Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] 10 Fakta tentang Mimpi  (Read 16902 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
[INFO] 10 Fakta tentang Mimpi
« on: 12 October 2008, 05:05:55 AM »
Mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran dan jiwa kita. Tau gak sebenernya sepanjang waktu kita bermimpi meski saat kita lagi bangun, cuma proses itu berlangsung di alam bawah sadar kita.


Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai mimpi :


1. Orang Buta Jg Bermimpi
Orang yg terlahir buta dalam mimpinya memang tidak melihat “gambar-2” tapi mereka bermimpi tentang suara, sentuhan dan emosi yg mereka rasakan. Memang sulit bagi orang normal untuk bisa memahami, tapi “keinginan” tubuh untuk tidur dan bermimpi sedemikian kuatnya sehingga bisa mengatasi segala macam hambatan fisik manusia.



2. Kamu Akan Lupa 90% Dari Mimpimu

Sekitar 5 menit setelah kamu terbangun kamu akan segera melupakan 50% dari mimpimu, 10 menit kemudian 90% “jalan cerita” mimpimu akan terlupakan.
Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun setelah mendapatkan mimpi yg indah, dia lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-2 ada orang yg datang kerumahnya. Setelah urusan dg orang itu selesai Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tapi dia tdk berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai.
Puisi yg tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan” dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.
Robert Louis Stevenson ( penulis buku Doctor Jeckyll and Mr. Hyde ) dan Mary Shelley’s Frankenstein mendapatkan ide dari mimpi yg mereka alami.


3. Semua Orang Bermimpi
Semua orang bermimpi ( kecuali pada beberapa kasus penyakit jiwa parah ) tapi laki-2 dan perempuan mimpinya beda dan beda pula reaksi fisiknya. Cowo cenderung bermimpi tentang cewe lain sedangkan cewe mimpinya cenderung berimbang mimpiin soal cowo atau cewe lain. :D


4. Mimpi Mencegah Gangguan Emosi.
Pada penelitian mengenai tidur baru-2 ini, percobaan pada orang yg dibangunkan pada awal mimpi tapi tetap diperbolehkan tidur 8 jam sehari, setelah 3 hari menjadi kehilangan konsentrasi, gampang marah, halusinasi dan tanda-2 gangguan emosi lainnya. Jadi kamu jangan sering-2 begadang ngaskus dari malem subuh bisa sakit jiwa lama-2 lo entar


5. Rangsangan Dari Luar Mempengaruhi Mimpi Kita
Disebut “Dream Incorporation” dan kamu pasti udah pernah mengalami ini. Pernah mimpi gini, kita rasanya haus bgt trus kita minum sebotol air tapi bentar kemudian rasanya udah haus lagi… minum lagi… haus lagi begitu terus berulang dan akhirnya saat kita bangun kita baru sadar kalo kita emang lagi kehausan. Contoh yg lain adalah saat kita mimpi kebelet pipis :malu:


6. Saat Bermimpi Tubuhmu Akan Lumpuh
Hal ini terjadi untuk mencegah supaya tubuh kita gak bergerak-gerak mengikuti “alur cerita” mimpi kita. Banyangin aja kalo lo mimpi dikejar massa, kalo kaki lo gk lumpuh bisa-2 lu lari ke luar rumah dan dikirain maling beneran ama satpam. Ada hormon yg dihasilkan saat kita tidur yg membuat saraf mengirimkan pesan ke tulang belakang menyebabkan tubuh kita menjadi rileks dan lama-2 lumpuh.



7. Kita Hanya Memimpikan Apa Yg Kita Ketahui

Seringkali kita bermimpi berada di tempat yg asing dan ketemu dengan orang-orang yg gk kita kenal. Tapi sebenernya otak kita tidak asal menciptakan itu, sebenernya semua itu itu udah pernah kita liat cuma kita sendiri gak mampu untuk mengingatnya lagi.
Mungkin kamu pernah mimpi dikejar-kejar orang asing pakai golok yg mau bunuh kita tapi mungkin aja itu dalam kehidupan nyata orang itu adalah temen bokap kamu yang ketemu di mall waktu kamu masih umur 5 tahun !
Sepanjang hidup kita udah pernah melihat ratusan ribu wajah dan tempat, para ahli percaya kalo memori otak kita punya kemampuan yang luar biasa untuk merekam itu semua, jadi otak gk akan pernah kehabisan “aktor dan setting” yg akan direplay dalam mimpi kita!


8. Mimpi Itu Tidak Seperti Apa Yang Terlihat
Apa yg kita lihat dalam mimpi sebenernya merupakan simbolisasi dari hal lain. Otak kita tu kreatif bgt saat kita tidur, dia akan menggali database memori kita sedemikan dalamnya sampai sering kita sendiri takjub dengan mimpi aneh kita ( padahal semuanya sumbernya ya dari semua yg udah pernah kita alami sebelumnya). Bagaikan puisi mimpi itu merupakan penggambaran simbolisasi yg sangat dalam. Itulah sebab mengapa banyak orang yg tertarik dengan buku tafsir mimpi


9. Tidak Semua Orang Mimpinya Berwarna.

Menurut penelitian 12% orang normal mimpinya selalu hitam-putih lainnya mimpinya bisa full color (kaya tipi aja).


10. Kita juga cenderung mengalami mimpi dengan “tema” yg sama, yaitu:
* Mimpi di sekolah,
* Mimpi dikejar-kejar (ceritanya jadi maling )
* Mimpi lari dalam gerak lambat ato lari tapi gak maju-2 ( padahal ada kereta api mau lewat )
* Mimpi basah (mimpi paling seru )
* Mimpi datang telat (biasanya kalo musim ujian heheh)
* Mimpi bisa terbang
* Mimpi jatuh, mimpi gigi copot, mimpi gagal lulus ujian, mimpi kecelakaan, dan
* Mimpi ketemu orang yg udah mati


Gimana apa pernah mimpi kaya gituan semua kan ?


Tambahan Info Lagi :
1. Saat kamu ngorok kamu tidak sedang bermimpi.

2. Kalo kamu terbangun pada saat fase tidur mencapai tahap REM (Randon Eye Movement), seringkali mimpi kita akan terasa lebih nyata daripada kalo kita bangun setelah tidur pulas semalaman.

3. Bayi tidak bermimpi mengenai dirinya sampai sekitar umur 3 tahun. Tapi sejak umur 3 sampai 8 tahun mereka akan mendapatkan mimpi buruk yg jauh lebih sering daripada orang dewasa. Itu jadi jawaban dari kenapa anak kecil sering menangis sesaat setelah terbangun dr tidurnya.
« Last Edit: 18 October 2008, 11:24:00 AM by FoxRockman »
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #1 on: 14 October 2008, 07:29:17 AM »
kalau mimpi itu, bakalan jadi kenyataan ga sih?
apa yang bakalan terjadi itu kebalikkannya?

Offline vimalacitta

  • Teman
  • **
  • Posts: 61
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #2 on: 14 October 2008, 07:46:13 AM »
kalau mimpi itu, bakalan jadi kenyataan ga sih?
apa yang bakalan terjadi itu kebalikkannya?

Mimpi bakalan jadi kenyataan? biasanya sih kayaknya engga, itu karena pengaruh eksternal dan internal tubuh kita. Kadang mimpi juga ada  yang menyeramkan, misalnya gara2 kebanyakan nonton film horor, kalo bakal jadi kenyataan, ogah ah, hehe ^^

Kemaren itu saya pernah bincang2 dg Bhante soal mimpi.
Dijelaskan secara singkat oleh beliau mimpi itu ada yang :

1. Mimpi biasa
--> seperti kalo kita mimpi jalan2, ketemu temen, dsb.
 ini mimpi yang sering kita alami, mimpi dipengaruhi oleh cuaca sekitar (kondisi panas/dingin), kejadian yang kita alami, apa yang kita saksikan/dengar, memori kita.

2. Mimpi dewa
--> makhluk dari alam lain memberi tahu pesan atau menampakkan diri kepada kita.
misalnya : mimpi bertemu dewa atau mimpi bertemu dengan kerabat kita yang sudah meninggal lalu menyampaikan suatu pesan kepada kita untuk tidak bersedih, dsb. semacam itu.



Offline Anestan

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.830
  • Reputasi: 106
  • Gender: Male
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #3 on: 14 October 2008, 11:29:22 AM »
saya mengutip dari "orang pinter" di daerah saya...
katanya kalau mimpi married..malah ga bakal married selamanya...
trus kalau mimpi gigi patah...bkalan ada yang meninggal...
hahaha...bingung kan...
meskipun sulit kita tangkap secara logika..
tapi kadang2 beneran kejadian...
hahahaha ;D

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #4 on: 14 October 2008, 04:51:13 PM »
gimana dengan dejavu? dulu saya bermimpin kalau saya paste IMG ke SB and urutannya sama persis itu kejadian kemarin 13 Oktober 2008. kyknya mimpi itu adalah saat masih sekolah loh. beleived or not :D
Smile Forever :)

Offline Che Na

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.010
  • Reputasi: 51
  • Gender: Female
  • "Kesaktian tertinggi adalah berjalan diatas bumi "
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #5 on: 15 October 2008, 09:01:43 AM »
Cuma mau share tentang mimpi bisa kunjungi Blog saya di :
www.soul-lesson.blogspot.com
 _/\_
Ketika Melihat Dengan Hati , Mendengar Dengan Mata ..

Offline Tia

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #6 on: 15 October 2008, 09:18:19 AM »
kalau mimpi itu, bakalan jadi kenyataan ga sih?
apa yang bakalan terjadi itu kebalikkannya?

2. Mimpi dewa
--> makhluk dari alam lain memberi tahu pesan atau menampakkan diri kepada kita.
misalnya : mimpi bertemu dewa atau mimpi bertemu dengan kerabat kita yang sudah meninggal lalu menyampaikan suatu pesan kepada kita untuk tidak bersedih, dsb. semacam itu.


Jadi klo kita bermimpi bertemu dengan kerabat atau sahabat kita yag sudah meninggal itu disebut mimpi dewa yach...???  ada sebagian orang juga bilang mimpi itu bagian dari bunga tidur...  :??
Hiasilah hari-harimu dengan senyum manis... ;)

Offline vimalacitta

  • Teman
  • **
  • Posts: 61
  • Reputasi: 2
  • Gender: Female
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #7 on: 16 October 2008, 07:29:22 AM »
Jadi klo kita bermimpi bertemu dengan kerabat atau sahabat kita yag sudah meninggal itu disebut mimpi dewa yach...???  ada sebagian orang juga bilang mimpi itu bagian dari bunga tidur...  :??

pengertian bunga tidur itu apa ya sebenernya? hehe ^^

ya bingung juga sih kalo soal mimpi, soalnya pernah denger kan cerita ttg orang yang sudah meninggal lalu datang dalam mimpi n memberitahu kalau dia kedinginan atau lapar atau meminta tolong, nah kemungkinan orang tersebut lahir di alam yang kurang baik, jika ada kejadian seperti itu kita bisa membantu dengan melakukan pelimpahan jasa kepada mereka.

Atau ada juga yang memberitahu kalau sekarang dia sudah tidak apa2, sudah tidak sakit lagi (sembuh), nah kalo yang ini sudah 2 orang yang mengalami, sy sendiri dan sahabat saya. Setelah dapat penjelasan sy sedikit lega ^^

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #8 on: 16 October 2008, 10:01:37 AM »
mimpi itu adalah aktivitas pikiran atau "intervensi" lain. nah masalahnya gimana bedain tuh?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #9 on: 16 October 2008, 10:13:52 AM »
Sewaktu gw nginep di rumah ie2 di Surabaya, gw tidur di kamar sepupu gw...Selama 2 hari berturut2 mimpi diisengin sama anak kecil yang seperti mo nakut2in gw dgn katanya gw bakal mati kalo tidur...Karena gw 'merasa' udh biasa mimpi seperti itu, gw bilang aja, bodo amat ah, u cma ilusi, klo emank gw udh waktunya mati, ya udh mati aja...Tah bagus isa terlahir di sukhavati, sambil melafalkan amitofo...Kejadian itu terasa sangat nyata, gw kaga tau antara bener2 mimpi ato setengah sadar...
PAs gw cerita k ie2 gw, katanya memank di kamar yg gw tidurin itu ada makhluk penjaga rumah, yang suka 'iseng' dengan pendatang baru yg belum dikenal...
Wah,sepertinya gw dapat salam perkenalan yang hangat tuh dari makhluk tersebut... :)) :))
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline rika

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 200
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
  • qiute....
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #10 on: 16 October 2008, 10:18:00 AM »
Waktu kita mimpi dikejar2 trus lari sekencang2nya ampe kadang kita bisa terbang tinggi pasti pas bangun cape nya bukan maen dan ngos2an knapa ya ? seperti kenyataan saja. Kalo mimpi kita berenang katanya kita pasti sakit....bener ga yah ??

Offline Lily W

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.120
  • Reputasi: 241
  • Gender: Female
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #11 on: 16 October 2008, 12:54:46 PM »
kalau mimpi itu, bakalan jadi kenyataan ga sih?
apa yang bakalan terjadi itu kebalikkannya?

Mimpi bisa jadi kenyataan...penyebabnya adalah :
1. Yang mimpi sangat mengharapkan kejadian (mimpi) itu.  (ini mirip orang yang punya cita-cita)
2. Ada makhluk lain yang menginterpensi supaya persepsi kita nyambung sehingga jadi kenyataan.

_/\_ :lotus:

~ Kakek Guru : "Pikiran adalah Raja Kehidupan"... bahagia dan derita berasal dari Pikiran.
~ Mak Kebo (film BABE) : The Only way you'll find happiness is to accept that the way things are. Is the way things are

Offline Tia

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 239
  • Reputasi: 11
  • Gender: Female
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #12 on: 16 October 2008, 01:15:04 PM »
Waktu kita mimpi dikejar2 trus lari sekencang2nya ampe kadang kita bisa terbang tinggi pasti pas bangun cape nya bukan maen dan ngos2an knapa ya ? seperti kenyataan saja. Kalo mimpi kita berenang katanya kita pasti sakit....bener ga yah ??

kebanyakan orang bilang sich emang gitu katanya...!!!!
Hiasilah hari-harimu dengan senyum manis... ;)

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.434
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #13 on: 16 October 2008, 01:18:48 PM »
2. Kamu Akan Lupa 90% Dari Mimpimu
Sekitar 5 menit setelah kamu terbangun kamu akan segera melupakan 50% dari mimpimu, 10 menit kemudian 90% “jalan cerita” mimpimu akan terlupakan.
Penulis puisi terkenal Samuel Taylor Coleridge pada suatu waktu terbangun setelah mendapatkan mimpi yg indah, dia lalu segera menuliskannya di kertas untuk menggambarkan mimpinya tadi, setelah menulis 54 baris tiba-2 ada orang yg datang kerumahnya. Setelah urusan dg orang itu selesai Samuel bermaksud menyelesaikan puisinya tadi, tapi dia tdk berhasil mengingat lagi mimpinya. Puisinya itu tidak pernah selesai.
Puisi yg tidak pernah terselesaikan itu berjudul “Kubla Khan” dan menjadi salah satu puisi paling terkenal di Inggris.
Robert Louis Stevenson ( penulis buku Doctor Jeckyll and Mr. Hyde ) dan Mary Shelley’s Frankenstein mendapatkan ide dari mimpi yg mereka alami.

bener banget.. ;D

aye termasuk orang yang jarang mimpi.
kalo mimpi, pas bangun tidur, tahu bahwa bermimpi pas lagi tidur..
tapi biasanya langsung lupa isi mimpinya.. :P
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: 10 Fakta tentang Mimpi
« Reply #14 on: 16 October 2008, 01:20:24 PM »
Pernah mimpi gigi rontok semua...Tp setelah berbulan2 kaga ada kejadian keluarga dekat meninggal tuh...Yg ada juga anjing gw mati karena udh tua...Tp itu pun sudah lama bgt setelah kejadian mimpi tersebut.. :whistle:
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."