Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [INFO] Masuk Angin  (Read 5063 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Che Na

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.010
  • Reputasi: 51
  • Gender: Female
  • "Kesaktian tertinggi adalah berjalan diatas bumi "
[INFO] Masuk Angin
« on: 14 August 2008, 04:13:17 PM »
Apa itu MAsuk ANGin ??


Di masyarakat Indonesia , kita sering mendengar istilah "Masuk Angin".

Kata "Masuk Angin" tersebut mereka gunakan apabila mereka merasa:

    * kedinginan

    * kembung

    * pegal-pegal otot dan sendi

    * buang gas terus menerus

    * batuk-pilek

Kerap kali mereka memakai jaket yang tebal saat berkendara motor dengan tujuan, supaya "enggak masuk angin"..mereka mungkin beranggapan bahwa "angin" tersebut dapat masuk lewat pori-pori tubuh kita, dan dengan mekanisme "entah bagaimana" dapat menimbulkan keluhan-keluhan tidak enak seperti yang telah disebutkan di atas.

Sebenarnya di Istilah Kedokteran, TIDAK ADA istilah "masuk angin", dan berbagai keluhan yang disebutkan diatas memang dapat ditimbulkan oleh Cuaca Dingin (mungkin aja banyak anginnya) namun tidak seperti yang telah dipikirkan oleh banyak orang awam...(masuk angin..).

Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme "vasoconstricion" dimana terjadi Penyempitan pembuluh darah kita, hal ini mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi Hipotermi. Nah..Vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme, dan Asam laktat terakumulasi pada otot-otot kita..akibatnya pegal-pegal dan seluruh tubuh kita tidak enak...

Selain itu, Cuaca yang dingin juga mengakibatkan "perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita", sehingga gas yang ada di saluran cerna kita tertampung sehingga dapat menjadi kembung...perut terasa penuh...ditambah lagi mungkin aja terjadi yang namanya "Aerophagi" (Makan angin)..nah ini mungkin yang sering kita alami bila kita berkendaraan motor, atau naik Roller Coaster, tapi sambil buka mulut (Mangap), akibatnya banyak angin yang tertelan oleh kita, sehingga kita kenyang dengan angin (Kembung-red). He..He...

Parahnya lagi, Cuaca yang dingin, dapat mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak..padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll..

Nah, obat-obat, jamu-jamu yang "wes..ewes..ewes..bablas anginnya" hanya berfungsi mengeluarkan udara dalam saluran pencernaan (jadi sering buang gas), dan menghangatkan badan karena banyak mengandung jahe, dll..(that's Oke...).

Tapi, kalo jamu-jamu buat pegel-pegel
..lebih baik jangan deh..karena banyak yang mengandung Steroid dan Obat penghilang sakit non steroid (NSAID), yang dapat mengakibatkan banyak komplikasi lain, seperti: Sakit lambung, bahkan sampai lambungnya jebol (bocor)..Hati-hati..

Kalo kerokan boleh ga?? Jangan Deh..Karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat "endorfin" Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri...Jadinya kayak nge-fly aja...( that's not good...!)

 

( Diharapkan kepada teman2 untuk menyebarkan informasi di atas kepada teman2 yang lain.Trima kasih)

 
 _/\_ MOga ga repost  ;D
 
« Last Edit: 30 August 2008, 07:05:20 AM by FoxRockman »
Ketika Melihat Dengan Hati , Mendengar Dengan Mata ..

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #1 on: 01 September 2008, 10:34:40 PM »
sebenarnya istilah masuk angin ini adalah istilah kedokteran timur. jadi kalo bilang di kedokteran gak ada istilah masuk angin mesti di perhatikan itu adalah istilah yang di pakai dalam kedokteran barat atau yang dikenal sebagai kedokteran moderen.

karena dalam kedokteran timur lima unsur utama diperhatikan termasuk udara atau angin. dan angin ini tidak hanya berpengaruh terhadap paru paru tapi juga kulit kita, kulit kita bernafas juga loh bisa mengeluarkan gas, keringat, minyak dll dah.

mesti ngerti karena kita dekat dengan china jadi kedokteran timur juga masuk kedalam culture masyarakat kita maka istilah masuk angin ini ada dalam culture kita. pengaruh budaya dan kedokteran timur memberi istilah ini.

Kerap kali mereka memakai jaket yang tebal saat berkendara motor dengan tujuan, supaya "enggak masuk angin"..mereka mungkin beranggapan bahwa "angin" tersebut dapat masuk lewat pori-pori tubuh kita, dan dengan mekanisme "entah bagaimana" dapat menimbulkan keluhan-keluhan tidak enak seperti yang telah disebutkan di atas.

ini juga salah

ingat kulit kita tidak hanya mengeluarkan keringat, buktinya anda pakai toh vaselin, obat salep, dan lain lain itu lalu bagaimana mereka masuk kedalam kulit kita?. coba anda rendam tangan anda dalem air apa yang terjadi terhadap tangan terutama jari jari apakah tidak keriput. sedangkan air terdiri dari h20 kan, bila molekul air yang besar bisa masuk kedalam tangan dan kulit anda lalu 02 yang lebih kecil tentunya harus nya lebih bisa masuk dalam tangan atau kulit anda. logic nya begitu

sekarang kita dengar dengar ternyata vitamin c bagus toh untuk memutih kan kulit coba lihat berapa banyak comestic dan lain lain untuk perawatan kulit mengandung vit c.

kenapa astronout melindungi memakai baju yang tebal toh ruang angkasa tidak berpengaruh terhadap kulit kita, kenapa mereka tidak hanya pake helem untuk oksigen saja?, bisa toh pakai pelindung matahari yang tipis saja kenapa mesti baju dalam asterounot tersebut di beri tekanan udara tertentu. tidak hanya bagian helem saja biar praktis.

apa itu angin? angin adalah udara yang bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah.

apa saja yang terdapat dalam udara selain gas gas seperti o2, h2 nitrogen dll, jangan lupa dalam udara terdap uap air (h2o) yang berasal dari penguapan air di darat maupun laut. jadi bila angin bergerak dari udara bertekanan tinggi yang membawa uap air (h20) yang microscopik seperti tembakan ke badan kita apa yang terjadi bukan nya sama saja seperti berendam dalam air(contoh tangan yang direndam air yang menjadi keriput).

letak geografi kita adalah kepulauan di kelilingi laut disebelah selatan pulau jawa ada samudra yang besar (berbeda dengan amerika serikat yang merupakan benua, yang nyata nya sekarang menjadi arah dari kedokteran modern). dengan uap air di sekeliling kita apa yang terjadi bila malam tiba air laut lambat mendingin dari daratan, artinya penguapan molekul air ke udara dari lautan(air garam) tetap terjadi pada malam hari nah uap air ini lsg mendingin. nah bilamana angin bertiup (ingat pada malam hari udara akan mendingin akibatnya tekanan udara lebih tinggi) membawa uap air ini ke daratan dan menghantam tubuh manusia apa yang terjadi? kita juga tahu pada malam hari tumbuhan tidak mengeluarkan oksigen tapi malah membutuhkan oksigen dan melepaskan co2dan co (carbon dioksida dan monoksida) kita juga tahu kalau kita banyak menghirup co2(ingat co2 lebih berat dari udara) atau keracunan co2 bisa mengakibatkan kematian. nah bila co2 dan uap air (h20) terhembus angin dan mengenai manusia apa yang terjadi kemungkinan besar kematian mendadak. maka kita di indonesia mengenal angin duduk dan angin malam sangat berbahaya bagi kesehatan. biasanya manusia mempunyai insting untuk menyelamatkan diri dengan membuat pelindung dada bagi pengendara motor agar tidak tertembak uap air atau udara secara langsung mengenai badan manusia.
« Last Edit: 01 September 2008, 10:41:01 PM by daimond »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #2 on: 01 September 2008, 10:45:59 PM »
Saya kurang mengerti isi post nya bro Daimond.

Btw sedikit penjelasan, tangan keriput ketika direndam di dalam air, itu bukan karena angin, tetapi lebih diakibatkan adanya perbedaan tekanan osmosa.

Angin malam itu berbahaya bagi manusia bukan karena keracunan CO2 dan CO, karena IMO, kadar nitrogen yang ada di udara sekitar 78-an % dan oksigen sekitar 20%, sisanya adalah senyawa lain seperti CO2 dan CO, jadi ketika bercampur dengan udara, sudah sangat kecil sekali.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #3 on: 01 September 2008, 10:55:10 PM »
There is about 50 times as much carbon dissolved in the oceans in the form of CO2 and CO2 hydration products as exists in the atmosphere. The oceans act as an enormous carbon sink, having "absorbed about one-third of all human-generated CO2 emissions to date."[26] Generally, gas solubility decreases as water temperature increases. Accordingly carbon dioxide is released from ocean water into the atmosphere as ocean temperatures rise.

http://en.wikipedia.org/wiki/CO2#In_the_oceans

According to the Australian Maritime Safety Authority, "Prolonged exposure to moderate concentrations can cause acidosis and adverse effects on calcium phosphorus metabolism resulting in increased calcium deposits in soft tissue. Carbon dioxide is toxic to the heart and causes diminished contractile force. At concentrations of three per cent by volume in air, it is mildly narcotic and causes increased blood pressure and pulse rate, and causes reduced hearing. At concentrations of about five per cent by volume it causes stimulation of the respiratory centre, dizziness, confusion and difficulty in breathing accompanied by headache and shortness of breath. At about eight per cent concentration it causes headache, sweating, dim vision, tremor and loss of consciousness after exposure for between five and ten minutes."

http://en.wikipedia.org/wiki/CO2#Toxicity
« Last Edit: 01 September 2008, 11:13:42 PM by daimond »

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #4 on: 01 September 2008, 11:01:19 PM »
Saya kurang mengerti isi post nya bro Daimond.

Btw sedikit penjelasan, tangan keriput ketika direndam di dalam air, itu bukan karena angin, tetapi lebih diakibatkan adanya perbedaan tekanan osmosa.

Angin malam itu berbahaya bagi manusia bukan karena keracunan CO2 dan CO, karena IMO, kadar nitrogen yang ada di udara sekitar 78-an % dan oksigen sekitar 20%, sisanya adalah senyawa lain seperti CO2 dan CO, jadi ketika bercampur dengan udara, sudah sangat kecil sekali.

tambahkan dengan uap air(h20) karena udara malam yang dingin uap air nya tidak terpecah menjadi o2 tapi membentuk h2o kita harus mengingat letak geografi kita yang di kelilingi laut dan samudra

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=2179.0

Ciri-ciri pusing, mual dan kembung yang dialami penderita Angina
> pectoris memang nyaris serupa dengan penyakit masuk angin biasa. Hanya
> penderita juga merasakan dada sesak, nyeri dibagian ulu hati, keluar
> keringat sebesar jagung, serta badan terasa dingin. Sayangnya, hal ini
> sering tidak disadari sebagai indikasi adanya gangguan pada jantung
> yang sifatnya kritis.

Carbon dioxide is toxic to the heart and causes diminished contractile force. At concentrations of three per cent by volume in air, it is mildly narcotic and causes increased blood pressure and pulse rate, and causes reduced hearing. At concentrations of about five per cent by volume it causes stimulation of the respiratory centre, dizziness, confusion and difficulty in breathing accompanied by headache and shortness of breath. At about eight per cent concentration it causes headache, sweating, dim vision, tremor and loss of consciousness after exposure for between five and ten minutes
« Last Edit: 01 September 2008, 11:10:16 PM by daimond »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #5 on: 02 September 2008, 07:57:02 AM »
Yang bro Daimond katakan itu benar, dan thanks telah mempostkan di sini sebagai wawasan kita bersama. CO2 dan CO memang berbahaya, namun itu bukan penyebab utama masuk angin, karena kadar CO2 dan CO yang telah bercampur dengan udara sangatlah kecil. Tidak sampai dengan 3 % v/v volume udara seperti yang diuraikan pada postnya Bro. Berbeda misalnya jika terjadi kerusakan sistem sirkulasi mobil, sehingga CO tidak terbuang dan konsentrasinya besar sehingga mencapai 3% v/v itu benar bisa membunuh manusia, karena ikatan Hb dan CO lebih kuat dibanding ikatana Hb dan O2.

Angina pektoris itu sendiri merupakan nyeri dada yang merupakan awal dari penyakit jantung. Jika tidak diobati bisa berkembang menjadi Infark Myocard. Korelasinya dengan keracunan CO2 dan CO memang ada tapi jarang terjadi. Biasanya Angina pectoris lebih disebabkan karena pola hidup yang salah, yang bisa menyebabkan arterosklerosis, atau penyumbatan pembuluh koroner, dll.
Dulu saya pernah membahas mengenai Angina pectoris di board ini juga, silakan lihat di Index Kesehatan.


« Last Edit: 02 September 2008, 07:58:40 AM by FoxRockman »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #6 on: 02 September 2008, 07:21:08 PM »
benar disini kita membicarakan masuk angin, kita tahui bahwa kulit kita bisa menyerap air karena peristiwa osmosis, dan air bukan lah satu satu nya larutan yang ada didunia ini.

Kita manusia juga sama seperti ikan dalam air, cuma beda nya adalah larutan tempat kita berdiam bernama udara bila angin berhembus membuat perbedan tekanan pada udara dan bersingungan dengan kulit kita maka ada kemungkinan tekanan udara tersebut dapat membuat peristiwa osmosis pada kulit kita, dan apa yang diserap kulit kita melalui peristiwa osmosis ini mungkin masih perlu pengujian lebih lanjut tapi setidak nya manusia secara alami melindungi bagian dada nya dengan pelindung hingga peristiwa osmosis ini tidak terjadi (bagi pengendara bermotor).

dan masih banyak misteri didunia ini dan masih banyak penelitian yang di butuh kan untuk membuktikan, selayaknya kita tidak boleh menelan mentah mentah suatu standrad yang mungkin tidak sesuai untuk kita.

seperti kita tahu dalam dunia obat obatan sekarang ini ada suatu obat yang mungkin efektif pada suatu golongon individu tapi kurang keefektifan nya pada golongan individu lain nya.

pada jaman dahulu orang melakukan black magic dengan menggunakan bagian dari diri kira sebagai pengganti kita seperti rambut, darah dll.

pada jaman berikut nya orang orang menggap hal tersebut adalah tahyul belaka bahwa hal tersebut tidak mungkin terjadi.  karena rambut hanya keratin saja dan darah mengandung cairan plasma darah dan sel darah

tapi pada jaman saat ini kita menemukan dna, dan pada rambut dan darah kita terdapat dna yang merupakan miniatur diri kita.
« Last Edit: 02 September 2008, 07:31:04 PM by daimond »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #7 on: 02 September 2008, 09:55:10 PM »
Kita manusia juga sama seperti ikan dalam air, cuma beda nya adalah larutan tempat kita berdiam bernama udara bila angin berhembus membuat perbedan tekanan pada udara dan bersingungan dengan kulit kita maka ada kemungkinan tekanan udara tersebut dapat membuat peristiwa osmosis pada kulit kita, dan apa yang diserap kulit kita melalui peristiwa osmosis ini mungkin masih perlu pengujian lebih lanjut tapi setidak nya manusia secara alami melindungi bagian dada nya dengan pelindung hingga peristiwa osmosis ini tidak terjadi (bagi pengendara bermotor).

Saya rasa ada kesalahan dalam penggunaan kata tekanan di sini. Tekanan udara lebih dikenal dengan nama tekanan atmosfer. Di mana, pada tekanan udara rendah, akan berpengaruh beberapa hal seperti perbedaan titik didih suatu cairan. Sedangkan tekanan osmosa itu pada cairan dengan menggunakan media cair. Apakah osmosis itu. Saya kutip dari Wikipedia Indonesia agar mudah pemahaman.

Quote from: Wikipedia
Osmosis adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Osmosis

Jadi perbedaan tekanan udara dengan media udara bisa memungkinkan osmosis terjadi ? Saya rasa tidak..
Logika simpel.. jika peristiwa osmosis terjadi dengan media udara.. tentu kita sudah makin kurus/gemuk (karena zat2 masuk/keluar ke dalam tubuh kita akibat adanya perbedaan tekanan udara). Jadi jika hal ini berlaku, bagi yang gemuk seperti saya, cukup berkunjung ke dataran tinggi beberapa saat, untuk menguruskan badan, karena semua zat2 akan keluar dari tubuh saya.. dan saya bisa jadi langsing :))


« Last Edit: 02 September 2008, 10:06:16 PM by FoxRockman »
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #8 on: 03 September 2008, 01:11:22 PM »
Jadi jika hal ini berlaku, bagi yang gemuk seperti saya, cukup berkunjung ke dataran tinggi beberapa saat, untuk menguruskan badan, karena semua zat2 akan keluar dari tubuh saya.. dan saya bisa jadi langsing :))

saya ikutan juga dong, bro hedi............  ;D biar qta jadi kurus bareng.........  :whistle:

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #9 on: 03 September 2008, 01:51:47 PM »

Jadi perbedaan tekanan udara dengan media udara bisa memungkinkan osmosis terjadi ? Saya rasa tidak..
Logika simpel.. jika peristiwa osmosis terjadi dengan media udara.. tentu kita sudah makin kurus/gemuk (karena zat2 masuk/keluar ke dalam tubuh kita akibat adanya perbedaan tekanan udara). Jadi jika hal ini berlaku, bagi yang gemuk seperti saya, cukup berkunjung ke dataran tinggi beberapa saat, untuk menguruskan badan, karena semua zat2 akan keluar dari tubuh saya.. dan saya bisa jadi langsing :))


Hed, kalo segede lu kayaknya harus ke Mount Everest dh baru kurusan. :p

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #10 on: 03 September 2008, 06:19:50 PM »
:))
:backtotopic:
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: [INFO] Masuk Angin
« Reply #11 on: 07 September 2008, 07:05:49 PM »
Kita manusia juga sama seperti ikan dalam air, cuma beda nya adalah larutan tempat kita berdiam bernama udara bila angin berhembus membuat perbedan tekanan pada udara dan bersingungan dengan kulit kita maka ada kemungkinan tekanan udara tersebut dapat membuat peristiwa osmosis pada kulit kita, dan apa yang diserap kulit kita melalui peristiwa osmosis ini mungkin masih perlu pengujian lebih lanjut tapi setidak nya manusia secara alami melindungi bagian dada nya dengan pelindung hingga peristiwa osmosis ini tidak terjadi (bagi pengendara bermotor).

Saya rasa ada kesalahan dalam penggunaan kata tekanan di sini. Tekanan udara lebih dikenal dengan nama tekanan atmosfer. Di mana, pada tekanan udara rendah, akan berpengaruh beberapa hal seperti perbedaan titik didih suatu cairan. Sedangkan tekanan osmosa itu pada cairan dengan menggunakan media cair. Apakah osmosis itu. Saya kutip dari Wikipedia Indonesia agar mudah pemahaman.

Quote from: Wikipedia
Osmosis adalah perpindahan air melalui membran permeabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran. Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tapi dapat dihambat secara buatan dengan meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat menjadi melebihi bagian dengan konsentrasi yang lebih encer. Gaya per unit luas yang dibutuhkan untuk mencegah mengalirnya pelarut melalui membran permeabel selektif dan masuk ke larutan dengan konsentrasi yang lebih pekat sebanding dengan tekanan turgor. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang berarti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Osmosis

Jadi perbedaan tekanan udara dengan media udara bisa memungkinkan osmosis terjadi ? Saya rasa tidak..
Logika simpel.. jika peristiwa osmosis terjadi dengan media udara.. tentu kita sudah makin kurus/gemuk (karena zat2 masuk/keluar ke dalam tubuh kita akibat adanya perbedaan tekanan udara). Jadi jika hal ini berlaku, bagi yang gemuk seperti saya, cukup berkunjung ke dataran tinggi beberapa saat, untuk menguruskan badan, karena semua zat2 akan keluar dari tubuh saya.. dan saya bisa jadi langsing :))




gak usah ke mountrverst langsung saja ke luar angkasa lsg langsing ( tanpa tekanan udara)

coba tanya kenapa manusia bisa berdiri dalam  buddha di jawab karena udara kalo medis kita bilang apa ?

masih banyak sebenarnya blind spot bagi kita manusia


Osmosis may occur when there is a partially-permeable membrane, such as a cell membrane. When a cell is submerged in a glass of water, the water molecules pass through the cell membrane from an area of low solute concentration (outside the cell) to one of high solute concentration (inside the cell), this is called osmosis. The cell membrane is selectively permeable, so only necessary materials are let into the cell and waste left out.[4]
http://en.wikipedia.org/wiki/Osmosis#Basic_explanation


liat gambar
http://en.wikipedia.org/wiki/Osmosis#Examples_of_osmosis


variasi osmosis

Reverse osmosis is a separation process that uses pressure to force a solvent through a membrane that retains the solute on one side and allows the pure solvent to pass to the other side. More formally, it is the process of forcing a solvent from a region of high solute concentration through a membrane to a region of low solute concentration by applying a pressure in excess of the osmotic pressure.

http://en.wikipedia.org/wiki/Osmosis#Variation

http://en.wikipedia.org/wiki/Reverse_osmosis
« Last Edit: 07 September 2008, 07:32:42 PM by daimond »