Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pancasila Buddhis  (Read 751 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Pancasila Buddhis
« on: 31 December 2017, 09:10:00 PM »
Alo temen2,

Sila pertama dari pancasila adalah jangan membunuh. Apakah benar semangat yg Sang Buddha ingin umat nya kembangkan disini adalah vegetarianisme?

Bayangkan kalo 1 kota semuanya melaksanakan pancasila Buddhis, tentu tidak ada yg menjagal hewan. Otomatis semua vegetarian kan? Betul tidak?

Saya tidak mempromosikan anti daging atau anti sayur. Ini hanya pertanyaan biasa saja.

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #1 on: 04 January 2018, 04:48:59 PM »
Ada yang mau berbagi? _/\_

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #2 on: 04 January 2018, 06:03:40 PM »
Alo temen2,

Sila pertama dari pancasila adalah jangan membunuh. Apakah benar semangat yg Sang Buddha ingin umat nya kembangkan disini adalah vegetarianisme?

Jika Buddha memaksudkan sila tidak membunuh itu sama dengan tidak makan daging, beliau tidak akan mengatakan seperti ini:

Membunuh, menyiksa, juga memutilasi,
Mengikat, mencuri, berbohong, dan berbuat curang;
Menipu, berbuat cabul, dan mempelajari pandangan-pandangan menyimpang:
Ini adalah bangkai-busuk, bukan memakan daging.

~  Snp 2.2

Quote
Bayangkan kalo 1 kota semuanya melaksanakan pancasila Buddhis, tentu tidak ada yg menjagal hewan. Otomatis semua vegetarian kan? Betul tidak?

Belum tentu, bisa saja warga kota itu mengimpor daging dari daerah lain.

Quote
Saya tidak mempromosikan anti daging atau anti sayur. Ini hanya pertanyaan biasa saja.

Saya pribadi setuju vegetarian itu bagus tetapi bukan dalam hal moralitas/sila dan spiritual, melainkan dalam hal mengurangi dampak lingkungan hidup yang ditimbulkan oleh peternakan hewan dan industri daging. Tidak ada korelasi antara baik buruknya perbuatan seseorang dengan apa yang dimakannya.
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 283
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #3 on: 05 January 2018, 09:32:30 AM »
Alo temen2,

Sila pertama dari pancasila adalah jangan membunuh. Apakah benar semangat yg Sang Buddha ingin umat nya kembangkan disini adalah vegetarianisme?

Bayangkan kalo 1 kota semuanya melaksanakan pancasila Buddhis, tentu tidak ada yg menjagal hewan. Otomatis semua vegetarian kan? Betul tidak?

Saya tidak mempromosikan anti daging atau anti sayur. Ini hanya pertanyaan biasa saja.

Yang diupayakan sama Buddha itu Avihimsa dan Avyapada Sankhappa. :)
#Jhindra

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #4 on: 07 January 2018, 10:11:53 PM »
vegetarian bukan berarti bebas dari pembunuhan loh.
proses untuk mendapatkan sayur itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
saya punya kenalan yang tanam dan jualan sayuran hidroponik, di IG dia pernah muncul foto botol yang dilengketi lalat-lalat yang sudah mati, dengan caption "sederhana tapi manjur".
nanti saya munculkan gambarnya yah, saya lupa cara memunculkan gambar ;D
bahkan didalam rumah hidroponik yang cukup steril pun masih bisa terjadi pembunuhan.
kalau melihat dengan konsep "jika makan daging maka akan mengkondisikan terjadi pembunuhan", maka akan sama "jika makan sayur juga akan mengkondisikan terjadinya pembunuhan", karna kalau tidak ada yang makan sayuran maka tidak akan ada hama2 tanaman yang mati terbunuh.

tadi juga saya ketemu bapak yang beli mata kail, tapi bukan buat mancing ikan, kailnya mau buat menjerat monyet yang merusak buah kelapa.
saya cukup kaget.. ternyata untuk mendapatkan buah kelapa itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
kalau yang vegetarian merasa mereka murni dan tidak mengkondisikan terjadinya pembunuhan, pandangan itu jelas salah besar.

pada akhirnya, kesucian bukan ditentukan oleh apa yang kita makan, tapi oleh perbuatan.
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #5 on: 08 January 2018, 12:48:20 PM »
Jika Buddha memaksudkan sila tidak membunuh itu sama dengan tidak makan daging, beliau tidak akan mengatakan seperti ini:

Membunuh, menyiksa, juga memutilasi,
Mengikat, mencuri, berbohong, dan berbuat curang;
Menipu, berbuat cabul, dan mempelajari pandangan-pandangan menyimpang:
Ini adalah bangkai-busuk, bukan memakan daging.

~  Snp 2.2

Belum tentu, bisa saja warga kota itu mengimpor daging dari daerah lain.

Saya pribadi setuju vegetarian itu bagus tetapi bukan dalam hal moralitas/sila dan spiritual, melainkan dalam hal mengurangi dampak lingkungan hidup yang ditimbulkan oleh peternakan hewan dan industri daging. Tidak ada korelasi antara baik buruknya perbuatan seseorang dengan apa yang dimakannya.

setujuh ^:)^

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
pemakan DAGING, pemakan bangkai, pembersih yg setia
« Reply #6 on: 08 January 2018, 01:25:01 PM »


klo burung bangkai (vulture bird...) apakah disebut...
1 pemakan daging
2 pemakan bangkai
3 PEMBERSIH LINGKUNGAN dari bau bangkai dan melalukan KEBAIKAN...

yg mana ya ? ^:)^ ;D ;D

Graphic Image: ShowHide

SKY BURRIER...pemakaman ala tibet dgn daging2 dibersihkan/dilahap oleh burung bangkai yg tidak memungut biasa sepersen pun......gimana...ini burung melakukan kebaikan atao bukan ?
« Last Edit: 09 January 2018, 03:01:57 PM by K.K. »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #7 on: 08 January 2018, 01:30:19 PM »
vegetarian bukan berarti bebas dari pembunuhan loh.
proses untuk mendapatkan sayur itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
saya punya kenalan yang tanam dan jualan sayuran hidroponik, di IG dia pernah muncul foto botol yang dilengketi lalat-lalat yang sudah mati, dengan caption "sederhana tapi manjur".
nanti saya munculkan gambarnya yah, saya lupa cara memunculkan gambar ;D
bahkan didalam rumah hidroponik yang cukup steril pun masih bisa terjadi pembunuhan.
kalau melihat dengan konsep "jika makan daging maka akan mengkondisikan terjadi pembunuhan", maka akan sama "jika makan sayur juga akan mengkondisikan terjadinya pembunuhan", karna kalau tidak ada yang makan sayuran maka tidak akan ada hama2 tanaman yang mati terbunuh.

tadi juga saya ketemu bapak yang beli mata kail, tapi bukan buat mancing ikan, kailnya mau buat menjerat monyet yang merusak buah kelapa.
saya cukup kaget.. ternyata untuk mendapatkan buah kelapa itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
kalau yang vegetarian merasa mereka murni dan tidak mengkondisikan terjadinya pembunuhan, pandangan itu jelas salah besar.

pada akhirnya, kesucian bukan ditentukan oleh apa yang kita makan, tapi oleh perbuatan.

mnurut sacheng sih...bisa aja...
semua sayur2an itu (hydroponic) itu ditanam sendiri aja....sambil menyegarkan mata dgn tanaman hijao2....bisa ?
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #8 on: 08 January 2018, 04:05:56 PM »
coba aja tanam sendiri, bahkan secara hidroponik, apakah mungkin ga muncul hama serangga / kutu sejenisnya?
lalu kl dibiarkan saja hama2 itu, daun sayurn akan menguning dan rusak, gagal panen
kl dibasmi,, maka sdh terjadi pembunuhan juga
kl ga percaya, coba aja tanam yg simple, kangkung misalnya
dlm waktu tertentu, bisa muncul kutu daun warna putih atau warna hitam
ga dibasmi? ya ga panen kangkung

Offline roman

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 32
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #9 on: 08 January 2018, 09:38:55 PM »
Quote from: D1C1 link=topic=269
msg474865#msg474865 date=1514729400]
Alo temen2,

Sila pertama dari pancasila adalah jangan membunuh. Apakah benar semangat yg Sang Buddha ingin umat nya kembangkan disini adalah vegetarianisme?


menurut saya yg dikembangkan adalah metta.contoh yg sala angulimala. Menguasai jhana4 tetapi tidak memiliki metta.shg gurunya memberi order 1000 jari manusa, ia langsung iya.padahal  semua pasram an brahmin, yogi adalah vegetarian.

Quote

Bayangkan kalo 1 kota semuanya melaksanakan pancasila Buddhis, tentu tidak ada yg menjagal hewan. Otomatis semua vegetarian kan? Betul tidak?


Betul.bayangkan juga seandainya semua vege, hidup akan lebih mudah.lebih simple.

Quote
Saya tidak mempromosikan anti daging atau anti sayur. Ini hanya pertanyaan biasa saja.

Ini pertanyaan luar dari biasa.berikan batasan, diskusi menurut ajaran Buddha yg mana.
maka jawaban yg anda peroleh akan lebih dari luar biasa.

Offline roman

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 32
  • Reputasi: -4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #10 on: 08 January 2018, 09:44:19 PM »
vegetarian bukan berarti bebas dari pembunuhan loh.
proses untuk mendapatkan sayur itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
saya punya kenalan yang tanam dan jualan sayuran hidroponik, di IG dia pernah muncul foto botol yang dilengketi lalat-lalat yang sudah mati, dengan caption "sederhana tapi manjur".
nanti saya munculkan gambarnya yah, saya lupa cara memunculkan gambar ;D
bahkan didalam rumah hidroponik yang cukup steril pun masih bisa terjadi pembunuhan.
kalau melihat dengan konsep "jika makan daging maka akan mengkondisikan terjadi pembunuhan", maka akan sama "jika makan sayur juga akan mengkondisikan terjadinya pembunuhan", karna kalau tidak ada yang makan sayuran maka tidak akan ada hama2 tanaman yang mati terbunuh.

tadi juga saya ketemu bapak yang beli mata kail, tapi bukan buat mancing ikan, kailnya mau buat menjerat monyet yang merusak buah kelapa.
saya cukup kaget.. ternyata untuk mendapatkan buah kelapa itu juga ada makhluk yang dikorbankan.
kalau yang vegetarian merasa mereka murni dan tidak mengkondisikan terjadinya pembunuhan, pandangan itu jelas salah besar.

pada akhirnya, kesucian bukan ditentukan oleh apa yang kita makan, tapi oleh perbuatan.

benar.namun jika belum bisa, kemudian masih suka dengan daging dari rumah potong hewan.ya tetap sulit untuk memperoleh batin yg bersih.
Timbangan tingkat kesulitan untuk orang yg makan sayur lebih ringan dari yg terbiasa makan daging.

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.129
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #11 on: 09 January 2018, 02:25:51 AM »
Quote
roman>>Betul.bayangkan juga seandainya semua vege, hidup akan lebih mudah.lebih simple.
makan sayur (vegetarian) bagus, salah satu sebab ...dilihat dari sisi...

cost of production...... karna byangkan aja sapi makan rumput/sayur menjdai daging...baru kita makan dagingnya...dan berapa hari itu baru menjadi daging sapi ?...klo tanam sawi hijau..paling sebulan....apakah sapi bisa jadi besar hanya sebulan ? tantu belum bisa saat ini....dan yg paling dekat adalah AYAM...sejak lahir sampai bisa dimakan adalah 39 hari...(kisaran 2kg gitu)...nahhh itupun harus ada suapan makanan utk ayam tiap hari......klo sayur kankung dekat kali...yg cuma tumbuh sendiri...nanti tinggal panen aja.... :o :o :o
« Last Edit: 09 January 2018, 02:28:11 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Pancasila Buddhis
« Reply #12 on: 10 January 2018, 02:51:13 PM »
benar.namun jika belum bisa, kemudian masih suka dengan daging dari rumah potong hewan.ya tetap sulit untuk memperoleh batin yg bersih.
Timbangan tingkat kesulitan untuk orang yg makan sayur lebih ringan dari yg terbiasa makan daging.

Berarti batin Buddha blm bersih dong karna masih makan daging?
« Last Edit: 10 January 2018, 02:53:57 PM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."