//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Ngomong kotor dalam pergaulan  (Read 9692 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Susanto pheng

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Ngomong kotor dalam pergaulan
« on: 07 February 2020, 04:48:41 PM »
Halo suhu2 ada pertanyaan ini?
Boleh gak bergaul dengan orang yg suka ngomong kotor mereka tu da jd kebiasaan bahkan saat olahraga pun ngomong kotor tp mereka baik sih menurut saya ada juga buruk nya dalam Buddhis gimana ya apa mereka termasuk org dungu?

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #1 on: 07 February 2020, 10:10:12 PM »
Njirr... 🤣
#Jhindra

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.068
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #2 on: 07 February 2020, 10:21:07 PM »
Njirr... 🤣

Ada yg tertoesoek😁😁😁😁
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.401
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #3 on: 08 February 2020, 08:49:07 AM »
Halo suhu2 ada pertanyaan ini?
Boleh gak bergaul dengan orang yg suka ngomong kotor mereka tu da jd kebiasaan bahkan saat olahraga pun ngomong kotor tp mereka baik sih menurut saya ada juga buruk nya dalam Buddhis gimana ya apa mereka termasuk org dungu?

ini tergantung konteks dungu nya. Kalau dungu umum sih belum tentu.

tapi kalau konteks buddhisme yah masih bisa, sudah tau itu salah dan tidak baik tetapi masih dilakukan yah gitu deh
There is no place like 127.0.0.1

Offline Susanto pheng

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #4 on: 08 February 2020, 12:09:37 PM »
ini tergantung konteks dungu nya. Kalau dungu umum sih belum tentu.

tapi kalau konteks buddhisme yah masih bisa, sudah tau itu salah dan tidak baik tetapi masih dilakukan yah gitu deh

Sebaiknya jgn di gauli ya,tp lingkungan semua begitu ngomong kotor aja lingkungan kerja jg gitu,Haiz

Paksa bergaul dengan temen sosmed..haha

Klo saya ga suka ngomong kotor ga suka juga sm org yg ngomong kotor.

Kan ga mungkin juga nasehati mereka akhirnya saya ga olahraga lagi sm mereka.
Tq ya jwbn nya
« Last Edit: 08 February 2020, 12:11:28 PM by Susanto pheng »

Offline Susanto pheng

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #5 on: 08 February 2020, 12:14:30 PM »
Njirr... 🤣

Suka ngomong kotor jg kah?wkwk

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #6 on: 08 February 2020, 10:54:12 PM »
Suka ngomong kotor jg kah?wkwk

Kata2 kek "njirr" itu kotor atau kasar? 🤔
#Jhindra

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 301
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #7 on: 08 February 2020, 10:55:42 PM »
Ada yg tertoesoek😁😁😁😁

gue tersinggung
#Jhindra

Offline Susanto pheng

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Ngomong kotor dalam pergaulan
« Reply #8 on: 09 February 2020, 05:51:45 PM »
Kata2 kek "njirr" itu kotor atau kasar? 🤔

Menurut saya ga termasuk keduanya,tu kan cuma pengganti tapi ya kalau bisa dihindari lebih baik nanti jadi kebiasaan..saya tanpa ngomong begitu pun bisa kok...