Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?  (Read 23761 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #60 on: 26 November 2008, 06:43:03 PM »
bangga membuat anda ingin mempertahankannya
bangga membuat anda ingin melakukannya
bangga membuat anda ingin tersenyum
bangga membuat anda tidak rela kehilangannya
bangga membuat anda ingin bahagia
bangga membuat anda dalam posisi nyaman

bagi mereka yang ingin terbebas, apalah yang dapat dibanggakan dari kebanggaan tersebut.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #61 on: 26 November 2008, 06:48:02 PM »
terimakasih, sudah susah2 cari info tambahan :x
bagaimana kalo kita bikin kesepakatan bahwa bangga adalah awal kesombongan? ;D

hemmm...awal kesombongan? kyknya blm tentu deh...

contohnya gini
ada seorang ayah menunggu anak pertamanya lahir di rumah sakit
setelah anaknya lahir, dia melihat, anaknya cakep, gemuk dan lucu
dengan berbinar-binar dia berkata "saia bangga memiliki anak sepertimu, anakku"

bangga disini kan bukan sombong...;D

nah bangga bisa berubah jadi sombong jika kejadiannya seperti ini :

continued....

setelah melihat dan menggendong anaknya, ayah tersebut keluar dari ruang bersalin....
ada seorang ibu-ibu tua menggendong anaknya yang juga sepertinya blm lama dilahirkan....
dalam hati ayah tersebut berpikir, wah anak gw lebih cakep, anak ibu itu hitam dan kurus wkwkkw


Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #62 on: 26 November 2008, 06:50:23 PM »
bangga membuat anda ingin mempertahankannya
bangga membuat anda ingin melakukannya
bangga membuat anda ingin tersenyum
bangga membuat anda tidak rela kehilangannya
bangga membuat anda ingin bahagia
bangga membuat anda dalam posisi nyaman

bagi mereka yang ingin terbebas, apalah yang dapat dibanggakan dari kebanggaan tersebut.

coba kalo begini gimana....

sombong membuat anda dalam posisi nyaman
sombong membuat anda ingin mempertahankannya
sombong membuat anda ingin melakukannya
sombong membuat anda ingin tersenyum
sombong membuat anda tidak rela kehilangannya
sombong membuat anda ingin bahagia



Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #63 on: 26 November 2008, 06:52:49 PM »
 [at] reenzia

orang yang sombong dan sadar, membuat hati orang lain terluka. ia bisa saja rela melepaskannya.

dan orang berlaku sombong karena dia tidak berada dalam posisi nyaman.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #64 on: 26 November 2008, 06:57:49 PM »
 [at] hatRed
tidak berada dalam posisi nyaman?
sepertinya gak selalu begitu, mungkin lebih tepat seperti yg saya kutip

org sombong mengetahui semua yang ia ketahui
org sombong mendapatkan apa yang ia dapatkan

org sombong itu tidak sadar apa yang tidak ia ketahui
org sombong itu tidak sadar apa yang tidak ia miliki

berarti org sombong=org yg pikirannya picik/sempit

begitu kah?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #65 on: 26 November 2008, 07:02:35 PM »
biasanya orang sombong, menyombongkan apa yang mereka pikir tidak nyaman.

contohnya:
seorang ibu rumah tangga yang selalu menyombongkan baju barunya yang mahal kepada tetangganya, karena ia tidak dalam posisi nyaman, ia khawatir bila tidak disombongkan maka ia akan dilecehkan oleh tetangganya. dan ia akan selalu menyombongkan baju tersebut.

bila ibu rumah tangga tersebut merasa nyaman dengan apa keadaannya, ia tidak akan merasa khawatir untuk dilecehkan, begitu pula tidak ada yang perlu disombongkan.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #66 on: 26 November 2008, 07:02:56 PM »
saya ingin melepaskan perasaan bangga yang ada dalam diri saya karena agama buddha



 _/\_

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #67 on: 26 November 2008, 07:08:37 PM »
 [at] hatRed
hemm bisa juga sih, tapi kan gak selalu seperti itu
coba seperti cerita yang saya ilustrasikan diatas, apakah ayah tersebut merasa tidak nyaman dengan posisinya?
justru karena ia merasa "lebih" yang berakibat terlalu nyaman sehingga muncul kesombongan?

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #68 on: 26 November 2008, 07:12:37 PM »
rasa bangga muncul, tidaklah diperlukan perasaan tidak nyaman, karena justru kebanggaan memunculkan perasaan nyaman. bilamana dia merasa khawatir akan hilangnya perasaan nyaman tersebut, lalu ia melakukan kesombongan. itulah yang terjadi seperti cerita seorang ayah yang reenzia ceritakan.

kan seperti om upasaka bilang, ukurlah baik buruknya perbuatan dari hasil perbuatan itu sendiri,
1. Apakah merugikan orang lain?
2. Apakah merugikan diri sendiri?

kesombongan hanya akan merugikan orang lain (menyakitkan) dan juga diri sendiri.

sedangkan kebanggaan tidak merugikan orang lain, sebaliknya malah merugikan diri sendiri.
i'm just a mammal with troubled soul



Offline Mr. Bagus

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 349
  • Reputasi: 12
  • Gender: Male
  • Sedang Apa
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #69 on: 27 November 2008, 08:46:37 AM »
hi, i'm back !  :x

terimakasih, sudah susah2 cari info tambahan :x
bagaimana kalo kita bikin kesepakatan bahwa bangga adalah awal kesombongan? ;D

hemmm...awal kesombongan? kyknya blm tentu deh...

contohnya gini
ada seorang ayah menunggu anak pertamanya lahir di rumah sakit
setelah anaknya lahir, dia melihat, anaknya cakep, gemuk dan lucu
dengan berbinar-binar dia berkata "saia bangga memiliki anak sepertimu, anakku"

bangga disini kan bukan sombong...;D

nah bangga bisa berubah jadi sombong jika kejadiannya seperti ini :

continued....

setelah melihat dan menggendong anaknya, ayah tersebut keluar dari ruang bersalin....
ada seorang ibu-ibu tua menggendong anaknya yang juga sepertinya blm lama dilahirkan....
dalam hati ayah tersebut berpikir, wah anak gw lebih cakep, anak ibu itu hitam dan kurus wkwkkw


ada contoh ga yg menunjukkan seseorang tiba2 sombong tanpa bangga terlebih dahulu?
masih binun neh   ::)
:x Persepsi yang saya dapat dari pengalaman saya sendiri sebagai orang buta tidak bisa dibandingkan dengan orang yang melihat dengan terang. >:)<

Offline tobat

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Apakah yang anda banggakan pada Agama Buddha ?
« Reply #70 on: 23 February 2018, 02:53:21 PM »
cmiiw, rasa bangga bukannya malah jadi noda kemajuan batin ?

 _/\_