//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)  (Read 4900 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« on: 12 August 2007, 10:16:36 AM »
gw sering membayangkan...begini...
kalau 1 Buddha datang ke dunia ini menyelamatkan 1 milyar makhluk. entah itu dewa, asura,dsb...
kemudian datang Buddha lg menyelamatkan 1 milyar makhluk lg dan seterusnya terus begitu.
mungkinkah bumi ini akan kosong walaupun butuh waktu yg sangat2 lama....

menanti sebuah pencerahan  ^:)^ dari sesepuh2 sekalian

oh kalau udah pernah topic ini digeser aja yah, malu juga salah room meluluh :o
« Last Edit: 12 August 2007, 12:36:19 PM by Sumedho »
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: menurut para sesepuh gimana nih
« Reply #1 on: 12 August 2007, 12:11:51 PM »
Wah.. bumi ini kan sudah pernah hancur dan terbentuk lagi.
Jadi saya rasa bumi duluan hancur deh dan jumlah makhluk hidup sangat banyak.
Sebenarnya gak perlu jauh2..
Karena walau sudah ada hukum dan aturan, tapi penjara juga tidak pernah kosong..   ;D Itu membuktikan bahwa yang menjadi titik penekanan bukanlah kedatangan Buddha, tetapi bagaimana makhluk tersebut menyelamatkan dirinya sendiri.


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #2 on: 12 August 2007, 02:33:59 PM »
hehe... pemikiran yg sangat idealis, jika setiap orang mencapai pencerahan/Nibbana, siapa penghuni bumi.....

bisa bayangi ga, 1 koloni semut di satu titik tanah, itu jumlah semutnya berapa byk ? koloni semut di satu rumah, jumlah semutnya berapa byk ? koloni semut di satu kota, jumlah semutnya berapa byk ?......

itu baru semut, blom hewan lainnya, belum mahluk" di alam rendah yg jumlah nya buayak. belum mahluk" di alam semesta (miliar sistem tata surya) begitu byk orang yg masih berada di alam samsara... apakah bisa mereka semua dapat mencapai Nibbana ? bisa... tapi kapan ? sedangkan untuk dapat mengenal Dhamma (jalan menuju ke Nibbana) aja begitu sulit, hanya sedikit orang yg memiliki sedikit debu dimata mereka (yg dapat memahami Dhamma), selebihnya dimata mereka penuh dengan debu....

so kapan dunia/alam semesta bisa kekosongan mahluk hidup ? ehm... luama banget, itu pun jika adanya kehadiran seorang Sammasambuddha pada suatu masa kehidupan, jika tidak ? ehm... susah, kecuali seorang Pacceka Buddha. Jadi bisa dikatakan perjuangan Bodhisatva yg bertekat menyelamatkan seluruh mahluk hidup akan sangat...sangat panjang, bahkan akan berlangsung ber-kalpa"

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #3 on: 12 August 2007, 02:51:30 PM »
gw sering membayangkan...begini...
kalau 1 Buddha datang ke dunia ini menyelamatkan 1 milyar makhluk. entah itu dewa, asura,dsb...
kemudian datang Buddha lg menyelamatkan 1 milyar makhluk lg dan seterusnya terus begitu.
mungkinkah bumi ini akan kosong walaupun butuh waktu yg sangat2 lama....

menanti sebuah pencerahan  ^:)^ dari sesepuh2 sekalian

oh kalau udah pernah topic ini digeser aja yah, malu juga salah room meluluh :o
hehehe gw pernah kepikiran yg begini jg..  kalo menurut gw sih.. suatu saat bumi atau bumi yg lain pasti akan kosong.. logikanya kan setiap Buddha yg turun pasti akan ada makhluk yg mencapai nibbana berapapun jumlahnya.. jd tgl masalah waktu aja..  ;D
cmiiw

 _/\_

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #4 on: 12 August 2007, 03:06:51 PM »
ga usah jauh"... kaya kata Bang Kasmaran, penjara ga pernah kosong... bahkan di luar negeri yang ada aturan hukum mati juga kriminalitas maseh rame... apalagi ajaran yang ga da ancamannya begini... dituntut kesadaran sendiri... sadar itu susah...

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #5 on: 13 August 2007, 12:34:36 AM »
kalau penjara kan manusia sipil yg kasih pencerahan.... ;D
kalau Buddha turun ke dunia ini kan tangan petama  ^:)^
kalau dipikir2 seperti janji Bodhisatva Ksitigharba nereka kosong baru mau jd Buddha....
oh...betapa baiknya para Bodhisatva....
salah ga yah...

tolong dicerahkan lg sesepuh yg terhormat
menanti sebuah pencerahan...
« Last Edit: 13 August 2007, 12:37:39 AM by sefung »
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #6 on: 13 August 2007, 12:47:48 AM »
ngutip kata Bhante Upaseno yang ngutip tagline adidas, impossible is nothing... ;D

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #7 on: 13 August 2007, 12:51:05 AM »
ngutip kata Bhante Upaseno yang ngutip tagline adidas, impossible is nothing... ;D

mayan iklan dapat pajak 10 % ;D

memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Muten Roshi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 366
  • Reputasi: 2
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Muten-R%C3%B4shi
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #8 on: 13 August 2007, 05:24:29 PM »
iya mungkin kira-kira begini: bumi akan kosong, pindah ke alam kehidupan yang lain, kalau baca dari sutra maitereya tuh kan bumi ini sehalus telapak tangan, menjadi tempat yang sangat asri, elok, penderitaan manusia cuma harus makan dan be'ol aja. sisanya happy-happy :D...

singkat cerita: manusia di bumi menjadi dewa !!!

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #9 on: 13 August 2007, 05:38:58 PM »
mayan dapat pencerahan lg... ^:)^
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Arasmas

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 43
  • Reputasi: 1
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #10 on: 14 August 2007, 04:14:57 PM »
Mungkin penjelasan di sutra pembelah intan akan menjelaskan tentang hal ini.

Pertanyaan Buddha pada bhikkhu Subuti : Menurut Subuti, apakah pencapaian Buddha dengan menyeberangkan semua makhluk ke pantai seberang? (agak lupa, tapi kita2 begitu maksudnya).

So, apakah kita mencapai keBuddhaan dengan cara menyeberangkan semua makhluk ke nirvana?
Jika ya, buktinya saya masih di samsara, berarti masih ada yang belum mencapai nirvana donk, jadi, Buddhanya bagaimana?

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #11 on: 15 August 2007, 06:18:46 AM »
Kosong... ?
Apa itu Kosong... ?
Apakah kosong itu nirvana/nibbana ?
Pertanyaan Buddha pada bhikkhu Subuti :
Menurut Subuti,
apakah pencapaian Buddha dengan menyeberangkan semua makhluk ke pantai seberang?
Itu pertanyaan atau pernyataan... ? koq membingungkan ?

So,
apakah kita mencapai keBuddhaan dengan cara menyeberangkan semua makhluk ke nirvana?
Kalau mas mau mencapai kebuddhaan setelah menyeberangkan semua mahluk... sip bener... salut saya...
tapi... apa mungkin ?
Gua adalah pewaris kamma gua ndiri...
bijimana caranya mas bisa toel-toel kamma gue ?

Jika ya, buktinya saya masih di samsara, berarti masih ada yang belum mencapai nirvana donk, jadi, Buddhanya bagaimana?
ketinggalan bis kale....
dan... apa itu nirvana ?
Gmana kalau anda sendiri sudah di nirvana saat ini ?


Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #12 on: 15 August 2007, 05:55:10 PM »
sutra intan itu berat oi....perlu baca dan baca lg dan bertanya sama yg ngerti  ;D

btr lg mulai OTT  ;D ;D ;D ;D
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Upaseno

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 244
  • Reputasi: 17
  • Gender: Male
Re: menurut para sesepuh gimana nih (bumi kosong?)
« Reply #13 on: 15 August 2007, 09:17:27 PM »
gw sering membayangkan...begini...
kalau 1 Buddha datang ke dunia ini menyelamatkan 1 milyar makhluk. entah itu dewa, asura,dsb...
kemudian datang Buddha lg menyelamatkan 1 milyar makhluk lg dan seterusnya terus begitu.
mungkinkah bumi ini akan kosong walaupun butuh waktu yg sangat2 lama....
Mungkin. 
Tapi jangan kawatir kesepian, Mas.  Masi ada aku disini, sampe akhir hayat kita, aku jamin bumi masi penuh.

 

anything