Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Alat kecantikan  (Read 6304 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Alat kecantikan
« on: 05 December 2017, 11:25:44 AM »
Halo temen2 se-Dhamma,

Saya mau tanya pertanyaan singkat aja nich, kalo kita menjual alat2 kecantikan seperti bedak, pembersih wajah, perawatan kulit, pembersih komedo, dll, apakah karma buruk ya? Terima kasih.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Alat kecantikan
« Reply #1 on: 05 December 2017, 11:41:48 AM »
Kenapa karma buruk? Emang gak boleh mempercantik tubuh  ::)
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Arya Karniawan

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 284
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
  • Hooaaammmm..... :3
Re: Re: Alat kecantikan
« Reply #2 on: 05 December 2017, 12:53:00 PM »
Halo temen2 se-Dhamma,

Saya mau tanya pertanyaan singkat aja nich, kalo kita menjual alat2 kecantikan seperti bedak, pembersih wajah, perawatan kulit, pembersih komedo, dll, apakah karma buruk ya? Terima kasih.

Kenapa berpikiran demikian?
#Jhindra

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #3 on: 05 December 2017, 05:58:07 PM »
Kenapa karma buruk? Emang gak boleh mempercantik tubuh  ::)

Terima kasih atas tanggapannya
Rasanya buruk saja karena kan alat2 kecantikan tidak ada yang 100% baik bahan2nya. Misalkan bedak dll, itu kan tentu ada kimianya.

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Alat kecantikan
« Reply #4 on: 06 December 2017, 09:37:05 AM »
Terima kasih atas tanggapannya
Rasanya buruk saja karena kan alat2 kecantikan tidak ada yang 100% baik bahan2nya. Misalkan bedak dll, itu kan tentu ada kimianya.

IMO, kalo menjual bahan2 kosmetik yang beracun/merugikan kesehatan dan dengan menipu konsumen, maka itu perbuatan tidak baik (karma buruk), tetapi jika menjual bahan2 yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak dengan menipu/membohongi konsumen, maka bukan karma buruk
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #5 on: 06 December 2017, 03:08:13 PM »
Terima kasih atas tanggapannya
Rasanya buruk saja karena kan alat2 kecantikan tidak ada yang 100% baik bahan2nya. Misalkan bedak dll, itu kan tentu ada kimianya.

Gak usah kosmetik,  bahkan beras yg kita konsumsi tiap hari pun ada kandungan bahan kimianya...  Kalau dikit2 mikir karma buruk maka kita gak pernah akan beranjak dari mana2 hahaha...   :D

Jual kosmetik aja karma buruk...  Tukang obat apaalagi ^:)^
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Pratama Sikkha

  • Teman
  • **
  • Posts: 56
  • Reputasi: 4
  • cemungud!!
Re: Alat kecantikan
« Reply #6 on: 06 December 2017, 04:31:39 PM »
Gak usah kosmetik,  bahkan beras yg kita konsumsi tiap hari pun ada kandungan bahan kimianya...  Kalau dikit2 mikir karma buruk maka kita gak pernah akan beranjak dari mana2 hahaha...   :D

Jual kosmetik aja karma buruk...  Tukang obat apaalagi ^:)^

betul

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: Alat kecantikan
« Reply #7 on: 06 December 2017, 05:36:36 PM »
Saya rasa kalau soal ini harus baca thread saya apakah agama buddha bisa buat kita kaya? Jawabnya ada di sana

Berdagang kosmetik.
Bila ingin melakukan sebuah usaha maka jelas dasarnya apakah kita memahami bidang tersebut. Bila kita sudah memahami bidang tersebut maka point selanjutnya apakah kita suka atau menjadi beban di hati.
Bila kedua ini tidak berimbang maka akan terjadi kita jago dalam berjualan nya tapi menjadi beban setiap saat melakukannya. Atau kita kurang paham tapi kita suka akan kegiatan nya. Maka ini harus dipahami dari dasar ini dulu,... Seperti banyak orang bilang ragu ragu adalah hal yang baik membuat kita hati hati tetapi ragu ragu juga bisa membuat kita tak mengerti.
Ada baiknya kita ragu ragu dalam melangkah bisa membuat kita hati hati melangkah, tetapi ingat ragu ragu juga bisa buat kita tidak melangkah.
Saran pahami dulu bidang nya
Resapi dulu bidang nya ada tidak pergolakan bahtin.
Setelah itu mulailah melangkah...
Selamat berjuang.
Semoga sukses.

Tapi masalah berdagang saya punya teman dia berdagang mesin fogging nyamuk,... Gara gara takut sila ke satu dia berhenti jualan alat ini 😀
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #8 on: 06 December 2017, 06:06:21 PM »
IMO, kalo menjual bahan2 kosmetik yang beracun/merugikan kesehatan dan dengan menipu konsumen, maka itu perbuatan tidak baik (karma buruk), tetapi jika menjual bahan2 yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak dengan menipu/membohongi konsumen, maka bukan karma buruk

Terima kasih ya seniya, temen2 buat tanggapannya. Koq sepertinya postnya banyak yang dihapus ya, tidak bisa membalas teman2 yang lain yang telah membantu dech..
Tapi masalahnya sekarang sangat sulit sekali cari barang yang 100% aman. Kalo beras kan mungkin kimianya tidak sebahaya seperti kosmetik. Betul tidak?
« Last Edit: 06 December 2017, 06:10:21 PM by D1C1 »

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.353
  • Reputasi: 168
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Alat kecantikan
« Reply #9 on: 06 December 2017, 06:15:23 PM »
Terima kasih ya seniya, temen2 buat tanggapannya. Koq sepertinya postnya banyak yang dihapus ya, tidak bisa membalas teman2 yang lain yang telah membantu dech..

Yg lain dipindahkan ke https://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=26861.msg474097#msg474097 (dari sini sampai post terakhir) krn metra nyampah

Quote
Tapi masalahnya sekarang sangat sulit sekali cari barang yang 100% aman. Kalo beras kan mungkin kimianya tidak sebahaya seperti kosmetik. Betul tidak?

IMO, kosmetik gak semuanya berbahaya juga, yang aman biasanya udah lulus pengujian oleh badan pengawasan obat berwenang di dalam maupun luar negeri. Tapi soal bahan2 kimia yang berbahaya atau tidak, DeNova lebih ngerti...
« Last Edit: 06 December 2017, 06:21:46 PM by seniya »
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline D1C1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 127
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #10 on: 06 December 2017, 07:27:18 PM »
Gak usah kosmetik,  bahkan beras yg kita konsumsi tiap hari pun ada kandungan bahan kimianya...  Kalau dikit2 mikir karma buruk maka kita gak pernah akan beranjak dari mana2 hahaha...   :D

Jual kosmetik aja karma buruk...  Tukang obat apaalagi ^:)^

Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #11 on: 06 December 2017, 07:53:18 PM »
Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi

IMO,  balik lagi ke niat awal anda berdagang...  Bagaimana jika POV nya dirubah...  Berjualan alat listrik buat menolong org lain menerangi ruangan  _/\_sehingga dia bisa belajar,  bekerja, beraktivitas,  dsb...  Kadang kalau kita selalu mikir karma buruk setiap profesi pasti punya yg bertentangan dengan sila :-?...

Berdagang obat,  contohnya bisa buat niat baik mengobati org,  bisa juga dengan niat buruk membunuh atau meracuni org lain... Tergantung niat awal anda berdagang tsb apa dan tentu anda sendiri yg tau  :-? _/\_
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.565
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Alat kecantikan
« Reply #12 on: 06 December 2017, 09:18:35 PM »
Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi

anda mengatakan pedagang beras, sayuran, daging di pasar juga melakukan karma buruk karena berapa banyak orang mati karena diabetes, kolesterol, dll?

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Alat kecantikan
« Reply #13 on: 06 December 2017, 09:52:37 PM »
Terima kasih DeNova buat tanggapannya _/\_. Bagaimana dengan jual alat listrik seperti colokan kabel, bohlam, steker, dll. Saya mikirnya binatang2 kecil tentu akan tersetrum dan mati, bagaimana dengan hal ini, apakah ini termasuk karma buruk? Terima kasih sekali lagi
kalau mikir seperti itu maka kerja apapun gak ada yg bener..
mau napas aja takut ada bakteri mati..
kalo mikir gitu solusinya ya ga usah hidup sekalian.. ;D ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.065
  • Reputasi: 106
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Alat kecantikan
« Reply #14 on: 07 December 2017, 08:24:51 AM »
kalau mikir seperti itu maka kerja apapun gak ada yg bener..
 napas aja takut ada bakteri mati..
kalo mikir gitu solusinya ya ga usah hidup sekalian.. ;D ;D

Napas apa yg membunuh bakteri will_i_am??  Napas naga ya :)) :)) :))

Malah menganjurkan Bundir...  ^:)^ ^:)^ ^:)^
Ntar dendeng kama lhooo :-? ^-^
Life is must learning,  trying and never giving up to all problem that come to our life.
If life give you one hundred reason to beat you down then find one thousand reason to revive again and again.