//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: minta ilmunya  (Read 5165 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
minta ilmunya
« on: 09 August 2007, 09:52:06 PM »
 _/\_
Nammo Buddhaya
minta saranya donk...
kalau mau mendirikan altar dirumah, prosedurnya gimana yah...
apakah rupang buddha harus dibaca parita atau tidak dll

ditunggu pencerahanya
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: minta ilmunya
« Reply #1 on: 09 August 2007, 10:03:07 PM »
tidak ada prosedur apa pun, cukup sediakan tempat dan Buddha Rupang/Gambar Buddha, Buddha Rupang/Gambar Buddha untuk di hormati bukan di sembah, sehingga ditempatkan di tempat yg dirasa layak [jangan di kamar tidur/kamar mandi].

apakah Buddha Rupang harus di baca parita ? saya rasa itu tergantung dari pemilik altar, jika dirasa perlu untuk membaca parita [bisa menimbulkan kepuasan/kebahagiaan bathin] ya silakan baca parita, misalkan membaca-kan parita manggala dan mengundang deva... [sebagai tanda di-sah-kannya altar tersebut sebagai tempat untuk melakukan puja bhakti]

oh ya [ini pesan salah satu Bhante] jangan jadikan altar sebagai tempat pajangan berbagai macam Buddha Rupang, kesan nya jelek kurang bagus.

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: minta ilmunya
« Reply #2 on: 09 August 2007, 11:14:58 PM »
tidak ada prosedur apa pun, cukup sediakan tempat dan Buddha Rupang/Gambar Buddha, Buddha Rupang/Gambar Buddha untuk di hormati bukan di sembah, sehingga ditempatkan di tempat yg dirasa layak [jangan di kamar tidur/kamar mandi].

apakah Buddha Rupang harus di baca parita ? saya rasa itu tergantung dari pemilik altar, jika dirasa perlu untuk membaca parita [bisa menimbulkan kepuasan/kebahagiaan bathin] ya silakan baca parita, misalkan membaca-kan parita manggala dan mengundang deva... [sebagai tanda di-sah-kannya altar tersebut sebagai tempat untuk melakukan puja bhakti]

oh ya [ini pesan salah satu Bhante] jangan jadikan altar sebagai tempat pajangan berbagai macam Buddha Rupang, kesan nya jelek kurang bagus.


thanx atas pencerahanya.... _/\_
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: minta ilmunya
« Reply #3 on: 10 August 2007, 07:09:17 AM »
Wah.. saya kadang meditasi dan bernamaskara di kamar tidur.
Habis tidak ada altar. Jadi ada kalender gambar Buddha, saya jadikan objek untuk penghormatan untuk mempermudah visualisasi.  ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: minta ilmunya
« Reply #4 on: 12 August 2007, 03:21:08 PM »
oh ya [ini pesan salah satu Bhante] jangan jadikan altar sebagai tempat pajangan berbagai macam Buddha Rupang, kesan nya jelek kurang bagus.
bro, kalo misalnya di altar ada rupang Buddha sama Avalokitesvara gmn?

Offline Muten Roshi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 366
  • Reputasi: 2
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Muten-R%C3%B4shi
Re: minta ilmunya
« Reply #5 on: 12 August 2007, 11:10:12 PM »
biasanya kalau mau bersihin altar pake air tapeicou ya? baca tapeicou banyak2 kali. lalu bersihin itu rupang-rupang di altar ..  kalau buka altar mungkin sama kali ya.. ???

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: minta ilmunya
« Reply #6 on: 13 August 2007, 05:57:23 AM »
Kalo tradisi saya, cukup pake niat baik saja.
Kalo tradisi tetangga, nga boleh pake altar.
Kalo tradisi tetangga satu lagi, pake baca satu set dulu.

Silahkan pilih tradisinya masing2x

 ;D
There is no place like 127.0.0.1

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: minta ilmunya
« Reply #7 on: 13 August 2007, 10:58:46 AM »
Nyiapin patung ala gue...
1. Beli Patung
2. Sewaktu bawa pulang ingat tutup kain/kertas merah pada seluruh indera patung,
   yang maksudnya supaya si patung kaga disusupi hawa-negatip
3. sebelon ngeletakin patung, ada baiknya dibersihin dahulu dengan air bunga
4. letakin patung... en ucapkan niat anda membuatkan altar tuk patung tsb
5. have fun...

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: minta ilmunya
« Reply #8 on: 13 August 2007, 11:02:59 AM »
Nyiapin patung ala gue...
1. Beli Patung
2. Sewaktu bawa pulang ingat tutup kain/kertas merah pada seluruh indera patung,
   yang maksudnya supaya si patung kaga disusupi hawa-negatip
3. sebelon ngeletakin patung, ada baiknya dibersihin dahulu dengan air bunga
4. letakin patung... en ucapkan niat anda membuatkan altar tuk patung tsb
5. have fun...

wew..benarkah kemenyan harus begitu....
baru tahu aye...
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: minta ilmunya
« Reply #9 on: 13 August 2007, 11:10:20 AM »
ala gue
mao di-imani silahkan...
mao dijalani silahkan...
kaga dijalani juga silahkan...

ketika anda sudah berniat menyiapkan altar...
kesadaran tuh patung sudah berbahagia...

« Last Edit: 13 August 2007, 11:12:48 AM by Kemenyan »

Offline dipasena

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Sudah Meninggal
Re: minta ilmunya
« Reply #10 on: 13 August 2007, 11:13:29 AM »
[mode guyon on] bro menyan, ga pake acara bakar" menyan dulu neh ? kqkqkq...

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: minta ilmunya
« Reply #11 on: 13 August 2007, 11:14:48 AM »
bakar-bakar menyan ? (read: Hio)
kalao mao... silahkan...
lakukan aja apa yg mnurut anda baik...

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: minta ilmunya
« Reply #12 on: 13 August 2007, 11:16:35 AM »
[mode guyon on] bro menyan, ga pake acara bakar" menyan dulu neh ? kqkqkq...

Masa Aa tono minta kemenyan bakar kemenyan..
Masa Jeruk bakar jeruk ups jeruk makan jeruk..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: minta ilmunya
« Reply #13 on: 13 August 2007, 11:45:53 AM »
???

minta ilmu,taunya mau pasang altar?
wew.. emangnya kalo pasang altar+rupang, ilmunya langsung ditransfer? ;D

wew.. agama buddha itu ajarannya kalo dipraktekkan baru "ilmu"nya bisa kita peroleh, kalo cuman doa2 aja tanpa praktek, ya sama aja boong ;D
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline sefung

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 189
  • Reputasi: 4
  • ajaran ini sangat sederhana tp sulit dipahami
Re: minta ilmunya
« Reply #14 on: 13 August 2007, 12:23:23 PM »
dapat pencerahan lg ...mantap....
memuliakan agama sendiri dengan merendahkan agama yg lain, justru mencoreng agamanya sendiri

 

anything