//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Aborsi membawa kebaikan?  (Read 8100 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Aborsi membawa kebaikan?
« on: 02 August 2007, 12:27:03 PM »
kalo anda baca "freakonomics", ada sebuah cerita menarik di dalamnya...

di akhir tahun 80an, pemerintah amrik sangat kawatir dengan angka kriminalitas yg terus2an naik, naik dan naik. beberapa orang expert sudah meramalkan amrik bakal jadi negara kriminal yg sangat parah.

tapi di tahun 90an di amrik, secara mengejutkan, angka2 kriminalitas tiba2 menurun dan terus menurun. para ahli semuanya garuk kepala, gak ada yg tahu sebabnya. padahal semua udah meramalkan kriminalitas bakal jadi tambah buruk. segala teori2 keluar, polisi lebih efektif lah, berkat kebijakan pemerintah lah, dll. tapi semua teori itu gugur.

menurut buku ini, jawaban sebenarnya terletak jauh di masa silam, 20 tahun sebelum 1990, yaitu seorang wanita muda bernama norma mccorvey. kok bisa?

norma dulunya hamil remaja dalam keadaan miskin, tidak berpendidikan, gak ada ketrampilan, alkoholik, pengguna obat bius. norma yg lagi hamil pengen melakukan aborsi, tapi hukum saat itu mengatakan aborsi adalah ilegal.

akhirnya perkara ini dibawa ke pengadilan dan akhirnya dia menang. karena kemenangan ini maka aborsi menjadi legal di amrik.

hubungannya apa?

kriminalitas adalah masalah sosial. salah satu akarnya adalah kemiskinan dan gak makan bangku skolah. jadi kalo ada anak yg lahir dalam keadaan miskin dan gak berpendidikan seperti keadaan keluarga norma di tahun 70an, maka besar kemungkinan besarnya anak itu bakal melakukan kriminalitas di usia2 belasan atau 20an.

jadi karena aborsi dilegalkan tahun 70an, maka kriminalitas tahun 90an menurun drastis. angka2 pembunuhan, pencurian dan kekerasan lainnya menurun tajam.

bukan pistol polisi, faktor2 ekonomi ataupun kebijakan pemerintah yg menurunkan kriminalitas, melainkan norma mccorvey....

pertanyaannya:
bagaimana kasus ini dipandang dari kacamata buddhis??? aborsi ternyata membawa kebaikan?

 >:D >:D >:D
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #1 on: 02 August 2007, 12:29:08 PM »
Banyak Jalan menuju ke Roma..
Semua berbalik lagi ke Niat..

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #2 on: 02 August 2007, 01:03:49 PM »
MOS (Menurut Opini Saya):

Itu adalah 2 hal yang berbeda. Satu hal bisa saja mempengaruhi hal yang lain, terlepas dari hal itu baik atau buruk.
Aborsi yah aborsi, hal itu tentu menyebabkan anak2x tidak terlahir dalam keadaan layak dan mendapat pendidikan. Hal itu menyediakan keadaan kriminalitas kecil.

Kata kuncinya sepertinya pada "kemiskinan", walaupun bisa diselesaikan dengan aborsi, tetapi harusnya bisa menggunakan pendekatan lain yang lebih budhis. (walaupun tidak akan seefektif aborsi).

Walaupun aborsi itu menghasilkan kondisi yg kondusif untuk kemakmuran/kriminalitas kecil, tetapi tidak membuah aborsi itu jadi layak.
Seperti mencuri itu bisa membuat cepat kaya, tetapi tidak membuat mencuri itu layak :D

There is no place like 127.0.0.1

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #3 on: 02 August 2007, 01:15:46 PM »
Kata kuncinya sepertinya pada "kemiskinan", walaupun bisa diselesaikan dengan aborsi, tetapi harusnya bisa menggunakan pendekatan lain yang lebih budhis. (walaupun tidak akan seefektif aborsi).
kalo dibilang "pendekatan buddhis"nya adalah ngasih penyuluhan, memberi kredit pengusaha kecil, kebijakkan pemerintah, subsidi pendidikan, upah minimum, kayaknya hampir semua negara di dunia selama puluhan taon udah ngelakuin, om. dan banyak negara (kalo gak bisa dibilang semua) yg ngelakuin masih berjuang keras dengan sedikit hasil...

Walaupun aborsi itu menghasilkan kondisi yg kondusif untuk kemakmuran/kriminalitas kecil, tetapi tidak membuah aborsi itu jadi layak.
Seperti mencuri itu bisa membuat cepat kaya, tetapi tidak membuat mencuri itu layak :D
ada bedanya dikit, om.

mencuri itu hasilnya banyak orang rugi (kecolongan), cuman satu yg untung (pencurinya).
dalam kasus diatas hasilnya ratusan juta orang mendapatkan manfaat, termasuk si ibu.
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #4 on: 02 August 2007, 01:30:38 PM »
kalo dibilang "pendekatan buddhis"nya adalah ngasih penyuluhan, memberi kredit pengusaha kecil, kebijakkan pemerintah, subsidi pendidikan, upah minimum, kayaknya hampir semua negara di dunia selama puluhan taon udah ngelakuin, om. dan banyak negara (kalo gak bisa dibilang semua) yg ngelakuin masih berjuang keras dengan sedikit hasil...

Yah gitu deh, memang sudah dilakukan dan tidak efisien :). Tapi kalau misalnya aborsi di berlakukan bebas di indonesia, apakah akan mengurangi kejahatan ? Mengingat orang sini malaupun miskin dan tidak punya uang utk menyekolahkan, tetapi suka banyak anak jg. (yg akan tumbuh miskin dan tanpa pendidikan -> sebab kejahatan)


ada bedanya dikit, om.

mencuri itu hasilnya banyak orang rugi (kecolongan), cuman satu yg untung (pencurinya).
dalam kasus diatas hasilnya ratusan juta orang mendapatkan manfaat, termasuk si ibu.

Salah contoh deh :D, esense nya sih pembunuhan itu jangan dibenarkan karena ada alasan dibelakangnya. Kalau itu adalah sebuah perbuatan tidak layak, yah harus diakui itu tidak layak walaupun ratusan juta menikmati  ;D
There is no place like 127.0.0.1

Offline Muten Roshi

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 366
  • Reputasi: 2
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Muten-R%C3%B4shi
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #5 on: 02 August 2007, 04:50:57 PM »
menurut saya bukan aborsi yang dilegalkan. tapi mendingan promosi dan jualan alat kontrasepsi yang lebih gencar. lalu juga jualan pil pencegah kehamilan. terus  kasih pengertian kepada pasangan-pasangan yang hendak hamil, kalau penghasilan belum cukup, gak usah bikin anak dulu, merepotkan. buat apa lahir di dunia jadi manusia tapi tidak mendapatkan hidup yang layak?

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #6 on: 02 August 2007, 09:33:50 PM »
berani berbuat berani bertanggung jawab.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #7 on: 03 August 2007, 07:04:42 AM »
Banyak Jalan menuju ke Roma..
Semua berbalik lagi ke Niat..

Banyak jalan menuju ke roma.
Artinya banyak jalan menuju kebaikan. Walaupun kadang2 perbuatan aborsi yang seperti dikatakan Sdr. Morpheus membawa kebaikan dalam jangka waktu yang lama.

Semua berbalik lagi ke Niat
Artinya perlu ditanyakan apakah waktu niat seseorang melakukan aborsi apakah ingin menurunkan angka kejahatan ? Atau tidak ingin/malu mempunyai anak (mungkin karena aib, dll)
Seperti kata Sdr. Dharmakara, bahwa yang belum siap ya bagus jangan buat anak dulu.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sukma Kemenyan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.840
  • Reputasi: 109
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #8 on: 03 August 2007, 07:13:44 AM »
Kliatannya Pendidikan Gratis (tuk Semua) solusi selaen Aborsi...

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #9 on: 03 August 2007, 02:36:08 PM »
Kliatannya Pendidikan Gratis (tuk Semua) solusi selaen Aborsi...
mbah menyan, secara sosial memang banyak alternatif2 solusinya. seperti kita tau banyak senjata2 sosial digunakan oleh banyak negara2 di dunia ini, tapi bisa dikatakan hasilnya gak banyak.

yg pengen saya tanyakan, kalo kita cuman ada 2 options yaitu melanggar moralitas atau mengurangi masalah sosial, apa pilihan kita?

sama juga dengan riset2 medis. saya udah gak tau berapa banyak korban kelinci2, tikus, monyet2 dan babi2 untuk penelitian obat. dan dalam hal ini spesies kita (homo sapien) diuntungkan dengan adanya obat2an yg terus menerus membaik. apa pilihan kita?
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.407
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #10 on: 03 August 2007, 02:47:14 PM »
Kalau ini bakal panjang juga nih, sama kayak ngomongin mau makan daging atau sayur atau tidak (ada mahluk yg dikorbankan)
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #11 on: 03 August 2007, 04:36:40 PM »
yg pengen saya tanyakan, kalo kita cuman ada 2 options yaitu melanggar moralitas atau mengurangi masalah sosial, apa pilihan kita?

Mau tanya dulu nih, masalah sosial yang dimaksud Sdr. Morp disini, apa ya??
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #12 on: 03 August 2007, 04:47:18 PM »
masalah sosial dalam hal ini misalnya kriminalitas dan kemiskinan...
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline Kelana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.226
  • Reputasi: 142
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #13 on: 05 August 2007, 06:05:19 PM »
Jika masalah sosial seperti itu, hal ini menjadi sangat kompleks dan rasanya tidak mungkin menyelesaikannya dengan hanya 2 opsi apalagi harus pilih salah satu. Karena jika salah satu masalah sosial adalah kriminalitas, dimana kriminalitas berkaitan juga dengan moralitas, layak dan bisakah menangani masalah moralitas dengan melanggar moralitas itu sendiri?

Dan saya rasa, menurunnya tingkat kriminalitas di As tahun 90-an tidak hanya karena masalah aborsi dilegalkan pada tahun 70-an.Tetapi juga karena banyak faktor, seperti moralitas yang stabil atau meningkat di tahun antara 70-90 an, jumlah penduduk yang menurun akibat usia atau bencana, dsb.
GKBU
 
_/\_ suvatthi hotu


- finire -

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Aborsi membawa kebaikan?
« Reply #14 on: 05 August 2007, 07:48:02 PM »
Jika masalah sosial seperti itu, hal ini menjadi sangat kompleks dan rasanya tidak mungkin menyelesaikannya dengan hanya 2 opsi apalagi harus pilih salah satu. Karena jika salah satu masalah sosial adalah kriminalitas, dimana kriminalitas berkaitan juga dengan moralitas, layak dan bisakah menangani masalah moralitas dengan melanggar moralitas itu sendiri?
thanks tanggapannya bang...

bang kelana, saya gak setuju kalo dikatakan masalah sosial itu berkaitan dengan moralitas. masalah sosial itu berkaitan dengan penyakit2 sosial dan ekonomi dan obatnya adalah kebijakan2 sosial dan ekonomi makro. makanya cukup lucu kalo kita denger di tivi bahwa untuk mengobati masyarakat yg sakit bersama dengan penyakit2 sosialnya (kriminalitas, korupsi, dll) adalah dengan memperbanyak pelajaran2 moralitas dan agama (pengajian, baca ayat2 suci, indoktrinasi agama, dll). semakin religius masyarakat tidak menjamin masalah sosialnya turun, mungkin malah naik (lihat thread "bertuhan bukan berarti bermoral"). obatnya masalah sosial adalah kebijakan makro...

dan yg saya maksudnya dengan melanggar moralitas di atas adalah kebijakan makro yg bertentangan dengan nilai2 moralitas agama (dalam hal ini sila).


Dan saya rasa, menurunnya tingkat kriminalitas di As tahun 90-an tidak hanya karena masalah aborsi dilegalkan pada tahun 70-an.Tetapi juga karena banyak faktor, seperti moralitas yang stabil atau meningkat di tahun antara 70-90 an, jumlah penduduk yang menurun akibat usia atau bencana, dsb.
menurut buku itu, semua faktor2 sosial lainnya itu sudah gugur... seluruh teori2 sosial yg orthodox tidak bisa menerangkan mengapa kriminalitas turun di tahun 90an...
« Last Edit: 05 August 2007, 07:49:45 PM by morpheus »
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

 

anything