
Thanks, Bro. Paling tidak punya informasi untuk diteruskan ke anak cucu supaya tradisi tidak hilang atau tercemar  :)) Nanti anak cucu kita pikir yang asli yang goreng lagi  :hammer:

Eh, terus kalau masalah ukuran onde ada tradisinya gak? Saya sering lihat dalam satu mangkuk ada yang sebesar bola golf dan ada yang kecil seukuran kelereng. Atau ini juga kreasi saja?

sebesar bola golf? bayangkan kalo makannya pas masih panas, yang duduk di seberang meja bisa babak belur tuh :))

Sebenernya ukuran tuh variasi yang besar sama yang kecil sama. Cuma kalo yang kecil mungkin buat anak -anak kali yah, soalnya kan mulutnya kecil mane mungkin bisa lahap yang gede  ^-^

Ya, sebesar bola golf. Bukan sekeras bola golf.  :-w

Offline purnama

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.309
  • Reputasi: 73
  • Gender: Male
Re: Perayaan tan yuen ( tang chue/ Tung che)
« Reply #14 on: 18 December 2008, 12:02:37 PM »
sebenernya ukuran tuh variasi yang besar sama yang kecil sama. Cuma kalo yang kecil mungkin buat anak -anak kali yah, soalnya kan mulutnya kecil mane mungkin bisa lahap yang gede  chuckle