Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????  (Read 26137 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #75 on: 09 October 2008, 09:18:34 AM »
lah wong ada STI ada juga STT koq, STT sangat mendukung Bhikkhuni Indonesia.

STT= Thai Dhammaduta
Masak sih? ntar hari minggu aye tanya langsung.

waduh rasial ya

masak wanita tidak bole jd bikhuni, sungguh terlalu

Bukan rasialis. Ada yang memegang ajaran Sang Buddha bahwa Bhikkhuni hanya bisa ditahbiskan oleh Bhikkhuni. Dan menilik sejarah sudah tidak ada Bhikkhuni (Theravada), ya gak bisa ditabhiskan lagi. Beberapa orang yang kamu anggap rasialis ini cuma ingin mempertahankan Sasana Dhamma Sang Buddha aja koq. Apakah kamu tahu kalau orang yang mengaku Bhikkhu/Bhikkhuni tanpa penahbisan yang sah adalah salah satu maling terbesar?

Ada juga yang menginterpretasikan bisa ditahbiskan oleh Bhiksuni Mahayana.

Tergantung interpretasi aja koq. Kalau saya pribadi mengakui tidak mengetahui batin yang menentang dan mendukung. Dan saya tidak perlu mengeluarkan kata-kata hinaan.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline ruby

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 3
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #76 on: 09 October 2008, 09:27:19 AM »
Quote
boleh tau apa itu STT??
STT = Sangha Theravada Thailand kalo kaga salah salah satunya Bhante Kamsai deh...

Quote
boleh tau di luar negerinya dimana??? biar lebih memperjelas saja.....
Salah Satunya Australia Bro, Bhante Sujato (Shanti Forest Monestry)
Beliau pernah ditegur oleh STI, gara2 mau jadi pembicara ( kalau kaga salah waktu itu diadakan di Taman Anggrek - Jakarta ) seminar tentang bhikkhuni. Hasilnya kaga jadi datang hehehe...

ini seh cuman diskusi aze yak bro and sis, jangan dianggep serius atau diperpanjang....
nyante aza.... hehehe...

« Last Edit: 09 October 2008, 09:37:46 AM by ruby »

Offline ruby

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 3
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #77 on: 09 October 2008, 09:29:58 AM »
Quote
STT= Thai Dhammaduta
Masak sih? ntar hari minggu aye tanya langsung.
iye bro ditanyain aze....

Offline ruby

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 3
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #78 on: 09 October 2008, 09:40:06 AM »
Quote
boleh tau apa itu STT??
STT = Sangha Theravada Thailand kalo kaga salah salah satunya Bhante Kamsai deh...

Quote
boleh tau di luar negerinya dimana??? biar lebih memperjelas saja.....
Salah Satunya Australia Bro, Bhante Sujato (Shanti Forest Monestry)
Beliau pernah ditegur oleh STI, gara2 mau jadi pembicara ( kalau kaga salah waktu itu diadakan di Taman Anggrek - Jakarta ) seminar tentang bhikkhuni. Hasilnya kaga jadi datang hehehe...

ini seh cuman diskusi aze yak bro and sis, jangan dianggep serius atau diperpanjang....
nyante aza.... hehehe...
yang penting melestarikan dan menjalankan Dhamma Ajaran Sang Buddha semampu kita...



Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #79 on: 09 October 2008, 09:53:15 AM »
STT = Sangha Theravada Thailand kalo kaga salah salah satunya Bhante Kamsai deh...

oo... i c.... anumodana  _/\_

Salah Satunya Australia Bro, Bhante Sujato (Shanti Forest Monestry)
Beliau pernah ditegur oleh STI, gara2 mau jadi pembicara ( kalau kaga salah waktu itu diadakan di Taman Anggrek - Jakarta ) seminar tentang bhikkhuni. Hasilnya kaga jadi datang hehehe...

yah let's say bahwa untuk aussie memang lebih moderat..... namun aturan sangha tiap negara biasanya berbeda.... pernah saya alami wkt rame2nya topik Bhikkhuni tahun 2005  :P

ini seh cuman diskusi aze yak bro and sis, jangan dianggep serius atau diperpanjang....
nyante aza.... hehehe...

yup, santai aja....... tapi kalo bisa jgn dibawa keluar forum...... bisa bikin bnyk org ga bisa santai  ^-^

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #80 on: 09 October 2008, 07:22:17 PM »
wah jauh banget yahh debat nya, rasanya kita mesti melihat dari mula lagi pada tahun 1924(lupa tahun nya nih kalo salah mohon maaf yah) yang mana sangha theravada pada waktu itu berusaha mengumpulkan para bhikuni terakhir untuk melestarikan sangha bhikuni tapi ketika mereka berusaha mengumpulkan bhikkuni ini salah satu dari 5 bhikuni taerakhir meninggal dan pupus sudah harapan merka untuk melestarikan sangha bhikkuni itu jadi di buat pernyataan lah bahwa sangha bhikuuni theravada berakhir. 

kalian harus melihat dengan kacamata saat itu tentu berbeda dengan saat ini coba lihat pada masa itu mana ada internet dsb tehnologi jaman itu terbatas dengan keterbatasan itulah mereka mengangap sangha bhikuuni telah berakhir. mereka telah melakukan usaha yang terbaik pada masa tersebut.

berbeda dengan massa sekarang dimana tehnologi sudah maju sudah internet dan mobilitas lebih mudah (gampang kan beli tiket pesawat terbang dll). di jaman kita ini ada yang mencoba menelusuri jejak kaki para bhikkuni theravada pada masa lampau. dan ternyata jejak nya ada dari catatan catatan dari masa lampau.

jadi tidak sepenuh nya punah ada jejak jejak kecil nah dari si ini lah muncul perdebatan yang memusingkan ini.

sungguh menyedihkan bukan karena seseorang menjalankan sebuah ehipasiko membuka sebuah kotak pandora  bagaimana melihat kotak pandora ini lah, kita harus melihat nya dengan jernih dan bijaksana apakah melihat nya dengan ketakutan ketakutan atau melihat nya ada secercah cahaya harapan di dalam nya. tetapi anda juga bisa  melihat keduanya dalam kotak pandora tersebut.

 _/\_

« Last Edit: 09 October 2008, 07:50:14 PM by daimond »

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #81 on: 09 October 2008, 08:01:48 PM »
bila aku harus memutuskan urusan ini.

ini lah yang aku lakukan aku akan melihat kesahihan dari data data yang ada pada saat ini apakah benar sudah melalui pewarisan yang sah.

bila sudah sah maka bhikkuni theravada yang akan kembali (angkatan pertama) akan menerima semacam hukuman sesuai vinaya karena ke alpaan mereka singkat nya mungkin dalam bentuk hukuman selama 5 thn. 

sesudah itu untuk angkatan ke dua ( yang di angkat kemudian dari angkatan pertama dan para bhiku sangha theravada) mungkin akan mendapat hukuman selama 4 thn sesuai vinaya.
« Last Edit: 09 October 2008, 08:08:43 PM by daimond »

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #82 on: 09 October 2008, 08:04:10 PM »
waduh rasial ya

masak wanita tidak bole jd bikhuni, sungguh terlalu

Wanita boleh jadi Bhikkuni.
Justru pria yang tidak boleh jadi Bhikkuni    :P
yaa... gitu deh

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #83 on: 09 October 2008, 08:16:02 PM »
bila aku harus memutuskan urusan ini.

ini lah yang aku lakukan aku akan melihat kesahihan dari data data yang ada pada saat ini apakah benar sudah melalui pewarisan yang sah.

bila sudah sah maka bhikkuni theravada yang akan kembali (angkatan pertama) akan menerima semacam hukuman sesuai vinaya karena ke alpaan mereka singkat nya mungkin dalam bentuk hukuman selama 5 thn. 

sesudah itu untuk angkatan ke dua ( yang di angkat kemudian dari angkatan pertama dan para bhiku sangha theravada) mungkin akan mendapat hukuman selama 4 thn sesuai vinaya.


Kalau bukan pewarisan yang sah, maka bukan Sangha, melainkan pencuri terbesar.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #84 on: 09 October 2008, 08:19:56 PM »

Kalau bukan pewarisan yang sah, maka bukan Sangha, melainkan pencuri terbesar.

mewarisi apa ?
mencuri apa  ?


 _/\_
« Last Edit: 09 October 2008, 08:21:44 PM by andrew »

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.097
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #85 on: 09 October 2008, 08:23:46 PM »
ini lah sumber debat nya apakah sah atau tidak sah itu saja problem nya


Kalau bukan pewarisan yang sah, maka bukan Sangha, melainkan pencuri terbesar.

mewarisi apa ?
mencuri apa  ?


 _/\_



sangha mengikuti semacam garis darah (bloodline/son of the lineage) pewarisan yang di turunkan dan hal ini dapat di telusuri ke masa Buddha
« Last Edit: 09 October 2008, 08:29:05 PM by daimond »

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #86 on: 09 October 2008, 08:52:19 PM »
Istilahnya adalah : theyyasaṃvāsaka
Dia yang tinggal di perkumpulan dengan pencurian.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #87 on: 09 October 2008, 08:56:36 PM »
Dan kembali lagi ke penafsiran, Bhikkhu-Bhikkhu ada yang tidak mengakui ada yang karena tidak mau gegabah. Hal ini tidak mudah diputuskan atas dasar wanita berhak menjadi Bhikkhuni saja. Memang dulu berhak, karena sudah diperbolekan oleh Sang Buddha.
Tetapi apakah garis keturunan itu masih ada? Ada penafsirannya masing-masing. Ada yang menentang dan menerima. Biarkan yang menolak tetap menolak, biarkan yang menerima tetap menerima.
Ada hukum Karma yang berlaku di sini. Jangan karena emosi atau pemikiran bodoh sesaat membawa akibat yang buruk sekali.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline andrew

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 568
  • Reputasi: 22
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #88 on: 09 October 2008, 08:59:13 PM »
ini lah sumber debat nya apakah sah atau tidak sah itu saja problem nya


Kalau bukan pewarisan yang sah, maka bukan Sangha, melainkan pencuri terbesar.

mewarisi apa ?
mencuri apa  ?


 _/\_



sangha mengikuti semacam garis darah (bloodline/son of the lineage) pewarisan yang di turunkan dan hal ini dapat di telusuri ke masa Buddha


pada awal awal keberadaan  sangha bhikkuni Buddha mengeluarkan peraturan yang terdapat dalam Cullavagga 10 :    “Para bhikkhu diizinkan untuk mengupasampada menjadi bhikkhu dan wanita menjadi bhikkhuni.”

dari ini jadi pada awalnya Bhikkuni bisa di upasampada hanya oleh bhikku tanpa bhikkuni...


setelah jumlah bhikkuni menjadi banyak...

Buddha membuat peraturan upasampada bhikkuni harus di awali oleh bhikkuni , baru oleh bhikku...


walaupun demikian Buddha tidak pernah mentidak berlakukan cullavagga 10,
jadi sampai saat ini peraturan dalam cullavagga 10 masih berlaku...

dimana bhikku bisa mengupasampada bhikkuni, tanpa di upasampada oleh bhikkuni dahulu...

cullavagga 10
ini antara lain pandangan bahwa bhikkuni theravada ada kemungkinan untuk dibangkitkan kembali...


 _/\_

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Bhikhuni Theravada????bagaimana tanggapan anda????
« Reply #89 on: 09 October 2008, 09:00:59 PM »
ini lah sumber debat nya apakah sah atau tidak sah itu saja problem nya


Kalau bukan pewarisan yang sah, maka bukan Sangha, melainkan pencuri terbesar.

mewarisi apa ?
mencuri apa  ?


 _/\_



sangha mengikuti semacam garis darah (bloodline/son of the lineage) pewarisan yang di turunkan dan hal ini dapat di telusuri ke masa Buddha


pada awal awal keberadaan  sangha bhikkuni Buddha mengeluarkan peraturan yang terdapat dalam Cullavagga 10 :    “Para bhikkhu diizinkan untuk mengupasampada menjadi bhikkhu dan wanita menjadi bhikkhuni.”

dari ini jadi pada awalnya Bhikkuni bisa di upasampada hanya oleh bhikku tanpa bhikkuni...


setelah jumlah bhikkuni menjadi banyak...

Buddha membuat peraturan upasampada bhikkuni harus di awali oleh bhikkuni , baru oleh bhikku...


walaupun demikian Buddha tidak pernah mentidak berlakukan cullavagga 10,
jadi sampai saat ini peraturan dalam cullavagga 10 masih berlaku...

dimana bhikku bisa mengupasampada bhikkuni, tanpa di upasampada oleh bhikkuni dahulu...

cullavagga 10
ini antara lain pandangan bahwa bhikkuni theravada ada kemungkinan untuk dibangkitkan kembali...


 _/\_
Dan ada pula bahan lain untuk menentang. Sayang saya sedang lupa di mana gerangan hal itu berada.
Saya akan kabarkan lagi.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days