Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ask] Mengenai postur tulang  (Read 4947 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
[ask] Mengenai postur tulang
« on: 11 September 2008, 09:11:45 PM »
Bro, karena tadi habis dari sinshe yang seorang orthopedi juga, sewaktu di periksa seluruh badan, untuk mengetahui apakah ada efek dari jatoh dari motor,(takutnya ada luka dalam dan tulang yang geser) ternyata tulang punggung gw banyak yang sudah "pindah jalur"...Katanya tulang punggung gw hampir berbentuk S, nah, katanya ini bisa diebabkan benturan akibat jatoh dari motor, atau juga karena lifestyle(posisi tidak benar saat duduk, apalagi di depan komp)...Katanya karena posisi kita yag tidak seimbang saat duduk di depan komp, secara perlahan mengubah posisi tulang punggung kita...

Mungkin bagi kita yg masih muda kaga bakal terasa efek sampingnya, tapi akan berefek sangat fatal ketika tua nanti...Saat ini aja, saya yang baru berumur 20, sudah terlihat efek sampingnya, yaitu postur kaki kanan dan kaki kiri yang tidak seimbang...Katanya kalo tua bisa pincang sebelah....

Ada rujukan mengenai postur tubuh yang baik pada saat di depan komp?

Ow iya, sekedar sharing pengalaman, ada baikknya jika pernah mengalami kecelakaan karena benturan tubuh yang keras, sebaiknya diperiksa secara internal....Karena sudah banyak kasus, karena merasa "baik" saja setelah jatuh dari motor, ada yang secara "tiba" meninggal, atau pun cacat fisik secara permanen, karena adanya luka dalam, syaraf terjepit, syaraf geser, ataupun karena penggumpalan darah...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #1 on: 11 September 2008, 09:24:14 PM »
Bro, karena tadi habis dari sinshe yang seorang orthopedi juga, sewaktu di periksa seluruh badan, untuk mengetahui apakah ada efek dari jatoh dari motor,(takutnya ada luka dalam dan tulang yang geser) ternyata tulang punggung gw banyak yang sudah "pindah jalur"...Katanya tulang punggung gw hampir berbentuk S, nah, katanya ini bisa diebabkan benturan akibat jatoh dari motor, atau juga karena lifestyle(posisi tidak benar saat duduk, apalagi di depan komp)...Katanya karena posisi kita yag tidak seimbang saat duduk di depan komp, secara perlahan mengubah posisi tulang punggung kita...

Mungkin bagi kita yg masih muda kaga bakal terasa efek sampingnya, tapi akan berefek sangat fatal ketika tua nanti...Saat ini aja, saya yang baru berumur 20, sudah terlihat efek sampingnya, yaitu postur kaki kanan dan kaki kiri yang tidak seimbang...Katanya kalo tua bisa pincang sebelah....

Ada rujukan mengenai postur tubuh yang baik pada saat di depan komp?

Ow iya, sekedar sharing pengalaman, ada baikknya jika pernah mengalami kecelakaan karena benturan tubuh yang keras, sebaiknya diperiksa secara internal....Karena sudah banyak kasus, karena merasa "baik" saja setelah jatuh dari motor, ada yang secara "tiba" meninggal, atau pun cacat fisik secara permanen, karena adanya luka dalam, syaraf terjepit, syaraf geser, ataupun karena penggumpalan darah...

usul nih...

coba belajar yoga

 _/\_

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #2 on: 11 September 2008, 10:11:02 PM »
duduknya posisi tubuh tegak kek lagi meditasi aja.
There is no place like 127.0.0.1

Offline mince

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 241
  • Reputasi: 8
  • Gender: Male
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #3 on: 11 September 2008, 10:26:13 PM »
kalau gk bisa ikat badan dengan kayu. pasti lurus... hehehe
Tak lama lagi tubuh ini tidak berkesadaran lagi, digeletakkan di tanah bagaikan sebatang kayu yang tak berguna
(Dhammapada 41)

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #4 on: 11 September 2008, 10:40:01 PM »
saya hampir senasib ama bro edward..saya jatuh dari tangga dalam posisi terduduk..
selama beberapa minggu ga bisa duduk lurus kena tulang ekor..
trus periksa ke dokter umum sih,katanya emang tulang ekor saya dari sononya kelainan..ntar kelamaan bahu kanan n kiri menjadi timpang..
dokter menganjurkan renang..tapi sampai sekarang belum dicoba..

apa benar berenang bisa membantu?
bro edward boleh coba juga tuh..
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #5 on: 11 September 2008, 11:14:04 PM »
Yang aye denger, salah satu yang cukup penting itu posisi duduk dan kekerasan alas tidur....Duduk harus tegak, dan kalo ranjang harus yg keras..Jgn yg dari busa, karena kaga bagus bwt tulang punggung...

Klo saya sih, katanya karena masih tulang muda, di therapi 3 s/d 4 kali cukup...Tapi yg penting itu lifestyle, adi klo udh balik normal, kaga melenceng lagi...

Bro surya, kalo bisa cari second opinion aja...Terkadanga dokter d Indo suka kurang teliti dalam mendiagnosa..Yang soal berenang sih pernah denger, tapi hanya untuk gaya katak, karena katanya gaya tu paling baik bagi posisi tubuh....
Ato mo yg lebih mudah, cba aj ke pengobatan traditional tiongkok, mereka biasa bermain dengan masalah tulang dan syaraf.....Kadang2 gw lebih percaya dokter yg mengkombinasikan pengobatan barat dan china, karena untuk soal syaraf dan tulang...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #6 on: 11 September 2008, 11:29:40 PM »
ntar coba cari second,third,fourth opinion deh...
tp sampe sekarang ga terasa apa2 sih..
kalo tidur saya jg di kasur lipat yg tipis..jarang di spring bed

thanks sharingnya bro ed
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #7 on: 11 September 2008, 11:32:22 PM »
kalau mau sekalian ranjang yg orthopedic, keras nian tapi harganya mahal. itu paling enak buat tidur.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #8 on: 11 September 2008, 11:38:39 PM »
belasan juta pak mod...
mending tidur beralaskan tikar..kayaknya manfaatnya sama... ;D
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #9 on: 11 September 2008, 11:42:37 PM »
wah, beda duonk. yang itu keras tapi empuk pada sentuhan di permukaannya. mantep bener.... *cuma bisa mencoba tanpa bisa memiliki*

kalo aye sih biasanya pake papan aja, kalau tiker rada kurang asik, soalnya tidak rata, bisa menggumpal, seperti sprei kusut. ;D
There is no place like 127.0.0.1

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #10 on: 11 September 2008, 11:47:07 PM »
kayak iklan aja..keras tapi empuk pada sentuhan di permukaannya

kalo saya pake kasur lipat yg tipis...kl pake tikar jg takut ada kutu ato tungau nyelip...soalnya alergi jg..

juga ga boleh pake bantal kepala ya pak mod...

makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #11 on: 11 September 2008, 11:51:27 PM »
kalau bantal, ada yg khusus juga deh kalo nga salah.

kalo aye sih dari dulu sering nga pake bantal. tidur terlentang seperti mayat tergeletak :))
There is no place like 127.0.0.1

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #12 on: 11 September 2008, 11:58:36 PM »
sama dong kita...:))

saya tidur jg ga pake bantal,ga pake guling..soalnya sering tanpa sadar gulingnya di kepala..jadinya besok pagi bangun sakit leher.. cuma modal sehelai kain buat dipeluk2...

apa minum susu kalsium tinggi katanya bs membuat kelebihan kalsium yg bisa membuat tulang gampang patah sangking kerasnya..

bener ga tuh gosip gt menurut pak mod?
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #13 on: 12 September 2008, 12:02:11 AM »
wah, beda duonk. yang itu keras tapi empuk pada sentuhan di permukaannya. mantep bener.... *cuma bisa mencoba tanpa bisa memiliki*

kalo aye sih biasanya pake papan aja, kalau tiker rada kurang asik, soalnya tidak rata, bisa menggumpal, seperti sprei kusut. ;D

Dpt komisi iklan brp om medho? :)) :)) menggiurkan bgt kalimatnya...Wakakaka
Iya, katanya kalo tdr, kalo isa pake bantal jgn yg tinggi2 yah?Trus, koq bantal yg zaman dulu malah tinggi n keras gtu?Ato posisi pakenya beda kali yah?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Surya Kumari

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 248
  • Reputasi: 14
  • Gender: Female
Re: [ask] Mengenai postur tulang
« Reply #14 on: 12 September 2008, 12:08:07 AM »
liat film2 tiongkok tempoe doeloe...bantalnya kayak dari meja kecil gt... ^:)^
makan saat sedang makan..minum saat sedang minum..