Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Manfaat Yoghurt..  (Read 14931 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
[ASK] Manfaat Yoghurt..
« on: 10 August 2008, 10:32:17 PM »
Sesuai dengan judul, teman2 ada yang bisa bantu menjelaskan mengenai yoghurt n berbagai khasiatnya?
Yang saya denger, yoghurt itu bermacam2 jenis sesuai dengan bakteri yang digunakan untuk memfermentasi susu tersebut...Yang sekarang lagi suka minum sih yoghurt kefir...Kefir ini produk rumahan, tapi rasanya enak, dan konon khasiatnya baik untuk tubuh...Bahkan, kefir ini bisa diproduksi sendiri lho..soalnya pernah diajarin...tapi karena gw kaga telaten dan bagi gw cukup ribet, gw lebih suka beli aj...

gmn tmn2? ada info laen mengenai yoghurt?
« Last Edit: 30 August 2008, 07:01:30 AM by FoxRockman »
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #1 on: 10 August 2008, 11:58:37 PM »
Berhubung dah malam.. otak dah capek.. jawabnya singkat aja ya.. besok baru diupdate :P
Biasanya se.. yang bisa digunakan untuk memfermentasi susu ini adalah jenis bakteri dari genus Lactobacillus. Sedangkan kefir itu juga berasal dari fermentasi susu, hanya saja menggunakan bibit kefir yang merupakan campuran bakteri Lactobacillus dan jamur ragi seperti dari genus Saccharomyces.

Fungsinya sebenarnya hampir sama, yaitu membantu dalam sistem pencernaan tubuh dalam hal ini peningkatan mikroflora usus yang menguntungkan tubuh.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #2 on: 11 August 2008, 06:13:09 AM »
udah dicoba sendiri. sangat sangat bagus buat yg punya masalah pencernaan...
disarankan makan / minum yogurtnya waktu pagi di saat asam lambung masih sedikit, jadi yogurtnya gak hancur kena asam...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #3 on: 11 August 2008, 06:49:45 AM »
mungkin bukan yoghurtnya tidak hancur, tetapi live culture bacteria nya bisa survive lebih banyak.

kalau mau aman sih cari strain yang bisa survive asam lambung, misalnya yg ada di yakult itu L casei shirota strain itu katanya sih tahan.

om edward, kefir starternya dapet dari mana?
There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #4 on: 11 August 2008, 06:54:09 AM »
eh iye, kamsudnya bakterinya...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline rista

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 179
  • Reputasi: 15
  • Gender: Female
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #5 on: 11 August 2008, 09:19:54 PM »
klo minum yakult jd gampang BAB :P yoghurt jg bisa dipakai u/ masker wajah. gmn carany gw da lupa. tp hrs pk plain yoghurt, dan dicampur bbrp ramuan alami lainny. 8)

bagi yg tggl di daerah jakarta, klo ada pg puncak, ingat singgah di Cimory lo. yoghurt nya uenak bngt, yg rasa mix fruit. susu sapi segernya jg uenak.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #6 on: 13 August 2008, 01:38:24 AM »
kefir starter bisa didapet sama temen ane....Dy mo koq ngebagiin dengan cuma2...
Cuma, kefir itu katanya harus disimpan dalam kulkas..Soalnya katanya kalo kena suhu ruangan ato hangat bisa mati...Trus, air sebagai medium-nya pun harus air kemasan yang bener2 steril....
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.385
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #7 on: 13 August 2008, 06:58:35 AM »
pengen coba jg sih, tapi yah susah ketemu :D

maybe next time deh kalau memang ada kesempatan
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #8 on: 13 August 2008, 07:04:49 AM »
kefir starter bisa didapet sama temen ane....Dy mo koq ngebagiin dengan cuma2...
Cuma, kefir itu katanya harus disimpan dalam kulkas..Soalnya katanya kalo kena suhu ruangan ato hangat bisa mati...Trus, air sebagai medium-nya pun harus air kemasan yang bener2 steril....
Hm.. diralat sedikit. Gunanya penyimpanan dalam suhu dingin bukan karena bisa mati. Tapi karena kefir tersebut disimpan sebagai starter, makanya dicegah / diperlambat pertumbuhannya tetapi tidak mematikan kefir itu sendiri. Jika tidak disimpan dalam suhu dingin, makanya kefirnya akan berkembang pula, dan kita harus melakukan regenerasi media untuk mempertahankan hidup koloni kefir tersebut. Dan biasanya juga dilakukan regenerasi media dan strain setiap 1-3 bulan sekali untuk memperbanyak koloni kefir yang menggantikan koloni kefir yang mati akibat kehabisan makanan. (Ingat fase log, lag, statis, dan kematian di mikrobiologi)

Jadi setelah nanti mau dilakukan inokulasi, baru kefir tersebut diambil, dan diletakkan pada susu yang steril (bisa menggunakan pasteurisasi u/ sterilisasi) maka kefir itu akan kembali berkembang  seperti biasa. 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #9 on: 13 August 2008, 10:36:26 AM »
maklum om fox, bahasa orang awam memank begitu,,,,tau-nya kalo dibiarin di suhu ruangan bisa rusak kefirnya...hahahaha...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #10 on: 13 August 2008, 12:01:34 PM »
maklum om fox, bahasa orang awam memank begitu,,,,tau-nya kalo dibiarin di suhu ruangan bisa rusak kefirnya...hahahaha...
Gak masalah.. inilah gunanya board kesehatan kan ya saling sharing.. :)

Sebenarnya se prinsipnya sama juga dengan pembuatan Nata de Coco, yaitu diperlukan art dalam mempertahankan kehidupan bakteri.
Nata De Coco juga menggunakan starter dengan bakteri Acetobacter xylinum, dengan media biasa air kelapa dan bisa juga nenas. Starter memang awalnya diletakkan di suhu ruangan terlebih dahulu sekitar beberapa hari, untuk membiarkan dia tumbuh. Setelah koloninya agak banyak, baru akan di-freeze pertumbuhannya dengan menyimpan dalam kulkas.

Dan pada saat pembuatan starter ini, bisa juga kita akali supaya menghasilkan produk yang bagus. Ini juga salah satu bentuk seni.. Dan lumayan enjoy juga melakukannya.
 

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #11 on: 13 August 2008, 12:08:39 PM »
yup...gw pernah diajarin mengenai cara pembuatan yoghurt kefir...Ternyata membutuhkan ketelatenan yang sangat tinggi...Dan waktu pembuatannya pun lumayan lama....1 botol kecil aja butuh waktu 1 jam untuk yang masih pemula...Yang bikin lama itu bukan proses fermentasinya, tetapi kegiatan menyaring susu fermentasi dari kefir, karena kefir itu ternyata mudah rusak jika alat2 yang digunakan dan media yang digunakan tidak steril...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #12 on: 13 August 2008, 12:12:40 PM »
ow iya, pembahasan jadi tentang cara pembuatan kefir yah?hahaha...
Klo yang gw rasain sendiri sih, yoghurt ato kefir bagus bwt pencernaan,dan dari temen yang tiap hari konsumsi sih, secara langsung pencernaan jadi lancar, dari yang biasanya 3 hari sekali baru pup, sekarang tiap hari pup 1 kali...Nah,karena temen gw ini cewe, dy jadi seneng, soalnya membantu untuk program diet dy....
Nah, yang gw baca di koran, bahkan lebih keren tuh...Katanya bisa menyembuhkan berbagai penyakit2....Mitos ato fakta yah?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #13 on: 13 August 2008, 12:13:14 PM »
Yup.. ruangannya harus dalam kondisi steril. Botol2 biasa disterilisasi dulu dengan air panas. Dan pada saat pengerjaan harus menggunakan lampu alkohol / bunsen dengan radius 30 cm untuk menjaga kesterilan area inokulasi. Dan bibir botol dibakar tiap kali akan dituang ke dalam media.
Tiap beberapa kala, tangan disemprot kembali dengan Et-OH 70 %. Pokoknya ribet deh.. Pakai masker, dan penutup mulut.
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: [ASK] Manfaat Yoghurt..
« Reply #14 on: 13 August 2008, 01:44:31 PM »
pusying bacanya....

gini ajah, lu orang buat dah yoghurt-nya, tar kalo udah, biar gw yg jadi kualiti kontrol nya....
masing2 kirirmin gw 1 sample yah hi3

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)