Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran  (Read 3663 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« on: 02 June 2008, 09:28:58 AM »
Quote
Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
Annisa M. Zakir - detikinet


Proses penggerakan tangan robot (Reuters).

Jakarta - Hanya menggunakan kekuatan pikiran, seekor monyet mampu menggerakan sebuah tangan robot.

Para ilmuwan dari Universitas Pittsburg melakukannya dengan cara menanamkan sebuah elektroda kecil ke dalam kulit bagian luar otak monyet. Kemudian, elektroda tadi dapat menerjemahkan keinginan monyet yang tangannya sengaja ditahan untuk menggerakan tangan sebuah robot. Jadi seakan-akan tangan robot tersebut adalah tangan sang monyet sendiri.

Caranya adalah, elektroda yang tertanam tadi akan menangkap perintah dari otak, kemudian elektroda itu mengirimkan pesannya ke komputer. Kemudian, komputer lah yang mengatur tangan robot itu itu menggerakan sesuai dengan perintah otak.

Lebih lanjut dijelaskan, teknologi ini nantinya ditujukan untuk orang-orang cacat yang tak mempunyai tangan atau mereka yang tangannya harus diamputasi. Tujuannya agar mereka tetap dapat melakukan apa yang diinginkan dengan tangan robot sesuai dengan perintah otak.

"Mereka perlu menggunakan kembali tangan dan jari mereka yang hilang untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Mereka butuh memakai kancing, menarik resleting dan bermacam hal lainnya,"ujar Andrew Schwartz, periset dari school of medicine, Pittsburg University seperti dikutip detikINET dari Reuters, Senin (1/6/2008).

Sebelum mengembangkan untuk manusia, para ilmuwan tersebut mencobanya ke seekor monyet dan ternyata berhasil. Monyet itu dapat memerintahkan robot untuk menyuapi makanan ke dalam mulutnya. ( amz / amz )



Menggerakkan materi selain tubuh (rupa) sendiri dengan menggunakan pikiran kita.

Kalo dilihat dari sudut pandang Buddhism, gimana yah?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #1 on: 02 June 2008, 09:37:11 AM »
 [at] atas

menurut sudut pandang Buddhism...

ini..

SANGAT KEREN!

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.428
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #2 on: 02 June 2008, 02:54:07 PM »
yah dari sudut ini, kan katanya pikiran adalah pelopor

kalau pikiran ini adalah pelopor, yg di pelopori oleh pikiran siapa yah? ???
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #3 on: 02 June 2008, 02:58:44 PM »
inilah teori evolusi Darwin...huehehe kira2 ada hubungan ga yah
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #4 on: 02 June 2008, 03:51:23 PM »
gimana yah kalo robotnya dibuat segede Voltus atau Transformer gitu... dan digerakkan dengan pikiran doang... plus pake roket dan pedang raksasa.....

gileee bisa perang robot!

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #5 on: 02 June 2008, 03:56:37 PM »
 [at] atas

KERENN...^^

MWAHAHAHHAHA...

gampang nante aye mao menghancurkan Aliran2 dan agama2 sesat..

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #6 on: 02 June 2008, 04:00:35 PM »
membunuh orang ntar kamma buruk lho.......yang dibunuh itu prinsip ajaran dan dasar pemikiran bukan orangnya lho.....tapi aye titip pesen yah,satu tonjokan buat si Yahya Yahya itu....hauhaha
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sol Capoeira

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.746
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #7 on: 02 June 2008, 04:03:22 PM »
 [at] atas
kalo si yahya..gw ujek2...sampe jadi cabe belacan.. mwahhahahahaha ;D

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #8 on: 02 June 2008, 04:58:23 PM »
 :-? :-?
Monyet aj isa, masa manusia kaga isa?
Pikiran manusia kalah sama monyet?

Tapi bukannya ada orang jenius yang sudah pake alat2 yang digerakin pake pikiran dy karena dy lumpuh total yah?Wah, gw lupa nih org siapa lg, seinget gw sih begitu..Orangny itu dihormati di kalangan sains karena penemu penting gtu deh
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #9 on: 02 June 2008, 05:00:58 PM »
Stephen Hawking?
Dia mah gerakin mesin pake tiupan.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Monyet Gerakkan Tangan Robot dengan Kekuatan Pikiran
« Reply #10 on: 02 June 2008, 05:02:08 PM »
ow...Tiupan rupanya...Maap, ada kekurangan di bagian detil memory..
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."