Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Sinusitis  (Read 6813 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
[ASK] Sinusitis
« on: 28 October 2008, 06:27:00 PM »
Dear teman2 sedhamma tolong kasih info tentang sinusitis yah.
Karena Ibu ku baru-baru ini terkena Sinusitis, beliau pergi kerumah sakit umum.
waktu pertama pergi dokter THT disitu menyarankan Fisiotherapy dengan berdiam didepan suatu alat selama beberpa menit, ibuku perlu datang untuk Fisiotherapy sampai sembuh. pada waktu ingin Fisiotheray yg ke 2 ternyata hari itu adalah jadwal dokter THT yg lain, bukan yg pertama kali datang. dirumyah sakit umum memang begitu 1 poli bisa lebih dari 1 dokter dan sudah terjadwal.
dokter yg kedua menyarankan operasi, ibuku tidak di ijunkan untuk Fisiotherapy, karena operasi t'lalu mahal ibuku bertanya alternatif lain. kata dokternya bisa dengan mengkonsumsi obat sampai sembuh, ternyata obatnya pun mahal.

dear friends tolong infonya dong tentang sinusitis ?
thanks  
« Last Edit: 29 October 2008, 05:42:25 PM by FoxRockman »
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline dachi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 1
Re: Tolong info Sinusitis
« Reply #1 on: 28 October 2008, 10:15:58 PM »
Coba beri ibu anda penyembuhan herbal. Bila anda serius silahkan email saya di ***************** Terima kasih.


Pesan dari Moderator Kesehatan :
Email saya hapus dengan alasan tertentu.. Mohon pengertiannya. :)
« Last Edit: 29 October 2008, 06:19:56 AM by FoxRockman »

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: Tolong info Sinusitis
« Reply #2 on: 29 October 2008, 12:38:33 AM »
Kenali Sinusitis Dan Gejalanya

Sinusitis adalah peradangan saluran pada rongga tengkorak yang menghubungkan hidung dan rongga mata. Kata sinusitis itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu sinus yang artinya cekungan dan akhiran itis yang berarti radang.

Gejala sinusitis yang biasanya terjadi adalah :
1. Pilek yang berlangsung lama. Biasanya penderita tidak menyadari dirinya terkena sinusitis, karena gejalanya sering didahului pilek yang berlangsung lama sehingga dianggap biasa.
2. Bila sudah terjadi penumpukan cairan dalam rongga maka kepala menjadi sakit, terutama jika sedang menunduk.
3. Kadang pendengaran berkurang dan badan meriang, sementara ingus terus mengalir.
4. Kehilangan nafsu makan dan indera penciuman menjadi lemah.

Penyebab sinusitis :
1. Hidung tersumbat antara lain disebabkan oleh infeksi virus flu di saat tubuh kurang fit. Infeksi yang menyerang di sekitar hidung dan tenggorokan ini tak jarang menjalar ke sinus (rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir).
2. Radang pada rongga hidung ini bisa juga disebabkan oleh cara kita membuang ingus yang salah. Ingus yang seharusnya keluar malah tersedot masuk ke rongga sehingga susah dikeluarkan.dapat disebabkan oleh virus ,bakteri atau jamur.
3. Kuman yang biasa menyerang adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae yang ditemukan hampir pada 70 % kasus.
4. Dapat juga disebabkan oleh radang ditempat lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan ,radang Amandel ,radang pada gigi geraham atas ,kadang juga disebabkan karena berenang ,menyelam ,trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat)
5. Allergi dapat memperberat penyakit ini, sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus ini.

Siapa saja yang rentan terkena sinusitis?
1. Perokok, karena hawa panas yang dihisap dapat merangsang organ di sekitar hidung sehingga menimbulkan iritasi dan memperbesar kemungkinan timbulnya sinusitis.
2. Penderita alergi. Perubahan temperatur dan kelembaban yang mencolok dapat mengakibatkan peradangan di dalam hidung yang mungkin merambat ke dalam sinus.
3. Perenang.
4. Penderita influenza dan
5. Mereka yang tinggal di udara kering.

Berikut adalah tips untuk penanganan sinusitis :
1. Pemberian antibiotik, untuk mengobati infeksi yang terjadi.
2. Kompres hangat dengan memakai handuk untuk mengurangi nyeri di sekitar wajah.
3. Tinggal di lingkungan udara yang bersih.
4. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Banyaklah mengkonsumsi vitamin C apabila dirasa tubuh kurang fit dan rajinlah berolahraga untuk mempertebal daya tahan tubuh kita. Apabila terkena penyakit pilek yang membandel atau serangan flu lebih dari seminggu.
5. Manfaatkan dengan air panas. Saat mandi, gunakan shower air hangat, usap dahi, hidung dan dagu dengan waslap yang dibasahi air panas, agar lubang hidung terbuka lebar. Rongga hidung yang kering lebih mudah terinfeksi daripada yang basah.
6. Perbanyak memakan makanan yang pedas, umumnya makanan berbumbu pedas dapat memperlebar lubang hidung.
7. Usahakan hidung selalu dalam kondisi lembab, terutama tatkala cuaca di luar panas terik.
8. Perbaiki daya tahan tubuh. Caranya, istirahat yang cukup dan makan panganan yang penuh gizi. kurangi merokok atau kalau bisa berhenti merokok.

Tanaman herbal yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis
adalah sambiloto. Tanaman ini berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh dan
meluruhkan dahak. Tetap waspada dan jagalah selalu kesehatan anda.
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Tolong info Sinusitis
« Reply #3 on: 29 October 2008, 12:36:13 PM »
Bro Lykim, informasi yang diberikan oleh bro Virya bisa dijadikan sebagai bahan penambah wawasan Anda, hanya saja, saya lebih menyarankan mengenai pengobatan yang dilakukan diusahakan dengan dokter yang sama. Cobalah untuk meminta kartu nama dokter dan membuat janji bertemu. Jadi silakan putuskan dengan dokter pertama / dokter kedua.

Namun di lain pihak, berdasarkan cerita Anda, saya berpendapat sinusitis yang diderita oleh ibu Anda masih tahap acute, mungkin masih bisa diobati tanpa melakukan pembedahan lebih lanjut.

Mengenai sambiloto, atau dikenal dengan empedu tanah (Andropogon panniculata), saya memang pernah mendengar bahwa bisa berguna sebagai mucolitik. Namun dalam hal ini saya tidak berani menyarankan kepada Anda, karena sambiloto ini juga digunakan untuk mengobati diabetes, sehingga jika ibu Anda normal, takutnya akan mengalami penurunan kadar gula yang berlebihan.

Untuk saat ini, saya hanya bisa menyarankan, dicari penyebab timbul sinusitis, dan bisa menggunakan antihistamin dan decogestan untuk mencegah parahnya sinusitis tersebut.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tolong info Sinusitis
« Reply #4 on: 29 October 2008, 02:05:46 PM »
Berikut yang saya dapat dari http://www.sinarharapan.co.id/berita/0109/28/fea02.html

Quote
Sinusitis adalah radang selaput dinding (mukosa) sinus yaitu ruangan-ruangan dalam tulang wajah/muka di sekitar hidung. Ada sinus maksila (infeksinya disebut sinusitis maksila), sinus etmoid, sinus frontalis dan sinus sphenoid.

Bila infeksi mengenai beberapa sinus disebut multisinusitis, bila semuanya terkena disebut pansinusitis. Yang paling sering terinfeksi adalah sinusitis maksila dan sinusitis etmoid. Sinus maksila lebih mudah terkena oleh karena dasar sinus letaknya lebih rendah dari dasar hidung, selain itu lubang sinus maksila relatif lebih tinggi letaknya dari dasarnya, juga ada hubungan erat antara sinus maxilaris dengan akar gigi rahang atas.

Sinusitis putri anda yang diperkirakan sinusitis maksila, masih tergolong sinusitis akut karena berlangsung 3-4 minggu. Memang kebanyakan kasus sinusitis adalah sinusitis akut. Bila lebih dari empat minggu s/d tiga bulan termasuk sinusitis sub-akut dan bila lebih dari tiga bulan masuk dalam golongan sinusitis kronis.

Serangan sinusitis (terutama akut) membuat orang sengsara karena rasa nyeri di daerah sinus yang terkena, sakit kepala, demam, lesu, hidung tersumbat, ingus kental yang kadang-kadang berbau, dirasakan mengalir ke kerongkongan di belakang hidung.

Penyebab

Kejadian sinusitis dimulai dengan membengkaknya dinding dan lubang sinus, mukosa saling mendekat, sehingga diikuti gangguan pada silia (rambut halus) yang bergerak-gerak untuk mengalirkan lendir keluar sinus. Karena silia terganggu, lendir menumpuk, menjadi lebih kental dan kemudian kuman datang serta tumbuh dengan subur.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya sinusitis antara lain :
sumbatan di hidung karena septum yang bengkok
polip/tumor di hidung
dinding hidung yang membesar(hipertrofi konka media).
Selain itu penyebabnya adalah rinitis kronis (penyakit inflamasi/peradangan hidung termasuk alergi hidung). Sinus dapat terganggu juga oleh lingkungan/udara yang terpolusi, udara dingin serta kering.

Penyebab langsung sinusitis adalah :
rinitis yang akut
masuknya benda asing ke dalam hidung
infeksi di kerongkongan
infeksi gigi pada rahang atas
berenang (menyelam), dan
trauma yang menyebabkan perdarahan di sinus.

Penyebab lain adalah :
tubuh kekurangan antibodi
penyakit Cystic fibrosis yang menyebabkan sekresi dari tubuh menjadi kental dan lengket termasuk di dalam sinus dan juga paru.

Pemeriksaan yang dilakukan didapat nyeri tekan pada pipi kanan / kiri atau dua-duanya, terkadang nyeri tekan di atas hidung.
Pemeriksaan lain misalnya: Transiluminasi, Rinoskopi, Sinoskopi, pemeriksaan foto rontgen sinus paranasal (foto waters, PA, lateral), pemeriksaan Naso-endoskopi, CT Scan, tentu juga pemeriksaan kultur kuman.

Beberapa cara untuk mengobati sinusitis akut adalah sebagai berikut:

  • Di tempat tidur pada penderita dengan sinusitis akut yang disertai demam usahakan kamar tidur mempunyai suhu dan kelembaban udara tetap. Keadaan ini akan memberikan istirahat pada hidung
  • Higiene: Perlu perhatian pada mulut yang cenderung mengering sehingga setiap selesai makan dianjurkan menggosok gigi. Minum banyak agar lendir menjadi lebih encer.
  • Pemeriksaan gigi, setiap karies dicabut. Hal yang selalu merupakan faktor memperburuk kondisi yaitu debu, tembakau. Berlibur di daerah yang beriklim bersih dan kering akan selalu memberikan perbaikan sementara.
  • Obat-obatan : Antibiotik dosis penuh untuk 10 - 14 hari,obat dekongestan lokal berupa tetes hidung dengan waktu terbatas 5 – 10 hari.
  • Pencucian hidung : Apabila dengan pengobatan tidak banyak menolong, maka mungkin pencucian hidung diperlukan.
    Dilakukan dengan Anestesi lokal, di mana trokar dan kanula dimasukkan melalui meatus inferior dan ditusukkan menembus dinding naso antral dan kemudian di drainase.
    Setiap pus yang didapatkan dibuat pemeriksaan biakannya. Apabila setelah 2-3 kali pencucian, infeksi belum sirna, maka mungkin diperlukan tindakan Antrostomi intranasal.
    Namun perlu diketahui, jarang dibutuhkan terapi pembedahan pada sinusitis akut. Antrostomi yaitu membuat hubungan / lubang di bawah pangkal konka inferior, sehingga ada hubungan langsung antara sinus maxilaris dengan cavum nasi supaya pengaliran lendir/sekret lebih baik.
  • Bila pengobatan konservatif tidak berhasil maka dilakukan tindakan radikal berupa: Operasi Cadwell-Luc. Selain itu tindakan operasi dengan menggunakan endosop disebut Bedah Sinus Endoskopik Fungsional (BSEF)
    Sejumlah komplikasi sinusitis yang mungkin timbul adalah infeksi tulang (Osteomielitis dan abses periostal) biasanya pada anak-anak, kelainan Orbita (ruangan tempat bola mata), kelainan dalam kepala (intrakranial), kelainan paru.
  • Sementara jumlah pencucian sinus tergantung dengan kondisi penyakitnya. Jarak waktu pencucian kurang lebih dua minggu setelah pencucian pertama. Untuk menghindari kambuh, upayakan agar aliran silia mukosa sinus tidak rusak. Bila tidak rusak, kemungkinan kambuh sangat kecil.
Dr. Erawati
Resident Medical Officer


semoga bisa bermanfaat.........  _/\_

Offline lykim176

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 236
  • Reputasi: 7
  • Gender: Male
Re: [ASK] Sinusitis
« Reply #5 on: 13 November 2008, 08:00:33 PM »
maaf telat untuk mengucapkan. Anumodana kepada teman-teman semua yang sudah memberikan saya informasi yang berguna.
Dunia tidak runtuh dari langit

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Sinusitis
« Reply #6 on: 13 November 2008, 08:03:49 PM »
Semoga lekas sembuh..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline milan

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 1
  • Gender: Female
Re: [ASK] Sinusitis
« Reply #7 on: 15 November 2008, 08:01:20 PM »
hallo lykim.

sedikit info aja. aku juga punya keponakan yang terkena sinusitis dan dihidungnya itu sampai ada benjolan dan itu sangat mengganggu pernafasannya sekali. dan kebetulan teman aku menyarankan untuk menggunakan propolis (anti biotik alami) untuk ditetes kedalam hidungnya (emang seeeh rasanya agak perih) tapi 2 hari kemudian benjolannya sudah kempes. dan omitohut sampai sekarang hidungnya sudah ok. (itu pengalaman aku yang 1)

yg ke2 (aku punya kakak ipar) sama dia juga sinus sudah luamaaa( kedokter tidak sembuh-sembuh padahal sudah terapi lho) nah berdasarkan pengalaman yang 1, aku saranin untuk pakai propolis... setelah dia pakai besok harinya napasanya lebih lega. dan pada hari 3 hidungnya keluar cairan dan darah (ternyata dipangkal hidungnya itu terdapat cairan dan darah yang mgnggumpal dan tidak bisa keluar itu yang mengakibatkan pernafasannya terganggu. sekarang sejak menggunakan propolis kondisinya sudah lebihhhhh baik.  (bukannya promosi sehhhh tapi  hanya membagi pengalaman. ***********************************************



Pesan buat Milan : Jika tidak promosi.. tidak perlu menghubungi Anda secara pribadi, melainkan bisa dipost di forum ini langsung.
Jika ingin melakukan Promosi / Penjualan produk dilakukan di board kaki lima.. tidak di board kesehatan. Terima kasih.

=Fox=

« Last Edit: 16 November 2008, 07:09:09 AM by FoxRockman »

Offline CintaViolet

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 536
  • Reputasi: 21
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: [ASK] Sinusitis
« Reply #8 on: 16 April 2013, 09:56:06 PM »
selain sambiloto dan vitamin C, ada lagi ngga obat secara alami atau herbal??

propolis bener bisa di tetes di hidung? karena selama ini cuma pakai untuk tetes mata..

kebetulan setelah dari luar kota, sinus saya kambuh.. dan kali ini, dipijat di tulang pipi dan alis, tidak terlalu ngaruh.. kalau untuk obat tetes ke dokter lumayan mahal.. itu pernah nya dulu waktu SMA..

terima kasih..  _/\_

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Sinusitis
« Reply #9 on: 17 April 2013, 07:17:52 AM »
selain sambiloto dan vitamin C, ada lagi ngga obat secara alami atau herbal??

propolis bener bisa di tetes di hidung? karena selama ini cuma pakai untuk tetes mata..

kebetulan setelah dari luar kota, sinus saya kambuh.. dan kali ini, dipijat di tulang pipi dan alis, tidak terlalu ngaruh.. kalau untuk obat tetes ke dokter lumayan mahal.. itu pernah nya dulu waktu SMA..

terima kasih..  _/\_
Mohon maaf sist.. kebetulan karena keterbatasan pengetahuan dan gak mendalami pengobatan herbal.. jadi belum bisa memberikan jawaban

Tapi seperti post saya tahun2 sebelumnya, ada baiknya dicari tahu dulu apa sih sebenarnya penyebab dari sinusitis. Pengobatan yang benar hendaknya dilakukan setelah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar lebih tepat sasaran.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl