Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kopitiam  (Read 257551 times)

0 Members and 5 Guests are viewing this topic.

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #360 on: 19 June 2009, 05:26:42 PM »
1.Lu mia amik? : Sapa nama ko?
2. Kui che lui? : Berapa duit/harganya (nanya harga)
3. Wa ai khi khua hi : Aku mo nonton?
4. Bo lui bo cabo lo : Gak ada uang gak ada cewek lohh :cry:
5. Wa ai ciak phui seng : Aku mau makan dulu
6. ane siau lu : Gila kali kau
7. Bo Peng iu : Gak kawan (es ke te)
8. Tan seng a : Tunggu ntar ya....
9. Ane gau lo lu : Pande kali ko ahhh...
10. Bo kiam tampok : Gak bisa kurang (nawar2 barang :deal: )

1.Benci kali aku sama kau : Wa lo lu
2. No telp mu berapa? : Lu tien ua khui ho?
3. Boleh kenalan gak? : E sai sio bat bo?
4. Jangan marah ya... : Mai me ya...
5. Kamu tinggal dimana? : Lu tua khi ta lok?
5. Tanganmu lembut deh : Lu e chiu ane iu
6. Kamu lagi ngapain? : Lu lagi comi kin?
7. Saya mau pergi kerja : Wa ai khi co kang
8. Bodoh kali kau... : Ane gong lo lu...
9. Aku rindu kamu : wa rindu kak lu
10. Aku lagi bete : Wa ane ce su siong

ciak pa boi ? = uda makan blum ?

lu ai ciak bo ? = kamu mau makan ga ?

wahh ane ho liau = wah enak banget

bo kau hiam = kurang pedes

u bo - adakah?

ce peng = di sini

ai bo = mo gaaa?

wa = saya
jakarta e lang = orang jakarta
e hiau kong = bisa ngomong
e hiau thia = bisa dengar
be hiau kong = tidak bisa ngomong
ako = tante
kong = bilang/ngomong
gong = bego
khiau sen = org Jakarta
Ciak seng = makan dulu

kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
apa kabar = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
tidak = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe

aku mau pergi = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi = pergi)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku mau minum = Wa Ai Lim (Lim = minum)
aku lupa = Wa Beki (Beki = lupa)

Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui

1= cit 2=no 3=sa 4=si 5=go 6=lak 7=jhit 8=phe 9=kaw 10=cap
11=cap it 12 = cap ji ....
100 =che pha 200 = no pha 300 = sa pha 101 = ce-pa-it 111 ce-pa-cap-it
1000 = che ceng 2000 = no ceng 3000 = sa ceng 1001 = ce ceng it 1500 = ce ceng go pha
10000= che ban
1.000.000   = che tiaw

belajar = o che
musuh / ga akur = bo gam
rumah = chu
kiri = cia
kanan = to
depan / maju = thau ceng
belakang = auboi
mundur = to the

sio sim ar = ati2x
wa ai teng liau ar = aku juga udah ngantuk/ aku sudah mau pulang
ai khun liau = udah mau bobo
lu ciak pa boi = kamu dah makan belum?
wa aboi ciak = aku blm makan
wa khi cui pang senk ya = aku ke toilet dulu ya
boi cai = belum tau
tan khua senk = ntar lihat dulu
boi la = belum lah
boi ar = belum lah
ciak pa liau = udah makan/makan udah -> Makan sudah kenyang

lu ce kang kin bo?? = kamu sibuk ya
ciak hamik ar = makan apa
boi ciak = blon mkn
ciak kin = lg makan
wa uan sunway pyramid liau = aku udah sampe sunway pyramid
tan wa ai khi be amplop = ntar aku mau pergi beli amplop
ciak hamik = makan apa
mai be ki ciak ya = jangan lupa makan ya
lu boi ciak ? = kamu belum makan
cang ek = mandi
wa lang ciak yuk = kita orang makan yuk

mai la = jangan lah
mai phai si = jangan malu malu

kin jit wa chin khi ce lo liau = hari ini aku timbang naik satu kilogram sudah
co phai se = Malu Malu in/Mamalukan



Kosa Kata
=========
ai = cinta/sayang
ai = mau
bo = tidak
boi = belum
cai = tau
ciak = makan
liau = udah
lu = kamu
khua = lihat
senk = dulu
tan = ntar/nanti
teng = pulang / ngantuk
wa = aku
pa = sudah
mai = ga mau/jangan
uan = sampe
khi = pergi
be = beli(nada naik)/jual(nada turun)

mai = jangan
phai si = Nakal
Phai se = malu malu
lui = uang
kit jit= hari ini
chin= timbang
khi= naik
lo =kg
ceng = tumbuk/hantam
kuai = licik
bae = ho
kemaren = came
besok = miacai
lusa = aujit

senen = pai it
selasa = pai ji
rabu = pai sa
kamis = pai si
jumat = pai go
sabtu = pai la
minggu = le pai

tidur = khun
sekolah = tha che
nonton tv = khua tiense
cha sio pui = nasi babi
Kita nonton yuk : khua hi yok
Mau nonton film apa? : ai khua ha mi?
Kamu benar2 cantik malam ini : lu kime ane sui
ku ca tua khi medan = dulu tinggal di medan
tapi i lang pua khi jkt liau = tapi mereka akhirnya pindah ke jakarta
wa kau lak hoi tua khi medan = aku sampe umur 6 tahun tinggal di medan

amang yang heng le? Jadi..siapa yang bayar?
menikah = chut ke
sedikit = tampo
dikit2 musti bs ngomong = tampo2 e hiao kong
u lang mui ko = ini ada yg nanya lagi
tiong = tengah
rajawali = lao eng
terbang = poei
wa ane pato yau >> aku laper banget
perutku mules pengen ke toilet >> wa pato thia ai khi ca aikeng
cia pa sio eng = susah jelasinnya
wah...ane song ya bo kang co = wah...enak ya ga ada kerjaan
Ke = keluarga
An = selamat
tempai hip siau eng khi ho peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget...)

Mungkin pua khi mangga besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang lebih besar)

E sai = boleh
Bo ti = ngga ada
Ti = ada
Kai = ajarin
Chio = senyum
Gu = sapi
Chau = bau
Than = dapat
Sia = tulis
Bo yao kin = gpp
An cua = gimana
Kua = lagu
Kai = orang
Emsi = bukan
Thau yam = intip
Siau eng = foto
A boi u = belum punya
Mia = nama
lam >> biru
hua >> bunga
u >> ada
thikong = langit
chut si = lahir di
peng yu = teman
siang = sama
tham cia = seneng mkn
tong kim = sekarang
tem pai = dulu
siau eng = anak perempuan
cin e = beneran
kui hoi = brp thn
nie = thn
gwe = bln
hakseng = murid
saya haus sekali, mau air es = wa a ne chuita, gien lim leng cui
lok ho = hujan
boleh kenalan nggak? = e sai sio bat bo?
namamu siapa? = lu a mi mia?
blh jd temenmu nggak? =  e sai co lu e peng yiu bo?

Li = main
ma nia lok, ma nia theng, tan lok kok, tiam-tiam lok
sebentar turun ujan, sebentar berhenti, ntar ujan lagi, terus

Buang = bwang
tidur sampe ngiler=khun lau nua
khui = buka
hau = nangis
a mi = apa
terima kasih kembali = mien khek khi (gak usah sungkan2) ato mien (gak usah) ato biau kin (gak apa2)

ke piak = sebelah
ho liau = enak (makanan)
hiam cio = sambal
kang hu = ilmu
se jit = ultah
wa kin gu'e se jit = saya bln ini ultah
kuku >> cengka
kaki >> kha
kakekku >> wa e akong
kaku >> ba

wa mai co lang e se ie << tak mau jd istri muda
wa boi u bo le <= saya belum ada istri
mai shi shua kong le <= jangan sembarangan ngomong
wa ane ai lu mush <= saya gitu cinta sama kamu mush
e hiau = bias

ancua = gimana

Tak ta ko gwe masi u cap go meh.. Che cap go ame, masi cap go meh lo...
Trans : Tiap bulan juga ada malam 15.. Hari ke 15 malam, ya malam 15 lo..

Oh iya.. Ai cia tiong chiu pia liau ho... Wuih... Pien lau nua khi.. Ai kio mama kia lai pa sia ah.. ^^
Trans : Oh iya... Dah mo makan kue bulan ya... Wuih... Jadi ngiler.. Mo nyuruh mama kirim ke jakarta ah.. ^^

Hahaha... Bo kho leng pien be hiau kong hokkien hua la.. Uan chu tak ta jit juga kong hokkien hua.. ^^
Trans : Hahaha... Ga mungkin jadi ga bisa ngomong hokkian.. Di rumah, tiap ari juga ngobrol hokkien.. ^^

senior 7th, lu ai nyusul lu e bo ki he peng yo ?
senoir 7th, lu mau nyusul bini lu disana ya?



cewe = Cabo (ati2, ngomong sama orang yg ga ngerti dikira bilang dia PELACUR hahaha…)
cowo = Tapo
kamu = Lu (sama kayak Indonesia kan hihihih)
botol = Kuan
gelas = Tepoi
ingat = Eki
lari = Cau
kabarku baek2 = Wa E Cui Kin Ho
apa kabar = Kin Nai Ho Bo
dah makan = Cia Pui Liau
mau pulang ga = Ai Tui Mai
tidak = Mai
iya = Ho
nangis = Hau
sakit = Phua Pe
pacar = Ailang (bukan aling yah)
aku mau pergi = Wa Ai Khi ( Wa = saya, Ai = mau, Khi = pergi)
aku kenyang = Wa Pa (Pa = kenyang)
aku mau minum = Wa Ai Lim (Lim = minum)
aku lupa = Wa Beki (Beki = lupa)
aku dah punya pacar = Wa U AiLang Liao (U Ailang Liao = udah punya pacar)
Saya Mau Makan = Wa Ai Cia Pui kalo
Saya mau Pupi alias Boker = Wa Ai Pang Sai

wa = saya
lu = kamu
ciak = makan
hamik = apa
hamang = siapa
mia = nama
lu mia hamik? = namamu siapa?
ai = mau, ingin, cinta
wa ai lu = aku cinta kamu
wa ai ciak = aku mau makan
chu = rumah
cai = sayur; mengetahui
em cai = ngga tau
sui = cantik
siaw = gila

bae = ho
kemaren = came
besok = miacai
lusa = aujit

emsi = bukan
wa lagi bo kang co = Gw lage ngak ada kerjaan

tempai hip siau eng khi ho peng co liau e ne sui
(dulu foto disana, jadinya bagus banget...)
Mungkin pua khi mangga besar. kha To keng e tiam
(Mungkin pindah ke MB, ke toko yang lebih besar)
Ling Lao tze..e sai co lu e asisten bo??
(guru lause..boleh gak jadi asisten lo??**promosi.com** heheheh...)

wa tempai ma suka hip khi koi hi
(gue dulu juga suka foto disitu)
si a, rasanya sih pua khi mangga besar
(bener, rasanya sih pindah ke mangga besar)
hehehe...e sai...e sai...tan kalo wa boti, loe yang ka i lang ya...
(hehehe...boleh...boleh...nanti kalo gue ga ada, loe yang ajarin mereka ya...)

Mana e boti..pati u ti terus lah... kan wa cuma bantu lu...
(mana mungkin ngak ada...pasti lo ada terus lah..kan gw cuma bantu lo)
kalo wa em cai tan wa mui wa e mama..hehehehe...
(kalo gw ngak tau, ntar gw tanya nyokap gw..hehehehe...)

ok2, bantu wa ya kalo pas wa behiau
(ok2, bantu gue ya kalo pas gue ga bisa)
hehehe...sampe mui lu e mama? ho...ho...
(hehehe...sampe nanya ke nyokap lo? bagus...bagus...)

wa bo suka lu soalnya lu suka cio cio ka wa e gu sampe wa e gu suka ka ki cio Akhirnya...wa e gu suka ka lu..hehehehehe..
(gw ngak suka ama lo soalnya lo suka senyum senyum ama sapi gw sampe sapi gw suka senyum senyum sendiri..akhirrnya sapi gw suka ama lo..)

e lah...tempai tua khi Surabaya..
(bisa lah...dulu tinggal di Sby...)
Kalau ulangan, tiam-tiam than it, ji, sa ,si
(kalo ul, dapetnya 1,2,3,4, melulu...)

ulangan hami? kong jawa?
(ulangan apa? ngomong jawa?)

em si kong..tapi sia...sia kau be hiau kong liau lah...
(bukan ngomong, tapi tulis...tulis sampe ngak bisa ngomong lah (Tulisan jawa))
ihh....susahnya..

hehehe...ane lucu yah, masa u o teng ulangan sia jawa
(hehehe...lucu banget yah, masa ada sekolahan ulangan nulis jawa)
Wah..soli ya..wa be ki i e kua liau ah...
(wah..sori ye..gue ngak ingat lagunya lage..)
tan kalo wa chio kua..u lang pingsan...
(ntar kalo gw nyanyi..ada yang pingsan..)

wah, lu e ca bo kia khua liau a ne kuai e
(wah, anak perempuanmu keliatannya kalem/patuh ya)
tapi wa rasa teng ce pai e siau eng khak chu bi a...
(tapi menurut gw foto yg kemaren itu lebih lutu...)

wah...lu e ca bo kia ya? cin e a? a ne sui ya...berarti ie ma juga sui
(wah...anak cewe lu ya? beneran? cakep banget ya...berarti mamanya juga cakep)

i kong = sekarang

be ki = lupa

ao tze, i e hakseng cau khi ta lo?
(bu guru, murid2nya semua pada kemana ya?)
ini si pien lao tze kak asisten aja yg ok lo....
(ini jadinya yg belajar guru & asistennya .....)
perlu promosi bo?

biau kin lah, nanti juga u lang o koi...
(gpp lah, nanti juga ada yang belajar lagi...)

kong kim lok ho , lu lagi co a mi??
(sekarang hujan lo lagi ngapain??)

Wa??cia pa khun, li komputer aja.. bo kang co
(gw?makan tidur , main komp aja, ngak ada kerjaan..)

ma nia lok, ma nia theng, tan lok kok, tiam-tiam lok kok kok kok kok..
(sebentar turun ujan, sebentar berhenti, ntar ujan lagi, terus kok kok kok..)

em si thak khi uajy lah tapi i e ke piak a, upn, cai bo?
(bukan belajar di uajy, tapi di sebelahnya, upn, tau gak?)
ngadiwinatan?ta lok ce peng e a?
(ngadiwinatan?yg sebelah mana ya?)

iya.ho liau kan... tapi i e hiam cio ane hiam a.. wa tak pai khi ho peng perdalam wa e kang hu ciak hiam cio a...
(iya.enak kan... tapi sambelnya pedes bgt... gw setiap kali ke sana memperdalam ilmu gw makan sambel)... qe3x...


lu lang no kai lang(sayen n aling) tiam tiam kong wa ah...
(lo berdua ngomongin gw terus yeee)
sui... kaliau mah sui... amang kong bo sui.. tan wa ceng i..
(cakep... semuanya cakep... sapa yang bilang jelek?? ntar gw tonjok)

bo kang co nih...
(ngak ada kerjaan nih)
Cuma u cekai hak seng aja..
(cuma ada 1 murid aja..)

Hai, boleh kenalan nggak? = hai, e sai sio pat bo?
Nama lu siapa? = lu mia ha mik?
Nama gua A Hoo = wa mia a hoo
Hobby lu apa? = lu e hobi ha mik?
Lu udah kerja ato masih kuliah? = lu si co kang liau atau masih thak tua ok?
Kerja di mana? = co kang khi ta lok?
Ntar malem mau nggak makan bareng? = ki me ai pe2 khi ciak bo?

jangan ganggu aku = Mai cong ti wa..

ie laotse ka liau bo eng = guru2nya pada sibuk
an cua le...? = jadi gimana dong ?
ce peng e ok seng mana e kong, kalo ie laotse ane bo eng = mana bisa belajar disini, kalo guru2nya pada sibuk ( benerin ya klo salah, hokkien gw jg gak terlalu lancar...)
laotse aling, ane ku bo jib, cumisu? bo eng kin hami? = guru aling lama banget gak masuk, knapa ? sibuk apa ?

kamu cantik = lu hok sui

cu mik = apa / kenapa

ha mik su = ada apa
ha mik lai = apa itu

ane = banget

tui = pulang

siau = gila



Offline dato' tono

  • Sebelumnya: dhanuttono
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.612
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
  • Namo Buddhaya...
Re: Kopitiam
« Reply #361 on: 19 June 2009, 05:43:36 PM »
nah loh, kulo boten ngertos wis-an... ki boso opo neh, padahal kulo ki wong hokian, tapi yo iku kulo boten saget boso hokian :))
Sesuai benih yang ditabur, demikian lah buah yang di tuai, penanam kebajikan akan memperoleh kebahagiaan.

Offline sobat-dharma

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.284
  • Reputasi: 45
  • Gender: Male
  • sharing, caring, offering
Re: Kopitiam
« Reply #362 on: 19 June 2009, 06:10:07 PM »
ning ngo yo sinau kuwih, kanca-kanca nang kene mumpung lagi seneng :)

Tambahan kamus, kalau orang tua hokkien medan marahin anak-anaknya:

si kui kia: dasar anak setan
bo ka si: kurang ajar

:D



Mereka yang melihat-Ku dari wujud dan mengikuti-Ku dari suara terlibat dalam upaya salah. Mereka takkan melihat Aku. Dari Dharma-lah mestinya ia melihat Para Buddha. Dari Dharmakaya datang tuntunan baginya. Namun hakikat sejati Dharma tak terlihat dan tiada seorangpun bisa menyadarinya sebagai obyek

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #363 on: 19 June 2009, 06:17:01 PM »
bljr hokkian bareng2 yuk...

g jg mo bljr ne...
hehehehe....

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #364 on: 19 June 2009, 06:54:49 PM »
^ post terjemahannya banyak yach..
GRP +1 utk greazille :)

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #365 on: 19 June 2009, 07:04:09 PM »
^ post terjemahannya banyak yach..
GRP +1 utk greazille :)

GRP +1 mksdny? ^^

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Kopitiam
« Reply #366 on: 19 June 2009, 07:07:11 PM »
u kan punya Reputasi (ada dibawah nama)..

nah tadi reputasinya cuma 1...
Elin tambahin jadi 2...
Member bs kasih reputasi ke lainnya kalo uda posts lbh dari 50..

:)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #367 on: 19 June 2009, 07:07:44 PM »
elin song kei ni yi ge GRP :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #368 on: 19 June 2009, 07:10:29 PM »
u kan punya Reputasi (ada dibawah nama)..

nah tadi reputasinya cuma 1...
Elin tambahin jadi 2...
Member bs kasih reputasi ke lainnya kalo uda posts lbh dari 50..

:)

oo gt...
maap newbie...
jd ga tau...
hehehehe....

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #369 on: 19 June 2009, 07:46:42 PM »
chinese cannot speak chinese? :hammer:
Poor us... Korban permainan politik :(
Mumpung ada kesempatan ga da ruginya belajar...
Lestarikan budaya Tionghoa!  :)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #370 on: 19 June 2009, 07:50:16 PM »
mai pin thua..
lin cin kong hokkian ue..

da jia.. ching ni men suo fu jian hua .. :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #371 on: 19 June 2009, 07:54:17 PM »
mai pin thua..
lin cin kong hokkian ue..

da jia.. ching ni men suo fu jian hua .. :))


kk, di ksh translate ny jg donk...
jd skalian bljr jg...
hehehehe

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Kopitiam
« Reply #372 on: 19 June 2009, 07:56:48 PM »
jangan malas
rajin ngomong bahasa hokkian..

semuanya.. silakan berbicara bahasa hokkian.. ** mandarin
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

greazille

  • Guest
Re: Kopitiam
« Reply #373 on: 19 June 2009, 08:06:36 PM »
nah gt donk kk  ;D

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Kopitiam
« Reply #374 on: 19 June 2009, 08:32:41 PM »
Hedi ko co thau la... Ka wa lang cia e hokkien...
Medan e hokkien bo cia liau e... Khak ho ok cia e...