Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: karma buruk kah???  (Read 7106 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hegia

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 7
  • Reputasi: 0
karma buruk kah???
« on: 16 May 2008, 03:54:13 PM »
Namo Buddhaya,
Mohon petunjuk nich......saya sering sekali...bila dalam keadaan sedang membaca paritta .... pada saat ditengah2 membaca paritta ....tiba2 saja sangat ingin "buang angin" yang tidak bisa di tahan (memang tidak bau sich )....bila dirumah maka saya langsung menghentikan pembacaan paritta saya...dan tidak saya lanjutkan lagi....tapi yang bermasalah...kalau sedang dalam vihara....maka sering saya duduk dekat pintu keluar....tapi kadang2 klu duduk ditengah2 ..saya sering bingung..mau ditahan tidak bisa....klu dikeluarkan...wah..karma buruk nich....mau keluar ruangan ...menganggu umat lainnya yg sedang kebaktian......makanya hal ini membuat saya jadi jarang ke vihara.....bahkan kadang2 klu saya stop baca paritta....tdk akan merasa ingin buang angin lagi...tp klu saya lanjutkan maka akan begitu lagi.....sering kali saya bertanya2 sendiri...kenapa ya bisa begitu??
sering saya menjawab pada diri sendiri dengan optimis....'ah..mgk dengan baca paritta..membuang kekotoran dalam badan saya"".....tp tetap saja ada perasaan yg tidak enak bercampur aduk dalam diri saya...takut akan salah dan berkarma buruk.....Ada temen2 yang bisa memberi petunjuk pada saya???

Salam Metta

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: karma buruk kah???
« Reply #1 on: 16 May 2008, 04:01:12 PM »
 :-& :-& :-& :-& :-& :-& :-& :-& iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..... ;D

kentut adalah fenomena wajar

dulu saya pernah bertanya ke Bhante, "Bhante,setiap meditasi gw kentut,apakah ini menandakan saya harus menghentikan meditasi saya,dan ketika meditasi rame-rame apakah saya harus menyingkir daripada bikin keonaran?"

bhante menjawab

kentut adalah fenomena alami,kalo kamu berasa ingin buang angin,ya monggo, itu bisa melegakan tubuh kamu daripada kamu sengaja menyiksa diri kamu menahan itu dan akhirnya bunyinya lebih gelegar lagi. kalo dilakukan sendiri masih oke ,kamu bisa nyimpen rasa malu itu,bagaimana dengan orang banyak?

ya usahakan sebelum baca paritta,meditasi bersama-sama,kamu usahakan tidak makan sesuatu yang tidak baik yang bisa menyebabkan kumpulnya gas dalam perut, jaga pencernaan kamu maka semua akan beres.trus bagaimana kalo akhirnya benar-benar kentut di vihara,usahakan tidak bersuara,tidak berbau, karena mungkin mengganggu orang lain. namun jangan jadikan alasan kamu mundur tidak ke vihara lagi,ingat bertemu dengan Dhamma adalah berkah.
jadikan kentut sebagai latihan kewaspadaan,bila ternyata dhuuuer di vihara,berarti kamu kurang menjaga kewaspadaan bukan?

Semoga sharing ini menjawab
« Last Edit: 16 May 2008, 04:23:05 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: karma buruk kah???
« Reply #2 on: 16 May 2008, 04:02:58 PM »
ketika lagi membangun perhatian penuh, malah berfokus pada kentut ;D
kentut ya kentut aja, dengan penuh perhatian ;D
toh kamu gak ada niat jelek kan?
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: karma buruk kah???
« Reply #3 on: 16 May 2008, 04:19:56 PM »
Halo rekan Hegia,

Kentut bukanlah kamma buruk

Juga, kebiasaan kita tsb janganlah dijadikan dilema sehingga kita mau ke vihara atau membaca parita menjadi was2 / nggak konsen (padahal kekuatan parita kan di konsentrasi nya itu loh).

Saran rekan Nyanadhana dan Karuna diatas sudah sangat baik.

Juga, dicari penyebabnya:
Misalnya apakah gara2 makanan sebelum pergi kebaktian, ataukah baju / celana yg terlalu sempit, ataukah kecenderungan sikap duduk yg membuat begitu. Kalau masih juga, lebih baik cari tempat duduk yg paling belakang / mojok supaya bisa tenang kebaktiannya

::




Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Online Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.396
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: karma buruk kah???
« Reply #4 on: 16 May 2008, 04:32:52 PM »
Silahken dikeluarkan tapi pls do it gently... pelan pelan yah sis.. :D

kalo kenceng nanti pada kaget dan shock, akibatnya mengganggu yg lain baca paritta lagi.

There is no place like 127.0.0.1

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: karma buruk kah???
« Reply #5 on: 16 May 2008, 04:35:01 PM »
pas lagi baca paritta tiba-tiba sampingnya mendengar ada suara sssssssssttttttt.......trus sampingnya teriak kenceng kenceng DIAAAAA KENTTTUUUUUUUTTTT habis itu ,orang vihara kabur semua,yah acara bubar de
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: karma buruk kah???
« Reply #6 on: 16 May 2008, 04:37:18 PM »
buang angin???? itu hal yg wajar ja kox... setiap org pasti pernah kan??? mungkin frekuensinya berbeda2... ada yg sering mungkin.. klo karma buruk atau gx!! coba pahami konsepnya.. sesuatu di katakan perbuatan baik atau buruk,, karena adanya kehendak atau kesengajaan!!!! membawa dampak... tpi klo memang sudah menjadi penyakit yg sulit tuk dihilangkan bukan berarti harus berhenti ke vihara!!! tujuannya kan berbuta baik,, yoweeisss klo mang hrs buang angin,.. tpi di atur lah.. mungkin dengan keluar ruangan sementara!! atau dilatih agar frekuansinya berkurang
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: karma buruk kah???
« Reply #7 on: 16 May 2008, 05:06:40 PM »
pas lagi baca paritta tiba-tiba sampingnya mendengar ada suara sssssssssttttttt.......trus sampingnya teriak kenceng kenceng DIAAAAA KENTTTUUUUUUUTTTT habis itu ,orang vihara kabur semua,yah acara bubar de

Gw jadi curiga nih, jangan2 si Nyanadhana ini emang bener2 si aming ...
 :-?  :-?  :-?

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.435
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: karma buruk kah???
« Reply #8 on: 16 May 2008, 05:11:14 PM »
Kentut itu sama seperti bersin dan cegukan..
Kalau udah tiba waktunya, ya gitu deh.. :P
Kalau di-tahan2 malah menderita, mendingan.. ya gitu deh.. ^-^
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: karma buruk kah???
« Reply #9 on: 16 May 2008, 05:13:29 PM »
pas lagi baca paritta tiba-tiba sampingnya mendengar ada suara sssssssssttttttt.......trus sampingnya teriak kenceng kenceng DIAAAAA KENTTTUUUUUUUTTTT habis itu ,orang vihara kabur semua,yah acara bubar de


Gw jadi curiga nih, jangan2 si Nyanadhana ini emang bener2 si aming ...
 :-?  :-?  :-?

::

aming hanyalah seorang aming...nyanadhana hanyalah seorang nyandhana......ketika ia hadir,sejuta orangpun tidak menyadari kehadirannya.....ketika ia pergi,berjuta orang mendambakan kedatangannya..hauhahahaha
« Last Edit: 16 May 2008, 05:15:12 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.115
  • Reputasi: 128
Re: karma buruk kah???
« Reply #10 on: 16 May 2008, 05:52:51 PM »
pas lagi baca paritta tiba-tiba sampingnya mendengar ada suara sssssssssttttttt.......trus sampingnya teriak kenceng kenceng DIAAAAA KENTTTUUUUUUUTTTT habis itu ,orang vihara kabur semua,yah acara bubar de


Gw jadi curiga nih, jangan2 si Nyanadhana ini emang bener2 si aming ...
 :-?  :-?  :-?

::

aming hanyalah seorang aming...nyanadhana hanyalah seorang nyandhana......ketika ia hadir,sejuta orangpun tidak menyadari kehadirannya.....ketika ia pergi,berjuta orang mendambakan kedatangannya..hauhahahaha
tapi saya jadi puyeng lihat avatar anda... itu lagi posisi apa seh?? gak jelas amat yg mana tangan dan yg mana kaki?
Samma Vayama

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.407
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: karma buruk kah???
« Reply #11 on: 16 May 2008, 07:04:33 PM »
Ya jelas karma buruk, GAK BOLEH!!!!
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: karma buruk kah???
« Reply #12 on: 17 May 2008, 09:38:25 AM »
Sharing sedikit.

Tahun 2006 saya ikut retreat meditasi Vipassana di bawah bimbingan YM Sayadaw U Indakka. Pada hari pertama ketika namaskara, saya merasakan gas sudah mau keluar dari belakang. Dengan penuh perhatian dan pencatatan saya mencatat kentut, kentut, kentut. Singkat cerita ketika retreat sudah berakhir, saya sudah melupakan tentang kentut tersebut, karena tidak dilekati. Tetapi beberapa orang di belakang saya setelah retreat meditasi selesai, terbahak-bahak dan membahas habis-habisan.

Jadi rupanya selama retreat yang dilakukan bukan perhatian penuh, tetapi mengingat-ingat kentut saya, terutama ketika sedang namaskara.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Onizuka

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
Re: karma buruk kah???
« Reply #13 on: 17 May 2008, 12:18:09 PM »
Wah!!! kamu beraninya kentut pasda saat baca paritta, itu karma buruk sekali tau!!! dosanya (baca karma buruknya) tidak terampuni, bakal dilahirkan ke Neraka Avicci selama beribu-ribu Kappa!!!
(Bohong deh.... ^_^)
Karma Buruk atau tidaknya tergantung dari Cetana, niat dalam melakukannya, kalo emang niat buat main-main, buat ngeganggu teman di sebelah, ato buat bercanda trus kentut pada saat baca paritta ya karma buruk boo...
tapi kalo emang itu adalah reaksi decomposing yang ada di perut ya mo gimana, alamiah boo... bersyukurlah anda masih bisa kentut (itu tandanya anda masih sehat walafiat, he he)
Lagian menurut temen saya yang ngaku muridnya William Shakespear, katanya:
"Cinta itu ibarat kentut, di tahan sakit, dikeluarin malu..."
so karena kita semua ndak bisa idup tanpa cinta maka kita semua juga ndak bisa idup tanpa kentut ^_^
So.... idup k****t

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: karma buruk kah???
« Reply #14 on: 17 May 2008, 07:53:24 PM »
Kentut??hahaha
BEtul tergantung cetana u sendiri kan...
Kl niatnya buad bubarin para umat yg ada vihara baru kamma buruk deh ^^
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...