Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Golongan Darah  (Read 9439 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
[INFO] Golongan Darah
« on: 09 October 2008, 09:31:07 AM »
Ada pertanyaan, apakah yang dimaksud dengan tanda + ato - pada golongan darah?

Hal itu dinamakan rhesus, yang berasal dari zat yang ditemukan pada rhesus (sejenis monyet). Kalau darahnya mengandung zat tersebut, maka +, kalau darahnya tidak mengandung zat tersebut, maka -
« Last Edit: 09 October 2008, 06:24:03 PM by FoxRockman »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Golongan Darah
« Reply #1 on: 09 October 2008, 09:43:48 AM »
Kenapa kalau ada bapaknya A dan Ibunya B, anaknya bisa O? Anak tetanggakah dia?

Secara genetis, golongan darah adalah sebagai berikut :

AA -> Golongan darah A
AO -> Golongan darah A
BB -> Golongan darah B
BO -> Golongan darah B
AB -> Golongan darah AB
OO -> Golongan darah O

Kalau Bapaknya A dan Ibunya B, mungkin saja secara genetis mereka adalah AO dan BO, yang bisa mewariskan genetis OO -> Golongan darah O

AA x AO -> anaknya pasti A (AA atau AO)
AA x BB -> anaknya pasti AB (AB)
AA x BO -> anaknya bisa AB (AB) ato A (AO)
AA x AB -> anaknya bisa A (AA) ato AB (AB)
AA x OO -> anaknya pasti A (AO)
AO x BB -> anaknya bisa AB (AB) ato B (BO)
AO x BO -> anaknya bisa A (AO), B (BO), AB (AB) atau O (OO)
AO x AB -> anaknya bisa A (AA ato AO), B (BO), ato AB (AB)
AO x OO -> anaknya bisa A (AO), ato O (OO)
BB x BO -> anaknya pasti B (BB ato BO)
BB x AB -> anaknya bisa AB (AB) atau B (BB)
BB x OO -> anaknya pasti B (BO)
BO x AB -> anaknya bisa A (AO), B (BO ato BB), ato AB (AB)
BO x OO -> anaknya bisa B (BO) ato O (OO)
AB x OO -> anaknya bisa A (AO) ato B (BO)
AA x AA -> anaknya pasti A (AA)
BB x BB -> anaknya pasti B (BB)
AB x AB -> anaknya bisa A (AA), B (BB), atau AB (AB)
OO x OO -> anaknya pasti O (OO)

orang Bombay kawin sama orang Bombay -> anaknya bisa HH (jenis langka)

A sendiri ada lebih dari 20 jenis, tapi yang umum A1 dan A2
Rh ada ++,  +- , --
Rh ada 5 jenis C, c, D, E, e
yang biasa dibilang + atau - adalah D

Banyak sekali penggolongan darah, tapi sistem ABO dan Rh yang umum dipakai karena hal ini yang sering terjadi ketidakcocokan.
« Last Edit: 09 October 2008, 10:11:26 AM by karuna_murti »
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Kristin_chan

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 631
  • Reputasi: 54
  • Gender: Female
Re: Golongan Darah
« Reply #2 on: 09 October 2008, 10:03:54 AM »
Pertanyaan yang pernah saya tanyakan di sekolah dulu.

Golongan darah mama A, papa A, cici juga A. Awalnya w gak cek darah lagi, karna asumsi saya n ortu, golongan darah saya uda pasti A. Begitu cek di sekolah, malah hasilnya O. Pulang sekolah nanya mama, kenapa golongan darah saya O? Padahal kalian semua A. Mama yg masih kurang pengetahuannya bilang, pasti salah hasil tesnya.

Di cek ke dua kali, tetap O. Saat itu mulai curiga, apa saya anak tetangga ya ;D? Untunglah pas pelajaran biologi disekolah, saya beranikan diri bertanya. Ternyata emang ada kemungkinan golongan darah O. Baru lega setelah itu. ;D ;D ;D
Be kind whenever possible. It's always possible.

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Golongan Darah
« Reply #3 on: 09 October 2008, 10:10:06 AM »
Smile Forever :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Golongan Darah
« Reply #4 on: 09 October 2008, 10:31:53 AM »
Hehee.. Thanks om Karuna.. benar..

Semua bisa terjadi karena golongan darah A, bisa saja homozigot / heterozigot.

Dan sedikit tambahan, yang biasanya berdarah Rhesus negatif itu adalah orang bule. Dan yang memiliki Rhesus, adalah orang Asia.

Makanya ada ejekan dari orang Bule.. bahwa ras Asia adalah ras monyet karena Rhesus merupakan golongan darah yang ditemukan pertama kali pada Monyet Rhesus.

Pada zaman dulu, pernikahan dengan wanita bule perlu dihindari oleh orang Asia karena biasanya hanya memiliki 1 anak, namun sekarang seiring bertambah teknologi, hal ini sudah mulai memudar dan kematian bayi sudah dapat ditekan akibat hasil pernikahan ini.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: Golongan Darah
« Reply #5 on: 09 October 2008, 10:35:32 AM »
yang aye tak mengerti sampe sekarang..

papa  AB
mama O
aye   O (uda di tes waktu lab bio,klinik,waktu mo transfusi jg)

 tanya kenapa??

nb : muka mirip papa n mama, jadi ga mungkin salah ambil waktu di rumah sakit...
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline chizz_roll

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.028
  • Reputasi: 74
  • Gender: Female
  • Be Mindful
Re: Golongan Darah
« Reply #6 on: 09 October 2008, 11:07:06 AM »
wah.. info yang berharga nih.. thanks ya om kar dan om fox :)
aye ngerti deh sekarang kenapa aye bisa dapet golongan darah B..
hehhee, soal rhesus, berarti kesimpulannye hampir semua orang asia rhesusnya positif dong ya? tq
ketika kehidupan memberimu seribu alasan untuk menangis, tunjukkan kalo kamu mempunyai sejuta alasan untuk tersenyum.. Tersenyumlah selalu.. :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Golongan Darah
« Reply #7 on: 09 October 2008, 11:24:47 AM »
yang aye tak mengerti sampe sekarang..

papa  AB
mama O
aye   O (uda di tes waktu lab bio,klinik,waktu mo transfusi jg)

 tanya kenapa??

nb : muka mirip papa n mama, jadi ga mungkin salah ambil waktu di rumah sakit...
Hm.. kasus ini memang kadang terjadi karena kaitan heterozigot dominan dan heterozigot resesif. Dan yang muncul adalah yang dominan. resesif yang tidak muncul. CMIIW
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Golongan Darah
« Reply #8 on: 09 October 2008, 11:38:00 AM »
Asia katanya 99% +
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline marcelyne

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 228
  • Reputasi: 15
  • i'm marcelyne
Re: Golongan Darah
« Reply #9 on: 09 October 2008, 11:40:38 AM »
mayoritas A ky nya 8) 8) 8)
Namaste..

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Golongan Darah
« Reply #10 on: 09 October 2008, 12:01:15 PM »
O


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline marcelyne

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 228
  • Reputasi: 15
  • i'm marcelyne
Re: Golongan Darah
« Reply #11 on: 09 October 2008, 12:03:35 PM »
sama kaya koko felix, lyne jg O :P
Namaste..

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Golongan Darah
« Reply #12 on: 09 October 2008, 12:10:40 PM »
Aye "O" :jempol:
Smile Forever :)

Offline meichen

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 171
  • Reputasi: 4
  • Gender: Female
  • mencari jati diri
Re: Golongan Darah
« Reply #13 on: 09 October 2008, 12:23:08 PM »
Kalo A sama A punya anak ke3 pasti O, trus pasti ada kelainan ato kena penyakit bener ga tuh ko fox

Offline marcelyne

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 228
  • Reputasi: 15
  • i'm marcelyne
Re: Golongan Darah
« Reply #14 on: 09 October 2008, 12:25:07 PM »
Kalo A sama A punya anak ke3 pasti O, trus pasti ada kelainan ato kena penyakit bener ga tuh ko fox
jgn asal ngomong donk, lyne kan anak ke3 :ngomel: :ngomel: :ngomel: :ngomel: :'( :'( :'( :'( :'( :'(
Namaste..